Utrecht (provinsi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Provincie Utrecht
Provinsi Utrecht
Utrecht (province)-Flag.svg Lambang Utrecht
Bendera Lambang
Map: Provinsi Utrecht di Belanda Holland Selatan Holland Utara Friesland Groningen Drenthe Flevoland Overijssel Gelderland Utrecht Limburg Brabant Utara Zeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Utrecht
Komisaris Ratu Mr. B. (Boele) Staal
Agama (1999) Protestan 27%
katolik 20%
Luas
 • Darat
 • Air
 
1,386 km² (ke-12)
63 km²
Populasi (2006)
 • Total
 • Kepadatan

1,180,039 (ke-5)
851/km² (ke-3)
Lagu kebangsaan Langs de Vecht en d'oude Rijnstroom
ISO NL-UT
Situs Web Resmi www.provincie-utrecht.nl
Peta Provinsi Utrecht (2011)

Utrecht pengucapan Belanda: [ˈytrɛxt]  ( dengarkan) adalah provinsi terkecil di Belanda dari segi wilayah, dan terletak di pusat negara. Utrecht berbatasan dengan Eemmeer di utara, Gelderland di timur, sungai Rhine di selatan, Holland Selatan di barat, dan Holland Utara di barat laut. Utrecht membentuk satu wilayah dari International Organization for Standardization untuk sistem kode wilayah dunia, dengan kode ISO 3166-2:NL-UT. Beberapa kota penting di provinsi ini adalah ibukota (juga disebut Utrecht), Amersfoort, Veenendaal, Nieuwegein dan Zeist.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Abad Pertengahan, sebagian besar wilayah provinsi saat ini diperintah oleh Keuskupan Utrecht. Keuskupan didirikan pada tahun 722 oleh Willibrord. Banyak perang terjadi antara Utrecht dengan distrik dan duchy (kadipaten) di sekitarnya , Holland, Guelders dan Brabant. Pada tahun 1527, uskup Utrecht menjual kekuaasaan duniawinya atas wilayah untuk Kaisar Charles V, yang sudah memiliki provinsi Belanda yang lain. Namun, aturan Habsburg tidak berlangsung lama, semenjak Utrecht bergabung dengan pemberontakan Republik Belanda melawan putra Charles, Philip II dari Spanyol pada 1579. Dalam Perang Dunia II, Utrecht dipegang oleh pasukan Jerman sampai kapitulasi umum dari Jerman di Belanda pada 5 Mei 1945. Lalu diduduki oleh pasukan Sekutu Kanada pada tanggal 7 Mei 1945. Kota-kota seperti Oudewater, Woerden dan Vianen dialihkan dari provinsi Holland Selatan ke Utrecht masing-masing pada tahun 1970, 1989 dan 2002.

Pada bulan Februari 2011, Utrecht, bersama dengan provinsi-provinsi Holland Utara dan Flevoland, menunjukkan keinginannya untuk menyelidiki kelayakan penggabungan antara tiga provinsi.[1] Hal ini telah positif diterima oleh kabinet Belanda, keinginannya untuk membuat satu provinsi Randstad telah disebutkan dalam perjanjian koalisi.[2] Provinsi Holland Selatan, bagian dari wilayah perkotaan Randstad, bervisi menjadi bagian dari provinsi Randstad,[3] dan sangat mendukung ide penggabungan menjadi satu provinsi,[4] tidak dinamai. Dengan atau tanpa Holland Selatan, jika dibentuk, provinsi baru akan menjadi yang terbesar di Belanda baik wilayah maupun populasi.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Utrecht

Sebelah timur Utrecht, terletak Utrecht Hill Ridge (Belanda: Utrechtse Heuvelrug), serangkaian bukit tersisa sebagai batu gleiser oleh lidah es glasial setelah glasiasi Saline yang mendahului zaman es terakhir. Karena langkanya nutrisi dalam tanah berpasir yang cepat mengering, bagian terbesar dari pemandangan yang sebelumnya padang rumput telah ditanami dengan perkebunan pinus. Sebelah selatan provinsi terdapat sebuah pemandangan sungai. Di sebelah barat sebagian besar terdiri dari padang rumput. Di utara terdapat danau besar yang dibentuk oleh penggalian lahan gambut dari rawa yang terbentuk setelah zaman es terakhir.

Amsterdam Almelo Almere Amersfoort Arnhem Assen Breda Den Haag Delft Delfzijl Den Bosch Den Helder Dordrecht Enschede Haarlem Hilversum Maastricht Middelburg Zwolle Lelystad Leiden Utrecht (kota) Katwijk Nijmegen Eindhoven Vlissingen Rotterdam Leeuwarden Heerenveen Groningen (kota) Emmen Almelo Apeldoorn Alkmaar Zaanstad Tilburg Venlo Heerlen Drenthe Flevoland Friesland Gelderland Groningen Limburg Brabant Utara Holland Utara Overijssel Holland Selatan Utrecht Zeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Munisipaliti[sunting | sunting sumber]

Untuk daftar lengkap, mencakup Munisipaliti yang lama, lihat Daftar munisipaliti di Utrecht

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referennsi[sunting | sunting sumber]