Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Doctor Strange in the Multiverse of Madness poster.jpeg
Poster rilis teatrikal
Sutradara
Produser
Penulis
Didasarkan
dari
Doctor Strange
oleh
Pemeran
Penata musikDanny Elfman
SinematograferJohn Mathieson
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 5 Mei 2022 (2022-05-05) (Indonesia)
  • 6 Mei 2022 (2022-05-06) (Amerika Serikat)
Negara Amerika Serikat
Bahasa

Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film superhero Amerika tahun 2022 berdasarkan karakter Doctor Strange ciptaan Marvel Comics. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, film ini merupakan sekuel dari Doctor Strange (2016) dan film ke-28 dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini disutradarai oleh Sam Raimi, ditulis oleh Michael Waldron, dan dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Stephen Strange, bersama Elizabeth Olsen, Chiwetel Ejiofor, Benedict Wong, Xochitl Gomez, Michael Stuhlbarg, dan Rachel McAdams. Dalam film ini, Strange melindungi America Chavez (Gomez), seorang remaja yang mampu menjelajahi multisemesta, dari Wanda Maximoff (Olsen) yang menjadi kacau.

Sutradara dan penulis pendamping Doctor Strange Scott Derrickson memiliki rencana untuk sekuel pada Oktober 2016. Ia menandatangani kontrak untuk kembali sebagai sutradara pada Desember 2018, ketika Cumberbatch dikonfirmasi untuk kembali. Judul film diumumkan pada Juli 2019 bersama dengan keterlibatan Olsen, sementara Jade Halley Bartlett disewa untuk menulis film tersebut pada bulan Oktober. Derrickson mengundurkan diri sebagai sutradara pada Januari 2020, dengan alasan perbedaan kreatif, dengan Waldron dan Raimi bergabung pada bulan berikutnya dan memulainya dari awal. Mereka menambahkan elemen genre horror yang pernah dikerjakan Raimi sebelumnya, dan menjadikan Maximoff sebagai penjahat dari film tersebut, melanjutkan ceritanya dari serial WandaVision (2021). Pembuatan film tersebut dimulai pada November 2020 di London tetapi ditunda pada Januari 2021 karena pandemi Covid-19. Produksi dilanjutkan pada Maret 2021 dan berakhir pada pertengahan April di Somerset. Syuting juga dilakukan di Surrey dan Los Angeles.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang perdana di Dolby Theatre di Hollywood pada 2 Mei 2022, dan dirilis di Amerika Serikat pada 6 Mei, sebagai bagian dari Fase Empat dari MCU. Film ini telah meraup $532,6 juta di seluruh dunia, menjadikannya film terlaris ketiga tahun 2022. Kritikus memuji arahan Raimi dan penampilan para pemainnya (terutama Cumberbatch, Olsen, dan Gomez), sementara alur dan penulisannya menerima beberapa kritikan.

Plot[sunting | sunting sumber]

America Chavez dan Defender Strange dikejar oleh iblis di dalam ruang antar semesta sambil mencari Kitab Vishanti. Strange terbunuh dan Chavez secara tidak sengaja membuat portal yang membawa dirinya dan mayat Strange menuju Earth-616,[N 1] tempat Strange versi semesta tersebut menyelamatkan Chavez dari iblis gurita dengan bantuan dari Sorcerer Supreme, Wong. Chavez menjelaskan bahwa iblis tersebut memburunya karena ia memiliki kekuatan untuk melakukan perjalanan multisemesta.

Menyadari tanda sihir pada iblis tersebut, Strange meminta bantuan Wanda Maximoff tetapi menyadari bahwa orang itu bertanggung jawab atas serangan tersebut. Setelah memperoleh Darkhold dan menjadi Scarlet Witch, Maximoff percaya bahwa mengendalikan kekuatan Chavez akan memungkinkannya untuk bersatu kembali dengan Billy dan Tommy, anak-anak yang diciptakannya selama di Westview.[N 2] Saat Strange menolak menyerahkan Chavez, Maximoff menyerang Kamar-Taj, dan membunuh banyak penyihir. Chavez secara tidak sengaja membawa dirinya dan Strange ke Earth-838 sementara Maximoff menggunakan Darkhold untuk "dream-walk", mengambil alih rekannya dari Earth-838, yang menjalani kehidupan di pinggiran kota dengan Billy dan Tommy. Seorang penyihir yang masih hidup mengorbankan dirinya untuk menghancurkan Darkhold dan menghentikan dream-walk. Merasa marah, Maximoff memaksa Wong untuk membawanya ke sebuah kuil di Gunung Wundagore, reruntuhan kuno terlarang yang merupakan sumber mantra Darkhold, dan memulai kembali dream-walk.

