Elsa (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Elsa
Tokoh Frozen
Elsa from Disney's Frozen.png
Pencipta
Pengisi suara
Informasi
Gelar
  • Ratu Arendelle
  • Putri Arendelle
Keluarga

Ratu Elsa dari Arendelle adalah karakter fiksi yang tampil di film animasi ke-53 Walt Disney Animation Studios' Frozen. Elsa disuarakan terutama oleh aktris dan penyanyi Broadway Idina Menzel. Di awal film, Elsa disuarakan oleh Eva Bella saat anak-anak, dan oleh Spencer Lacey Ganus saat remaja.

Dibuat oleh sutradara Chris Buck, Elsa secara lepas didasarkan pada nama karakter dari The Snow Queen, dongeng Denmark oleh Hans Christian Andersen. Dalam film adaptasi Disney, Elsa diperkenalkan sebagai putri dari sebuah kerajaan Skandinavia fiksi bernama Arendelle, pewaris takhta, dan kakak dari Ratu Anna (disuarakan oleh Kristen Bell). Elsa memiliki kekuatan magis untuk membuat dan memanipulasi es ataupun salju. Elsa tidak sengaja mengutuk Arendelle ke dalam musim dingin abadi pada malam penobatan. Sepanjang film, Elsa berjuang dari untuk mengendalikan dan menyembunyikan kemampuannya hingga kemudian dengan membebaskan diri dari rasa takutnya sampai tidak sengaja melukai orang lain, terutama adiknya.

Karakter Ratu Salju, netral namun berhati dingin dalam dongeng asli dan penjahat dalam berbagai adaptasi dari karakter, terbukti sulit untuk diadaptasi ke dalam film karena penggambaran transparannya. Beberapa eksekutif film, termasuk Walt Disney, berusaha untuk membangun karakter, dan sejumlah film adaptasi yang dijadwalkan disimpan ketika tim eksekutif film tidak bisa mengembangkan karakter. Buck dan rekan sutradaranya, Jennifer Lee, pada akhirnya mampu memecahkan dilema dengan menggambarkan Elsa dan Anna sebagai sepasang saudari. Besarnya perjuangan Anna adalah didasari dari faktor eksternal, sementara pada Elsa, lebih banyak didorong oleh faktor internal. Hal ini kemudian mengarah pada Elsa yang secara bertahap ditulis ulang sebagai seorang simpatik juga karakter yang disalahpahami.

Elsa telah menerima sebagian besar komentar positif dari pengulas yang memuji karakterisasi kompleks dan rentan. Menzel juga banyak dipuji atas pertunjukan vokal dari Elsa, terutama persembahannya dalam lagu “Let It Go”, dengan kritikus sering menyebutnya sebagai “powerhouse”.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Das, Lina (November 30, 2013). "Idina Menzel: A snow queen to melt our hearts". Daily Mail. Diakses tanggal December 12, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]