Frozen (film 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Frozen)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Frozen
Frozen Logo Black.svg
Logo film
Sutradara
ProduserPeter Del Vecho
SkenarioJennifer Lee
Cerita
  • Chris Buck
  • Jennifer Lee
  • Shane Morris
BerdasarkanThe Snow Queen
oleh Hans Christian Andersen
Pemeran
MusikChristophe Beck
SinematografiScott Beattie (perancang)
Mohit Kallianpur (pencahayaan)
PenyuntingJeff Draheim
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 19 November 2013 (2013-11-19) (El Capitan Theatre)
  • 27 November 2013 (2013-11-27) (Amerika Serikat)
  • 29 November 2013 (2013-11-29) (Indonesia)
Durasi
102 Menit [1][2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$150 juta [3][4]
Pendapatan kotor$1.276 Miliar[4]

Frozen (Bahasa Indonesia: Beku) adalah film fantasi musikal animasi komputer 3D Amerika 2013 yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film fitur animasi Disney ke-53, terinspirasi oleh dongeng Hans Christian Andersen "The Snow Queen".[5] Ini bercerita tentang seorang putri yang tak kenal takut yang melakukan perjalanan bersama tukang es yang kasar, rusa yang setia, dan manusia salju yang naif untuk menemukan saudara perempuannya yang terasing, yang kekuatan esnya secara tidak sengaja telah menjebak kerajaan mereka di musim dingin yang abadi.

Frozen menjalani beberapa perawatan cerita sebelum ditugaskan pada tahun 2011, dengan skenario yang ditulis oleh Jennifer Lee, yang juga disutradarai bersama dengan Chris Buck. Film ini menampilkan suara-suara Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff, Josh Gad, dan Santino Fontana. Christophe Beck dipekerjakan untuk menyusun skor orkestra film, sementara Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez menulis lagu-lagunya.

Frozen perdana di Teater El Capitan di Hollywood, California, pada 19 November 2013, memiliki perilisan terbatas pada 22 November dan masuk ke perilisan teater umum pada 27 November. Ini disambut dengan pujian untuk visual, skenario, tema , musik, dan akting suara; beberapa kritikus film menganggap Frozen sebagai film fitur animasi Disney terbaik sejak era kebangkitan studio.[6]

Frozen memenangkan dua Academy Awards untuk Best Animated Feature dan Best Original Song ("Let It Go"),[7] Penghargaan Golden Globe Award for Best Animated Feature Film, Penghargaan BAFTA Award for Best Animated Film,[8] lima Annie Awards (termasuk Best Animated Feature), dua Grammy Awards untuk Best Compilation Soundtrack for Visual Media dan Best Song Written for Visual Media ("Let It Go"), dan dua Penghargaan Film dua Critics' Choice Movie Awards dan Best Original Song ("Let It Go").[9] Sekuel pendek beranimasi, Frozen Fever, tayang perdana pada 13 Maret 2015.[10] sebuah fitur animasi berjudul Olaf's Frozen Adventure, tayang perdana pada 22 November 2017, dan sekuel panjang fitur, Frozen 2, akan dirilis pada 22 November 2019

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Putri Elsa dari Arendelle memiliki kekuatan sihir yang memungkinkannya untuk mengontrol dan membuat es dan salju, sering menggunakannya untuk bermain dengan adik perempuannya, Anna. Setelah Elsa secara tidak sengaja melukai Anna dengan sihirnya, orang tua mereka, Raja dan Ratu, membawa kedua saudara kandung ke sebuah koloni troll yang dipimpin oleh Grand Pabbie. Dia menyembuhkan Anna, tetapi mengubah ingatannya sehingga dia lupa tentang sihir Elsa. Grand Pabbie memperingatkan Elsa bahwa dia harus belajar mengendalikan kekuatannya, dan ketakutan itu akan menjadi musuh terbesarnya. Raja dan Ratu mengisolasi kedua saudara perempuan di dalam kastil, menutup gerbang kastil dengan rakyatnya. Dalam upaya untuk melindungi saudara perempuannya dari kekuatannya yang semakin tak terduga, Elsa menghentikan semua kontak dengan Anna, menciptakan keretakan di antara mereka. Ketika saudara perempuannya remaja, orang tua mereka mati di laut saat badai.

