Frozen (film 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Frozen)
Jump to navigation Jump to search
"Frozen" beralih ke halaman ini. Untuk film India tahun 2007 dengan judul yang sama, lihat Frozen (film 2007).
Untuk lagu dengan judul yang sama dari Madonna, lihat Ray of Light.
Frozen
Frozen (2013 film) poster.jpg
Poster layar lebar
Sutradara Chris Buck
Jennifer Lee
Produser Peter Del Vecho
Skenario Jennifer Lee
Cerita Chris Buck
Jennifer Lee
Shane Morris
Berdasarkan The Snow Queen 
oleh Hans Christian Andersen
Pemeran Kristen Bell
Idina Menzel
Jonathan Groff
Josh Gad
Santino Fontana
Musik Christophe Beck
Penyunting Jeff Draheim
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 19 November 2013 (2013-11-19) (El Capitan Theatre)
  • 27 November 2013 (2013-11-27) (Amerika Serikat)
Durasi
102 menit[1][2]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $150 juta[3][4]
Pendapatan kotor $1.245.054.228[4]

Frozen (Bahasa Indonesia: Beku) adalah sebuah film animasi 3D tahun 2013 produksi Walt Disney Animation Studios dan dirilis ke bioskop oleh Walt Disney Pictures pada tanggal 27 November 2013. Film ini merupakan film animasi ke-53 dari Walt Disney Animation Studios yang dibuat berdasarkan dongeng Hans Christian Andersen berjudul Ratu Salju. Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff, Josh Gad, dan Santino Fontana menjadi pengisi suara dalam film yang menceritakan tentang seorang putri pemberani yang bertualang bersama manusia gunung untuk mencari kakak perempuan sang putri yang menyebabkan kerajaan mereka mengalami musim salju abadi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan menunjukkan kehidupan para pemanen es di gunung dan Kristoff kecil bersama sahabat rusanya, Sven. Para pemanen bercerita bahwa es punya kekuatan sihir dan berkata bahwa kita harus berhati-hati kepada orang yang berhati beku. Sementara itu, di istana Kerajaan Arendelle, Putri Anna kecil mengajak kakaknya Elsa untuk bermain salju. Elsa mempunyai kekuatan sihir mengeluarkan es dan salju. Ketika kedua putri tersebut membuat boneka salju dan bermain es di dalam istana, tanpa sengaja Elsa mengenai kepala Anna dengan semburan esnya sehingga membuat Anna pingsan. Karena itu, sedikit bagian rambut Anna memutih. Raja dan Ratu sangat panik. Mereka membawa Anna dan Elsa bertemu troll di hutan untuk menyembuhkan Anna. Troll tua bernama Grand Pabbie mengambil ingatan Anna tentang sihir Elsa. Dia juga mengingatkan Elsa bahwa ketakutan akan menjadi musuh terbesarnya. Karena kejadian tersebut, sang raja menutup istana dari dunia luar. Tidak ada yang boleh tahu tentang kekuatan sihir Elsa. Elsa diisolasikan dari dunia luar di dalam kamarnya. Elsa pun selalu memakai kaus tangan. Anna tidak lagi bisa bertemu dengan Elsa karena Elsa selalu menutup pintu kamarnya.

Ketika para putri beranjak remaja, Raja dan Ratu pergi berlayar. Namun mereka meninggal dalam badai, meninggalkan kesepian yang mendalam bagi Anna dan Elsa. Tiga tahun kemudian, tibalah saatnya untuk Elsa dinobatkan menjadi Ratu Arendelle pada suatu musim panas. Anna sangat gembira karena akhirnya istana dibuka untuk rakyat biasa. Anna yang selalu kesepian karena didiamkan Elsa tidak sabar untuk bertemu orang-orang di luar sana.

Ketika Anna berjalan-jalan di kota, Anna bertemu Pangeran Hans dari Kepulauan Selatan. Dengan sekejap Anna jatuh cinta pada Pangeran Hans. Di pesta dansa, Anna meminta Elsa merestuinya untuk menikah dengan Hans. Akan tetapi, Elsa menolak memberi restu kepada Hans karena menurutnya Anna tidak bisa menikahi seseorang yang baru ia temui. Anna mengejar dan merebut salah satu kaus tangan yang dikenakan Elsa dan menolak memberikannya. Anna mencoba menjelaskan kepada Elsa bahwa ia tidak sanggup hidup kesepian, tetapi Elsa malah menyuruhnya untuk pergi. Mereka terus berdebat hingga tidak sengaja Elsa mengeluarkan sihir esnya dari tangannya yang tidak mengenakan sarung tangan, sehingga membuat orang-orang takut. Akhirnya Anna tahu apa yang membuat Elsa selalu mengurung diri. Sayangnya Elsa yang ketakutan melarikan diri ke Gunung Utara dan membangun istana dengan kekuatan esnya di sana. Tanpa sadar, Elsa sudah membekukan seluruh kerajaan. Arendelle diliputi salju abadi. Anna memutuskan untuk mencari kakaknya dan memperbaiki masalah yang terjadi di Arendelle. Dia juga menugaskan Pangeran Hans untuk mengurus kerajaan selama ia pergi.

