Perspektif (grafis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tangga dalam perspektif dua-titik.

Perspektif (dari Latin: perspicere 'melihat dengan jelas') dalam seni grafis adalah perkiraan representasi, umumnya pada permukaan datar (seperti kertas), dari gambar seperti yang terlihat oleh mata. Dua hal yang paling khas dari perspektif adalah bahwa objek tampak lebih kecil karena jarak objek dengan yang melihat objek tersebut meningkat; dan bahwa objek patuh kepada foreshortening, yang berarti bahwa dimensi objek di sepanjang garis pandang tampak lebih pendek daripada dimensi yang melintasi garis pandang.

Para pelukis dan arsitek Renaisans Italia seperti Filippo Brunelleschi, Masaccio, Paolo Uccello, Piero della Francesca dan Luca Pacioli mempelajari perspektif linear, menulis risalah tentang hal itu, dan memasukkannya ke dalam karya seni mereka, sehingga berkontribusi pada matematika.

Pada abad pertama SM, beberapa lukisan Yunani Kuno mencakup proyeksi isometrik atau garis-garis yang umumnya menyatu tanpa titik hilang yang konsisten.[a] Fresko Romawi dari abad pertama telah ditemukan yang menggunakan beberapa titik hilang secara sistematis tetapi tidak sepenuhnya konsisten.[1]

Sebuah kubus dalam perspektif dua-titik.
Perspektif tiga-titik
Perspektif Kurvilinear
Melozzo menggunakan foreshortening ke atas dalam fresko-nya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]