Holland Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zuid-Holland
Holland Selatan
Flag of South Holland.svg Lambang {{{common_name}}}
Bendera Lambang
Map: Provinsi Holland Selatan di Belanda Holland Selatan Holland Utara Friesland Groningen Drenthe Flevoland Overijssel Gelderland Utrecht Limburg Brabant Utara Zeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Den Haag
Kota besar Rotterdam
Komisaris Ratu Jan Franssen
Agama (2005) Protestan 20%
Katolik Roma 15%
Muslim 8%
Hindu 2%
Luas
 • Darat
 • Air
 
2,818 km² (ke-5)
585 km²
Populasi (2011)
 • Total
 • Kepadatan

3,528,324 (ke-1)
1,227/km² (ke-1)
Lagu kebangsaan Lied van Zuid-Holland
ISO NL-ZH
Situs Web Resmi www.zuid-holland.nl

Provinsi Holland Selatan atau Holandia Selatan (bahasa Belanda: Zuid-Holland) adalah sebuah provinsi Belanda yang beribu kotakan: Den Haag. Provinsi ini terletak di sebelah barat Belanda. Di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Holland Utara, sebelah barat berbatasan dengan Laut Utara, dengan provinsi Brabant Utara di sebelah tenggara, dan di sebelah timur berbatasan dengan provinsi Gelderland dan Utrecht.

Provinsi Holland Selatan merupakan salah satu provinsi terpadat di dunia. Penduduknya berjumlah sekitar 3,5 juta manusia (2009) dengan luas sekitar 3403 km². Tidak hanya jumlah penduduknya yang banyak, provinsi ini juga merupakan salah satu daerah yg memiliki industri terbanyak di dunia. Kota-kota penting lainnya ialah: Rotterdam, Leiden, Delft dan Gouda. Den Haag merupakan salah satu kota terpenting di Belanda karena menjadi tempat pusat adminstrasi dan kediaman Ratu Belanda. Rotterdam adalah kota terbesar di provinsi ini.

Peta Holland Selatan
Amsterdam Almelo Almere Amersfoort Arnhem Assen Breda Den Haag Delft Delfzijl Den Bosch Den Helder Dordrecht Enschede Haarlem Hilversum Maastricht Middelburg Zwolle Lelystad Leiden Utrecht (kota) Katwijk Nijmegen Eindhoven Vlissingen Rotterdam Leeuwarden Heerenveen Groningen (kota) Emmen Almelo Apeldoorn Alkmaar Zaanstad Tilburg Venlo Heerlen Drenthe Flevoland Friesland Gelderland Groningen Limburg Brabant Utara Holland Utara Overijssel Holland Selatan Utrecht Zeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]