Shakira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Shakira
Shakira at Obama Inaugural (cropped).jpg
Latar belakang
Nama lahir Shakira Isabel Mebarak Ripoll
Genre Latin pop, Rock en español, pop rock, alternative, world, dance, urban
Pekerjaan Penyanyi-penulis lagu, musisi, produser rekaman, philanthropist, penari, aktris
Instrumen Vokal, gitar, harmonika,[1] drum, perkusi
Tahun aktif 1990–sekarang
Label Sony Music Colombia (1990—1996)
Columbia (1996—2000)
Epic (2000—present)
Live Nation Artists (2008—present)
Situs web www.shakira.com
Shakira

Shakira Isabel Mebarak Ripoll (lahir di Barranquilla, Kolombia, 2 Februari 1977; umur 40 tahun) dikenal profesional sebagai Shakira (diucapkan / ʃəkɪərə /, Spanyol: [tʃakiɾa] atau [ʃakiɾa]), adalah penyanyi Kolombia, penulis lagu, musisi, produser rekaman, penari dan dermawan yang muncul sebagai genius musik di bidang musik Amerika Latin di awal 1990-an. Lahir dan dibesarkan di Barranquilla, Kolombia, Shakira mengungkapkan banyak bakat di sekolah sebagai pelaku hidup, menunjukkan kemampuan vokal dengan rock and roll, Latin dan pengaruh Timur Tengah dengan twist asli sendiri menari di atas perut. Shakira adalah pembicara asli Spanyol dan juga fasih berbahasa Inggris dan Portugis. Beberapa lagunya adalah "Hip's Dont Lie" dan "La Tortura".

Shakira terkenal dengan goyang pinggul dan suara bernyanyinya yang khas.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ibu Shakira adalah seorang Kolombia, bernama Nidia del Carmen Ripoll yang merupakan keturunan Spanyol-Katalan. Sedangkan ayahnya adalah seorang keturunan Lebanon Katolik kelahiran Amerika yang bernama William Mebarak Chadid. Nama Shakira berasal dari bahasa arab yang berarti "syukur".

Shakira telah berkarya pada bidang musik sejak berumur 8 tahun. Dan, sedikit demi sedikit ia mulai terkenal, hingga album pertamanya Magia direkam tahun 1991. Dari tahun 1995-2000 ia meraih kesuksesan si Amerika Latin dan Spanyol. Kemudian album berbahasa Inggris pertamanya, Laundry Service diluncurkan tahun 2001.

Setelah Flops komersial dengan produsen lokal di dua album pertamanya, dan sedikit-dikenal di luar Kolombia, Shakira memutuskan untuk memproduksi merek sendiri musik. Pada tahun 1995 dia merilis pies Descalzos, yang membawa ketenaran besar di Amerika Latin dan Spanyol, dan dia album tahun 1998 ¿Dónde Están los Ladrones? sukses kritis. Sejak itu dia telah mendapatkan banyak fans di negara-negara semi-Hispanophone, dan negara-negara non-berbahasa Spanyol banyak, terutama Amerika Serikat. Pada tahun 2001, dan dibantu oleh rotasi berat dari video musik, "Kapanpun, Dimanapun", dia menerobos ke dalam dunia berbahasa Inggris dengan rilis Laundry Service, yang terjual lebih dari 13 juta kopi di seluruh dunia. Empat tahun kemudian, Shakira merilis proyek album kedua disebut Fijación Oral Vol. 1 dan Vol Fiksasi oral. 2. Kedua diperkuat kesuksesannya, terutama dengan salah satu lagu paling sukses pada abad ke-21 sampai saat ini, "Hips Don't Lie" Dari Oktober-November 2009 Shakira merilis album terbarunya Dia Wolf di seluruh dunia..

Dia telah memenangkan dua Grammy Awards, tujuh Latin Grammy Awards, dua belas Billboard Latin Music Awards dan telah dinominasikan Golden Globe. Dia juga jual tertinggi Kolombia artis sepanjang masa, dan wanita kedua yang paling sukses penyanyi Latin telah menjual lebih dari 50 juta album di seluruh dunia [10]. Selain itu, ia adalah satu-satunya artis dari Amerika Selatan untuk mencapai nomor satu titik di US Billboard Hot 100, chart ARIA Australia, dan Single UK Chart. Shakira akan diberikan bintang pada Hollywood Walk of Fame.

Album Fijación Oral Vol. 1 adalah album berbahasa Spanyol yang diluncurkan tahun 2005 mendapat sambutan hangat dunia. Bahkan di Spanyol album ini menjadi debut di posisi puncak.

Versi Inggris dari Fijación Oral Vol. 1, Oral Fixation Vol. 2 dirilis akhir tahun 2005, walaupun lagunya disambut baik namun itu tak menjadikan lagu pada album ini mengisi posisi teratas.

