Flevoland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Provincie Flevoland
Provinsi Flevoland
Flevolandflag.svg Lambang Flevoland
Bendera Lambang
Map: Provinsi Flevoland di Belanda Holland Selatan Holland Utara Friesland Groningen Drenthe Flevoland Overijssel Gelderland Utrecht Limburg Brabant Utara Zeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Lelystad
Kota besar Almere
Komisaris Raja Leen Verbeek
Agama (1999) Protestan 25%
Katolik 13%
Luas
 • Darat
 • Air
 
1,419 km² (ke-11)
993 km²
Populasi (2006)
 • Total
 • Kepadatan

370,656 (ke-12)
261/km² (ke-8)
Inclusion 1986
Lagu kebangsaan Waar wij steden doen verrijzen...
ISO NL-FL
Situs Web Resmi www.flevoland.nl

Flevoland adalah sebuah provinsi yang terletak di pusat negara Belanda, di lokasi bekas Zuiderzee. Provinsi ini didirikan pada tanggal 1 Januari 1986 sebagai provinsi kedua belas dengan ibukota bernama Lelystad. Provinsi ini memiliki sekitar 370.000 penduduk (2005) dan terdiri dari 6 kotamadya. Kota penting lainnya adalah Almere. Provinsi ini sebagian besar wilayahnya adalah polder, tanah hasil pengeringan laut.

Bagian timur laut Flevoland: Noordoostpolder.
Bagian timur dan selatan Flevoland: Flevopolder.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah banjir pada tahun 1916, diputuskan bahwa Zuiderzee (sebuah laut pedalaman dalam Belanda) akan ditutup dan ditagih kembali: Pekerjaan Zuiderzee dimulai. Pada tahun 1932, Afsluitdijk selesai yang ditutup oleh laut sepenuhnya. Zuiderzee ini kemudian disebut IJsselmeer (danau di akhir sungai IJssel).

Bagian pertama dari danau baru yang diperoleh kembali adalah Noordoostpolder (timur laut polder). Lahan baru ini termasuk bekas pulau Urk dan Schokland dan ini termasuk dalam provinsi Overijssel. Setelah ini, bagian lain diperoleh kembali: bagian tenggara pada tahun 1957 dan bagian barat daya pada tahun 1968. Ada perubahan penting dalam proyek pasca-perang reklamasi Noordoostpolder sebelumnya: badan air yang terbatas dipertahankan sepanjang pesisir pantai tua untuk menstabilkan air dan untuk mencegah kota-kota pesisir dari kehilangan akses mereka ke laut. Jadi Flevopolder menjadi sebuah pulau buatan bergabung ke daratan oleh jembatan. Kotamadya pada tiga bagian memilih untuk menjadi provinsi terpisah yang terjadi pada tahun 1986. Di Flevoland ada fasilitas media penyiaran gelombang besar yang disebut pemancar Mediumwave Flevoland.

Flevoland dinamai setelah Lacus Flevo, nama yang tercatat dalam sumber-sumber Romawi Kuno untuk sebuah danau daratan besar di ujung selatan yang kemudian membentuk Zuiderzee. Sewaktu mengeringkan polder Flevoland ditemukan banyak rongsokan pesawat yang jatuh ke IJsselmeer selama Perang Dunia II dan juga fosil mamalia Pleistosen.

Pada bulan Februari 2011, Flevoland bersama dengan provinsi Utrecht dan Holandia Utara, menunjukkan keinginan untuk menyelidiki kelayakan pengggabungan antara tiga provinsi.[1] Hal ini telah positif diterima oleh kabinet Belanda, keinginan untuk membuat satu provinsi Randstad telah disebutkan dalam perjanjian koalisi.[2] Provinsi Holland Selatan, bagian dari wilayah perkotaan Randstad, memiliki visi menjadi bagian dari provinsi Randstad,[3] dan sangat mendukung gagasan penggabungan ke satu provinsi,[4] tidak bernama. Dengan atau tanpa Holandia Selatan, jika dibentuk, provinsi baru akan menjadi yang terbesar di Belanda baik wilayah maupun populasi.

Di sebelah utara, provinsi ini dibatasi danau IJsselmeer.

Munisipalitas[sunting | sunting sumber]

  1. Almere - barat selatan pulau
  2. Dronten- timur selatan pulau
  3. Lelystad - tengah ujung utara dari selatan pulau
  4. Noordoostpolder- sebagian besar dari timur laut pulau
  5. Urk - daerah kecil di barat timur laut pulau
  6. Zeewolde- bagian paling selatan pulau
Urk Noordoostpolder Dronten Lelystad Zeewolde AlmereGemeenten in Flevoland
Tentang gambar ini
Peta Flevoland

Sambungan rel kereta[sunting | sunting sumber]

Amsterdam Almelo Almere Amersfoort Arnhem Assen Breda Den Haag Delft Delfzijl Den Bosch Den Helder Dordrecht Enschede Haarlem Hilversum Maastricht Middelburg Zwolle Lelystad Leiden Utrecht (kota) Katwijk Nijmegen Eindhoven Vlissingen Rotterdam Leeuwarden Heerenveen Groningen (kota) Emmen Almelo Apeldoorn Alkmaar Zaanstad Tilburg Venlo Heerlen Drenthe Flevoland Friesland Gelderland Groningen Limburg Brabant Utara Holland Utara Overijssel Holland Selatan Utrecht Zeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Flevopolder dilayani oleh Flevolijn, ini berlangsung dari Weesp ke Lelystad. Stasiun berikutnya di Flevoland:

  • Almere Buiten
  • Almere Centrum
  • Almere Muziekwijk
  • Almere Oostvaarders
  • Almere Parkwijk
  • Lelystad Centrum

Satu stasiun lagi sedang dibangun, dengan kemungkinan lain:

  • Almere Poort - Sedang Dibuat
  • Lelystad Zuid - Dalam Pertimbangan

Sebuah jalur kereta api baru juga sedang dibangun, Hanzelijn . Pada garis ini akan ada satu stasiun baru di Flevoland:

  • Dronten

Amsterdam, Utrecht, Hilversum, Weesp dan Bandara Schiphol, dan tempat-tempat lainnya dapat diakses langsung dari Flevoland.

Referensi[sunting | sunting sumber]