Randstad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Randstad di Belanda

Randstad (dsari bahasa Belanda yang artinya "kota pinggir") adalah sebuah daerah konurbasi di Belanda. Daerah ini erdari dari empat kota terbesar di Belanda yaitu (Amsterdam, Rotterdam, Den Haag dan Utrecht), serta daerah sekitarnya. Daerah ini memiliki penduduk sebesar 7,5 juta jiwa atau hampir setengah dari seluruh penduduk Belanda. Daerah ini merupakan salah satu daerah konurbasi terbesar di Eropa.

Selain keempat kota yang disebut di atas ini, daerah ini juga mencakup Amersfoort, Almere, Delft, Dordrecht, Gouda, Haarlem, Hilversum, Leiden, dan Zoetermeer. Pusat-pusat lainnya termasuk Alphen aan den Rijn, Amstelveen, Capelle aan den IJssel, Hoofddorp, Katwijk, Leidschendam, Maassluis, Nieuwegein, Houten, Purmerend, Rijswijk, Schiedam, Spijkenisse, Vlaardingen, Voorburg, Zeist dan Zaanstad.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Randstad yang berarti 'kota pinggir' konon diciptakan oleh Albert Plesman, pendiri KLM sebelum Perang Dunia II. Ia terbang di atas Belanda bagian barat dan melihat sebuah daerah hijau yang penuh dengan tanah pertanian dan padang rumput. Di pinggir daerah hijau ini ia melihat daerah perkotaan, oleh karena itu disebutnya daerah ini sebagai 'kota pinggir'.[1]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lokasi dan batas[sunting | sunting sumber]

Randstad membentang di wilayah empat provinsi Belanda Noord-Holland, Zuid-Holland, Flevoland dan Utrecht. Secara kasar empat kota besar yang disebut di atas ini bisa digolongkan kepada Randstad.

Wilayah tepat Randstad tidak diketahui secara pasti karena Randstad tidak didefiniskan secara persis. Kota-kota seperti Alkmaar (dan sekitarnya), Hoorn (dan sekitarnya) dan Lelystad tidak selalu ditengarai sebagai bagian dari Randstad[2], meski sumber-sumber lainnya, termasuk gemeente-gemeente ini sendiri melihat wilayat mereka sebagai bagian dari Randstad.[3][4][5][6]

Kota-kota[sunting | sunting sumber]

Amsterdam
Rotterdam
Den Haag
Utrecht
Padang rumput di Groene Hart (Jantung Hijau)

Kota-kota terpenting di Randstad adalah keempat kota terbesar di Belanda, semua kota ini masing-masing memiliki lebih dari 300.000 jiwa penduduk. Selain itu Randstad juga memiliki tujuh kota lainnya dengan masing-masing lebih dari 100.000 jiwa penduduk. Di bawah ini tertera senarai kota-kota di Randstand yang memiliki penduduk lebih dari 100.000 inwoners, dan disusun menurut jumlah penduduk.

Kota-kota di Randstad dengan lebih dari 100.000 jiwa penduduk
Kota Provinsi Jumlah penduduk
Amsterdam Flag North-Holland, Netherlands.svg Noord-Holland 810.084 jiwa
Rotterdam Flag Zuid-Holland.svg Zuid-Holland 618.279 jiwa
Den Haag Flag Zuid-Holland.svg Zuid-Holland 508.480 jiwa
Utrecht Utrecht (province)-Flag.svg Utrecht 327.834 jiwa
Almere Flevolandflag.svg Flevoland 187.002 jiwa
Haarlem Flag North-Holland, Netherlands.svg Noord-Holland 155.000 jiwa
Amersfoort Utrecht (province)-Flag.svg Utrecht 150.779 jiwa
Zaanstad Flag North-Holland, Netherlands.svg Noord-Holland 150.000 jiwa
Zoetermeer Flag Zuid-Holland.svg Zuid-Holland 121.378 jiwa
Dordrecht Flag Zuid-Holland.svg Zuid-Holland 118.488 jiwa
Leiden Flag Zuid-Holland.svg Zuid-Holland 117.037 jiwa

Selain kota-kota ini dengan penduduk lebih dari 100.00 jiwa, Randstad juga mengenal beberapa kota bersejarah penting lainnya dengan penduduk kurang dari 100.000 jiwa:

Ciri khas Randstad ialah juga besarnya jumlah besar gemeente perkotaan di pinggir dan di antara kota-kota besar, seperti gemeente Almere, Alphen aan den Rijn, Amstelveen, Barendrecht, Beverwijk, De Bilt, Capelle aan den IJssel, Haarlemmermeer, Heemstede, Hellevoetsluis, Hillegom, Houten, Huizen, Leiderdorp, Leidschendam-Voorburg, Lisse, Maarssen, Maassluis, Nieuwegein, Papendrecht, Pijnacker-Nootdorp, Soest, Spijkenisse, Vlaardingen, Voorschoten, Weesp, Woerden, Zaandam dan Zwijndrecht, yang senantiasa meluas berkas perluasan perumahan Vinex. Batas yang tepat dari Randstad sulit untuk ditentukan.

Alam[sunting | sunting sumber]

Groene Hart atau Jantung Hijau sebagian besar terdiri dari padang rumput, dan terdesak oleh polusi cahaya dan suara serta perluasan wilayah pemukiman. Daerah ini sebagian besar terdiri dari padang rumput, tetapi ada juga daerah-daerah alamiah, meskipun tidak begitu luas dan lebar seperti Veluwe. Contoh signifikan daerah alamiah dalam Randstad dan Groene Hart adalah:

  • Wilayah pesisir, khususnya Taman Nasional Kennemerland selatan
  • Danau di utara Groene Hart, terutama Naardermeer, sebagai monumen alam tertua Belanda
  • Rangkaian Bukit Utrecht (Utrechtse Heuvelrug) dan Gooi di sebelah timur Randstad
  • Haarlemmerhout
  • Markermeer, Randmeren dan sekitar Flevoland selatan

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Randstad tergantung pada definisi dan batas, biasanya jumlah penduduk dinyatakan berjumlah antara 6,6 dan 7,6 juta jiwa (jumlah terakhir ini ialah jumlah bersama penduduk empat provinsi Randstad). Biasanya jumlahnya dinyatakan 7,1 juta jiwa. Dengan jumlah ini, Randstad merupakan salah satu wilayah urban terbesar di Eropa. Jika semua daerah perkotaan yang secara ekonomis terkait juga ikut dihitung, seperti kota-kota di Noord-Brabant, di sekitar kota Arnhem dan Nijmegen serta daerah WERV, maka jumlah penduduk total akan berada di atas 10 juta jiwa.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Dengan adanya fenomena urbanisasi yang kuat, maka beberapa masalah terkait muncul juga. Secara relatif banyak terdapat polusi suara dan udara serta kriminalitas.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Di Belanda, Randstad juga merupakan pusat kebudayaan, dengan banyaknya museum, teater, ruangan konser dan bioskop. Selain itu di Randstad banyak diadakan pula acara-acara.

Referensi[sunting | sunting sumber]