Di Indonesia lagunya yang berjudul Timor dari album Oral Fixation Vol. 2 diganti judulnya menjadi It's Alright

Kesenian[sunting | sunting sumber]

Shakira diketahui telah mengadopsi banyak genre, termasuk rakyat, pop mainstream dan rock. Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone dia berkata: "Musik saya, saya pikir, adalah perpaduan dari berbagai unsur Dan aku selalu bereksperimen Jadi saya mencoba untuk tidak membatasi diri, atau menempatkan diri dalam kategori, atau ..... menjadi arsitek penjara saya sendiri ". Her album Spanyol sebelumnya, termasuk Pies Descalzos dan Dónde eSTAN los Ladrones? adalah campuran dari musik rakyat dan rock Latin. Her cross-over album bahasa Inggris, layanan laundry dan album kemudian dipengaruhi bypop batu dan pop Latin. "layanan laundry" adalah terutama album rock pop, tetapi juga menarik pengaruh dari berbagai genre musik. Penyanyi .. dikreditkan ini untuk etnis campuran, mengatakan "saya fusi Itu persona saya saya perpaduan antara hitam dan putih, antara pop dan rock, antara budaya - antara ayah saya Lebanon dan darah Spanyol ibuku, cerita rakyat Kolombia dan tari Arab saya suka dan musik Amerika. "[90] Arab dan Timur Tengah elemen, yang memiliki pengaruh tinggi onDónde eSTAN los Ladrones?, juga hadir dalam layanan laundry, yang paling menonjol pada" Mata Seperti Salam "(Ojos Así ). gaya musik dari berbagai Americancountries Selatan permukaan di album ini. Tango, gaya tari ballroom cepat yang berasal di Argentina, terbukti pada "Keberatan (tango)", yang juga menggabungkan unsur rock and roll. Jalur uptempo memiliki solo gitar dan jembatan di mana Shakira deliversrap seperti vokal.

She Wolf terutama album electropop yang menggabungkan pengaruh dari gaya musik dari berbagai negara dan daerah, seperti Afrika, Kolombia, India, dan Timur Tengah. Shakira disebut album sebagai "perjalanan eksperimental sonic", dan mengatakan bahwa dia meneliti musik rakyat dari berbagai negara untuk "menggabungkan elektronik dengan dunia suara, rebana, klarinet, oriental dan Hindu musik, dancehall, dll." Her 2010 album, Sale el Sol, adalah kembali ke nya awal mengandung balada seperti "Lo Que Más" dan "Antes de las Seis", lagu-lagu rock seperti "Tu Boca" dan "Devoción", dan lagu-lagu latin dance seperti "Loca". Shakira memiliki contralto vokal kisaran.

Shakira telah mengatakan banyak pewawancara bahwa ia telah tumbuh menyukai mendengarkan musik oriental, yang dipengaruhi banyak karyanya sebelumnya. Misalnya, Shakira digunakan tema India untuk penampilannya dari "Hips Do not Lie" di the2006 MTV Video Music Awards di New York City. [98] Ia juga telah dipengaruhi oleh warisan Arab nya, yang merupakan inspirasi utama baginya dunia terobosan hit "Ojos Así". Dia mengatakan kepada TV Portugis "Banyak gerakan saya milik budaya Arab." Dia juga mengutip orang tuanya sebagai kontributor utama gaya musiknya. Dalam masa kecil, Shakira disukai musik rock and roll, mendengarkan berat untuk band rock favoritnya seperti Led Zeppelin, The Beatles, Nirvana, The Police dan U2. Dia daftar John Lennon sebagai pengaruh musik No.1 nya. Dia juga sangat dipengaruhi oleh Pangeran, The Rolling Stones, AC / DC, The Who, The Pretenders, Red Hot Chili Peppers, The Cure, Tom Petty, Depeche Mode, The Clash, Ramones, yang pengaruhnya dapat didengar pada banyak menonjol nya lagu.

