Ant-Man and the Wasp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ant-Man and the Wasp
AntManAndTheWaspPoster2018.jpg
Poster film Ant-Man and the Wasp
SutradaraPeyton Reed
Produser
Penulis
Berdasarkan
Pemeran
MusikChristophe Beck
SinematografiDante Spinotti
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
Durasi
118 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$162–195 juta[3][4]
Pendapatan kotor$622,674,139[5]

Ant-Man and the Wasp adalah film superhero Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Peyton Reed dan diproduseri oleh Kevin Feige dan Stephen Broussard. Naskah film ini ditulis oleh Chris McKenna, Erik Sommers, Paul Rudd, Andrew Barrer dan Gabriel Ferrari berdasarkan komik Ant-Man karya Stan Lee, Larry Lieber dan Jack Kirby serta komik Wasp karya Stan Lee, Ernie Hart dan Jack Kirby. Film ini dibintangi oleh Paul Rudd, Evangeline Lilly, Michael Peña, Walton Goggins, Hannah John-Kamen, Michelle Pfeiffer, Laurence Fishburne dan Michael Douglas.

Film Ant-Man and the Wasp merupakan sekuel dari film Ant-Man yang dirilis tahun 2015 serta merupakan film ke-20 dari Marvel Cinematic Universe. Film ini ditayangkan secara perdana di El Capitan Theatre pada tanggal 25 Juni 2018[6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Juli 2018.[7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah Scott Lang (Paul Rudd) ditempatkan di tahanan rumah karena keterlibatannya dengan Avengers yang melanggar Kesepakatan Sokovia, Hank Pym (Michael Douglas) dan putrinya, Hope van Dyne (Evangeline Lilly), berhasil membuka terowongan ke dunia kuantum. Mereka percaya bahwa istri Hank, Janet van Dyne (Michelle Pfeiffer), mungkin terperangkap di sana setelah menyusut ke tingkat sub-atom pada tahun 1987. Ketika ia sebelumnya masuk ke dunia kuantum, Scott secara tidak sadar menjadi terikat dengan Janet dan sekarang, ia menerima pesan yang jelas dari Janet.

Dengan hanya beberapa hari tersisa dari tahanan rumah, Scott menghubungi Hank tentang Janet meskipun hubungan mereka sempat tegang karena tindakan Scott dengan Avengers. Hope dan Hank menculik Scott, meninggalkan umpan agar tidak menimbulkan kecurigaan dari agen FBI, Jimmy Woo (Randall Park). Percaya bahwa pesan dari Janet sebagai konfirmasi bahwa ia masih hidup, mereka bertiga bekerja untuk membangun terowongan yang stabil sehingga mereka dapat membawa kendaraan ke dunia kuantum dan menjemputnya. Mereka berencana untuk membeli komponen material yang diperlukan untuk terowongan dari dealer pasar gelap Sonny Burch (Walton Goggins), yang telah menyadari potensi keuntungan yang diperoleh dari penelitian Hank dan melipat-gandakannya. Memakai kostum Wasp, Hope melawan Sonny dan anak buahnya hingga ia diserang oleh wanita bertopeng yang tubuhnya tidak stabil. Scott mencoba untuk membantu melawan wanita bertopeng tersebut, namun wanita itu melarikan diri dengan membawa laboratorium Hank yang telah menyusut menjadi seukuran koper.

Hank terpaksa mengunjungi mantan rekan kerjanya, Bill Foster (Laurence Fishburne), dengan Hope dan Scott. Bill membantu mereka menemukan laboratorium tersebut di mana wanita bertopeng tersebut menangkap mereka bertiga dan mengungkapkan dirinya sebagai Ava Starr (Hannah John-Kamen). Ayah Ava, Elihas, salah satu mantan rekan kerja Hank, meninggal bersama istrinya dalam penelitian kuantum yang menyebabkan keadaan Ava tidak stabil. Bill mengungkapkan bahwa ia telah membantu Ava dan ia berencana menyembuhkan Ava menggunakan energi kuantum Janet. Percaya bahwa hal ini akan membunuh Janet, Hank menolak untuk membantu mereka dan kabur dengan Hope, Scott dan laboratoriumnya.

