Laut Argentina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Argentina.

Laut Argentina (Spanyol: Mar Argentino) adalah nama yang diberikan di Argentina untuk sektor Samudera Atlantik yang berdekatan dengan pantai benua Amerika. Mengacu ke laut dalam landas kontinen dari daratan Argentina. Ini adalah istilah yang sering berkaitan dengan klaim Argentina untuk kedua Kepulauan Falkland dan Semenanjung Antartika.

Hal ini terletak di Samudra Atlantik Selatan di lepas pantai tenggara Argentina, membentang dari garis lintang perkiraan Montevideo, Uruguay, ke selatan sampai Tierra del Fuego, dan terletak sekitar 500 mil (800 km) utara Antartika. Laut Argentina memiliki permukaan 386.102 sq mi. (1.000.000 km ²) dan merupakan salah satu laut terbesar di dunia. Kedalaman laut rata-rata 3.952 kaki (1.205 m) dan kedalaman maksimum 7.296 kaki (2.224 m) Daerah yang cocok dengan deskripsi ini tidak memiliki nama khusus di The Times Atlas World. Statistik yang dikutip meragukan karena landas kontinen hanya mencakup tanah untuk kedalaman 200 m sehingga mustahil untuk memiliki kedalaman rata-rata 1.200 m.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama laut Argentina mengacu pada sebagian Laut Argentina, yang merupakan daerah maritim Argentina. Nama Laut Argentina pertama kali digunakan oleh Julio Rumania Popper ketika pada tahun 1891 ia menerbitkan sebuah peta yang disebut Tierra del Fuego oleh eksplorasi yang dibuat oleh Julio Engineer Popper (1886-1891) . Laut Argentina oleh Popper: "Perpanjangan laut tak bernama yang menggenangi ujung selatan Republik yang membentang dari Staten Island ke Cape Horn dan Beagle Channel dari Samudera Atlantik."

Nama itu segera diperluas untuk mencakup semua pantai Argentina. Daerah ini disebut oleh Popper dinamakan Laut Selatan Area yang dihasilkan dari penerapan Perjanjian Perdamaian dan Persahabatan antara Argentina dan Chile pada tahun 1984, namun masih sering dimasukkan sebagai bagian dari Laut Argentina.

Oleh Organisasi Hidrografi International[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional belum memasukkan Laut Argentina di batasan publikasi laut pada tahun 1953, dan keberadaannya sebagai tersebut ditolak oleh Inggris, yang mengelola Falkland. Di luar Argentina, nama ini jarang digunakan dan wilayah ini disebut hanya sebagai Samudrra Atlantik Selatan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]