The Fault in Our Stars (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Fault in Our Stars
Fault in our stars.jpg
Poster film The Fault in Our Stars
SutradaraJosh Boone
ProduserMarty Bowen
Wyck Godfrey
SkenarioScott Neustadter
Michael H. Weber
BerdasarkanThe Fault in Our Stars
oleh John Green
PemeranShailene Woodley
Ansel Elgort
Laura Dern
Sam Trammell
Nat Wolff
Willem Dafoe
MusikMike Mogis
Nate Walcott
SinematografiBen Richardson
PenyuntingRobb Sullivan
Perusahaan
produksi
Temple Hill Entertainment
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
Durasi
126 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$12 juta[2]
Pendapatan kotor$307,166,834[2]

The Fault in Our Stars adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Josh Boone dan diproduseri oleh Marty Bowen dan Wyck Godfrey. Naskah film ini ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber berdasarkan novel The Fault in Our Stars karya John Green. Film ini dibintangi oleh Shailene Woodley, Ansel Elgort, Laura Dern, Sam Trammell, Nat Wolff dan Willem Dafoe.

Film The Fault in Our Stars ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Seattle pada tanggal 16 Mei 2014[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Juni 2014.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Hazel Grace Lancaster (Shailene Woodley) merupakan seorang remaja yang tinggal di Indianapolis yang menderita kanker tiroid yang telah menyebar ke paru-parunya. Percaya bahwa Hazel depresi, ibunya, Frannie (Laura Dern), mendesak Hazel untuk menghadiri komunitas dukungan pasien kanker tiap minggu untuk membantunya berteman dengan orang-orang yang mengalami hal yang sama. Di sana, Hazel bertemu dengan Augustus Waters (Ansel Elgort), seorang remaja yang menawan yang kehilangan kakinya karena kanker tulang, namun sejak saat itu, Augustus tampaknya terbebas dari kanker. Ia mengundang Hazel ke rumahnya di mana mereka berteman karena hobi mereka dan setuju untuk membaca buku favorit masing-masing. Hazel merekomendasikan novel An Imperial Affliction, novel tentang seorang gadis yang menderita kanker bernama Anna yang mirip dengan pengalamannya, dan Augustus memberikan Hazel novel Counter Insurgence. Mereka tetap berhubungan melalui teks selama beberapa minggu dan semakin dekat. Setelah Augustus selesai membaca novel itu, ia mengungkapkan rasa frustrasinya dengan akhir novel yang mendadak (berakhir di tengah-tengah kalimat). Hazel menjelaskan bahwa penulis novel tersebut yang misterius, Peter Van Houten (Willem Dafoe), beristirahat di Amsterdam setelah novel tersebut dipublikasikan dan belum terdengar kabarnya sejak saat itu.

Beberapa minggu kemudian, Augustus memberitahu Hazel bahwa ia telah melacak asisten Peter Van Houten, Lidewij Vliegenthart (Lotte Verbeek), dan telah berkomunikasi dengan Peter Van Houten melalui email. Hazel menulis kepadanya untuk mencari tahu lebih lanjut tentang akhir rancu novel tersebut. Peter Van Houten menjawab bahwa ia hanya bersedia menjawab pertanyaannya secara langsung. Hazel bertanya kepada ibunya apakah ia dapat pergi ke Amsterdam untuk mengunjunginya, namun Frannie menolak karena keterbatasan keuangan dan medis. Augustus menyarankan agar Hazel menggunakan "keinginan kanker" yang diterima oleh Hazel dari Make-A-Wish Foundation, namun Hazel menjelaskan bahwa ia telah menggunakan miliknya untuk mengunjungi Walt Disney World. Augustus dan Hazel pergi berpiknik dan saling jatuh cinta. Augustus mengejutkan Hazel dengan tiket ke Amsterdam. Setelah melalui masa-masa medisnya, dokter Hazel akhirnya setuju untuk mengizinkan perjalanan ke Amsterdam karena mereka berharap bahwa Hazel akan segera tidak mampu melakukan apa-apa.