Setelah ulang tahunnya yang kedua puluh satu, Elsa akan dinobatkan sebagai ratu Arendelle. Dia takut, bagaimanapun, bahwa warga kerajaan mungkin mengetahui tentang kekuatannya dan takut padanya. Gerbang kastil terbuka untuk umum dan mengunjungi pejabat tinggi untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun. Di antara mereka adalah Duke of Weselton yang licik dan Pangeran Hans yang gagah dari Southern Isles, yang terakhir di mana Anna jatuh cinta pada pandangan pertama. Penobatan Elsa terjadi tanpa insiden, tetapi dia masih tetap jauh dari Anna. Hans melamar Anna, tetapi Elsa menolak. Terluka dan bingung, Anna memprotes, memohon Elsa untuk menjelaskan rasa takut dan keterasingannya. Ketegangan emosional menyebabkan Elsa secara tidak sengaja melepaskan kekuatannya di depan pengadilan. Dituduh sebagai monster oleh Duke, Elsa melarikan diri ke Gunung Utara, di mana dia akhirnya mengakui kekuatannya, membangun istana es tempat tinggal kehidupan pertapa. Namun, dalam prosesnya, sihirnya secara tidak sengaja menelan Arendelle di musim dingin yang abadi.

Anna memberanikan diri untuk menemukan Elsa dan mengakhiri musim dingin, meninggalkan Hans dalam perintah. Dia tersesat, mengumpulkan persediaan di toko Wandering Oaken. Dia bertemu pemanen es bernama Kristoff dan rusa kutubnya, Sven, meyakinkan mereka untuk membawanya ke pegunungan. Serangan serigala menyebabkan giring Kristoff dihancurkan. Dengan berjalan kaki, mereka bertemu Olaf, manusia salju ceria yang dihidupkan tanpa sepengetahuan Elsa, yang menawarkan untuk menuntun mereka kepadanya. Ketika kuda Anna kembali ke Arendelle tanpa dia, Hans berangkat untuk menemukan Anna dan Elsa, ditemani oleh pelayan Duke, yang memiliki perintah rahasia untuk membunuh Elsa.

Mencapai istana es, Anna bertemu Elsa. Ketika Anna mengungkapkan apa yang terjadi pada Arendelle, seorang Elsa yang ketakutan mengaku dia tidak tahu bagaimana cara membatalkan sihirnya. Ketakutannya menyebabkan kekuatannya untuk memanifestasikan diri sekali lagi dan dia secara tidak sengaja membekukan hati Anna, meracuni dirinya. Elsa kemudian menciptakan monster salju raksasa bernama Marshmallow, yang mengusir Anna, Kristoff, dan Olaf pergi. Menyadari efek mantra Elsa pada Anna, Kristoff membawanya ke troll, keluarga angkatnya. Grand Pabbie mengungkapkan bahwa Anna akan membeku kecuali jika "tindakan cinta sejati" membalikkan mantra. Kristoff balapan Anna kembali ke rumah sehingga Hans dapat memberikan ciuman cinta sejatinya. Hans dan anak buahnya mencapai istana Elsa, mengalahkan Marshmallow dan menangkap Elsa. Anna dikirim ke Hans tetapi, bukannya menciumnya, Hans malah mengungkapkan bahwa dia sebenarnya telah merencanakan untuk merebut tahta Arendelle dengan menghilangkan kedua saudara perempuan. Hans mengunci Anna di sebuah ruangan untuk mati, dan kemudian memanipulasi orang-orang terkemuka untuk percaya bahwa Elsa membunuhnya. Dia memerintahkan eksekusi ratu, hanya untuk menemukan dia telah lolos dari sel penahanannya.

