Bencah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Avaste Fen, salah satu pandau terbesar di Estonia.

Bencah, atau lahan basah gambut, adalah area lahan basah yang didominasi oleh tumbuhan hidup pembentuk gambut . Bencah muncul karena penguraian bahan organik yang tidak sempurna, biasanya serasah dari tumbuh-tumbuhan, karena genangan air dan anoksia berikutnya. [1] Semua jenis bencah memiliki karakteristik yang sama yaitu jenuh air, setidaknya secara musiman dengan aktif membentuk gambut, sekaligus memiliki ekosistemnya sendiri.[2] Seperti terumbu karang, lumpur adalah bentang alam yang tidak biasa yang sebagian besar berasal dari proses biologis daripada fisik, dan dapat mengambil bentuk dan pola permukaan yang khas.

Bencah gempa adalah lumpur yang mengambang (gempa), bencah, atau lahan rawagambut apa pun yang berada dalam tahap suksesi hidrosere atau hidrak (hidroseral), yang menghasilkan hasil pengisian kolam di bawah kaki. Bencah gempa jenis ombrotropik bisa disebut rawa gambut gempa (quivering bog). Jenis minerotrophic dapat dinamai dengan istilah .

Ada empat jenis bencah: rawa gambut, pandau, paya dan rawa .[3] Rawa gambut adalah bencah yang, karena lokasinya relatif terhadap lanskap sekitarnya, memperoleh sebagian besar airnya dari curah hujan ( ombrotrophic ). Pandau terletak di lereng, datar, atau dalam depresi dan mendapatkan sebagian besar airnya dari tanah atau air tanah ( minerotrophic ). Jadi, sementara rawa gambut selalu asam dan miskin nutrisi, pandau mungkin sedikit asam, netral, atau basa, dan miskin nutrisi atau kaya nutrisi.[4] Paya adalah jenis lahan basah di mana vegetasi berakar pada tanah mineral tetapi beberapa rawa membentuk endapan gambut dangkal yang dikenal sebagai lahan bencah . Rawa dicirikan oleh kanopi hutannya dan, seperti pandau, biasanya memiliki tingkat pH dan ketersediaan nutrisi yang lebih tinggi daripada rawa gambut. Beberapa rawa gambut dan pandau dapat mendukung pertumbuhan semak atau pohon yang terbatas pada gundukan .

Pembentukan bencah hari ini terutama dikendalikan oleh kondisi iklim seperti curah hujan dan suhu, meskipun relief medan merupakan faktor utama karena genangan air lebih mudah terjadi di tanah yang lebih datar. [5] Namun, ada pengaruh antropogenik yang berkembang dalam akumulasi gambut dan lahan gambut di seluruh dunia, termasuk melalui upaya konservasi maupun perusakan akibat perubahan iklim oleh kekeringan dan kebakaran hutan. [6]

Bencah lembah menciptakan permukaan tanah yang rata dalam topografi yang dramatis. Rawa gambut Atas, Pegunungan Rwenzori, Uganda .

Secara topografis, bencah mengangkat permukaan tanah di atas topografi aslinya. bencah dapat mencapai ketinggian yang cukup tinggi di atas tanah mineral atau batuan dasar yang mendasarinya: kedalaman gambut di atas 10m umumnya tercatat di daerah beriklim sedang (banyak lumpur beriklim sedang dan sebagian besar boreal dihilangkan oleh lapisan es pada Zaman Es terakhir), dan di atas 25 m di daerah tropis. daerah. [7] Ketika laju peluruhan absolut di dalam katolem (zona bencah yang lebih rendah dan jenuh air) cocok dengan laju masukan gambut baru ke dalam katolem, ketinggian lumpur akan berhenti. [8] Sebuah perhitungan sederhana, menggunakan nilai tipikal untuk rawa gambut Sphagnum dari 1 mm gambut baru yang ditambahkan per tahun dan 0,0001 proporsi katolem yang membusuk per tahun, memberikan ketinggian maksimum 10 m. Analisis yang lebih maju menggabungkan laju peluruhan katolem nonlinier yang diharapkan.

Bagi para ahli botani dan ekologi, istilah lahan gambut adalah istilah yang lebih umum untuk setiap medan yang didominasi oleh gambut hingga kedalaman minimal 30 cm (12 in), bahkan jika telah benar-benar dikeringkan (yaitu, lahan gambut bisa kering, tetapi lumpur menurut definisinya harus aktif membentuk gambut). [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Frolking, Steve; Talbot, Julie; Jones, Miriam C.; Treat, Claire C.; Kauffman, J. Boone; Tuittila, Eeva-Stiina; Roulet, Nigel (December 2011). "Peatlands in the Earth's 21st century climate system". Environmental Reviews. 19 (NA): 371–396. doi:10.1139/a11-014. ISSN 1181-8700. 
  2. ^ "Wetlands Types and Classifications". Diakses tanggal 20 May 2019. 
  3. ^ National Wetlands Working Group (1997). The Canadian wetland classification system (edisi ke-2nd). University of Waterloo, Canada. 
  4. ^ Geist, Helmut (2006). Our Earth's Changing Land: An Encyclopedia of Land-Use and Land-Cover Change. 2. Greenwood. hlm. 463. ISBN 9780313327841. 
  5. ^ Rydin, Håkan. (2013). The biology of peatlands. Jeglum, J. K., Bennett, Keith D. (edisi ke-2nd). Oxford: Oxford University Press. ISBN 978-0199602995. OCLC 840132559. 
  6. ^ Page, S.E.; Baird, A.J. (November 2016). "Peatlands and Global Change: Response and Resilience". Annual Review of Environment and Resources. 41 (1): 35–57. doi:10.1146/annurev-environ-110615-085520. ISSN 1543-5938.