Saat mencari bantuan, Strange dan Chavez ditangkap oleh Sorcerer Supreme Earth-838, Karl Mordo, dan dibawa ke hadapan Illuminati, sebuah kelompok yang terdiri dari Mordo, Peggy Carter, Blackagar Boltagon, Maria Rambeau, Reed Richards, dan Charles Xavier. Mereka menjelaskan bahwa dengan penggunaan sembrono dari Darkhold semesta mereka dalam upaya untuk mengalahkan Thanos, Strange Earth-838 memicu "inkursi" yang menghancurkan semesta. Setelah mengalahkan Thanos melalui cara lain, Illuminati mengeksekusi Strange mereka untuk mencegahnya menyebabkan lebih banyak kerusakan. Mordo percaya bahwa Strange Earth-616 sama berbahayanya, tetapi Maximoff telah tiba dalam tubuh rekannya dari Earth-838 sebelum mereka memberikan penilaian. Ia secara brutal membunuh semua anggota Illuminati kecuali Mordo, yang ditaklukkan oleh Strange sebelum melarikan diri bersama Chavez. Keduanya melarikan diri dengan bantuan rekan Earth-838 dari mantan tunangan Strange Christine Palmer, seorang ilmuwan Illuminati.

Strange, Chavez, dan Palmer memasuki ruang antar semesta untuk menemukan Kitab Vishanti, antitesis dari Darkhold, tetapi Maximoff muncul dan menghancurkannya. Ia kemudian mengambil alih pikiran Chavez, menggunakan kekuatannya untuk mengirim yang lain ke alam semesta yang hancur oleh inkursi. Kembali di Earth-616, Maximoff memulai mantra untuk mengambil kekuatan Chavez. Strange mengalahkan Sinister Strange dari semesta yang hancur, yang tercemar oleh "Darkhold" dari semestanya, dan menggunakannya untuk dream-walk di dalam mayat Strange yang telah meninggal bersama Chavez sebelumnya. Dengan bantuan Wong, Strange menyelamatkan Chavez dari Maximoff dan mendorong Chavez untuk menggunakan kemampuannya. Ia membawa Maximoff ke Earth-838, dan melihat Billy dan Tommy mundur ketakutan sambil menangisi ibu kandung mereka. Maximoff mengalah dan menggunakan kekuatannya untuk menjatuhkan Gunung Wundagore, menghancurkan semua salinan Darkhold di seluruh multisemesta dan tampaknya mengorbankan dirinya sendiri dalam prosesnya. Chavez mengembalikan Strange dan Palmer ke alam semesta masing-masing.

