Wanda Maximoff (Marvel Cinematic Universe)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wanda Maximoff
Tokoh Marvel Cinematic Universe
Wanda Maximoff / Scarlet Witch dalam miniseries WandaVision (2021).
Penampilan
perdana
Didasarkan
dari
Scarlet Witch
oleh
Diadaptasi
oleh
Joss Whedon
Pemeran
Informasi
Alias
  • The Scarlet Witch
  • Wanda
  • The Twins (bersama Quicksilver)
  • Little Witch (oleh Tony Stark)
  • Child (oleh Steve Rogers)
  • Glamor ( alter ego )
  • Sweetheart, Darling (oleh "Vision" )
  • Mom (oleh Billy dan Tommy Maximoff )
  • Habinger of chaos (oleh Evanora Harkness / ilusi)
  • Maneater (oleh Scott Lang / linimasa alternatif / What If...?)
  • Zombie Bride (linimasa alternatif / What If...?)
  • Goth Chick (linimasa alternatif / What If...?)
  • Baba Yaga (linimasa alternatif / What If...?)
  • One of the Most Powerful Magic Wielders on the Planet (oleh Wong)
  • Witch (oleh Billy dan Tommy Maximoff / earth-838)
  • Innocent Woman (oleh Mister Fantastic / Semesta alternatif (earth-838)
  • Real Mother
Spesies
  • Manusia (penyihir)
  • Zombi (varian alternatif ; What If...?)
Pekerjaan
  • Pahlawan super
  • Penyihir
Afiliasi
  • Avengers (sebelumnya)
  • Hydra (sebelumnya )
SenjataChaos Magic[1][2] (termasuk kekuatan telepati dan telekinesis)
Keluarga
  • Oleg Maximoff (Ayah)
  • Iryna Maximoff (Ibu)
  • Pietro Maximoff (Saudara laki-laki)
Pihak lainVision[a] (Suami)
Anak
AsalSokovia
KewarganegaraanSokovia

Wanda Maximoff, juga dikenal sebagai Scarlet Witch, adalah karakter yang diperankan oleh Elizabeth Olsen dalam waralaba media Marvel Cinematic Universe (MCU) yang didasarkan pada karakter Marvel Comics dengan nama yang sama. Dalam waralaba tersebut, Wanda digambarkan sebagai warga Sokovia bersama saudara kembarnya Pietro, menjadi sukarelawan untuk diujicobakan oleh Hydra. the Mind Stone memperkuat kemampuan telekinesis dan manipulasi energi alaminya yang dikenal sebagai Chaos Magic. Wanda awalnya berkonflik dengan Avengers tetapi kemudian bergabung dengan mereka dan menjadi salah satu anggota paling kuat.

Wanda diperkenalkan sebagai kameo tanpa kredit selama film Captain America: The Winter Soldier tahun 2014 dan sejak itu menjadi salah satu karakter utama di MCU, pada tahun 2021. Karakter tersebut juga memiliki peran utama dalam miniseri Disney + 2021 WandaVision , dan juga akan muncul di film mendatang Doctor Strange in the Multiverse of Madness.[3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Wanda lahir di Novi Grad, Sokovia pada tahun 1989. Ia tumbuh bersama saudara kembarnya Pietro Maximoff dan orang tuanya di sebuah apartemen di Sokovia, sebuah negara di Eropa Timur yang mengalami perang dan konflik. Sebagai seorang gadis kecil, dia sangat menggemari acara komedi situasi amerika, yang dijual ayahnya sebagai set kotak DVD. dirumah mereka juga menontonnya untuk melatih bahasa inggris mereka, berharap suatu hari bisa meninggalkan negara yang dilanda perang dan bermigrasi ke Amerika. Setelah rudal meledakkan apartemen mereka dan menewaskan orang tua mereka, Wanda dan Pietro terjebak di dalam gedung yang rusak selama dua hari setelah rudal Stark Industries kedua terbang masuk. Namun, rudal tersebut tidak pernah meledak karena Wanda tanpa sadar telah melemparkan sihir kemungkinan hex, yang mematikan rudal iu. Ketika si kembar beranjak dewasa, mereka mengajukan diri sebagai subjek tes untuk Hydra. Setelah terkena efek Mind Stone, sihir Wanda diperkuat dan ditingkatkan, dan ia juga memperoleh sejumlah kekuatan telekinesis dan telepati.

