Friesland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Artikel ini mengenai provinsi Friesland di Belanda. Untuk daerah dengan nama yang sama di Jerman, silakan melihat: Friesland
Provincie Friesland (nl)
Provinsje Fryslân (fy)
Provinsi Friesland
Frisian flag.svg Lambang {{{common_name}}}
Bendera Lambang
Map: Provinsi Friesland di BelandaHolland SelatanHolland UtaraFrieslandGroningenDrentheFlevolandOverijsselGelderlandUtrechtLimburgBrabant UtaraZeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Leeuwarden
Komisaris Raja Arno Brok (VVD)
Agama (2005) Protestan 30%
Katolik Roma 6%
Muslim 2%
Luas
 • Darat
 • Air
 
3.349 km² (ke-3)
2.392 km²
Populasi (2010)
 • Total
 • Kepadatan

646.305 (ke-8)
193/km² (ke-11)
Lagu kebangsaan De âlde Friezen
ISO NL-FY
Situs Web Resmi www.fryslan.frl

Friesland (bahasa Frisia: Fryslân, bahasa Belanda: Friesland, pengucapan Belanda: [fris.lɑnt]) adalah sebuah provinsi di utara Belanda.

Sampai akhir tahun 1996, provinsi Friesland diangkat sebagai nama resminya. Pada tahun 1997 nama Belanda ini kehilangan status resmi menjadi Frisian Fryslân. Namun, Friesland tetap dalam penggunaan umum, menjadi nama untuk provinsi ini di Belanda (dan Internasional).

Friesland memiliki 646.000 penduduk (2010) dan ibukotanya adalah Leeuwarden (W. Frisian: Ljouwert), dengan 91.817 penduduk, yang terletak di tengah provinsi.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Friesland membedakan dirinya dari sebelas provinsi lain dengan memiliki bahasa sendiri, bahasa Frisia Barat, yang juga diucapkan di bagian kecil yang berbatasan dengan provinsi Groningen, di bagian timur. Bahasa yang terkait erat, bahasa Frisia Timur ("Seeltersk", yang berbeda dari "Frisia Timur (Ostfriesisch)", kumpulan dialek Jerman Rendah Timur Frisia) dan bahasa Frisia Utara, masing-masing diucapkan di Saterland dan di daerah Friesland Utara di Jerman.

Friesland, utamanya adalah sebuah provinsi pertanian. Sapi hitam dan putih Frisia yang terkenal dan kuda hitam terkenal Frisia berasal dari sini. Pariwisata adalah sumber pendapatan penting, tujuan utama wisatanya termasuk danau terbesar di barat daya provinsi, dan pulau-pulau di Laut Wadden di utara.

Fitur menarik lainnya adalah adanya banyak kincir angin. Ada 195 kincir angin di provinsi Friesland, dari total sekitar 1200 di seluruh negeri.

Kota[sunting | sunting sumber]

Kota-kota kuno Friesland ditunjukkan di bawah ini:

Elfstedentocht melewati semua sebelas kota di Fryslân
Peta Friesland
sapi Frisian
kuda Friesian
Bahasa
Belanda
Frisia Barat Piagam
pengakuan
Leeuwarden Ljouwert 1285; diperbarui pada 1435
Sneek Snits 1456
IJlst Drylts 1268
Sloten Sleat 1426
Stavoren Starum 1118
Hindeloopen Hylpen 1285
Workum Warkum 1399
Bolsward Boalsert 1425
Harlingen Harns 1234
Franeker Frjentsjer 1374
Dokkum Dokkum 1298

Gemeente (20 munisipalitas)[sunting | sunting sumber]

AmsterdamAlmeloAlmereAmersfoortArnhemAssenBredaDen HaagDelftDelfzijlDen BoschDen HelderDordrechtEnschedeHaarlemHilversumMaastrichtMiddelburgZwolleLelystadLeidenUtrecht (kota)KatwijkNijmegenEindhovenVlissingenRotterdamLeeuwardenHeerenveenGroningen (kota)EmmenAlmeloApeldoornAlkmaarZaanstadTilburgVenloHeerlenDrentheFlevolandFrieslandGelderlandGroningenLimburgBrabant UtaraHolland UtaraOverijsselHolland SelatanUtrechtZeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]