Beberapa waktu kemudian, Kamar-Taj diperbaiki oleh penyihir yang masih hidup, dengan Chavez bergabung, dan melanjutkan pelatihan. Strange membangunkan mata ketiga sebagai hasil dari penggunaan Darkhold dan dream-walk ke dalam mayat. Dalam adegan pertengahan kredit, Strange didekati oleh seorang penyihir[N 3] yang memperingatkannya bahwa tindakannya telah memicu inkursi yang harus diperbaiki dengan bantuannya. Strange mengikutinya ke Dark Dimension.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Cumberbatch dan Olsen mengumumkan film pada San Diego Comic-Con tahun 2019
  • Benedict Cumberbatch sebagai Dr. Stephen Strange:
    Seorang ahli bedah saraf yang menjadi Master of the Mystic Arts setelah kecelakaan mobil yang mengakhiri karirnya.[4] Penulis Michael Waldron mengatakan Strange berada pada "puncak kekuatannya" dalam film tersebut,[5] dan membandingkan karakter tersebut dengan Indiana Jones sebagai pahlawan yang dapat "menahan pukulan", tetapi dengan kecerdasan koki Anthony Bourdain.[6] Ia melihat Strange sebagai "pahlawan petualangan hebat yang Anda hanya ingin melihatnya menghajar musuh".[7] Sutradara Sam Raimi menjelaskan bahwa Strange memulai film ini dengan keyakinan bahwa ia harus membuat semua keputusan, dan harus belajar untuk "melepaskan sedikit" dan mempercayai orang lain.[8] Cumberbatch juga memerankan tiga versi alternatif karakter:[9][10] versi yang mati di awal film dan mengenakan kostum yang terinspirasi oleh Seri buku komik Matt Fraction tahun 2011 Defenders; mantan Sorcerer Supreme dari Earth-838 yang mendirikan Illuminati; dan versi yang tercemar oleh Darkhold.[11]
  • Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff / Scarlet Witch:
    Mantan Avenger yang menjadi jahat dan dapat memanfaatkan chaos magic, terlibat dalam telepati dan telekinesis, dan mengubah kenyataan.[12][13] Film ini melanjutkan "kepemilikan terhadap perkara yang menjadikannya unik dan akuntabilitas pengalaman hidupnya" Maximoff yang dimulai dalam seri WandaVision (2021),[14] termasuk menggunakan aksen yang lebih sesuai dengan warisan Sokovia-nya setelah beberapa film MCU sebelumnya berpindah ke versi Amerikanisasi.[2] Olsen ingin memastikan peran Maximoff dalam film ini menghormati peristiwa dalam serial,[15] meminta beberapa penyesuaian pada film tersebut untuk memastikan bahwa film tersebut mengembangkan karakter daripada mengulangi momen dari WandaVision.[16] Ia merasa penggambaran film tersebut menunjukkan kepercayaan diri yang baru untuk karakter yang "benar-benar memberdayakan", dan mengatakan "tidak apa-apa memainkan karakter yang terkadang membuat orang frustrasi".[17] Olsen juga memerankan rekan karakter dari Earth-838.[18][19]
  • Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo: Sorcerer Supreme dari Earth-838 dan anggota Illuminati. Ia adalah versi alternatif dari mantan mentor yang berubah menjadi musuh Strange.[20]
  • Benedict Wong sebagai Wong: Sorcerer Supreme dari Earth-616 dan mentor serta teman Strange.[21][22]
  • Xochitl Gomez sebagai America Chavez:
    Seorang remaja yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan antar dimensi dengan membuat pintu terbuka.[23][24] Ia berasal dari semesta lain yang dikenal sebagai Utopian Parallel.[19][24] Gomez ingin tetap setia pada sumber materi meskipun memainkan versi karakter yang lebih muda daripada yang terlihat di dalam komik,[24] dan mengatakan perjalanannya dalam film tersebut dimulai dengan karakter yang telah lama sendirian dan "melarikan diri dari keunikannya". Chavez harus memanfaatkan kemampuannya dan belajar mempercayai orang lain di akhir film.[24][23] Marvel Studios telah mencari film yang tepat untuk memperkenalkan karakter ini dalam waktu yang lama sebelum memutuskan Multiverse of Madness.[23]
  • Michael Stuhlbarg sebagai Nicodemus West: Seorang ahli bedah dan mantan kolega Strange.[25]
  • Rachel McAdams sebagai Christine Palmer:
    Seorang ahli bedah darurat yang merupakan rekan dan kekasih Strange.[26] Film mengeksplorasi keputusan Strange di akhir Doctor Strange (2016) untuk melindungi New York Sanctum dan tidak bersama Palmer, meskipun masih memiliki perasaan untuknya dan mungkin menyesali keputusan itu,[27] dengan Palmer menikah dengan orang lain dalam film ini.[18] McAdams juga memerankan rekan karakter dari Earth-838, yang merupakan karyawan Baxter Foundation dan mantan kekasih Strange dari realitas tersebut.[18] Versi karakter ini membantu menyelesaikan kisah cinta Strange dengan Palmer versinya sendiri, memungkinkannya untuk berpindah menuju hubungan baru yang potensial di masa depan.[28]

Illuminati dari Earth-838 juga menyertakan Patrick Stewart sebagai Charles Xavier / Professor X, menggambarkan versi berbeda dari karakter yang sebelumnya ia mainkan di serial film X-Men karya 20th Century Fox; Hayley Atwell sebagai Peggy Carter / Captain Carter, setelah menyuarakan versi lain dalam serial animasi What If...? (2021); Lashana Lynch sebagai Maria Rambeau / Captain Marvel, versi alternatif dari karakternya dari Captain Marvel (2019); Anson Mount sebagai Blackagar Boltagon / Black Bolt, versi alternatif dari perannya dalam serial televisi ABC Marvel Inhumans (2017); dan John Krasinski sebagai Reed Richards / Mister Fantastic, anggota dari Fantastic Four.[20]

