Perusahaan terbatas (Britania Raya dan Irlandia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:BusinessLaw

Perusahaan terbatas di Britania Raya atau Irlandia adalah perusahaan yang kewajiban pemegang sahamnya dibatasi oleh saham. Ini adalah bentuk perusahaan terbatas yang paling umum. Bagi banyak orang, membentuk sebuah perusahaan terbatas adalah pilihan yang menarik karena, tidak seperti pedagang tunggal, aset pribadi benar-benar dipisahkan dari keuangan perusahaan.[1]

Pencocokan perusahaan pribadi di Australia adalah perusahaan Proprietary Limited (Pty Ltd). Sebuah perusahaan Australia dengan kata Limited (Terbatas) atau Ltd pada akhir namanya adalah perusahaan publik, seperti perusahaan yang terdaftar dengan ASX (meskipun perusahaan publik dapat dan sering tidak terdaftar). Australia tidak memiliki pencocokan yang sama persis untuk plc.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Perusahaan perorangan terbatas dengan jaminan

Jenis perusahaan ini tidak memiliki modal saham tetapi sebaliknya, ditutupi oleh "anggota" dari setuju untuk membayar jumlah yang tetap jika perusahaan dilikuidasi. Organisasi amal sering digabungkan dengan menggunakan jenis kewajiban terbatas ini. Contoh lain adalah Otoritas Jasa Keuangan. Di Australia, sebuah perusahaan publik tidak terdaftar diizinkan pembatasan jaminan.[2]

Perusahaan perorangan terbatas dengan saham

Jenis perusahaan ini memiliki pemegang saham dengan kewajiban terbatas. Sahamnya tidak dapat ditawarkan kepada publik.

Perusahaan publik terbatas (plc)

Saham perusahaan publik terbatas dapat diperdagangkan secara publik di bursa saham — mirip dengan Perusahaan (Corp) di Amerika Serikat dan Aktiengesellschaft (AG) di Jerman.

Bagi pemegang saham untuk perusahaan terbatas, jika perusahaan itu tidak mampu membayar (sama dengan kebangkrutan di Amerika Serikat), mereka diwajibkan untuk membayar jumlah yang luar biasa untuk saham mereka (biasanya nol karena kebanyakan saham yang disetor penuh saat diterbitkan). 'Bayar' di sini berkaitan dengan jumlah hutang menjadi saham perusahaan selama pertama kali diterbitkan dan tidak harus bingung dengan jumlah yang dibayarkan oleh pemegang saham kepada orang lain untuk mentransfer kepemilikan saham antara mereka. Dengan demikian, pemegang saham dilindungi oleh kewajiban terbatas.

Di negara tertentu[sunting | sunting sumber]

Perusahaan terbatas dapat didaftarkan di Inggris dan Wales, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Australia. Pendaftaran perusahaan di Britania Raya (Inggris, Skotlandia, dan Wales), yang dilakukan oleh Companies House, dan hal itu dilakukan di Australia oleh Australian Securities and Investments Commission (ASIC)[3].

Pendaftaran perusahaan di Irlandia Utara merupakan tanggung jawab Departemen Perusahaan, Perdagangan dan Investasi. Sejak tanggal 1 Oktober 2009, tanggung jawab dipindahkan ke Companies House di bawah Departemen Badan Usaha dan Reformasi Regulasi (Department for Business Enterprise and Regulatory Reform, BERR)[4].

Irlandia Utara akan mempertahankan keberadaannya, dengan fungsi pendaftarannya menyerupai model Companies House Skotlandia. Ini berarti bahwa kantor Panitera Irlandia Utara akan tetap di Belfast.

Perusahaan terbatas yang cocok dapat ditemukan di sebagian besar negara, meskipun aturan setiap detail yang berbeda. Hal yang biasa bahwa pembedaan dibuat antara:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Setting up a limited company - the basics," Constructaquote.com, http://www.constructaquote.com/home/business-guides/setting-up-a-limited-company--the-basics.aspx
  2. ^ http://www.limitedcompany.com.au Types of limited and unlimited companies in Australia
  3. ^ http://www.asic.gov.au
  4. ^ http://www.companieshouse.gov.uk/companiesAct/niCompReg.shtml Northern Ireland Company Registry Integration

Pranala luar[sunting | sunting sumber]



Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.