Bergabung dengan para Avengers[sunting | sunting sumber]

Wanda dan Pietro bergabung dengan Avengers selama Pertempuran Sokovia untuk menghentikan Ultron, Pietro tewas dalam pertempuran itu tetapi Wanda selamat, dan tidak lama kemudian pindah ke Amerika Serikat.

Selama Perang Saudara Avengers, dia berpihak pada tim Captain America dan dipenjara untuk sesaat di Raft sampai Captain America membebaskannya bersama semua rekan satu timnya. Selama dua tahun berikutnya, Maximoff melanjutkan hubungannya dengan Vision, dan bersama-sama keduanya mulai hidup di luar pengawasan Avengers di Skotlandia, membentuk hubungan romantis. Namun, keduanya segera mendapat ancaman dari Thanos dan Black Order, yang mencari the Mind Stone. Setelah disergap oleh Ordo, mereka mencari perlindungan di Wakanda bersama para Avengers yang tersisa. Maximoff mengambil bagian dalam pertahanan kota ketika Ordo menyerbu kota, tetapi pada akhirnya ia lenyap dengan separuh populasi alam semesta lainnya setelah Thanos berhasil megumpulkan enam dari Infinity Stones. Setelah efek Snap Thanos berhasil dibatalkan pada tahun 2023, Maximoff termasuk di antara banyak pahlawan yang bertempur selama The Battle Of Earth, mengalahkan Thanos dan pasukannya.

Anomali Westview[sunting | sunting sumber]

Segera setelah itu, Maximoff diliputi oleh kesedihan yang luar biasa dari kehilangan orang-orang terdekaatnya saat itu, tanpa disadari melepaskan kekuatannya untuk menciptakan kehidupan ideal alternatif bergaya komedi situasi klasik di kota Westview. Maximoff memikat penduduknya yang seara paksa sebagai pemeran, dan memutus kota dari dunia luar melalui medan energi yang disebut Hex. Dengan Vision yang diciptakan kembali sebagai suaminya, Maximoff menciptakan kehidupan idealnya, bahkan menghasilkan putra kembar, Tommy dan Billy.

Konflik semakin rumit setelah kemunculan Agatha Harkness, seorang penyihir berusia ratusan tahun yang berusaha mendapatkan kekuatan Wanda. Setelah mengalahkan Harkness dan pasukan S.W.O.R.D, Maximoff memperkecil Hex, menghapus keluarganya dari realitas palsu yang ia ciptakan. Menyadari jumlah kerusakan yang telah dia lakukan pada Westview, dia melarikan diri ke dalam isolasi, dan mulai mempelajari Darkhold untuk mengontrol kekuatannya.

Pengasingan dan Multiverse of Madness[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan Westview, Wanda bersembunyi, melarikan diri untuk tinggal jauh di kabin sisi gunung di Sokovia. Di sana dia mempelajari Darkhold untuk mempelajari lebih lanjut tentang kekuatannya, tetapi tiba-tiba berhenti ketika dia mendengar apa yang tampak seperti Tommy dan Billy memanggil bantuan.[4]

Karakterisasi[sunting | sunting sumber]

Elizabeth Olsen menghadiri acara Comic Con (2019) untuk mempromosikan Doctor Strange in the multiverse of madness

Karena trauma masa kecil karena melihat orang tuanya terbunuh tepat di depannya, dan keadaan rumahnya saat perang di Sokovia, Wanda Maximoff telah mengembangkan kepribadian yang sangat agresif. Dari terlibat dalam protes hingga menjadi sukarelawan untuk eksperimen HYDRA, dan bergabung dengan Avengers, Maximoff telah menunjukkan bahwa dia lebih suka berjuang secara langsung untuk apa yang dia yakini. Sifatnya yang penuh tekad dan kesediaannya untuk terlibat dalam kekerasan untuk mencapai tujuannya membuatnya menjadi salah berpihak pada Ultron, yang sangat memengaruhi banyak tindakannya di masa depan.

