Suomenlinna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Suomenlinna
Sveaborg
Pemandangan Suomenlinna dari udara.
Pemandangan Suomenlinna dari udara.
Letak: Helsinki, Finlandia
Situs Warisan Dunia UNESCO
Nama resmi: Benteng Suomenlinna
Jenis: Budaya
Kriteria: iv
Ditetapkan: 1991 (sesi ke-15)
Referensi #: 583
Negara anggota: Finlandia
Region: Eropa dan Amerika Utara

Suomenlinna (bahasa Finlandia) atau Sveaborg (bahasa Swedia), hingga tahun 1918 disebut Viapori (bahasa Finlandia), adalah sebuah benteng laut yang dibangun di atas enam pulau (Kustaanmiekka, Susisaari, Iso-Mustasaari, Pikku-Mustasaari, Länsi-Mustasaari dan Långören) dan kini merupakan bagian dari kota Helsinki, ibukota Finlandia.

Suomenlinna telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pada awalnya benteng ini bernama Sveaborg (Benteng Svea) dalam bahasa Swedia atau Viapori dalam bahasa Finlandia, tetapi namanya kemudian diganti menjadi Suomenlinna (Kastil Finlandia) pada tahun 1918 atas dasar nasionalisme, walaupun benteng ini masih dijuluki "Sveaborg" oleh penutur bahasa Swedia.

Benteng ini dibangun oleh Kerajaan Swedia pada tahun 1748 sebagai perlindungan dari upaya perluasan wilayah Rusia. Tanggung jawab pembangunan benteng diserahkan kepada Augustin Ehrensvärd. Rencana awal pendirian benteng selekoh dipengaruhi oleh gagasan Vauban, seorang insinyur militer ternama pada masa itu, dan juga oleh gaya benteng bintang yang disesuaikan dengan kondisi kepulauan yang berbatu-batu.

Selain benteng pulau ini, terdapat pula perbentengan yang menghadap ke laut di dataran Finlandia agar musuh tidak dapat menggunakan daerah pesisir tersebut untuk melancarkan serangan. Selama meletusnya Perang Finlandia, benteng ini menyerah kepada Rusia pada tanggal 3 Mei 1808 dan membuka jalan bagi pasukan Rusia untuk menduduki Finlandia pada tahun 1809.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Mattila, Tapani (1983). Meri maamme turvana [Sea safeguarding our country] (dalam bahasa finnish). Jyväskylä: K. J. Gummerus Osakeyhtiö. ISBN 951-99487-0-8.