Orang Tlingit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tlingit)
Tlingit
Daerah dengan populasi signifikan
Amerika Serikat (Alaska), Kanada (British Columbia, Yukon)
Bahasa
Inggris, Tlingit
Agama
Kekristenan, terutama Ortodoks Rusia, tradisional

Tlingit (/ˈklɪŋk[invalid input: 'ɨ']t/ atau /ˈtlɪŋɡ[invalid input: 'ɨ']t/; juga dieja Tlinkit) adalah penduduk asli pesisir barat laut Amerika Utara.[1] Mereka menyebut diri mereka dengan nama Lingít,[2] yang berarti "Orang-orang Arus"[3] (dilafalkan [ɬɪnkɪ́t]). Nama Rusia Koloshi (Колоши) (dari istilah dalam bahasa Sugpiaq-Alutiiq kulut'ruaq yang berarti tindik yang dipakai oleh perempuan) atau istilah Jerman Koulischen juga digunakan dalam pustaka-pustaka lama, seperti peta Amerika Rusia yang dibuat oleh Shelikhov pada tahun 1796.[4]

Tlingit adalah masyarakat matrilineal[5] yang hidup di hutan hujan iklim sedang di pesisir Alaska tenggara dan Kepulauan Alexander. Tlingit memiliki budaya pemburu-pengumpul yang kompleks dan didasarkan pada perikanan.[6] Kelompok yang tinggal di pedalaman yang disebut Pedalaman Tlingit menghuni wilayah barat laut provinsi British Columbia dan Teritori Yukon selatan di Kanada.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pritzker, 162
  2. ^ "Lingít Yoo X'atángi: The Tlingit Language." Sealaska Heritage Institute. (retrieved 3 December 2009)
  3. ^ Pritzker, 208
  4. ^ Shelikhov, Gregorii Ivanovich and Richard A. Pierce. A Voyage to America 1783–1786. Kingston: Limestone Press, 1981.
  5. ^ Pritzker, 210
  6. ^ Moss, 27

Pranala luar[sunting | sunting sumber]