Bursa Saham Amsterdam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Euronext Amsterdam
TipeBursa efek
Lokasi Amsterdam, Belanda
pemilikEuronext
Tokoh pentingMaurice van Tilburg (CEO)
Mata uangEUR
Jumlah daftaran174[1]
IndeksIndeks AEX
Indeks AMX
Indeks AScX
Situs webwww.aex.nl
Sebuah obligasi dari Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), pada tanggal 7 November 1623, dengan jumlah 2.400 florin. Obligasi ini dicuri dari Arsip Kota Amsterdam dan dibeli secara murah oleh pelabuh Jerman, yang menolak untuk mengembalikan harta curian itu.

Bursa Saham Amsterdam adalah mantan nama untuk bursa saham berasasnya di Amsterdam. Bursa ini bergabung pada 22 September 2000 dengan Bursa Saham Brussel dan Bursa Saham Paris untuk membentuk Euronext, dan sekarang dijuluki sebagai Euronext Amsterdam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bursa Saham Amsterdam dianggap pasar sekuritas yang "modern" tertua di dunia. Bursa ini ditubuh pada tahun 1602 oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda (Verenigde Oostindische Compagnie, atau "VOC") untuk urusan saham dan obligasi cetaknya. Bursa ini kemudian berganti nama menjadi Bourse Amsterdam dan merupakan yang pertama untuk secara resmi memulai perdagangan saham.

European Option Exchange (EOE) telah ditubuh pada tahun 1978 di Amsterdam sebagai sebuah bursa berjangka dan opsi. Pada tahun 1983, bursa ini memulai sebuah indeks pasar saham, dijuluki Indeks EOE, terdiri dari 25 perusahaan terbesar yang berdagang di bursa saham. Pada tahun 1997, Bursa Saham Amsterdam dan EOE bergabung, dan indeks cip birunya berganti nama menjadi AEX, untuk "Amsterdam EXchange" (Bursa Amsterdam). Bursa ini sekarang diurus oleh Euronext Amsterdam.

Bekas gedung Bursa Saham ini adalah Beurs van Berlage.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Koersen, AEX". Euronext. 28 Februari 2015. Diakses tanggal 24 Agustus 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 52°22′08″N 4°54′04″E / 52.369°N 4.901°E / 52.369; 4.901