Utrecht (Utrecht)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk artikel sebuah daerah di Afrika Selatan dengan nama yang sama, lihat Utrecht, KwaZulu-Natal.
Utrecht
Utrecht pada malam hari
Utrecht pada malam hari
Coat of arms of Enschede
Location of Utrecht
NegaraBelanda Belanda
ProvinsiUtrecht
Pemerintahan
 • Wali kotaSharon Dijksma (PvdA)
Luas
(2012)
 • Total99,21 km2 (38,31 sq mi)
 • Luas daratan93,83 km2 (36,23 sq mi)
 • Luas perairan5,38 km2 (2,08 sq mi)
Populasi
 (1 Januari 2022)
 • Total361.742
 • Kepadatan3.807/km2 (9,860/sq mi)
 Source: CBS, [1].
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Situs webwww.utrecht.nl

Kota dan munisipalitas Utrecht (pengucapan Belanda: [ˈytrɛxt]  ( dengarkan), pengucapan bahasa Inggris: [ˈjuːtrɛkt]) adalah ibu kota provinsi Utrecht di Belanda dan kota yang paling padat penduduknya di provinsi ini. Utrecht terletak di ujung timur Randstad dan merupakan kota terbesar keempat di Belanda. Pada tahun 2022, munisipalitas Utrecht akan memiliki sekitar 362.000 penduduk.

Pusat kota kuno Utrecht memiliki banyak bangunan dan struktur dari awal Abad Pertengahan. Utrecht berperan sebagai pusat agama Belanda sejak abad ke-8. Saat ini kota adalah Tahta Suci Uskup Agung Utrecht, pemimpin Katolik Roma yang terpenting.[1][2] Utrecht juga merupakan Tahta Suci Uskup Agung Gereja Katolik Tua, kepala tituler Uni Utrecht, dan lokasi kantor utama Gereja protestan Belanda. Sampai Zaman Keemasan, Utrecht merupakan kota yang terpenting di Belanda Utara (kini dikenal sebagai Belanda, mengecualikan Belgia dan Luksemburg), sampai Amsterdam menjadi kota budaya dan kota yang paling padat penduduknya Belanda.

Utrecht peran sebagai tuan rumah Universitas Utrecht, Universitas Belanda yang terbesar, serta beberapa lembaga pendidikan tinggi lain. Karena posisi sentral di negeri, Utrecht adalah pusat transportasi penting (kereta api dan transportasi darat) di Belanda. Utrecht memiliki jumlah tertinggi kedua peristiwa budaya di Belanda, setelah Amsterdam.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum 650 M[sunting | sunting sumber]

Meskipun ada beberapa bukti pendudukan sebelumnya di wilayah Utrecht, berasal dari Zaman Batu (sekitar 2200 SM) dan menetap di Zaman Perunggu (sekitar 1800–800 SM), pendirian kota biasanya terkait dengan pembangunan benteng Romawi (castellum), dibangun sekitar tahun 50 M. Serangkaian benteng semacam itu dibangun setelah kaisar Romawi Claudius memutuskan bahwa kekaisaran tidak boleh berkembang lebih jauh ke utara. Untuk mengkonsolidasikan perbatasan, garis pertahanan Limes Germanicus dibangun[4] di sepanjang cabang utama sungai Rhine.

Di zaman Romawi, nama benteng Utrecht adalah Traiectum. Traiectum menjadi Trecht Belanda; dengan "U" dari Bahasa Belanda Kuno "uut" (di hilir) ditambahkan untuk membedakan U-trecht dari Maas-tricht,[5] di sungai Meuse. Dalam dokumen resmi abad ke-11, itu dilatinkan sebagai Ultra Traiectum.

