Teluk Moro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Teluk Moro
Lebak View.jpg
Teluk yang terlihat dari Lebak
LokasiPulau Mindanao
Jenis tubuh airTeluk
EtimologiMoro
Bagian dariLaut Sulawesi
Permukiman

Teluk Moro adalah teluk terbesar di Filipina. Teluk ini terletak di lepas pantai Pulau Mindanao, dan merupakan bagian dari Laut Sulawesi. Teluk Moro merupakan salah satu kawasan penangkapan tuna terbesar di Filipina.[1]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Teluk itu membentang dan dikelilingi oleh bagian utama Mindanao di timur, dan Semenanjung Zamboanga di Mindanao di barat. Perairan utama semenanjung tersebut menuju teluk.[2]

Kota Zamboanga, yang merupakan kota pelabuhan internasional, terikat oleh Teluk dan Laut Sulawesi di Timur.[3] Kota Cotabato, di pantai timur, adalah pelabuhan utama lainnya.

Gempa bumi[sunting | sunting sumber]

Teluk Moro juga merupakan daerah yang dilalui oleh lempeng yang membuat aktivitas gempa tektonik sering terjadi dengan beberapa zona sesar di wilayah ini yang mampu menghasilkan gempa bumi besar dan tsunami lokal yang merusak, seperti gempa bumi Teluk Moro 1976 yang menewaskan lebih dari 5.000 orang dan menyebabkan lebih dari 90.000 orang kehilangan tempat tinggal karena terkena tsunami dari pantai barat Mindanao.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barut, Noel. "National Tuna Fishery Report - Philippines" (PDF). School of Ocean and Earth Science and Technology. Marine Fisheries Research Division National Fisheries Research and Development Institute. Diakses tanggal 4 May 2015. 
  2. ^ Carating, Rodelio B. (2014). Soils of the Philippines: World soils book series. Springer Science & Business. hlm. 61. ISBN 9401786828. Diakses tanggal 4 May 2015. 
  3. ^ "ZAMBOANGA PENINSULA". Department of Environment and Natural Resources. Diakses tanggal 4 May 2015.