Berbeda dengan kakaknya, Wanda Maximoff menunjukkan sikap yang lebih serius dan kemarahan langsung, tidak hanya terhadap Tony Stark tapi juga terhadap siapapun yang ia anggap sebagai musuhnya, seperti Klaue dan Thanos. Kemarahannya membuatnya menjadi pendendam, seperti yang ditunjukkan ketika dia mengajukan diri untuk eksperimen untuk menjadi senjata melawan Amerika Serikat dan Tony Stark, mencari tubuh utama Ultron untuk menghancurkannya setelah dia menyebabkan kematian saudaranya, dan dengan marah memberi tahu Thanos bahwa dia tidak bisa memahami rasa sakitnya setelah dia dipaksa untuk membunuh Vision dalam upaya untuk menghentikannya. Di masa lalu, dia tidak ragu memanipulasi mental orang lain untuk mencapai apa yang dia inginkan.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Telekinesis[sunting | sunting sumber]

Maximoff memiliki kemampuan untuk memindahkan, menerbangkan, dan memanipulasi objek menggunakan energi psioniknya secara jarak jauh tanpa perlu memproyeksikan energinya terlebih dahulu dari tangannya. Maximoff menggunakan energi ini untuk memengaruhi dan mengontrol molekul dan partikel, memungkinkannya untuk sepenuhnya mengontrol materi dan energi. Maximoff mulai melatih kekuatan ini dengan memindahkan balok kayu saat dipenjara di fasilitas rahasia Wolfgang von Strucker. Maximoff memisahkan mereka dengan kekuatannya, dan menggantungnya di udara.

Manipulasi mental[sunting | sunting sumber]

Maximoff mampu melakukan manipulasi mental, sering kali sebagai jenis hipnosis ilusi, menggunakan antarmuka neuro-elektrik yang sama yang menjadi dasar kekuatan telepati. Kekuatan ini bisa menghipnotis seperti yang ditunjukkan ketika dia menggunakannya melawan Avengers di Afrika Selatan, menempatkan mereka dalam semacam kesurupan saat dia melihat ingatan Avengers.

Manipulasi emosi[sunting | sunting sumber]

Dengan kekuatan mentalnya, Maximoff sering menggunakannya untuk menimbulkan rasa takut atau rasa sakit emosional pada seseorang dalam bentuk halusinasi mimpi buruk yang bisa membuat pingsan dan melemahkan bahkan individu sekuat Thor. Penglihatan ini dapat menggambarkan hal-hal yang ditakuti, disesali, atau gangguan umum seseorang. Dia dapat mengetahui apa yang dilihat korbannya dan berada di dalam penglihatan bersama mereka, seperti yang ditunjukkan saat dia menggunakan kemampuan pada Agatha Harkness.

Telepati[sunting | sunting sumber]

Karena kemampuannya untuk berinteraksi secara mental dengan orang lain, Maximoff dapat membaca pikiran, berkomunikasi secara telepati, dan mengalami ingatan serta pikiran orang lain. Dia juga menggunakan kemampuan ini untuk sementara melihat ke dalam pikiran Ultron sementara dia mengunggah kesadarannya ke dalam tubuh android dari apa yang nantinya akan menjadi Vision dan berkat inilah dia dapat menemukan niat jahatnya dan memberontak melawannya. Maximoff juga bisa merasakan pikiran dan emosi orang-orang di sekitarnya karena dia bisa melihat ketakutan Stark pada pertemuan pertama mereka dan merasakan kematian Quicksilver, tahu persis apa yang terjadi padanya seolah-olah dia ada di sana secara langsung.