Olaf membebaskan Anna, dan mereka pergi ke luar badai salju untuk bertemu Kristoff, yang diungkapkan Olaf jatuh cinta padanya. Hans menghadapi Elsa di luar, mengklaim bahwa dia membunuh Anna, menyebabkan Elsa mogok dan tiba-tiba menghentikan badai. Anna melihat Hans akan membunuh Elsa; dia melompat di jalan dan membeku, menghentikan Hans. Hancur, Elsa memeluk dan meratapi saudara perempuannya, yang akhirnya melelehkannya, kepahlawanannya merupakan "tindakan cinta sejati". Menyadari bahwa cinta adalah kunci untuk mengendalikan sihirnya, Elsa mengakhiri musim dingin dan memberi Olaf awan salju sendiri untuk bertahan dari iklim yang lebih hangat. Hans ditangkap dan diasingkan dari kerajaan karena percobaan pembunuhannya, sementara hubungan dagang Duke dengan Arendelle terputus. Anna memberi Kristoff seluncuran baru dan ciuman keduanya. Kedua saudari bersatu kembali dan Elsa berjanji tidak akan mengunci gerbang kastil lagi.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Kristen Bell sebagai Anna, Putri Arendelle dan adik perempuan Elsa yang berusia 18 tahun.[11]
    • Livvy Stubenrauch berusia 5 tahun Anna.[12]
    • Katie Lopez sebagai Anna (bernyanyi) berusia 5 tahun[13]
    • Agatha Lee Monn sebagai Anna yang berusia 9 tahun.[14]
  • Idina Menzel sebagai Elsa, Ratu Arendelle yang berusia 21 tahun yang memiliki kekuatan es magis dan kakak perempuan Anna
    • Eva Bella berusia 8 tahun[12] Elsa
    • Spencer Lacey Ganus saat berusia 12 tahun Elsa
  • Jonathan Groff sebagai Kristoff, seorang tukang es yang disertai oleh rusa bernama Sven
    • Tyree Brown berusia 8 tahun Kristoff
  • Josh Gad sebagai Olaf, manusia salju yang diciptakan oleh Elsa dan Anna sebagai anak-anak, yang bermimpi mengalami musim panas
  • Santino Fontana sebagai Hans, seorang pangeran dari Kepulauan Selatan
  • Alan Tudyk sebagai Adipati Weselton
  • Ciarán Hinds sebagai Grand Pabbie, sang Raja Troll
  • Chris Williams sebagai Oaken, pemilik Wandering Oaken Trading Post and Sauna
  • Maia Wilson sebagai Bulda, troll dan ibu angkat Kristoff
  • Paul Briggs sebagai Marshmallow, monster salju raksasa yang menjaga istana Elsa
  • Maurice LaMarche sebagai Raja Arendelle, ayah Anna dan Elsa
  • Jennifer Lee sebagai Ratu Arendelle, ibu Anna dan Elsa.

Tokoh yang tidak bisa berbicara termasuk teman rusa Kristoff, Sven, kuda, dan serigala. Dengus dan dengusan untuk Sven semuanya disediakan oleh Frank Welker yang tidak dikreditkan dalam film.

Musik[sunting | sunting sumber]

Robert Lopez dan Kristen Andersen-Lopez mengarang dan menggubah lagu-lagu Frozen. Lagu "Let It Go" pertama kali diperdengarkan di Disney D23 Expo oleh Idina Menzel. Sementara itu, Christophe Beck mengarang skor untuk Frozen.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh musik diciptakan oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez (Tracks 1–10), Christophe Beck (Tracks 11–32) dan Frode Fjellheim (Tracks 11, 31).

Frozen (Original Motion Picture Soundtrack)
No. JudulPerformer(s) Durasi
1. "Frozen Heart"  Cast of Frozen 1:45
2. "Do You Want to Build a Snowman?"  Kristen Bell, Agatha Lee Monn, and Katie Lopez 3:27
3. "For the First Time in Forever"  Kristen Bell and Idina Menzel 3:45
4. "Love is an Open Door"  Kristen Bell and Santino Fontana 2:07
5. "Let It Go"  Idina Menzel 3:44
6. "Reindeer(s) Are Better Than People"  Jonathan Groff 0:50
7. "In Summer"  Josh Gad 1:54
8. "For the First Time in Forever (Reprise)"  Kristen Bell and Idina Menzel 2:30
9. "Fixer Upper" (featuring Maia Wilson)Cast of Frozen 3:02
10. "Let It Go (Single Version)"  Demi Lovato 3:47
11. "Vuelie" (featuring Cantus)Christophe Beck 1:36
12. "Elsa and Anna"  Christophe Beck 2:43
13. "The Trolls"  Christophe Beck 1:48
14. "Coronation Day"  Christophe Beck 1:14
15. "Heimr Àrnadalr"  Christophe Beck 1:25
16. "Winter's Waltz"  Christophe Beck 1:00
17. "Sorcery"  Christophe Beck 3:17
18. "Royal Pursuit"  Christophe Beck 1:02
19. "Onward and Upward"  Christophe Beck 1:54
20. "Wolves"  Christophe Beck 1:44
21. "The North Mountain"  Christophe Beck 1:34
22. "We Were So Close"  Christophe Beck 1:53
23. "Marshmallow Attack!"  Christophe Beck 1:43
24. "Conceal, Don't Feel"  Christophe Beck 1:07
25. "Only an Act of True Love"  Christophe Beck 1:07
26. "Summit Siege"  Christophe Beck 2:32
27. "Return to Arendelle"  Christophe Beck 1:38
28. "Treason"  Christophe Beck 1:36
29. "Some People Are Worth Melting For"  Christophe Beck 2:06
30. "Whiteout"  Christophe Beck 4:17
31. "The Great Thaw (Vuelie Reprise)" (featuring Frode Fjellheim)Christophe Beck 2:29
32. "Epilogue"  Christophe Beck 3:04
Durasi total:
1:03:40
Indonesia release (Youtube Video Only)
Frozen (Original Motion Picture Soundtrack – two-disc deluxe edition) (Disc 2)
Frozen (Original Motion Picture Soundtrack – two-disc deluxe edition) (Disc 2 – additional download tracks)

