The Wolverine (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Wolverine
The Wolverine posterUS.jpg
Poster Film Resmi
SutradaraJames Mangold
Produser
Skenario
BerdasarkanWolverine
oleh Chris Claremont
Frank Miller
Pemeran
MusikMarco Beltrami
SinematografiRoss Emery
PenyuntingMichael McCusker
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 16 Juli 2013 (2013-07-16) (London)
  • 24 Juli 2013 (2013-07-24) (Inggris)
  • 26 Juli 2013 (2013-07-26) (Amerika Serikat)
Durasi
126 menit[1]
Negara
  • Amerika Serikat
  • Britania Raya[nb 1]
Bahasa
Anggaran$120 juta[7][8]
Pendapatan kotor$414.8 juta[8]

The Wolverine adalah sebuah film superhero pada tahun 2013 yang menampilkan karakter Wolverine dari Komik Marvel. Film yang didistribusikan oleh 20th Century Fox, merupakan bagian keenam dalam serial film X-Men. Hugh Jackman mengulangi perannya dari film-film sebelumnya sebagai karakter utama, dengan James Mangold mengarahkan skenario yang ditulis oleh Scott Frank dan Mark Bomback, berdasarkan serial terbatas Wolverine oleh Chris Claremont dan Frank Miller pada tahun 1982. Di film ini, yang mengikuti alur dari X-Men: The Last Stand, Logan melakukan perjalanan ke Jepang, di mana ia melibatkan seorang kenalan lama dalam sebuah perjuangan yang memiliki konsekuensi abadi. Dengan faktor penyembuhan miliknya yang telah dilucuti, Wolverine harus betempur melawan samurai mematikan dimana ia masih berjuang mengatasi perasaan bersalahnya.

Proyek pengerjaan film ini dimulai pada tahun 2009 setelah rilis X-Men Origins: Wolverine. Christopher McQuarrie dipekerjakan untuk menulis skenario The Wolverine pada bulan agustus 2009. Pada bulan oktober 2010, Darren Aronofsky dipekerjakan untuk menyutradarai film ini. Proyek itu tertunda karena keberangkatan Aronofsky dan gempa bumi dan tsunami di Tohoku pada bulan Maret 2011. Pada bulan Juni 2011, Mangold dilibatkan dalam proyek ini untuk menggantikan Aronofsky. Bomback kemudian dipekerjakan untuk menulis ulang skenario pada bulan September 2011. Para karakter pendukung dicari pada bulan Juli 2012 dengan pengambilan gambar utama dimulai pada akhir bulan Juli tersebut di sekitar New South Wales sebelum pindah ke Tokyo pada bulan Agustus 2012 dan kembali ke New South Wales pada bulan Oktober 2012. Film ini telah dikonversi ke format 3D pada pasca-produksi.

The Wolverine dirilis pada tanggal 24 juli 2013, di berbagai pasar internasional, dan pada tanggal 26 Juli 2013 di Amerika Serikat. Film ini menerima ulasan positif secara umum dari para kritikus film dan meraih US$414.8 juta di seluruh dunia, hampir 3,5 kali anggaran produksi sebesar $120 juta, membuat film ini berada dalam urutan kelima tertinggi sebagai film terlaris dalam serinya. Seri ketiga film Wolverine, berjudul Logan, dirilis pada 3 Maret 2017.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1945, Logan ditahan dalam kamp POW di dekat Nagasaki. Saat bom atom Nagasaki, Logan menyelamatkan seorang perwira bernama Ichirō Yashida dan melindungi dia dari ledakan.