Hazel dan Augustus tiba di Amsterdam dan dilayani dengan pemesanan di restoran mahal, dibayar di muka oleh Peter Van Houten. Selama makan, Augustus menyatakan cintanya kepada Hazel. Sore berikutnya, mereka pergi ke rumah Peter Van Houten, namun mereka terkejut mengetahui bahwa ia adalah seorang pecandu alkohol yang kejam. Lidewij mengatur pertemuan dan makan malam mereka tanpa sepengetahuan Peter Van Houten. Marah atas tindakan asistennya, Peter Van Houten menghina Hazel karena mencari jawaban serius atas sepotong cerita fiksi novel tersebut dan meremehkan kondisi medis Hazel. Hazel keluar dari rumah Peter Van Houten, benar-benar putus asa. Lidewij mengundang mereka pergi bertamasya untuk menebus pengalaman mereka yang sia-sia. Mereka bertiga mengunjungi Anne Frank House, di mana Hazel berusaha menaiki banyak tangga di tempat tersebut. Mereka menghabiskan malam itu bersama di hotel dan melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya. Keesokan harinya, Augustus memberitahu Hazel bahwa kankernya telah kembali, menyebar ke seluruh tubuhnya dan bersifat mematikan. Hazel sangat sedih dan mengungkapkan betapa tidak adilnya hidup ini.

Setelah mereka kembali ke Indianapolis, kesehatan Augustus memburuk. Ia dibawa ke ICU dan menyadari bahwa ia dekat dengan kematian. Augustus mengundang sahabatnya yang buta, Isaac (Nat Wolff), serta Hazel ke pra-pemakamannya di mana mereka menyampaikan pidato yang telah mereka siapkan. Hazel memberitahu Augustus bahwa ia tidak akan menukar waktu singkat mereka dengan apapun karena Augustus "memberikan selamanya dalam beberapa hari" kepada Hazel. Augustus meninggal delapan hari kemudian dan Hazel tercengang ketika menemukan Peter Van Houten di pemakaman Augustus. Ia memberitahu Hazel bahwa Augustus telah mengundangnya menghadiri pemakamannya untuk menebus perjalanan mereka. Peter Van Houten memberitahu Hazel bahwa novel ini berdasarkan pada pengalaman putrinya, Anna, yang meninggal karena leukemia pada usia muda. Ia memberikan Hazel selembar kertas, namun Hazel meremukkan kertas tersebut dan meminta Peter Van Houten untuk pergi. Kemudian, setelah berbicara dengan Isaac, Hazel mengetahui bahwa Augustus telah meminta Peter Van Houten untuk membantunya menulis sebuah pidato untuk Hazel. Hazel mengambil kertas kusut tersebut dan membaca isinya yang menerima kematiannya dan tentang cintanya pada Hazel. Hazel berbaring telentang di halamannya sambil menatap bintang-bintang, tersenyum ketika ia mengingat Augustus dan berkata, "Oke."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Shailene Woodley sebagai Hazel Grace Lancaster
    • Lily Kenna sebagai Hazel muda
  • Ansel Elgort sebagai Augustus "Gus" Waters
  • Nat Wolff sebagai Isaac
  • Laura Dern sebagai Frannie Lancaster
  • Sam Trammell sebagai Michael Lancaster
  • Willem Dafoe sebagai Peter van Houten
  • Lotte Verbeek sebagai Lidewij Vliegenthart
  • Mike Birbiglia sebagai Patrick
  • Ana Dela Cruz sebagai Dr. Maria
  • Milica Govich sebagai Mrs. Waters
  • David Whalen sebagai Mr. Waters
  • Emily Peachey sebagai Monica
  • Emily Bach sebagai ibu Monica
  • Carole Weyers sebagai Anne Frank

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Fault in Our Stars mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 80%, berdasarkan 210 ulasan, dengan rating rata-rata 6.9/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Fault in Our Stars mendapatkan $124,872,350 di Amerika Utara dan $182,294,484 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $307,166,834, melebihi anggaran produksi film $12 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $48,002,523, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Fault in Our Stars (12A)". British Board of Film Classification. May 8, 2014. Diakses tanggal May 24, 2018. 
  2. ^ a b c d "The Fault in Our Stars (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 24, 2018. 
  3. ^ Johns, Nikara (April 30, 2014). "'Boyhood,' 'The Fault in Our Stars' to be Featured at Seattle Film Festival". Variety. Diakses tanggal May 24, 2018. 
  4. ^ Deutsch, Lindsay (October 8, 2013). "'The Fault In Our Stars' movie gets a release date". USA Today. Diakses tanggal October 10, 2013. 
  5. ^ "The Fault in Our Stars (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "The Fault in Our Stars reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]