Koningsdag

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Raja
Koningsdag
Koningsdag 2017 Amstel.jpg
Penduduk berpakaian oranye di jalanan Amsterdam selama Hari Raja 2017.
Nama resmiKoningsdag
Dirayakan oleh Kerajaan Belanda
(Belanda, Aruba, Curaçao, Sint Maarten)
JenisHari libur nasional
MaknaMemperingati ulang tahun Raja Willem-Alexander
PerayaanPesta, memakai kostum oranye, permainan anak-anak, pasar rakyat, konser musik, dan perayaan tradisional lokal
Tanggal27 April (26 April jika tanggal 27 adalah hari Minggu)
FrekuensiTahunan

Koningsdag (bahasa Belanda: Hari Raja) adalah hari libur nasional di Kerajaan Belanda. Dirayakan pada tanggal 27 April (atau 26 April, jika tanggal 27 adalah hari Minggu), tanggal tersebut menandai kelahiran Raja Willem-Alexander.[1] Sebelumnya perayaan ini disebut sebagai Koninginnedag atau Hari Ratu, ketika monarki Belanda masih dipimpin oleh Ratu Beatrix hingga tahun 2013, dan dirayakan pada tanggal 30 April.

Ratu Beatrix turun takhta pada Koninginnedag 2013, dan putranya, Willem-Alexander, naik takhta (raja pertama sejak peringatan hari libur nasional diadakan). Sehingga, hari libur tersebut berubah menjadi Koningsdag mulai tahun 2014, dan perayaan itu dipindahkan tiga hari ke depan menjadi 27 April, pada hari ulang tahun Raja.

Hari Raja dikenal dengan kegiatan "pasar bebas" (vrijmarkt) yang diadakan di seluruh negeri, tempat di mana warga Belanda dapat menjual barang-barang bekas mereka. Kegiatan-kegiatan lain selama Hari Raja adalah penyelenggaraan berbagai permainan anak-anak, pertunjukan musik perorangan, serta konser musik. Malam sebelum Hari Raja juga dirayakan di beberapa kota, dan dinamakan "Malam Raja" (Koningsnacht). Sebagai penghormatan kepada warna lambang keluarga kerajaan Belanda (Huis van Oranje-Nassau), maka selama masa perayaan tersebut para penduduk mengenakan pakaian berwarna oranye, yang kadang-kadang disebut orang dengan istilah "kegilaan oranye" (oranjegekte).

Kunjungan raja[sunting | sunting sumber]

Perayaan ulang tahun Raja Willem-Alexander adalah Koningsdag pertama yang dirayakan di Belanda.

Pada tanggal 30 April 2013 di Hari Ratu, Willem-Alexander menggantikan ibunya Beatrix, dan menjadi Raja Belanda pertama dalam 123 tahun. Akibatnya, mulai tahun 2014 dan seterusnya, nama hari libur itu diubah dari Hari Ratu menjadi Hari Raja. Tanggalnya juga berubah dari 30 menjadi 27 April, yang merupakan hari ulang tahun Willem-Alexander.[1] Pada Hari Raja pertama – diadakan pada tanggal 26 April 2014 karena 27 April 2014 adalah hari Minggu – raja mengunjungi De Rijp dan Amstelveen (rencana awalnya akan dikunjungi oleh Ratu Beatrix pada tahun 2013, tetapi ditunda karena ia turun takhta).[2]

Raja Willem-Alexander telah mengunjungi kota-kota berikut ini pada Koningsdag pada tahun-tahun yang lalu:



Karena pandemi Covid-19, banyak perayaan Hari Raja dibatalkan pada tahun 2020, termasuk rencana kunjungan keluarga kerajaan ke Maastricht.[3][4] Sebuah program alternatif tinggal-di-rumah dikeluarkan sebagai gantinya, menampilkan pertunjukan nyanyian lagu kebangsaan dan momen bersulang nasional. Raja berpidato kepada rakyat Belanda dari kediamannya[5].

Perayaan di teritori Belanda di luar Eropa[sunting | sunting sumber]

Koningsdag juga dirayakan di Aruba, Curaçao, dan Sint Maarten, negara-negara konstituen Kerajaan Belanda.[6] Koningsdag tidak terlalu dirayakan di pulau Bonaire di Karibia, walaupun Bonaire juga bagian dari Kerajaan, namun perayaan lokal Dia di Rincon (diadakan pada 30 April) lebih populer di sana.[7]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Koninkrijksrelaties, Ministerie van Binnenlandse Zaken en. "Besluit vaststelling en aanduiding zevenentwintigste april als Koningsdag". wetten.overheid.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  2. ^ "Koninginnedag wordt Koningsdag en is voortaan op 27 april". NRC (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  3. ^ "Lint | Bezoek Maastricht". Maastricht (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  4. ^ "Koningsdag in Maastricht en koningsspelen afgelast wegens coronavirus". nos.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  5. ^ "Koningsdag 2020: 'Misschien een beetje rommelig, maar dat hoort erbij'". nos.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  6. ^ "Queen's Day: Go Dutch for an alternative royal celebration". www.cnn.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  7. ^ "Dia di Rincon populairder dan Koninginnedag op Bonaire". Radio Netherlands Worldwide (Caribbean).