Groningen (provinsi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Provincie Groningen
Provinsi Groningen
Flag of Groningen.svg Lambang Groningen
Bendera Lambang
Map: Provinsi Groningen di BelandaHolland SelatanHolland UtaraFrieslandGroningenDrentheFlevolandOverijsselGelderlandUtrechtLimburgBrabant UtaraZeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Groningen
Komisaris Raja René Paas (CDA)
Agama (2005) Protestan 18.0%
Katolik 4.6%
Muslim 2.5%
Luas
 • Darat
 • Air
 
2,329 km² (ke-8)
576 km²
Populasi (2014)
 • Total
 • Kepadatan

582'640 (ke-9)
246/km² (ke-9)
Lagu kebangsaan Grunnens Laid
ISO NL-GR
Situs Web Resmi provinciegroningen.nl

Groningen [pengucapan Belanda: ['ɣro ː nɪŋə (n)]] (Gronings: Grönnen; Frisian Barat: Grinslân) adalah provinsi paling timur laut di Belanda. Di sebelah timur berbatasan dengan negara bagian Jerman, Niedersachsen (distrik Leer dan Emsland), Drenthe di selatan, Friesland di barat dan Laut Wadden di utara. Penduduknya berjumlah sekitar 582'640 jiwa (2014), dan sepertiga dari jumlah penduduknya tinggal di ibukota yang juga bernama Groningen.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Penggunaan lahan di Groningen terutama untuk pertanian; dan memiliki ladang gas alam yang besar di dekat Slochteren.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya merupakan bagian dari Frisia, Groningen menjadi bagian dari Kekaisaran Frank sekitar tahun 785. Charlemagne menugaskan Ludger untuk proses Kristenisasi atas kepemilikan baru. Pada abad ke-11, kota Groningen adalah sebuah desa di Drenthe milik Keuskupan Utrecht, sementara sebagian besar provinsi itu termasuk dalam wilayah keuskupan Münster. Selama Abad Pertengahan, pusat kontrol yang terpencil, dan kota Groningen bertindak sebagai negara kota, mengerahkan pengaruh yang mendominasi di sekitar Ommelanden. Sekitar tahun 1500, Maximilian I, Kaisar Romawi Suci memberi Groningen dan Friesland untuk Albert, Duke of Saxony, yang bagaimanapun tidak bisa membangun kontrol permanen. Pada 1514/15 Groningen tiba di Kadipaten Guelders, dan pada tahun 1536 ke Habsburg Belanda. Pada 1594, Groningen ditaklukkan oleh Republik Belanda, untuk yang sejak saat itu menjadi miliknya.

Sejarah politik[sunting | sunting sumber]

Groningen Timur adalah tempat perjuangan kelas yang sangat sengit pada abad 19 dan 20. Mungkin bukan suatu kebetulan, Groningen menawarkan kotamadya (Beerta) tempat Partai Komunis Belanda pernah memiliki seorang wali kota (Hanneke Jagersma).

Budaya[sunting | sunting sumber]

Peta Provinsi Groningen
AmsterdamAlmeloAlmereAmersfoortArnhemAssenBredaDen HaagDelftDelfzijlDen BoschDen HelderDordrechtEnschedeHaarlemHilversumMaastrichtMiddelburgZwolleLelystadLeidenUtrecht (kota)KatwijkNijmegenEindhovenVlissingenRotterdamLeeuwardenHeerenveenGroningen (kota)EmmenAlmeloApeldoornAlkmaarZaanstadTilburgVenloHeerlenDrentheFlevolandFrieslandGelderlandGroningenLimburgBrabant UtaraHolland UtaraOverijsselHolland SelatanUtrechtZeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Munisipalitas (20)[sunting | sunting sumber]

Orang-orang dari Provinsi Groningen[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]