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Frozen memperoleh $ 400,7 juta di Amerika Utara, dan diperkirakan $ 890 juta di negara-negara lain, dengan total seluruh dunia $ 1.276 Miliar. Menghitung dalam semua pengeluaran, Deadline Hollywood memperkirakan bahwa film ini menghasilkan untung lebih dari $ 400 juta. Ini adalah film terlaris kelima belas. (dan merupakan yang tertinggi kelima di puncaknya), film animasi terlaris kedua tertinggi (dan tertinggi pertama di puncaknya), tertinggi -melintasi film 2013 , Walt Disney Pictures terlaris kedua perilisan, dan film terlaris kelima tertinggi didistribusikan oleh Disney. Film ini menghasilkan $ 110,6 juta di seluruh dunia pada akhir pekan pembukaannya. Pada tanggal 2 Maret 2014, hari rilis ke-101, film ini melampaui nilai $ 1 miliar, menjadi film kedelapan belas dalam sejarah sinematik, film ketujuh yang didistribusikan Disney, film non-sekuel kelima, film kedua yang didistribusikan Disney pada 2013 (setelah Iron Man 3), dan film animasi pertama sejak Toy Story 3 melakukannya.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Situs agregasi ulasan Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 90% kritikus memberikan film ini ulasan positif berdasarkan 237 ulasan, dengan penilaian rata-rata 7.68 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi: "Dianimasikan dengan indah, ditulis dengan cerdas, dan diisi dengan lagu-lagu singalong, Frozen menambahkan entri lain yang layak untuk meriam Disney."[18] Metacritic, yang menentukan peringkat 100 dari ulasan para kritikus arus utama, dihitung skor 74 berdasarkan 43 ulasan, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan."[19] CinemaScore memberi Frozen sebuah "A +" pada skala A + ke F, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan selama akhir pekan pembukaan.[20] Survei yang dilakukan oleh Fandango di antara 1.000 pembeli tiket mengungkapkan bahwa 75% pembeli telah menonton film setidaknya sekali, dan 52% telah melihatnya dua kali.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Frozen dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada tanggal 27 November 2013, dan disertai dengan film pendek animasi Mickey Mouse baru, Get a Horse! pemutaran perdana film ini di Teater El Capitan di Hollywood, California, pada November 19, 2013, dan memiliki rilis terbatas lima hari di sana, mulai dari 22 November, sebelum masuk ke rilis luas.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Frozen dirilis untuk unduhan digital pada 25 Februari 2014, di Google Play, iTunes Store, dan Amazon Video. Kemudian dirilis oleh Walt Disney Studios Home Entertainment pada Blu-ray Disc dan DVD pada 18 Maret 2014. Fitur bonus untuk rilis Blu-ray termasuk "The Making of Frozen", sebuah produksi musik tiga menit tentang bagaimana film ini dibuat, "D'frosted", pandangan dalam tentang bagaimana Disney mencoba mengadaptasi dongeng asli menjadi fitur animasi, empat adegan yang dihapus dengan pengantar oleh sutradara, film pendek teatrikal Get a Horse !, trailer teaser film, dan video musik "Let It Go" (End Credit Version) oleh Demi Lovato, Martina Stoessel, dan Marsha Milan Londoh; sedangkan perilisan DVD termasuk Get a Horse! teatrical short, "Let It Go" video musikal dan trailer film

