Utrecht, Utrecht

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk artikel sebuah daerah di Afrika Selatan dengan nama yang sama, lihat Utrecht, KwaZulu-Natal.
Letak Utrecht

Kota dan munisipalitas Utrecht (pengucapan Belanda: [ˈytrɛxt]  ( dengarkan), pengucapan bahasa Inggris: [ˈjuːtrɛkt]) adalah ibukota provinsi Utrecht di Belanda dan kota yang paling padat penduduknya di provinsi ini. Utrecht terletak di ujung timur Randstad dan merupakan kota terbesar keempat di Belanda.

Pusat kota kuno Utrecht memiliki banyak bangunan dan struktur dari awal Abad Pertengahan. Utrecht berperan sebagai pusat agama Belanda sejak abad ke-8. Saat ini kota adalah Tahta Suci Uskup Agung Utrecht, pemimpin Katolik Roma yang terpenting.[1][2] Utrecht juga merupakan Tahta Suci Uskup Agung Gereja Katolik Tua, kepala tituler Uni Utrecht, dan lokasi kantor utama Gereja protestan Belanda. Sampai Zaman Keemasan, Utrecht merupakan kota yang terpenting di Belanda Utara (kini dikenal sebagai Belanda, mengecualikan Belgia dan Luksemburg), sampai Amsterdam menjadi kota budaya dan kota yang paling padat penduduknya Belanda.

Utrecht peran sebagai tuan rumah Universitas Utrecht, Universitas Belanda yang terbesar, serta beberapa lembaga pendidikan tinggi lain. Karena posisi sentral di negeri, Utrecht adalah pusat transportasi penting (kereta api dan transportasi darat) di Belanda. Utrecht memiliki jumlah tertinggi kedua peristiwa budaya di Belanda, setelah Amsterdam.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Belanda) "Aartsbisdom Utrecht". Diakses 2007-12-10. 
  2. ^ (Belanda) "Katholiek Nederland". Diakses 2007-12-10. 
  3. ^ (Belanda) Gemeente Utrecht. "Utrecht Monitor 2007". Diakses 2008-01-06.