Laut Pechora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Laut Pechora.
Citra satelit dari Laut Pechora.

Laut Pechora (Rusia: Печóрское мóре, atau Pechorskoye More), adalah laut di bagian barat laut Rusia, bagian tenggara Laut Barents. Perbatasan barat laut adalah Pulau Kolguyev , sedangkan perbatasan timur pantai barat Pulau Vaygach dan Semenanjung Yugorsky, dan perbatasan utara ujung selatan Novaya Zemlya.

Laut Pechora cukup dangkal, kedalaman rata-rata yang hanya 6 m. Titik terdalam mencapai 210 m. Ada beberapa pulau dekat pantai, yang terbesar yang Pulau Dolgiy. Laut Pechora ditutup oleh es apung dari bulan November hingga Juni. Sungai utama masuk laut adalah Sungai Pechora.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara historis, sebelum berbatasan Laut Barents bernama seperti itu, namanya sendiri Laut Pechora itu sudah ada. Sisanya Laut Barents sekarang dikenal kemudian sebagai "Laut Murmansk" (Murmanskoye Morye).

Laut Pechora digunakan sebagai titik awal eksplorasi laut es sampai sekarang tidak diketahui berada di sebelah timur. Pelayaran yang tercatat paling awal di Laut Pechora melalui Selat Yugorsky dilakukan oleh penjelajah awal Uleb dari Rusia, dari Nizhny Novgorod. Uleb melewati ke Laut Kara tercatat di 1032.

Rusia "Pomor", penghuni pesisir pantai Laut Putih, mengeksplorasi laut dan pantai Novaya Zemlya sejak abad ke-11. Garis pertama pelayaran Arktik, Rute Great Mangazea, dari Laut Putih ke Sungai Ob dan Teluk Yenisei mulai beroperasi di bagian terakhir dari abad ke-16. Baris ini membuka jalan untuk kekayaan Siberia dan itu bekerja sampai 1619, ketika itu ditutup untuk alasan militer dan politik, karena takut penetrasi mungkin dengan Eropa ke Siberia.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Perikanan Laut Barents, khususnya perikanan kod, sangat penting untuk Norwegia dan Rusia. Ada keanekaragaman fauna di Laut Pechora. Selain itu, ada populasi genetika beruang kutub berbeda yang berhubungan dengan Laut Barents. Dalam waktu saat ini ada beberapa pengeboran minyak di Laut Pechora di Dolginskoye dan ladang minyak Prirazlomnoye. Dampak ekologi negatif dari eksploitasi industri seperti di pantai Laut Pechora disignifikan.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Encyclopædia Britannica
  • Salve Dahle (2004) Benthic fauna in the Pechora Sea. In: Oslo Database. Norwegian Polar Institute; Polar Environmental Centre; Akvaplan-niva, Tromso, Norway, 10 Sep 2004 [1]
  • Benthic fauna: [2]
  • C. Michael Hogan (2008) Polar Bear: Ursus maritimus, Globaltwitcher.com, ed. Nicklas Stromberg
  • Oil and Gas Resources in North-West Russia (2008) [3]
  • S. A. Ogorodov (2004) Human impact on coastal stability in the Pechora Sea [4]
  • Leonid Sverdlov, (Member of the Russian Geographic Society), RUSSIAN NAVAL OFFICERS AND GEOGRAPHIC EXPLORATION IN NORTHERN RUSSIA.
  • C. Raymond Beazley, The Russian Expansion Towards Asia and the Arctic in the Middle Ages (to 1500). The American Historical Review