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Maret 2015, Disney secara resmi mengumumkan bahwa sekuel fitur panjang untuk Frozen sedang dalam pengembangan dengan Buck dan Lee kembali sebagai direktur, dan Del Vecho kembali sebagai produser.[21] Dalam sebuah wawancara pada bulan Mei 2015, Buck mengatakan, "Kami memiliki banyak hal untuk dipecahkan tetapi setidaknya kami tahu ke mana kami akan pergi."[22] Pada Maret 2016, Bell menyatakan bahwa rekaman suara untuk film ini akan dimulai nanti di bulan,[23] tetapi pada bulan September tahun yang sama, ia menarik kembali komentar sebelumnya sebagai salah dan menjelaskan bahwa ia telah bekerja sebagai gantinya pada proyek-proyek beku lainnya seperti spesial liburan mendatang. Pada bulan April 2017, Disney mengumumkan bahwa Frozen 2 akan dirilis pada 27 November 2019.[21] Pada Juli 2018, Evan Rachel Wood dan Sterling K. Brown diungkapkan dalam pembicaraan untuk bergabung dengan Frozen 2, sementara itu dikonfirmasi bahwa Bell, Menzel, dan Gad akan mengulangi peran mereka dalam sekuel tersebut.

Pada awal 2018, diskusi dari dalam Disney Studios dipublikasikan yang berpusat pada kemungkinan perkembangan Elsa sebagai lesbian di Frozen 2. Pada musim gugur 2018, diumumkan bahwa tanggal perilisan dipindahkan ke 22 November 2019.[24]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frozen (2013) - IMDb". IMDb. Diakses tanggal 1 February 2014. 
  2. ^ "Frozen". Ontario Film Review Board. November 12, 2013. Diakses tanggal January 15, 2014. 
  3. ^ Smith, Grady (November 27, 2013). "Box office preview: 'Frozen' ready to storm the chart, but it won't beat 'Catching Fire'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal November 29, 2013. 
  4. ^ a b "Frozen (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 31, 2014. 
  5. ^ Holden, Stephen (2013-11-26). "From the Heat of Royal Passion, Poof! It's Permafrost". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2019-10-27. 
  6. ^ Barnes, Brooks (2013-12-01). "Boys Don't Run Away From These Princesses". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2019-10-27. 
  7. ^ "Home". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-10-28. 
  8. ^ "Film in 2014 | BAFTA Awards". awards.bafta.org. Diakses tanggal 2019-10-28. 
  9. ^ "Critics' Choice Awards: The Winners". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-28. 
  10. ^ Graser, Marc; Graser, Marc (2014-12-03). "'Frozen Fever' Short to Debut in Front of Disney's 'Cinderella'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-28. 
  11. ^ "Disney In Depth: The Future Of Disney Animation (Frozen, Paperman & Wreck-It Ralph) - A Recap Of D23's Destination D Event". Geeks of Doom. 2012-08-16. Diakses tanggal 2019-10-27. 
  12. ^ a b "Local Girl stars in Disney's 'Frozen' - Local 12 WKRC-TV Cincinnati - Local 12 News". web.archive.org. 2013-12-19. Diakses tanggal 2019-10-27. 
  13. ^ Frozen: Songwriters Kristen Anderson-Lopez & Robert Lopez Official Movie Interview, diakses tanggal 2019-10-27 
  14. ^ blogs.indiewire.com http://blogs.indiewire.com/womenandhollywood/with-frozen-director-jennifer-lee-breaks-the-ice-for-women-directors. Diakses tanggal 2019-10-27.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  15. ^ "INAHQ id". Youtube. Diakses tanggal Agust 29, 2013. 
  16. ^ "Frozen (Deluxe): Music". Amazon.com. Diakses tanggal November 26, 2013. 
  17. ^ a b "Frozen (Original Motion Picture Soundtrack / Deluxe Edition): Various: MP3 Downloads". Amazon.com. Diakses tanggal November 26, 2013. 
  18. ^ Frozen (2013) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-10-27 
  19. ^ Frozen, diakses tanggal 2019-10-27 
  20. ^ Stewart, Andrew; Stewart, Andrew (2013-12-01). "Thanksgiving Box Office: 'Catching Fire,' 'Frozen' Serve Up Holiday Records". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-27. 
  21. ^ a b Graser, Marc; Graser, Marc (2015-03-12). "Disney Announces 'Frozen 2'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-27. 
  22. ^ Yoshinaga, Peta (2015-05-01). "Matching Frozen's success in sequel is daunting: animation director". ABC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-27. 
  23. ^ Foutch, Haleigh (2016-03-18). "'Frozen 2': Kristen Bell Says She's About to Head Back into the Recording Studio". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-27. 
  24. ^ Rubin, Rebecca; Rubin, Rebecca (2018-11-01). "'Frozen 2' Release Date Moves Up a Week". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]