Emanuel de Witte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Interior of a Church", by Emmanuel de Witte c. 1660
Portrait of a Family in an Interior

Emanuel de Witte (1617–1692) adalah seorang pelukis Belanda yang mengusung tema perspektif. Berbeda dengan Pieter Jansz Saenredam yang menekankan akurasi arsitektural, De Witte lebih mementingkan suasana interiornya. Meski jumlahnya sedikit, de Witte juga menghasilkan sebuah seni genre.

Hidup[sunting | sunting sumber]

De Witte lahir di Alkmaar dan belajar geometri dari ayahnya seorang kepala sekolah. Dia bergabung dengan Guild of St Luke lokal pada tahun 1636. Setelah tinggal di Rotterdam, dia pindah ke Delft dan belajar dengan Evert van Aelst. Pada tahun 1651 de Witte menetap di Amsterdam di mana istri pertamanya, Geerje Arents, meninggal pada tahun 1655. Dia kemudian menikahi seorang yatim piatu berusia 23 tahun, Lysbeth van der Plas, yang memberikan pengaruh buruk pada putri remaja de Witte. Pada bulan Desember 1659 keduanya ditangkap karena mencuri dari tetangga.[1] Lysbeth, hamil, harus meninggalkan kota untuk jangka waktu enam tahun; dia tinggal di luar tembok kota dan meninggal pada tahun 1663.

Setelah penangkapan istri dan anaknya, de Witte dipaksa untuk mengikatkan dirinya kepada notaris dan pedagang seni Amsterdam Joris de Wijs, menyerahkan semua karyanya dengan imbalan kamar, papan, dan 800 gulden setiap tahun. De Witte melanggar kontrak, digugat oleh dealer, dan sebagai akibatnya terpaksa mengikatkan dirinya lebih jauh.[2] Beberapa pelindung memberikan dukungan kepada de Witte, tetapi hubungan ini tidak berjalan dengan baik, karena ia cenderung meneriaki kliennya dan orang-orang yang mengawasinya bekerja di gereja. Catatan menceritakan kebiasaan berjudi dan berkelahi dengan Gerard de Laairesse. Sekitar tahun 1688 ia pindah dengan Hendrick van Streeck, sebagai imbalan untuk melatihnya sebagai pelukis interior gereja. Menurut Arnold Houbraken, setelah berdebat tentang sewa, de Witte gantung diri dari jembatan kanal pada tahun 1692. Tali putus dan de Witte tenggelam. Karena kanal membeku malam itu, mayatnya tidak ditemukan sampai sebelas minggu kemudian.[3]

Interior of the Portuguese synagogue in Amsterdam, 1680.

De Witte awalnya melukis potret serta adegan mitologis dan religius. Setelah pindah dari Delft ke Amsterdam pada tahun 1651, de Witte semakin mengkhususkan diri dalam merepresentasikan interior gereja, dan juga melukis gereja tua di Amsterdam dari hampir setiap sudut. Dia terkadang menggabungkan aspek gereja yang berbeda untuk menggambarkan interior gereja yang ideal, mengisinya dengan pengunjung gereja, terkadang ditemani oleh seekor anjing. Rasa komposisi De Witte yang luar biasa dikombinasikan dengan penggunaan cahayanya menciptakan rasa ruang yang kuat. Menurut Walter Liedtke, "minat utama de Witt adalah ruang itu sendiri – cahayanya, warna, luasnya, dan suasananya – bukan arsitektur untuk kepentingannya sendiri"; pengaturan cahaya yang cermat berfungsi untuk "mengintensifkan sensasi berada di dalam ruang yang besar tetapi pada saat yang sama terlindung."[4]

Symber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Van Eeghen, P. van (1958) Kinderbescherming 300 en 200 jaar geleden. Maandblad Amstelodamum, December 1958, p. 221-3; Van Eeghen, I.H. van (1976) De familiestukken van Metsu van 1657 en van De Witte van 1678 met vier levensgeschiedenissen. Jaarboek Amstelodamum, p. 88-89.
  2. ^ Crenshaw, P. (2006) Rembrandt's Bankruptcy. The artist, his patrons and the art market in the seventeenth-century Netherlands, p. 85.
  3. ^ De Grote Schouwburg (1995) Schildersbiografieën van Arnold Houbraken. Samenstelling Jan Konst en Manfred Sellink.
  4. ^ Liedtke, W. (2001). Vermeer and the Delft School. New Haven: Yale Univ. Press. p. 434. ISBN 0300088485.
  • E. P. Richardson, De Witte and the imaginative nature of Dutch art in Art Quarterly I, 1938, S. 5 ff.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]