Shakira membuat beberapa sampul artis terkemuka AC seperti / DC dan Aerosmith, menggunakan mereka untuk bernyanyi di wisata nya, sehingga kinerja "Back in Black" dan "Bung (Tampak Seperti Lady)" selama Tour nya dari Mongoose . Dia juga menyanyikan lagu Elvis Presley klasik "Selalu di My Mind" di VH1 Divas Live. Dalam 2010-2011 dia tur disebut The Sun Datang Out World Tour, dia menyanyikan "Nothing Else Matters" oleh band heavy metal Metallica dalam gaya oriental. Dia juga sangat dipengaruhi oleh Andean musicand Amerika Selatan musik rakyat, menggunakan instrumentasi asalnya untuk Latin dance-pop "Whenever, Wherever" dan "Despedida". Shakira baru-baru ini Dilakukan dua lagu untuk dua terpisah manfaat Haiti peristiwa: "saya akan Stand by You", oleh The Pretenders, dan "Sólo le Pido a Dios" oleh León Gieco.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • 1991: Magia
  • 1993: Peligro
  • 1996: Pies Descalzos
  • 1997: The Remixes
  • 1998: ¿Dónde Están Los Ladrones?
  • 2000: MTV Unplugged
  • 2001: Laundry Service
  • 2001: Servicio de Lavanderia
  • 2002: Laundry Service: Washed & Dried
  • 2002: Grandes Éxitos
  • 2004: Live & Off the Record
  • 2005: Fijación Oral Vol. 1
  • 2005: Oral Fixation Vol. 2
  • 2009: She Wolf/Loba
  • 2010: Sale El Sol
  • 2014: Shakira

Lagu yang menjadi World Single of Year[sunting | sunting sumber]

Notabene lagu dari Shakira adalah lagu-lagu dance-pop, dancehall dan electro-traditional dance-pop. Semua lagu pertama ber-bahasa Inggrisnya disambut baik oleh dunia. Terbukti 3 dari lagu Shakira berhasil menjadi "World Single of Year" yang tidak pernah diraih oleh artis manapun, bahkan Madonna yang hanya mempunyai 2 lagu yang berhasil menjadi "World Single of Year". Berikut adalah ketiga lagunya yang berhasil menjadi "World Single of Year" :

  • "Whenever Wherever", dirilis tahun 2002, berhasil mendapatkan posisi puncak di hampir seluruh negara di Eropa, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan mencapai posisi 6 di Billboard Hot 100 di Amerika Serikat. Lagu ini menjadi "World Single of Year" dengan mengalahkan beberapa lagu top lainnya, sebut saja "Get The Party Started" dari Pink, American Life dari Madonna atau Complicated dari Avril Lavigne. Lagu ini menduduki posisi puncak di 40 negara didunia dan telah terjual sekurang-kurangnya 6 juta kopi pada tahun 2002.
  • "Hips Don't Lie", dirilis pada tahun 2006 yang berhasil mendapatkan posisi puncak di semua negara di Eropa, kecuali Austria, Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan juga Amerika Serikat. Lagu ini berhasil terjual jauh lebih banyak dari Whenever Wherever, yaitu sebanyak 9 juta kopi lebih hanya pada tahun 2006, mengalahkan hits besar dari Madonna yaitu "Hung Up" yang juga mendapatkan posisi puncak di banyak negara. Lagu ini menduduki posisi puncak di 65 negara di dunia, berhasil menjadi lagu dengan perolehan puncak diseluruh negara terbanyak kedua, di belakang lagu ...Baby One More Time dari Britney Spears yang menduduki posisi pertama dengan menduduki posisi pertama di lebih dari 75 negara didunia.
  • "She Wolf", dirilis pada tahun 2009 adalah satu-satunya lagu dari ketiga lagunya yang menjadi World Single of Year, namun bukan saja mendapatkan Major Award pada Latin Single saja, sedangkan World Single of Year 2009 masih di pegang oleh "I Gotta Feeling" dari Black Eyed Peas. Pada tahun 2009, singel ini adalah singel Latin yang paling sukses dengan penjualan mencapai 2 juta kopi, padahal singel ini baru beberapa bulan dirilis. Meskipun begitu lagu ini masih cukup jauh untuk menjadi World Single of Year pada tahun 2009 dibandingkan denga I Gotta Feeling yang terpaut sekitar 3 juta kopi.

Konser[sunting | sunting sumber]

  • Pada 18 November 2006, Shakira mengadakan konser musik di Venezuela dan dihadiri oleh Presiden Hugo Chavez di antara 10 ribu penonton. Konser untuk mempromosikan album berjudul Fijacion Oral Vol 1 berlangsung di sebuah lapangan udara militer di Caracas. Tidak kurang sudah 30 juta keping album terjual ke seluruh dunia.


Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1996 El oasis Luisa Maria
2001–2009 Saturday Night Live Herself / Musical Guest "Gerard Butler/Shakira" (35.4)
"Alec Baldwin/Shakira" (31.8)
"Derek Jeter/Shakira/Bubba Sparxxx" (27.7)
2002 Taina Herself "Abuelo Knows Best" (2.8)
2009 Ugly Betty Herself "The Bahamas Triangle" (4.8)
2010 Wizards of Waverly Place Herself "Dude Looks Like Shakira" (3.12)
2013 The Voice Herself (coach and judge) Season 4, 6
Alice's Birthday Captain (Spanish Latino dub) Voice

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baltin, Steve "Shakira Trots Out 'Mongoose'". Rolling Stone. November 11, 2002. Retrieved January 6, 2007.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]