Julian Hilliard dan Jett Klyne memerankan versi Earth-838 dari putra Maximoff Billy dan Tommy, peran mereka masing-masing dari WandaVision,[29] sementara Topo Wresniwiro mengulangi perannya dari film pertama sebagai Hamir, seorang Master of the Mystic Arts.[30][31] Pemeran lain yang juga tampil dalam film ini adalah Sheila Atim sebagai Sara, seorang Master of the Mystic Arts;[32] Adam Hugill sebagai pengisi suara Rintrah, makhluk mirip minotaur dari R'Vaal yang merupakan murid di Kamar-Taj;[33] dan makhluk Gargantos, dengan desain berdasarkan makhluk dalam buku komik Shuma-Gorath.[34] Ross Marquand mengisi suara Ultron drone yang muncul di Earth-838. Marquand sebelumnya mengisi suara versi Ultron yang berbeda di What If...?, menggantikan James Spader yang memerankan Ultron dari Earth-616 di Avengers: Age of Ultron (2015).[35] Charlize Theron diperkenalkan dalam adegan pertengahan kredit sebagai Clea,[3] dan Waldron membuat penampilan cameo sebagai tamu di dalam pernikahan Palmer.[36] Bruce Campbell, yang sering berkolaborasi dengan Raimi, muncul sebentar di dalam film utama dan adegan pasca-kredit sebagai penjual kedai makanan Earth-838 bernama Pizza Poppa.[37]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Film ini memberi nama Earth-616 untuk realitas utama yang digambarkan dalam Marvel Cinematic Universe.[1]
  2. ^ Seperti yang digambarkan dalam miniseri televisi WandaVision (2021).[2]
  3. ^ Diidentifikasi di luar layar sebagai Clea.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Russell, Bradley (May 5, 2022). "Why that number in Doctor Strange 2 got cheers in the cinema". Total Film. GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2022. Diakses tanggal May 5, 2022. 
  2. ^ a b Hiatt, Brian (June 1, 2021). "The Oral History of 'WandaVision'". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2021. Diakses tanggal June 2, 2021. 
  3. ^ a b West, Amy (May 5, 2022). "That Doctor Strange 2 cameo no one saw coming, explained". Total Film. GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2022. Diakses tanggal May 5, 2022. 
  4. ^ Kit, Borys (December 11, 2018). "Scott Derrickson Returning to Direct 'Doctor Strange' Sequel (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2018. Diakses tanggal December 11, 2018. 
  5. ^ Bonomolo, Cameron (July 31, 2021). "Doctor Strange 2 Writer Reveals How Multiverse of Madness Differs From the First Movie". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 31, 2021. Diakses tanggal May 1, 2022. 
  6. ^ Robinson, Joanna (June 3, 2021). "How the Man Behind Loki Is Shaping Marvel's Phase 4 and Beyond". Vanity Fair. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal June 3, 2021. Diakses tanggal June 3, 2021. 
  7. ^ Weiss, Josh (June 21, 2021). "'Doctor Strange in the Multiverse of Madness' Writer Teases Sam Raimi Sequel: 'It's A Thrill Ride'". SyFy Wire. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 27, 2021. Diakses tanggal June 27, 2021. 
  8. ^ Dumaraog, Ana (April 22, 2022). "Sam Raimi Teases How Multiverse Of Madness Will Change Doctor Strange". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 22, 2022. Diakses tanggal April 23, 2022. 
  9. ^ Sandwell, Ian (December 15, 2021). "How Spider-Man: No Way Home sets up Doctor Strange 2". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2021. Diakses tanggal December 17, 2021. 
  10. ^ Dominguez, Noah (February 13, 2022). "Multiverse of Madness Trailer Shows a Horrifying Doctor Strange Variant, Teases Professor X". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2022. Diakses tanggal February 13, 2022. 
  11. ^ Perry, Spencer (May 6, 2022). "Doctor Strange 2: Every Stephen Strange Variant in Multiverse of Madness". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 7, 2022. Diakses tanggal May 9, 2022. 
  12. ^ Donnelly, Matt (July 20, 2019). "'Doctor Strange' Sequel Billed as First MCU Horror Film at Comic-Con". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2019. Diakses tanggal July 21, 2019. 
  13. ^ Purslow, Matt (February 26, 2021). "WandaVision: Season 1, Episode 8 Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 26, 2021. Diakses tanggal February 26, 2021. 
  14. ^ Truitt, Brian (January 22, 2021). "'Avengers' star Elizabeth Olsen talks getting witchy again for Marvel's 'WandaVision,' 'Doctor Strange 2'". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2021. Diakses tanggal January 22, 2021. 
  15. ^ Vary, Adam B. (March 10, 2021). "'WandaVision': Elizabeth Olsen and Jac Schaeffer on Wanda's Kids, Fan Theories and the Future of the Show". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 12, 2021. Diakses tanggal March 12, 2021. 
  16. ^ Vary, Adam B. (May 8, 2022). "Elizabeth Olsen Talks Wanda's Shocking [Spoiler] in 'Doctor Strange 2,' and the Hardest Scene for Her to Play". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 8, 2022. Diakses tanggal May 8, 2022. 