Dalam perjalanan mencari Elsa, kuda yang ditumpangi Anna malah melarikan diri, meninggalkan Anna sendiri. Di udara yang dingin, Anna menemukan sebuah toko mungil yang hangat milik seorang laki-laki berbadan besar yang ramah bernama Toko Oaken. Anna memutuskan untuk membeli pakaian musim dingin di sana. Di Toko Oaken, Anna bertemu seorang tukang es bernama Kristoff yang ingin membeli beberapa barang namun tidak memiliki cukup uang dan mengatai pemilik toko sebagai penipu. Pemilik toko tidak terima dengan ucapan Kristoff dan mengusirnya keluar dari toko. Tetapi, Anna mendengar bahwa Kristoff tahu di mana Gunung Utara sehingga dia meminta bantuan Kristoff untuk mengantarnya ke Gunung Utara. Awalnya Kristoff menolak. Namun setelah Anna memberikannya barang-barang yang tadi sebenarnya akan dibelinya tetapi batal karena tidak memiliki cukup uang, akhirnya ia mengabulkan permintaan Anna untuk pergi mencari Elsa. Anna, Kristoff, dan Sven bertualang ke Gunung Utara menghadapi serigala dan bahkan bertemu manusia salju ajaib yang dapat berbicara buatan Elsa, Olaf.

Sesampainya di Gunung Utara, Anna akhirnya bertemu Elsa di istana megahnya dan berusaha membujuk Elsa untuk kembali ke Arendelle. Namun Elsa marah karena dia merasa dia tidak mungkin dapat menghilangkan salju abadi di Arendelle. Diapun tanpa sengaja mengenai hati Anna dengan kekuatan esnya sehingga hati Anna beku. Tetapi Anna masih sanggup bangkit dibantu Kristoff dan membujuk Elsa untuk kembali. Elsa membuat monster es raksasa bernama Marshmallow dengan kekuatannya untuk mengusir Anna, Kristoff, dan Olaf. Kristoff membawa Anna bertemu keluarganya yang merawatnya sedari kecil, Trolls. Anna yang semakin melemah bertemu dengan Grand Pabbie yang menyatakan ada kekuatan es jahat di hatinya. Grand Pabbie menyebutkan bahwa hanya tindakan cinta sejati akan melelehkan hati yang beku. Para trolls berkata bahwa ciuman cinta sejati pasti akan menyembuhkan Anna. Kristoff segera membawa Anna kembali ke istana supaya dia bisa mendapatkan ciuman Hans.

Di istana Elsa, Hans datang bersama beberapa prajurit kerajaan termasuk dua orang pengawal asal Weseltown, kerajaan tetangga sekaligus rekan berdagang Arendelle yang memiliki niat membongkar rahasia Arendelle. Hans berniat untuk masuk ke istana namun terhalang oleh Marshmallow. Hans pun melawan Marshmallow bersama prajurit kerajaan. Kedua pengawal Weseltown melihat Elsa dibalik pintu istana es, dan memutuskan untuk masuk istana, meninggalkan prajurit-prajurit Arendelle dan Hans. Elsa meminta kedua pengawal untuk tidak menyerangnya, karena ia tidak ingin kekuatannya menjadi tidak terkendali dan menyakiti mereka. Namun pengawal-pengawal itu tetap menyerangnya dengan anak panah. Awalnya Elsa menggunakan kekuatannya untuk menghindari serangan dengan hati-hati. Tetapi lama-kelamaan kekuatannya menjadi tidak terkendali dan hampir saja membunuh kedua pengawal jika saja Hans yang baru mengalahkan Marshmallow tidak datang untuk mengingatkannya. Salah seorang pengawal memanfaatkan keadaan Elsa yang lengah untuk membunuhnya dengan anak panah. Hans mengetahui rencana itu ,dengan cepat mengarahkan senjata ke langit-langit istana. Anak panah terlontar menyebabkan lampu gantung istana jatuh dan hampir menimpa Elsa. Tetapi Elsa berhasil menghindar dan jatuh pingsan. Hans dan prajurit kerajaan membawa Elsa ke istana Arendelle dan meletakannya di penjara kerajaan. Ketika Elsa siuman, Hans membujuknya untuk mengembalikan Arendelle. Tetapi Elsa menolak karena tidak bisa dan meminta Hans untuk meminta istana untuk membiarkannya pergi.