Pusat Kekristenan di Belanda (650-1579)[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan abad ke-7, misionaris Inggris dan Irlandia berangkat untuk mempertobatkan Frisia. Paus Sergius I mengangkat Santo Wilibrordus sebagai uskup Frisia. Masa jabatan Willibrordus umumnya dianggap sebagai awal dari Keuskupan Utrecht.[4] Pada tahun 723, pemimpin Frank, Karl Martell mendirikan benteng di Utrecht dan tanah sekitarnya sebagai pangkalan para uskup. Sejak saat itu Utrecht menjadi salah satu kursi kekuasaan paling berpengaruh bagi Gereja Katolik di Belanda.[4] Setelah jatuhnya Dorestad sekitar tahun 850, Utrecht menjadi salah satu kota terpenting di Belanda.

Republik Belanda (1579–1806)[sunting | sunting sumber]

Peta Utrecht pada tahun 1652

Pada tahun 1579, tujuh provinsi utara menandatangani Uni Utrecht, di mana mereka memutuskan untuk bergabung melawan kekuasaan Spanyol. Uni Utrecht dipandang sebagai awal berdirinya Republik Belanda. Pada tahun 1580, negara baru yang didominasi Protestan menghapuskan keuskupan, termasuk keuskupan agung Utrecht. Para stadtholder tidak menyetujui jalan independen borjuis Utrecht dan membawa kota itu di bawah kendali republik, menggeser kekuasaan ke provinsi dominannya, Belanda. Utrecht tetap menjadi kota atipikal di republik baru yang sekitar 40% Katolik pada pertengahan abad ke-17, dan terlebih lagi di antara kelompok elit, yang mencakup banyak bangsawan pedesaan dan bangsawan dengan adanya rumah kota di sana.[6]

Sejarah modern (1815–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pertumbuhan kota meningkat pada tahun 1843 ketika jalur kereta api yang menghubungkan Utrecht ke Amsterdam dibuka. Setelah itu, Utrecht secara bertahap menjadi hub utama jaringan kereta api Belanda. Dengan Revolusi Industri yang mulai berpengaruh di Belanda, Utrecht mulai tumbuh jauh melampaui zaman abad pertengahan.

Selama Perang Dunia II, Utrecht diduduki oleh pasukan Jerman hingga Jerman menyerah atas Belanda pada 5 Mei 1945. Pasukan Britania Raya dan Kanada yang mengepung kota itu memasukinya setelah penyerahan itu, pada 7 Mei 1945. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, kota ini berkembang pesat ketika lingkungan baru seperti Overvecht, Kanaleneiland, Hoograven, dan Lunetten dibangun. Sekitar tahun 2000, kawasan perumahan Leidsche Rijn dikembangkan sebagai perpanjangan kota ke barat.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta topografi Utrecht, Desember 2016.

Utrecht terletak di tengah-tengah Belanda dan di provinsi Utrecht. Kota ini berasal dari sebuah tikungan sungai Rhine, ketika lengan utama sungai yang mengikuti jalur Kromme Rijn dan Oude Rijn saat ini. Ada kastil Romawi di situs Domplein hari ini. Kromme Rijn mengalir ke Utrecht di timur meninggalkan kanal-kanal kota seperti Vecht (utara) dan Leidse Rijn (barat). Kanal Amsterdam-Rhine yang lebar membentang ke barat kota, ke selatan mengaliri Vaartsche Rijn, kanal yang jauh lebih tua.

Di sebelah barat kota, "di atas Kanal Amsterdam-Rhine" (over het Amsterdam-Rijnkanaal), terletak proyek perluasan pinggiran kota Leidsche Rijn, lokasi Vinex terbesar dan proyek konstruksi baru di Belanda. Ketika selesai, serangkaian perumahan baru akan menampung sekitar 90.000 jiwa. Di utara, selatan dan timur kota terdapat beberapa kota pinggiran, komuter dan satelit. Aglomerasi metropolitan bertepatan dengan BRU (Dewan Wilayah Utrecht).

Iklim[sunting | sunting sumber]

Utrecht adalah wilayah dengan iklim laut sedang (Köppen: Cfb) yang mirip dengan keseluruhan Belanda.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi publik[sunting | sunting sumber]

Stasiun Sentral Utrecht (Utrecht Centraal Station)

Karena lokasinya yang sentral, Utrecht terhubung dengan baik ke seluruh Belanda dan memiliki jaringan transportasi umum yang berkembang dengan sangat baik.

