Sphagnum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sphagnum Edit the value on Wikidata
Sphagnum.flexuosum.jpg
Edit the value on Wikidata
Taksonomi
DivisiBryophyta
KelasSphagnopsida
SubkelasSphagnidae
OrdoSphagnales
FamiliSphagnaceae
GenusSphagnum Edit the value on Wikidata
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiSphagnum palustre Edit the value on Wikidata

Lumut Sphagnum adalah lumut bertekstur kasar yang membentuk koloni datar di rawa air tawar. Mereka adalah tanaman yang tumbuh lambat yang membentuk lapisan pertumbuhan hijau segar setiap tahun di habitat air tawar. Sphagnum tua menjadi lebih gelap dan terurai sebagai lumut gambut di bagian bawah rawa. Sphagnum penting bagi rawa untuk berkembang.

Sphagnum digunakan dalam industri bunga sebagai tanaman hias. Saat menangani sphagnum, disarankan untuk menggunakan sarung tangan karena mengandung beberapa spora jamur, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang terkait dengan kuku jari.

Gambut Lumut atau sphagnum gambut adalah bentuk mati dari sphagnum moss. Setelah sphagnum lumut mati, mereka membusuk di bagian bawah rawa sebagai lumut gambut. Lumut gambut banyak digunakan sebagai amandemen tanah karena mereka menahan sejumlah besar air dan merupakan bahan pot yang jauh lebih halus. Tidak seperti sphagnum hidup, spora jamur jarang ditemukan di gambut. Di negara-negara tertentu, beberapa metode pemanenan yang mudah digunakan untuk mengambil lumut gambut dari bagian bawah rawa tanpa mengganggu lapisan sphagnum hidup di bagian atas rawa.

Lumut sphagnum berwarna hijau, sedangkan lumut gambut berwarna coklat gelap. Sphagnum ditemukan di bagian atas rawa sementara lumut gambut ditemukan di bagian bawah rawa. Lumut sphagnum mati terurai dan membentuk lumut gambut. Sphagnum digunakan dalam industri bunga, sedangkan lumut gambut digunakan sebagai bahan pengkondisi tanah. Sphagnum mengandung spora jamur, yang menyebabkan masalah kesehatan, sedangkan lumut gambut tidak mengandung spora jamur tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]