Anna akhirnya tiba di istana Arendelle dan menemui Hans. Tapi ternyata Hans adalah penipu dan penjahat yang berniat untuk merebut kerajaan Arendelle dengan menikahi Anna dan membunuh Elsa. Hans tidak mau mencium Anna dan malahan memadamkan api penghangat di istana dan membiarkan Anna agar mati kedinginan. Setelah mengetahui Anna sangat lemah dan kedinginan karena hatinya beku, Hans ingin membunuh Elsa supaya badai salju di Arendelle berhenti dan dia bertindak bagaikan pahlawan. Hans mengatakan pada orang-orang di istana bahwa Anna meninggal karena kekuatan es Elsa, tepat setelah mengucap janji pernikahan. Hans mengatakan dengan sangat terpaksa Elsa harus dihukum mati. Sementara itu, Elsa melihat kekuatannya mulai tidak terkendali. Ia mulai melihat es di besi yang mengunci tangannya dan dinding sel penjara. Ketika Hans dan beberapa orang menuju sel Elsa, dengan cepat kekuatan es Elsa menyebar ke seluruh ruangan. Ketika Hans membuka pintu, Elsa sudah melarikan diri dengan menghancurkan dinding dan besi yang digunakan untuk mencegah Elsa lari sudah rusak.

Kristoff yang sedih setelah meninggalkan Anna, melihat kabut es di atas istana Arendelle yang disebabkan oleh Elsa. Kristoff mengkhawatirkan Anna dan memutuskan untuk mengejarnya. Di istana, Anna menggigil dan Olaf datang menolongnya. Olaf memberitahu Anna bahwa Kristoff sebenarnya mencintai Anna. Anna pun bergegas keluar istana dibantu Olaf untuk menemui Kristoff.

Sementara itu, Hans berhasil menemukan Elsa dan menipu Elsa bahwa Anna sudah mati karena dibunuh olehnya. Elsa menjadi sangat sedih karena kini Anna satu-satunya keluarga yang masih ia miliki meninggal karena dirinya. Elsa jatuh terduduk dan menangis, seketika kabut es yang menyelubungi mereka sirna. Melihat kesempatan itu, Hans mengeluarkan pedangnya untuk membunuh Elsa dari belakang. Dalam perjalanan menemui Kristoff, Anna melihat bahwa Hans akan membunuh Elsa dengan pedangnya. Anna pun menghalangi Hans dan seluruh badannya seketika langsung membeku menjadi es. Pedang Hans patah ketika menyentuh telapak tangan beku Anna, serta Hans jatuh dan pingsan. Elsa sadar bahwa Anna sudah meninggal membeku. Dia memeluk tubuh es Anna dan menangisi Anna, namun tiba-tiba es yang menyelimuti tubuh Anna mencair. Kristoff, Olaf, dan rakyat Arendelle menyaksikan bahwa tindakan cinta sejati menghidupkan Anna kembali. Elsa sadar bahwa dengan cinta ia bisa mengembalikan musim panas Arendelle. Akhirnya Arendelle pun kembali hangat dengan musim panas. Cinta sejati antara kakak dan adik. Dan orang yang berhati beku yang dimaksud di awal adalah Hans. Musim panas telah kembali. Hanspun dikembalikan ke kerajaannya. Anna dan Kristoff berciuman, Anna dan Elsa berbaikan. Akhirnya, merekapun bermain seluncur es di luar istana Arendelle dengan bahagia. Elsa berjanji untuk tidak pernah menutup gerbang istana lagi.