Membuka versi stabil dari terowongan tersebut, Hank, Hope dan Scott dapat menghubungi Janet, yang memberikan mereka lokasi yang tepat untuk menemukannya, namun Janet memperingatkan bahwa mereka hanya memiliki dua jam sebelum dunia kuantum yang tidak stabil memisahkan mereka selama satu abad. Sonny mengetahui lokasi mereka bertiga dari rekan bisnis Scott, Luis (Michael Peña), Dave (Tip "T.I." Harris) dan Kurt (David Dastmalchian), dan memberitahu salah satu anggota FBI. Luis memperingatkan Scott, yang bergegas pulang sebelum Jimmy Woo melihat ia melanggar tahanan rumahnya. Hank dan Hope ditangkap oleh FBI, memungkinkan Ava untuk mengambil laboratorium tersebut.

Scott segera membantu Hank dan Hope melarikan diri, lalu mereka menemukan laboratorium tersebut. Scott dan Hope mengalihkan perhatian Ava, sementara Hank memasuki dunia kuantum untuk menjemput Janet, namun Sonny dan anak buahnya juga menyerang Scott dan Hope, yang memungkinkan Ava untuk mulai mengambil energi Janet secara paksa. Luis, Dave dan Kurt membantu melumpuhkan Sonny dan anak buahnya sehingga Scott dan Hope dapat menghentikan Ava. Hank dan Janet kembali dengan selamat dari dunia kuantum dan Janet secara sukarela memberikan sebagian energinya kepada Ava untuk sementara menstabilkan dirinya.

Scott kembali ke rumah sekali lagi, pada waktunya bagi Jimmy Woo untuk membebaskannya di akhir tahanan rumahnya, sementara Ava dan Bill bersembunyi. Hank, Scott, Hope dan Janet berencana memanen energi kuantum untuk membantu Ava tetap stabil. Ketika Scott berada di dunia kuantum untuk mengambil energi, Hank, Hope dan Janet menghilang menjadi debu sehingga Scott terperangkap di dunia kuantum.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Ant-Man and the Wasp mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 88%, berdasarkan 358 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 70 dari 100, berdasarkan 56 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Ant-Man and the Wasp mendapatkan $216,648,740 di Amerika Utara dan $406,025,399 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $622,674,139, melebihi anggaran produksi film $162–195 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $75,812,205, menempati posisi teratas di box office.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Ant-Man and the Wasp Press Kit" (PDF). Walt Disney Studios Motion Pictures. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal July 4, 2018. Diakses tanggal July 4, 2018. 
  2. ^ "Ant-Man and the Wasp (2018)". British Board of Film Classification. July 2, 2018. Diakses tanggal December 15, 2018. 
  3. ^ D'Alessandro, Anthony (July 8, 2018). "'Ant-Man And The Wasp' Shrinks A Tick To $76M Opening, But Still 33% Bigger Than Original – Sunday Final". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 9, 2018. Diakses tanggal July 9, 2018. 
  4. ^ Golum, Rob (July 9, 2018). "'Ant-Man' Swarms Theaters With $75.8 Million for Walt Disney". Bloomberg L.P. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2018. Diakses tanggal July 19, 2018. 
  5. ^ a b c "Ant-Man and the Wasp (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 10, 2018. 
  6. ^ Johnson, Zach (June 26, 2018). "Ant-Man and the Wasp: Inside the Star-Studded Premiere". E! Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 26, 2018. Diakses tanggal June 26, 2018. 
  7. ^ Strom, Marc (August 18, 2014). "Marvel Studios Phase 3 Update". Marvel.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 8, 2015. Diakses tanggal October 8, 2015. 
  8. ^ "Ant-Man and the Wasp (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 15, 2018. 
  9. ^ "Ant-Man and the Wasp reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 15, 2018. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]