  17. ^ Thompson, Avery (May 6, 2022). "Elizabeth Olsen Reacts To Wanda's Arc In 'Doctor Strange 2': 'It Needed To End Where It Ends'". Hollywood Life. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 6, 2022. Diakses tanggal May 9, 2022. 
  18. ^ a b c Mathai, Jeremy (March 15, 2022). "Multiverse Of Madness Will Feature Sinister Strange, Defender Strange, And Zombie Strange Variants". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2022. Diakses tanggal March 15, 2022. 
  19. ^ a b Davis, Erik (April 6, 2022). "'Doctor Strange in the Multiverse of Madness' Director Sam Raimi Reveals New Details About His First MCU Film". Fandango Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2022. Diakses tanggal April 6, 2022. 
  20. ^ a b Garbutt, Emily (May 5, 2022). "The Illuminati members in Doctor Strange 2, listed and explained". Total Film. GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2022. Diakses tanggal May 5, 2022. 
  21. ^ Fullerton, Huw (December 15, 2021). "New Doctor Strange detail revealed in Spider-Man: No Way Home". Radio Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2021. Diakses tanggal December 17, 2021. 
  22. ^ Vary, Adam B.; Kroll, Justin (February 5, 2020). "Sam Raimi in Talks to Direct 'Doctor Strange 2' (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 6, 2020. Diakses tanggal February 5, 2020. 
  23. ^ a b c Erao, Math (February 23, 2022). "Doctor Strange 2 Producer Discusses America Chavez's Multiversal Powers". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2022. Diakses tanggal February 27, 2022. 
  24. ^ a b c d Dinh, Christine (April 27, 2022). "Exclusive Interview: Xochitl Gomez on Embodying America Chavez and Journeying into the Marvel Cinematic Universe". Marvel.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2022. Diakses tanggal April 28, 2022. 
  25. ^ Scott, Ryan (December 22, 2021). "Doctor Strange In The Multiverse Of Madness Trailer Breakdown: Things Just Got Out Of Hand". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2021. Diakses tanggal December 22, 2021. 
  26. ^ Kroll, Justin (December 10, 2020). "Rachel McAdams Returning For 'Doctor Strange In The Multiverse Of Madness'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 10, 2020. Diakses tanggal December 10, 2020. 
  27. ^ Dominguez, Noah (February 23, 2022). "Doctor Strange Producer Discusses the Avenger's Current Relationship Status". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2022. Diakses tanggal February 27, 2022. 
  28. ^ Tolsky, Andy (May 8, 2022). "Doctor Strange 2 Writer Explains Intro Of [Spoiler] As Love Interest". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 9, 2022. Diakses tanggal May 9, 2022. 
  29. ^ Leite, Marcelo (May 10, 2022). "Marvel Universe 838 Timeline & Every Difference To The MCU". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 10, 2022. Diakses tanggal May 11, 2022. 
  30. ^ Hermanns, Grant (March 19, 2022). "Benedict Cumberbatch Films A Stunt In Doctor Strange 2 BTS Images". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 21, 2022. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  31. ^ Leonte, Tudor (February 14, 2022). "Doctor Strange in the Multiverse of Madness Trailer Analysis & Theories". ComingSoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2022. Diakses tanggal February 28, 2022. 
  32. ^ Cordero, Rosy (May 3, 2022). "Marvel's Victoria Alonso & Xochitl Gomez On Bringing Hope And Visibility To LGBTQ+ Community With America Chavez". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 4, 2022. Diakses tanggal May 9, 2022. 
  33. ^ Lussier, Germain (February 14, 2022). "12 Biggest Mysteries in the Doctor Strange in the Multiverse of Madness Trailer – Smoke on the Horizon". Gizmodo. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 28, 2022. Diakses tanggal February 27, 2022. 
  34. ^ Barnhardt, Adam (February 14, 2022). "Doctor Strange 2: The Reason Marvel Is Unable to Use Shuma-Gorath Revealed (Exclusive)". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2022. Diakses tanggal February 14, 2022. 
  35. ^ Erdmann, Kevin (May 6, 2022). "Doctor Strange In The Multiverse Of Madness Easter Eggs & MCU References". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 6, 2022. Diakses tanggal May 8, 2022. 
  36. ^ Russell, Shania (May 2, 2022). "Writer Michael Waldron Tells Us Exactly Where You Can Spot His Doctor Strange 2 Cameo [Exclusive]". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2022. Diakses tanggal May 5, 2022. 
  37. ^ Russell, Bradley (May 5, 2022). "Doctor Strange 2 Easter eggs: The biggest Marvel references". Total Film. GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2022. Diakses tanggal May 5, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]