Negara anggota Uni Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Negara anggota Uni Eropa
FinlandiaSwediaEstoniaLatviaLithuaniaPolandiaSlovakiaHongariaRumaniaBulgariaYunaniSiprusRepublik CekoAustriaSloveniaItaliaMaltaPortugalSpanyolPrancisJermanLuksemburgBelgiaBelandaDenmarkRepublik IrlandiaMap (clickable)
Tentang gambar ini
KategoriNegara anggota
LetakUni Eropa
Dibentuk1952/1958/1993[note 1]
Jumlah wilayah27 (hingga 2020)
Jenis yang mungkinRepublik (21)
Monarki (6)
PendudukIncrease 447,206,135 (2020)[1]
Luas[convert: invalid number]
PemerintahanDemokrasi perwakilan Parlementer (23)
Demokrasi perwakilan Semi-presidensial (3)
Demokrasi perwakilan presidensial (1)

Uni Eropa (UE) terdiri dari 27 negara anggota. Setiap negara anggota adalah pihak dalam perjanjian pendiri serikat dan dengan demikian berbagi hak istimewa dan kewajiban keanggotaan. Tidak seperti anggota organisasi internasional lainnya, negara-negara anggota UE telah sepakat melalui perjanjian untuk berbagi kedaulatan melalui Lembaga-lembaga Uni Eropa dalam beberapa (tetapi tidak semua) aspek pemerintahan. Negara-negara anggota harus setuju dengan suara bulat agar UE mengadopsi beberapa kebijakan; bagi yang lain, pengambilan keputusan kolektif dilakukan dengan voting mayoritas yang memenuhi syarat. Subsidiaritas, yang berarti bahwa keputusan diambil secara kolektif jika dan hanya jika keputusan tersebut tidak dapat diambil secara individual secara realistis, merupakan prinsip dasar UE.

Pada 1950-an, enam negara inti mendirikan Komunitas Eropa pendahulu UE (Belgia, Prancis, Italia, Luksemburg, Belanda, dan Jerman Barat). Negara bagian yang tersisa telah menyetujui perluasan berikutnya. Untuk menyetujui, sebuah negara harus memenuhi persyaratan ekonomi dan politik yang dikenal sebagai Kriteria Kopenhagen, yang mengharuskan seorang kandidat untuk memiliki pemerintahan pasar bebas yang demokratis bersama dengan kebebasan dan institusi yang sesuai, dan menghormati supremasi hukum. Perluasan Uni juga bergantung pada persetujuan dari semua anggota yang ada dan adopsi kandidat dari badan hukum UE yang ada, yang dikenal sebagai Acquis communautaire.

Hingga 2020, tidak ada negara anggota yang pernah ditarik atau ditangguhkan dari UE, meskipun beberapa wilayah yang bergantung atau daerah semi-otonom sebelumnya telah keluar. Pemerintah Britania Raya menggunakan Pasal 50 Perjanjian tentang Uni Eropa pada 29 Maret 2017 untuk secara resmi memulai proses Brexit. Penyelesaian terjadi pada 31 Januari 2020 (pukul 23:00 Waktu London),[2] dengan semua aturan lainnya tetap berlaku selama masa transisi sementara perjanjian perdagangan bebas dinegosiasikan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The first states first formed the European Coal and Steel Community in 1952 and then created the parallel European Economic Community in 1958. Although the latter was later, it is more often considered the immediate predecessor to the EU. The former has always shared the same membership and has since been absorbed by the EU, which was formally established in 1993.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Population on 1st January by age, sex and type of projection". Eurostat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 March 2020. Diakses tanggal 1 February 2020. 
  2. ^ Times, The New York (2020-01-31). "Brexit Day Live Updates: U.K.'s Final Hours in the E.U." The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 January 2020. Diakses tanggal 2020-01-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]