Chaos Magic[sunting | sunting sumber]

“This is Chaos Magic, Wanda. And that makes you the Scarlet Witch.”[5]

- Agatha Harkness

Mampu menggunakan Chaos Magic, Maximoff adalah realisasi dari mitos the Scarlet Witch, makhluk yang mampu menciptakan secara spontan. Dia dapat membentuk dan memanipulasi sihir ini untuk efek yang berbeda, seperti membentuk konstruksi energi yang nyata, seperti Tao Mandalas, Wanda Maximoff juga mampu menggunakan sihir tanpa perlu merapalkan mantra apapun.

Chaos Magic Wanda terdiri dari energi merah yang sama dengan kekuatan psioniknya, tetapi bercampur dengan warna merah dan hitam yang lebih gelap. Pada awalnya, Maximoff tidak memiliki kendali atas kekuatan ini, tetapi, setelah mempelajari Darkhold, Maximoff memperoleh Pengetahuan untuk mengubah realitas. Dia menyelesaikan ini dengan memanipulasi polaritas molekuler, memungkinkan banyak kemampuan lainnya. Kemampuan memanipulasi realitas Maximoff awalnya dalam skala kecil, tetapi, seiring berjalannya waktu, kekuatannya telah tumbuh secara eksponensial. Menggunakan kekuatan ini, Maximoff mampu mengendalikan Westview dengan menempatkan medan gaya heksagonal di sekitar kota yang disebut Hex, yang memancarkan jenis radiasi yang dikenal sebagai CMBR, radiasi sisa dari Big Bang. Di dalam Hex, Maximoff memiliki kekuatan absolut dan dapat mengubah apa pun agar sesuai dengan pemikirannya, mampu menciptakan dunia yang sempurna berdasarkan komedi situasi klasik, serta menggunakan kekuatannya untuk menulis ulang kenyataan dan membuat setiap orang dan objek beradaptasi dengan waktu di yang mereka tinggali di Westview.

Manipulasi realitas[sunting | sunting sumber]

Maximoff dapat memanipulasi realitas. Kemampuan membelokkan realitas Maximoff awalnya dalam skala kecil, tetapi, seiring berjalannya waktu, kekuatannya telah tumbuh secara eksponensial. Menggunakan kekuatan ini, Maximoff mampu mengendalikan Westview dengan menempatkan medan gaya heksagonal di sekitar kota yang disebut Hex, yang memancarkan jenis radiasi yang dikenal sebagai CMBR, radiasi sisa dari Big Bang. Di dalam Hex, Maximoff memiliki kekuatan besar yang dapat mengubah apa pun agar sesuai dengan keinginannya, mampu menciptakan dunia yang sempurna berdasarkan komedi situasi klasik, serta menggunakan kekuatannya untuk menulis ulang kenyataan dan membuat setiap orang dan objek beradaptasi dengan waktu di yang mereka tinggali di Westview.

Mantra perlindungan[sunting | sunting sumber]

Maximoff mampu merapalkan rune sebagai mantra perlindungannya, ia menempatkan rune di tiap sisi Hex untuk melawan Agatha Harkness.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WHAT IS THE SCARLET WITCH? WANDAVISION'S "CHAOS MAGIC" REVEAL, EXPLAINED". Inverse. February 26, 2021. Diakses tanggal April 20, 2021. 
  2. ^ Di Placido, Dani (February 27, 2021). "'WandaVision's' Mysterious Chaos Magic, Explained". Forbes. Diakses tanggal April 20, 2021. 
  3. ^ Mediatama, Grahanusa (2021-05-20). "Muncul di Doctor Strange 2 usai WandaVision, Scarlet Witch siap kejutkan fans Marvel". PT. Kontan Grahanusa Mediatama. Diakses tanggal 2021-05-23. 
  4. ^ "The Series Finale". Marvel Cinematic Universe Wiki (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-23. 
  5. ^ "'WandaVision': The Scarlet Witch's Powers and Chaos Magic, Explained". Collider (dalam bahasa Inggris). 2021-02-28. Diakses tanggal 2021-05-23. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan