Loki (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Loki
Loki (TV series) logo.png
Genre
PembuatMichael Waldron
Didasarkan dariMarvel Comics
SutradaraKate Herron
Pemeran
KomposerNatalie Holt
Negara asal Amerika Serikat
Bahasa asliInggris
No. musim1
No. episode6
Produksi
Produser eksekutif
  • Kevin Feige
  • Louis D'Esposito
  • Victoria Alonso
  • Stephen Broussard
  • Kate Herron
  • Michael Waldron
  • Tom Hiddleston
Lokasi produksiAtlanta, Georgia
SinematografiAutumn Durald Arkapaw
Editor
  • Paul Zucker
  • Emma McCleave
  • Calum Ross
Durasi42–54 menit
Rumah produksiMarvel Studios
DistributorDisney Platform Distribution
Rilis
Jaringan penyiarDisney+
Disney+ Hotstar (Indonesia)
Tanggal tayang asli9 Juni 2021 (2021-6-9) –
sekarang (sekarang)
Kronologi
Acara terkaitSeri televisi Marvel Cinematic Universe
Pranala luar
Situs web produksi

Loki adalah sebuah seri televisi Amerika Serikat yang dibuat oleh Michael Waldron untuk layanan video sesuai permintaan Disney+, yang menampilkan karakter Marvel Comics dengan nama yang sama. Seri ini termasuk dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) dan berbagi kesinambungan dengan film-film di dalamnya, serta berlatar waktu setelah peristiwa pada film Avengers: Endgame (2019), di mana versi alternatif Loki membuat sebuah garis waktu yang baru. Loki diproduksi oleh Marvel Studios, dengan Waldron menjadi kepala penulis dan Kate Herron menyutradarai musim pertama.

Seri ini dibintangi oleh Tom Hiddleston, yang kembali memerankan Loki dari serial film, Gugu Mbatha-Raw, Wunmi Mosaku, Eugene Cordero, Tara Strong, dan Owen Wilson. Pada September 2018, Marvel Studios mengembangkan sejumlah seri terbatas untuk Disney+, yang berpusat pada karakter pendukung dari film-film MCU. Sebuah seri yang menampilkan Hiddleston sebagai Loki dikonfirmasi pada November 2018. Waldron ditunjuk pada Februari 2019, dan Herron kemudian bergabung pada bulan Agustus. Proses syuting dimulai pada Januari 2020 di Atlanta, Georgia, tetapi dihentikan pada Maret 2020 karena pandemi COVID-19. Produksi seri ini kemudian dilanjutkan pada September 2020 dan selesai pada bulan Desember.

Loki tayang perdana pada 9 Juni 2021, dan akan terdiri dari enam episode. Seri ini adalah bagian dari Fase Empat MCU. Musim kedua sedang dalam pengembangan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah mencuri Tesseract pada peristiwa Avengers: Endgame (2019), versi alternatif Loki dibawa ke Time Variance Authority (TVA), sebuah organisasi birokratis yang berada di luar ruang dan waktu dan memantau garis waktu. Mereka memberi dua pilihan untuk Loki: dihapus dari kehidupan karena menjadi "varian waktu", atau membantu memperbaiki garis waktu dan menghentikan ancaman yang lebih besar. Loki akhirnya terjebak dalam "misteri kejahatannya sendiri", melakukan perjalanan melalui waktu, dan mengubah sejarah manusia.[1][2][3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradara [11]Penulis skenarioTanggal rilis asli [12]
1"Glorious Purpose"Kate HerronMichael Waldron9 Juni 2021 (2021-6-9)
Di Gurun Gobi, Mongolia, Loki ditangkap oleh Time Variance Authority (TVA) setelah melarikan diri dari Pertempuran New York pada tahun 2012 dengan menggunakan Tesseract.[c 4] TVA mengatur ulang garis waktu, dan "varian" Loki ini diadili di depan Hakim Ravonna Renslayer atas kejahatan terhadap "Garis Waktu Sakral". Loki yakin bahwa TVA seharusnya mencurigai Avengers, karena mereka melakukan perjalanan waktu yang mengakibatkan ia berada di situasi saat ini. Namun, Renslayer mengatakan bahwa yang dilakukan Avengers memang seharusnya terjadi, tetapi tidak dengan pelarian Loki. Agen Mobius M. Mobius membawa Loki ke Teater Waktu untuk memperlihatkan kembali kejahatan Loki di masa lalu dan mempertanyakan kebiasaan Loki menyakiti orang-orang. Dia juga memperlihatkan bahwa Loki, di masa depannya, secara tidak sengaja menyebabkan kematian ibu angkatnya Frigga.[c 5] Loki mencoba melarikan diri, tetapi menyerah setelah menyadari bahwa kekuatan TVA melebihi kekuatan Batu Infinity. Dia kembali ke Teater Waktu dan menyaksikan lebih banyak kejadian di masa depan, termasuk kematiannya di tangan Thanos.[c 6] Dia kemudian setuju untuk membantu Mobius memburu varian Loki lain yang telah membunuh beberapa agen TVA dan mencuri alat reset garis waktu mereka.
2"The Variant"Kate HerronElissa Karasik16 Juni 2021 (2021-6-16)
Loki bergabung dengan sebuah misi TVA menuju ke lokasi serangan dari "Varian" pada tahun 1985 di Oshkosh, Wisconsin, namun menggagalkannya dengan mengulur waktu dan mencoba menawarkan diri untuk bertemu dengan Para Penjaga Waktu, yang menciptakan TVA dan Garis Waktu Suci. Mobius meyakinkan Renslayer untuk memberikan kesempatan lagi kepada Loki. Setelah meneliti berkas TVA, Loki berteori bahwa Variant bersembunyi di peristiwa kiamat di mana tindakan mereka tidak mempengaruhi garis waktu. Loki dan Mobius mengkonfirmasi kemungkinan ini dengan mengunjungi Pompeii pada tahun 79 Masehi, sebelum menyimpulkan bahwa Varian bersembunyi di sebuah hurikan pada tahun 2050 di Alabama. Di sana, mereka disergap oleh Varian yang merasuki tubuh beberapa penduduk setempat dan agen TVA Hunter B-15. Varian mengungkapkan dirinya sebagai Loki versi perempuan dan menolak tawaran Loki untuk bersama-sama menggulingkan Para Penjaga Waktu. Varian ini menggunakan alat reset yang telah ia curi dan mengaktifkannya ke berbagai titik di sepanjang Garis Waktu Suci, menciptakan banyak garis waktu bercabang dan membuat TVA berantakan. Lalu ia berteleportasi dan Loki pun mengikutinya.
3"Lamentis"Kate HerronBisha K. Ali23 Juni 2021 (2021-6-23)
Sang Varian tiba di TVA dan mencoba menemukan Para Penjaga Waktu, disusul Loki yang menggunakan sebuah TemPad untuk mereka berdua melarikan diri dari Renslayer. Mereka tiba di Lamentis-1 tahun 2077, sebuah bulan yang akan hancur ditabrak oleh sebuah planet, dan TemPad kehabisan daya. Loki secara ajaib menyembunyikannya, dan sang Varian, yang menggunakan nama samaran Sylvie, setuju untuk bekerja dengannya untuk mengisi ulang dayanya. Mereka kemudian menyelinap masuk ke sebuah kereta api yang akan menuju bahtera, sebuah pesawat luar angkasa untuk evakuasi penduduk Lamentis-1, yang mereka yakini dapat mengisi ulang daya TemPad. Loki mabuk dan menarik perhatian penumpang lainnya, menyebabkan perkelahian dengan penjaga yang melemparkannya dari kereta. Sylvie mengikutinya, hanya untuk mendapati TemPad rusak, dan keduanya memutuskan untuk menyelesaikan perjalanan dengan berjalan kaki dan membajak bahtera sehingga mereka dapat menggunakannya untuk melarikan diri. Sylvie mengungkapkan kepada Loki bahwa seluruh pekerja TVA adalah varian, bukan diciptakan oleh Para Penjaga Waktu seperti yang dikatakan Mobius. Loki dan Sylvie tiba di lokasi bahtera dan berjuang melewati para penjaga dan kerumunan orang-orang yang mencoba masuk bahtera. Sebelum mereka sampai di sana, meteor dari planet yang mendekat menghancurkan bahtera.
4"The Nexus Event"Kate HerronEric Martin30 Juni 2021 (2021-6-30)
Di Lamentis-1, Sylvie memberi tahu Loki bahwa dia melarikan diri setelah ditahan oleh TVA ketika ia masih kecil. Di TVA, Renslayer memberi tahu Mobius tentang kematian Hunter C-20 yang ia sebut terjadi karena pengaruh sihir Sylvie. Loki dan Sylvie membentuk sebuah ikatan romantis, menciptakan garis waktu bercabang unik yang menarik perhatian TVA dan memungkinkan penyelamatan mereka. Mobius menangkap mereka berdua, kemudian menghukum Loki dengan memasukkannya ke Penjara Waktu di mana ia terjebak dalam lingkaran waktu bersama Sif. Mobius dan Hunter B-15 menyadari bahwa mereka adalah varian setelah menginterogasi Loki dan Sylvie. Mobius kemudian membebaskan Loki dari Penjara Waktu, tetapi kemudian berhadapan dengan Renslayer yang memerintahkan seorang minuteman untuk menghapusnya. Renslayer membawa Loki dan Sylvie ke Para Penjaga Waktu sebelum Hunter B-15 turun tangan. Dalam pertarungan yang terjadi kemudian, para minutemen Renslayer terbunuh sementara Renslayer pingsan setelah melawan Sylvie, yang menghancurkan salah satu Para Penjaga Waktu, dan mendapati bahwa mereka ternyata adalah sekumpulan android tanpa pikiran. Renslayer kembali sadar dan menghapus Loki. Dalam kemarahan, Sylvie menuntut kebenaran dari Renslayer. Dalam adegan mid-credit, Loki terbangun di Kota New York alternatif yang telah runtuh yang berada di Void[13], dikelilingi oleh empat varian Loki lainnya yang mengundangnya untuk bergabung dengan mereka.
5"Journey Into Mystery"Kate HerronTom Kauffman7 Juli 2021 (2021-7-7)
Sylvie mengetahui dari Renslayer bahwa Loki diteleportasi ke Void, sebuah dimensi di akhir Waktu di mana semua yang dilenyapkan oleh TVA dibuang. Sementara itu, varian Loki lain memberi tahu Loki bahwa ada makhluk berbentuk awan badai raksasa bernama Alioth yang menjaga Void dan mencegah siapa pun melarikan diri. Dengan niat untuk menemui Loki, Sylvie melenyapkan dirinya sendiri dari TVA dan lolos dari Alioth dengan bantuan Mobius. Boastful Loki mencoba untuk mengkhianati Loki lainnya untuk bersekutu dengan President Loki, menyebabkan perkelahian sementara yang terjadi antara para varian Loki dan sekutu variannya melarikan diri. Setelah bersatu kembali dengan Loki, Sylvie mengusulkan rencana untuk mendekati Alioth dan memantrainya, dengan harapan itu akan membawa mereka ke dalang sebenarnya di balik penciptaan TVA. Saat Loki menuju Alioth, Mobius menggunakan TemPad Sylvie yang dicuri dari Renslayer untuk kembali ke TVA. Kid Loki dan Alligator Loki melarikan diri sementara Classic Loki menciptakan ilusi nyata Asgard untuk mengalihkan perhatian Alioth, mengorbankan dirinya saat melakukannya. Ini memungkinkan Loki dan Sylvie untuk berhasil membuat makhluk itu dimantrai dan bergerak melewati Void. Melihat benteng di kejauhan, keduanya berjalan ke arahnya.
6"For All Time. Always."Kate HerronMichael Waldron & Eric Martin14 Juli 2021 (2021-7-14)
Di Benteng di Akhir Waktu, Loki dan Sylvie bertemu dengan Miss Minutes dan menolak tawaran dari penciptanya, "He Who Remains", untuk mengembalikan mereka ke garis waktu dengan segala yang mereka inginkan. Sementara itu, Renslayer pergi dengan misi untuk mencari "kehendak bebas" setelah menerima informasi dari He Who Remains dan Hunter B-15 memberi tahu Minutemen bahwa mereka adalah varian dengan menunjukkan kepada mereka varian Ravonna yang merupakan kepala sekolah di Fremont, Ohio. He Who Remains mengungkapkan kepada Loki dan Sylvie bahwa dia menciptakan TVA setelah mengakhiri perang multiversal yang disebabkan oleh variannya. Saat garis waktu mulai bercabang, dia menawarkan mereka pilihan: membunuhnya dan mengakhiri garis waktu tunggal yang akan menyebabkan perang multiversal baru, atau menggantikannya sebagai penerusnya dalam mengawasi TVA. Sylvie memutuskan untuk membunuh He Who Remains, sementara Loki mencoba menghentikannya dengan menyatakan bahwa dia ingin agar Sylvie aman. Mereka berciuman, tetapi Sylvie mengirim Loki kembali ke markas TVA. Dia membunuh He Who Remains, sehingga menciptakan multiverse dengan garis waktu yang tidak dapat dipangkas. Di markas TVA, Loki memperingatkan B-15 dan Mobius bahwa varian He Who Remains datang untuk berperang, tetapi mereka tidak mengenalinya. Loki melihat bahwa sebuah patung "He Who Remains" telah menggantikan patung Para Penjaga Waktu. Loki menyadari bahwa Sylvie tanpa sengaja mengirimnya ke alam semesta alternatif, dimana TVA secara langsung dipimpin oleh Kang the Conqueror.

Jadwal penayangan[sunting | sunting sumber]

Loki memulai debutnya di Disney+ pada 9 Juni 2021, dirilis setiap minggunya pada hari Rabu,[12] dan akan terdiri dari enam episode.[14] Serial ini awalnya dijadwalkan untuk rilis pada Mei 2021,[1] sebelum adanya penggeseran jadwal tayang menjadi 11 Juni 2021, dan kemudian penggeseran jadwal tayang menjadi dua hari sebelumnya.[12] Serial ini adalah bagian dari Fase Empat MCU.[15]

Dokumenter spesial[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2021, seri dokumenter Marvel Studios: Assembled diumumkan. Dokumenter spesial ini menampilkan cerita di balik layar pembuatan film dan seri televisi MCU dengan para anggota pemeran dan pelaku produksi.[16] Assembled: The Making of Loki akan dirilis di Disney+ pada 21 Juli 2021.[17]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ President Loki didasarkan pada penampilan loki dalam seri buku komik Marvel "Vote Loki".
  2. ^ Kostum kuning Classic Loki didasarkan pada kostum asli Loki di komik (Universe: Earth-616)
  3. ^ Di Versi Marvel Cinematic Universe "He Who Remains" adalah gabungan dari karakter komik; He Who Remains dan Immortus, versi Kang the Conqueror yang ingin mencegah penaklukan Kang. Di versi aslinya di komik Kang dan "He Who Remains" adalah dua karakter berbeda.
  4. ^ Sebagaimana diilustrasikan pada peristiwa tahun 2012 di film Avengers: Endgame (2019).
  5. ^ Sebagaimana diilustrasikan pada Thor: The Dark World (2013)
  6. ^ Sebagaimana diilustrasikan pada Avengers: Infinity War (2018).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bui, Hoai-Tran (10 Desember 2020). "'Loki' Trailer: Tom Hiddleston's God of Mischief Finds Himself at the Center of a Crime Thriller". /Film (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Desember 2020. Diakses tanggal 10 Desember 2020. 
  2. ^ Moreau, Jordan (5 April 2021). "Loki Fixes Alternate Timelines in New Disney Plus Trailer". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 April 2021. Diakses tanggal 5 April 2021. 
  3. ^ Dumarog, Ana (29 April 2021). "Loki Faces Deletion From Reality According To New TV Show Synopsis". Screen Rant (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2021. Diakses tanggal 29 April 2021. 
  4. ^ Vote Loki (2016) #1 https://www.marvel.com/comics/issue/59870/vote_loki_2016_1
  5. ^ Meet the Other Lokis in Marvel Studios’ ‘Loki’ https://www.marvel.com/amp/articles/tv-shows/meet-the-other-lokis-classic-kid-boastful-alligator
  6. ^ https://www.inverse.com/entertainment/enchantress-loki-easter-egg-sylvie-lady-loki-disney-plus/amp
  7. ^ https://www.marvel.com/characters/sylvie
  8. ^ https://www.looper.com/450587/why-kid-loki-looks-so-familiar/
  9. ^ https://www.menshealth.com/entertainment/amp36892562/loki-episode-4-credits-scene/
  10. ^ https://www.elle.com/culture/movies-tv/a36890992/loki-richard-e-grant-classic-loki-variant/
  11. ^ Vejvoda, Jim (24 Agustus 2019). "Loki Will Take Character "to an Entirely New Part of the MCU"". IGN (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Agustus 2019. Diakses tanggal 24 Agustus 2019. 
  12. ^ a b c Ramos, Dino-Ray (5 Mei 2021). "'Loki' Premiere Date Moved Up By Two Days On Disney+". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Mei 2021. Diakses tanggal 5 Mei 2021. 
  13. ^ https://www.polygon.com/platform/amp/comics/22557023/loki-episode-4-after-credits-scene-cast-actors
  14. ^ Bonomolo, Cameron (23 Agustus 2019). "Loki to Get Six 1-Hour Episodes Directed by Kate Herron". ComicBook.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Agustus 2019. Diakses tanggal 23 Agustus 2019. 
  15. ^ Couch, Aaron; Kit, Borys (20 Juli 2019). "Marvel Unveils Post-'Endgame' Slate with 'Eternals', 'Shang-Chi' and Multiple Sequels". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Juli 2019. Diakses tanggal 20 Juli 2019. 
  16. ^ Paige, Rachel (16 Februari 2021). "Marvel Studios Announces Assembled, a Behind-the-Scenes Look at the Making of the Marvel Cinematic Universe". Marvel.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Februari 2021. Diakses tanggal 16 Februari. 
  17. ^ Ridgely, Charlie (16 Juni 2021). "Disney+: Every Movie and TV Show Arriving in July 2021". ComicBook.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juni 2021. Diakses tanggal 16 Juni. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]