Utrecht Centraal adalah stasiun kereta api utama Utrecht dan merupakan yang terbesar di Belanda. Ada layanan antarkota reguler ke semua kota besar di Belanda; layanan langsung ke Bandara Schiphol. Utrecht Centraal adalah stasiun dengan layanan malam hari, menyediakan layanan sepanjang malam selama 7 hari seminggu ke (antara lain) Bandara Schiphol, Amsterdam dan Rotterdam. Layanan InterCityExpress (ICE) International ke Jerman (dan selanjutnya) melalui Arnhem di Utrecht Centraal.

Utrecht adalah lokasi kantor pusat Nederlandse Spoorwegen (Kereta Api Belanda), operator kereta api terbesar di Belanda, dan ProRail, perusahaan milik negara yang bertanggung jawab atas pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur kereta api negara.

Bus dan trem[sunting | sunting sumber]

Bus umum di Utrecht

Terminal bus lokal dan regional utama Utrecht terletak berdekatan dengan stasiun kereta api Utrecht Centraal, di pintu masuk Timur dan Barat. Karena renovasi besar-besaran dan pekerjaan konstruksi di stasiun kereta api, halte bus stasiun sering berubah. Sebagai aturan umum, bus tujuan barat berangkat dari terminal bus di pintu masuk barat, bus lain dari stasiun sisi timur. Bus lokal di Utrecht dioperasikan oleh Qbuzz; layanannya mencakup layanan frekuensi tinggi ke distrik universitas Uithof. Armada bus lokal adalah salah satu yang terbersih di Eropa, hanya menggunakan bus yang memenuhi standar Euro-VI serta bus listrik untuk transportasi dalam kota. Bus regional dari kota dioperasikan oleh Arriva dan Connexxion.

Trem di Utrecht

Sneltram Utrecht adalah skema LRT yang berjalan ke selatan dari Utrecht Centraal ke pinggiran IJsselstein, Kanaleneiland, Lombok, dan Nieuwegein. Sneltram mulai beroperasi pada tahun 1983 dan saat ini dioperasikan oleh perusahaan transportasi swasta Qbuzz. Pada 16 Desember 2019, jalur trem baru ke Uithof mulai beroperasi, menciptakan koneksi transit massal langsung dari stasiun pusat ke kampus utama universitas Utrecht.

Bersepeda[sunting | sunting sumber]

Jalur sepeda di Utrecht

Seperti kebanyakan kota di Belanda, Utrecht memiliki jaringan jalur sepeda yang luas, sehingga bersepeda menjadi aman dan populer. 33% perjalanan di dalam kota dilakukan dengan sepeda, lebih banyak daripada moda transportasi lainnya. Sepeda digunakan oleh orang muda dan tua, dan oleh individu dan keluarga. Kebanyakan adalah sepeda tradisional yang tegak, berbingkai baja, dengan sedikit roda gigi. Ada juga sepeda gerobak, untuk membawa belanjaan atau anak kecil.

Pada tahun 2014, Dewan Kota memutuskan untuk membangun stasiun parkir sepeda terbesar di dunia, di dekat Stasiun Kereta Api Utama. Konstruksi tiga lantai ini akan menelan biaya sekitar €48 juta dan akan menampung 12.500 sepeda. Stasiun parkir sepeda akhirnya dibuka pada 19 Agustus 2019.[7]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Utrecht adalah rumah dari beberapa institusi pendidikan tinggi besar. Yang paling menonjol adalah Universitas Utrecht (perkiraan sejak 1636), universitas terbesar di Belanda dengan 30.449 mahasiswa (per 2012). Universitas ini sebagian berbasis di pusat kota serta di area kampus Uithof, di sebelah timur kota. Universitas Utrecht adalah universitas terbaik ke-57 di dunia.[8] Utrecht juga menampung Universitas Studi Humanistik yang jauh lebih kecil, yang menampung sekitar 400 mahasiswa.[9]

Utrecht adalah rumah dari salah satu lokasi TIAS School for Business and Society, yang berfokus pada pendidikan manajemen pasca-pengalaman dan sekolah manajemen terbesar dari jenisnya di Belanda. Pada tahun 2008, program MBA eksekutifnya dinilai sebagai program terbaik ke-24 di dunia oleh Financial Times.[10]

Utrecht juga merupakan rumah bagi dua institusi besar pendidikan tinggi lainnya: universitas kejuruan Hogeschool Utrecht (37.000 siswa),[11] dengan lokasi di kota dan kampus Uithof; dan Sekolah Seni HKU Utrecht (3.000 siswa).

Tempat menarik[sunting | sunting sumber]

Gereja[sunting | sunting sumber]

  • Domtoren: Domtoren adalah menara gereja tertinggi di Belanda dengan ketinggian 112,5 meter.[12] Menara bergaya Gotik ini juga menjadi simbol kota Utrecht.[13] Menara ini merupakan bagian dari Katedral Santo Martinus (juga dikenal dengan sebutan Gereja Katedral). Menara ini sendiri dibangun dari tahun 1321 hingga 1382 berdasarkan rancangan Johan dari Hainaut. Katedral ini tidak pernah dituntaskan pembangunannya akibat kekurangan biaya. Panti umat yang masih belum selesai pembangunannya runtuh pada tahun 1674, alhasil menara ini pun berdiri sendiri.
  • Katedral Santo Martinus: Katedral Santo Martinus, Utrecht, atau Gereja Dom (Belanda: Domkerk), adalah sebuah gereja Gotik yang didedikasikan untuk Santo Martinus dari Tours, yang merupakan katedral Keuskupan Utrecht selama Abad Pertengahan. Ini adalah satu-satunya katedral pra-Reformasi di Belanda, tetapi telah menjadi gereja Protestan sejak 1580.
  • Gereja Santo Petrus: Gereja Santo Petrus (Belanda: Pieterskerk) adalah sebuah gereja Reformasi dan bekas gereja Katolik Roma yang didedikasikan untuk Rasul Petrus. Ini adalah salah satu gereja tertua di Utrecht. Gereja ini diresmikan pada 1 Mei 1048 oleh Bernold, Uskup Utrecht. Gereja ini adalah ujung timur "Kerkenkruis" Utrecht, di mana Domkerk menjadi pusatnya. Ciri khas gaya Romanesque di mana ia dibangun adalah pilar-pilar nave gereja yang besar, masing-masing dipahat dari sepotong batu pasir merah, dan ruang bawah tanah di bawah paduan suara. Bangunan itu sekarang digunakan oleh Gereja Walloon.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Centraal Museum
  • Centraal Museum: Museum Centraal adalah museum di Utrecht yang didirikan pada tahun 1838. Museum ini memiliki koleksi yang sangat luas. Koleksi lukisan oleh Northern Mannerist Joachim Wtewael sejauh ini adalah yang terbesar di dunia. Sorotan lainnya adalah banyak lukisan penting oleh Utrecht Caravaggisti, seperti Gerard van Honthorst dan Hendrick ter Brugghen. Keduanya melakukan perjalanan ke Roma pada awal abad ke-17 untuk mempelajari karya-karya master Italia, Caravaggio. Pada generasi sebelumnya termasuk Wtewael, Abraham Bloemaert dan pelukis potret Paulus Moreelse adalah pelukis Utrecht yang paling signifikan, dengan Jan van Scorel masih lebih awal.
  • Duitse Huis: Duitse Huis adalah kompleks bangunan di kota Utrecht, Belanda, yang dilindungi sebagai monumen nasional. Bagian-bagian yang lebih tua berasal dari sebuah biara Bailiwick of Utrecht dari Ksatria Teutonik yang didirikan pada tahun 1348. Awalnya Katolik, ordo tersebut menjadi Protestan selama Reformasi. Sebuah rumah sakit militer ditambahkan pada tahun 1823 setelah para ksatria menjual properti itu.
  • Kastil de Haar: Kastil de Haar (Kasteel de Haar) adalah sebuah kastel yang terletak di dekat Haarzuilens di Utrecht, Belanda. Kastil ini dibangun pada tahun 1391, hingga hancur dan kemudian direstorasi dari tahun 1892 hingga 1907 oleh arsitek Belanda Pierre Cuypers. Restorasi ini merupakan bagian dari proyek restorasi neo-Gotik yang didanai oleh keluarga Rothschild.[14]
  • Museum Kereta Api: Museum Kereta Api (Het Spoorwegmuseum) di Utrecht adalah museum kereta api nasional Belanda. Didirikan pada tahun 1927 dan sejak 1954 telah ditempatkan di bekas stasiun Maliebaan. Museum saat ini memiliki koleksi kereta api yang besar dan beragam. Koleksi yang dipamerkan antara lain lokomotif uap, lokomotif listrik, lokomotif diesel, gerbong kereta, gerbong barang, dan beberapa trem.

Kanal[sunting | sunting sumber]

Kanal Oudegracht
  • Oudegracht: Oudegracht (Kanal Tua) adaah kanal sepanjang kira-kira dua kilometer yang menghubungkan antara Kromme Rijn dan Vecht, dan memotong seluruh pusat kota dari selatan ke utara. Selama berabad-abad kanal itu telah menjadi arteri utama kota. Sistem pekarangan dan gudang bawah tanah di Utrecht Oudegracht dan Nieuwegracht adalah salah satu yang terunik di dunia dalam skala ini. Pada tahun 2008, sistem kanal, jembatan dan dermaga dinominasikan untuk Daftar Warisan Dunia UNESCO, tetapi nominasi tersebut belum dilakukan.[15]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Belanda) "Aartsbisdom Utrecht". Diakses tanggal 2007-12-10. 
  2. ^ (Belanda) "Katholiek Nederland". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-04. Diakses tanggal 2007-12-10. 
  3. ^ (Belanda) Gemeente Utrecht. "Utrecht Monitor 2007" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-02-06. Diakses tanggal 2008-01-06. 
  4. ^ a b c Bruin, Renger de (1999). Twintig eeuwen Utrecht : korte geschiedenis van de stad. T.J. Hoekstra, A. Pietersma. Utrecht: SPOU. ISBN 90-5479-040-7. OCLC 67739738. 
  5. ^ DBNL. "Nicoline van der Sijs, Chronologisch woordenboek · dbnl". DBNL (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2022-05-17. 
  6. ^ Franits, Wayne E. (2004). Dutch seventeenth-century genre painting : its stylistic and thematic evolution. New Haven: Yale University Press. ISBN 0-300-10237-2. OCLC 52902468. 
  7. ^ "Utrecht to build world's biggest bike park - for 12,500 bikes". DutchNews.nl (dalam bahasa Inggris). 2014-04-27. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  8. ^ "Utrecht University | Academic Ranking of World Universities - 2014 | Shanghai Ranking - 2014". web.archive.org. 2015-04-03. Archived from the original on 2015-04-03. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  9. ^ "Over de universiteit - Universiteit voor Humanistiek". web.archive.org. 2013-01-16. Archived from the original on 2013-01-16. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  10. ^ "FT.com". 
  11. ^ "Kengetallen | HU Jaarverslag". web.archive.org. 2012-07-18. Archived from the original on 2012-07-18. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  12. ^ "Trayle > Dom tower travel guide". archive.ph. 2012-09-15. Archived from the original on 2012-09-15. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  13. ^ "Architecture in Utrecht". Holland.com. 
  14. ^ Kransberg, Doriann (cop. 1979). Kastelengids van Nederland : middeleeuwen. Hans Mils. Haarlem: Fibula-Van Dishoeck. ISBN 90-228-3856-0. OCLC 781389975. 
  15. ^ "Nominatie werelderfgoedlijst  | Gemeente Utrecht". web.archive.org. 2014-06-01. Archived from the original on 2014-06-01. Diakses tanggal 2022-05-17.