Peran dan pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Kristen Bell sebagai Anna, Putri dari Kerajaan Arendelle, yang penuh semangat, berani, ceria, dan tanggung jawab. Anna bertualang di salju bersama Kristoff untuk mengembalikan musim panas ke Arendelle.
    • Lizzy Stubenrauch mengisi suara Anna balita
    • Katie Lopez' mengisi suara Anna balita (menyanyi)
    • Agatha Lee Monn mengisi suara Anna kecil (menyanyi)
  • Idina Menzel sebagai Elsa, Ratu Arendelle, yang juga kakak perempuan Anna yang mempunyai kekuatan sihir es dan membekukan Kerajaan Arendelle.
    • Eva Bella sebagai Elsa kecil
    • Spencer Lacey Ganus sebagai Elsa remaja
  • Jonathan Groff sebagai Kristoff, pemanen es penyendiri, yang biasa tinggal di gunung. Salju dan es adalah kesukaannya. Sven si rusa adalah sahabat baiknya.
    • Tyrre Brown sebagai Kristoff kecil
  • Josh Gad sebagai Olaf, si manusia salju yang dibuat Elsa
  • Santino Fontana sebagai Hans, Pangeran dari Kepulauan Selatan. Dia mempunyai 12 kakak laki-laki.
  • Alan Tudyk sebagai Duke of Weselton
  • Ciarán Hinds sebagai Grand Pabbie, raja troll
  • Chris Williams sebagai Oaken, pemilik toko Oaken
  • Maia Wilson sebagai Bulda, troll yang juga ibu yang merawat Kristoff
  • Maurice LaMarche sebagai Raja Arendelle, ayah Anna dan Elsa
  • Jennifer sebagai Ratu Arendelle, ibu Anna dan Elsa

Musik[sunting | sunting sumber]

Robert Lopez dan Kristen Andersen-Lopez mengarang dan menggubah lagu-lagu Frozen. Lagu "Let It Go" pertama kali diperdengarkan di Disney D23 Expo oleh Idina Menzel. Sementara itu, Christophe Beck mengarang skor untuk Frozen.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh musik diciptakan oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez (Tracks 1–10), Christophe Beck (Tracks 11–32) dan Frode Fjellheim (Tracks 11, 31).

Frozen (Original Motion Picture Soundtrack)
No. Judul Performer(s) Durasi
1. "Frozen Heart"   Cast of Frozen 1:45
2. "Do You Want to Build a Snowman?"   Kristen Bell, Agatha Lee Monn, and Katie Lopez 3:27
3. "For the First Time in Forever"   Kristen Bell and Idina Menzel 3:45
4. "Love is an Open Door"   Kristen Bell and Santino Fontana 2:07
5. "Let It Go"   Idina Menzel 3:44
6. "Reindeer(s) Are Better Than People"   Jonathan Groff 0:50
7. "In Summer"   Josh Gad 1:54
8. "For the First Time in Forever (Reprise)"   Kristen Bell and Idina Menzel 2:30
9. "Fixer Upper" (featuring Maia Wilson) Cast of Frozen 3:02
10. "Let It Go (Single Version)"   Demi Lovato 3:47
11. "Vuelie" (featuring Cantus) Christophe Beck 1:36
12. "Elsa and Anna"   Christophe Beck 2:43
13. "The Trolls"   Christophe Beck 1:48
14. "Coronation Day"   Christophe Beck 1:14
15. "Heimr Àrnadalr"   Christophe Beck 1:25
16. "Winter's Waltz"   Christophe Beck 1:00
17. "Sorcery"   Christophe Beck 3:17
18. "Royal Pursuit"   Christophe Beck 1:02
19. "Onward and Upward"   Christophe Beck 1:54
20. "Wolves"   Christophe Beck 1:44
21. "The North Mountain"   Christophe Beck 1:34
22. "We Were So Close"   Christophe Beck 1:53
23. "Marshmallow Attack!"   Christophe Beck 1:43
24. "Conceal, Don't Feel"   Christophe Beck 1:07
25. "Only an Act of True Love"   Christophe Beck 1:07
26. "Summit Siege"   Christophe Beck 2:32
27. "Return to Arendelle"   Christophe Beck 1:38
28. "Treason"   Christophe Beck 1:36
29. "Some People Are Worth Melting For"   Christophe Beck 2:06
30. "Whiteout"   Christophe Beck 4:17
31. "The Great Thaw (Vuelie Reprise)" (featuring Frode Fjellheim) Christophe Beck 2:29
32. "Epilogue"   Christophe Beck 3:04
Durasi total:
1:03:40
Latin American release
Italian release
French release
German release
Danish release
Indonesia release (Youtube Video Only)
Frozen (Original Motion Picture Soundtrack – two-disc deluxe edition) (Disc 2)
Frozen (Original Motion Picture Soundtrack – two-disc deluxe edition) (Disc 2 – additional download tracks)

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2014, Menzel mengklaim bahwa fitur-panjang sekuel itu dalam pembangunan.[15][16][17] Namun, pada tanggal 1 Desember, ketika subjek datang lagi selama wawancara pada Today, dia berkata, "Kau tahu, aku tidak tahu. Aku hanya menduga bahwa karena ini begitu sukses itulah yang mereka lakukan!"[18][19][20] Pada tanggal 12 Maret 2015, Disney mengumumkan secara resmi bahwa fitur-panjang sekuel Frozen dalam pembangunan dengan Buck dan Lee kembali sebagai direksi, dan Del Vecho kembali sebagai produser.[21] Dalam sebuah wawancara Mei 2015, Buck mengatakan, "Kami memiliki banyak hal untuk mencari tahu tapi setidaknya kami tahu kemana kami akan pergi."[22] Pada bulan Maret 2016, Bell menyatakan bahwa rekaman suara untuk film itu akan dimulai pada bulan nanti.[23] Pada bulan April 2017, sekuel film ini dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 27 November 2019 mendatang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frozen (2013) - IMDb". IMDb. Diakses tanggal 1 February 2014. 
  2. ^ "Frozen". Ontario Film Review Board. November 12, 2013. Diakses tanggal January 15, 2014. 
  3. ^ Smith, Grady (November 27, 2013). "Box office preview: 'Frozen' ready to storm the chart, but it won't beat 'Catching Fire'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal November 29, 2013. 
  4. ^ a b "Frozen (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 31, 2014. 
  5. ^ "iTunes - Music - Frozen by Various Artists". iTunes Store. Diakses tanggal November 18, 2013. 
  6. ^ "iTunes - Music - Frozen: Il regno di ghiaccio (Colonna sonora originale) by Various Artists". iTunes Store. Diakses tanggal November 18, 2013. 
  7. ^ ""We Love Disney" : Jenifer, Christophe Willem, Olympe, Garou et Zaho ont répondu présent". Chartsinfrance.net. Diakses tanggal 2013-12-06. 
  8. ^ "We Love Disney - Wikipédia" (dalam bahasa (Perancis)). Fr.wikipedia.org. Diakses tanggal 2013-12-06. 
  9. ^ "La Reine des Neiges (2013) - "Libérée, Délivrée" (Anaïs Delva)". YouTube. 2013-11-25. Diakses tanggal 2013-12-06. 
  10. ^ "iTunes - Music - Die Eiskönigin - Völlig unverfroren by Various Artists". iTunes Store. Diakses tanggal January 11, 2014. 
  11. ^ "iTunes - Music - Frost (Originalt Dansk Soundtrack) by Various Artists". iTunes Store. Diakses tanggal January 17, 2014. 
  12. ^ "INAHQ id". Youtube. Diakses tanggal Agust 29, 2013.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  13. ^ "Frozen (Deluxe): Music". Amazon.com. Diakses tanggal November 26, 2013. 
  14. ^ a b "Frozen (Original Motion Picture Soundtrack / Deluxe Edition): Various: MP3 Downloads". Amazon.com. Diakses tanggal November 26, 2013. 
  15. ^ Idina Menzel interviews with The Daily Telegraph:
  16. ^ Gajewski, Ryan (November 30, 2014). "Idina Menzel: 'Frozen' Sequel Is Being Developed". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 7, 2014. 
  17. ^ Bloom, David (November 30, 2014). "'Frozen' Sequel "In The Works," Says Idina Menzel". Deadline.com. Penske Business Media, LLC. Diakses tanggal December 7, 2014. 
  18. ^ Hines, Ree (December 1, 2014). "Idina Menzel talks 'Frozen' sequel: 'I just assume' it's on the way". Today. Diakses tanggal December 7, 2014. 
  19. ^ Dockterman, Eliana (December 1, 2014). "There May Not Be a Frozen Sequel After All". Time. Diakses tanggal December 7, 2014. 
  20. ^ Gettell, Oliver (December 1, 2014). "Idina Menzel backtracks on 'Frozen' sequel comments". Los Angeles Times. Diakses tanggal December 7, 2014. 
  21. ^ Graser, Marc (March 12, 2015). "Disney Announces 'Frozen 2'". Variety. Variety Media, LLC. Diakses tanggal March 12, 2015. 
  22. ^ Yoshinaga, Peta (May 4, 2015). "Creator of Frozen, animation director Chris Buck, admits working on sequel to the blockbuster is daunting". Australian Broadcasting Corporation. Diakses tanggal May 6, 2015. 
  23. ^ Foutch, Haleigh (March 18, 2016). "'Frozen 2': Kristen Bell Says She's About to Head Back into the Recording Studio". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2016. Diakses tanggal June 29, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]