Pada hari ini, Logan hidup sebagai pertapa di Yukon, tersiksa oleh halusinasi dari Jean Grey, yang terpaksa ia bunuh (X-Men: The Last Stand). Ia ditemukan oleh Yukio, seorang mutan dengan kemampuan untuk meramalkan kematian orang-orang, dibantu oleh Ichirō, sekarang CEO teknologi zaibatsu. Ichirō, yang sekarat karena kanker, ingin Logan untuk menemani Yukio ke Jepang sehingga dia dapat membayar hutang nyawanya. Di Tokyo, Logan bertemu anak laki-laki Ichirō, Shingen, dan cucunya, Mariko. Di sana, Ichirō menawarkan untuk mentransfer kemampuan penyembuhan Logan ke dalam tubuhnya sendiri, sehingga dapat menyelamatkan hidup Ichirō dan mengurangi kemampuan hidup abadi yang nyaris sempurna milik Logan, dimana Logan melihat kemampuannya itu sebagai kutukan. Logan menolak dan bersiap untuk pergi pada hari berikutnya. Malam itu, dokter Ichirō yaitu Dr. Green (dikenal juga sebagai Viper) memasukkan sesuatu ke dalam tubuh Logan, Logan menganggapnya sebagai mimpi.

Pada pagi hari berikutnya, Logan mendapat informasi bahwa Ichirō telah meninggal. Di pemakaman, gangster Yakuza berupaya untuk menculik Mariko, tapi Logan dan Mariko melarikan diri bersama-sama ke pinggiran kota Tokyo. Logan ditembak dan luka-lukanya tidak sembuh dengan cepat sebagaimana mestinya. Setelah melawan beberapa Yakuza pada kereta peluru, Logan dan Mariko bersembunyi di sebuah hotel cinta. Sementara itu, pengawal Ichirō Harada bertemu dengan Dr. Green yang setelah menunjukkan kekuatan mutannya kepada Harada, meminta Harada menemukan Logan dan Mariko. Logan dan Mariko melakukan perjalanan ke rumah Ichirō di Nagasaki, dan mereka berdua perlahan-lahan jatuh cinta. Sementara itu, Yukio yang memiliki gambaran akan sekaratnya Logan nantinya, dan memperingatkan Logan. Sebelum Yukio tiba, Mariko ditangkap oleh Yakuza. Setelah menginterogasi salah satu dari penculik, Logan dan Yukio menghadapi tunangan Mariko, seorang Menteri Kehakiman yang korup Noburo Mori. Mori mengaku bahwa ia telah bersekongkol dengan Shingen untuk membunuh Mariko karena Ichirō meninggalkan kontrol perusahaan kepada Mariko, dan tidak kepada Shingen.

Mariko dibawa ke hadapan Shingen di kediaman Ichirō real ketika ninja yang dipimpin oleh Harada menyerang dan memaksanya. Logan dan Yukio tiba kemudian, menggunakan mesin X-ray milik Ichirō, mereka menemukan sebuah robot parasit yang melekat pada jantung Logan, robot parasit tersebut mengurangi kemampuan penyembuhan Logan. Logan mengoperasi dirinya sendiri dan mengambil perangkat tersebut. Selama operasi, Shingen menyerang tapi Yukio menahan Shingen cukup lama untuk Logan memulihkan diri dan membunuh Shingen. Logan mengikuti jejak Mariko ke desa kelahiran Ichirō, di mana ia ditangkap oleh ninja anak buah Harada. Logan ditempatkan ke dalam mesin oleh Dr. Green, yang mengungkapkan rencananya untuk mengambil faktor penyembuhan Logan dan memperkenalkan Logan ke Silver Samurai, sebuah baju perang Jepang yang elektromekanis dengan energi pedang yang terbuat dari adamantium. Mariko lolos dari Harada, yang percaya bahwa dia bertindak pada kepentingan Mariko, dan berhasil membebaskan Logan dari mesin. Harada menyadari kesalahannya dan dibunuh oleh Silver Samurai ketika membantu Logan melarikan diri.

Sementara itu, Yukio tiba dan membunuh Dr. Green dimana Logan terlibat perkelahian dengan Silver Samurai. Silver Samurai memotong cakar adamantium Logan dan mulai mengambil kemampuan penyembuhan Logan, mengungkapkan bahwa dirinya adalah Ichirō, yang telah memalsukan kematiannya. Ichirō mulai mendapatkan kembali masa mudanya, namun Mariko mencegahnya dan menusuk Ichirō dengan potongan cakar Logan ketika Logan meregenerasi tulang cakarnya dan membunuh Ichirō. Logan terjatuh dan memiliki satu halusinasi terakhir tentang Jean, di mana ia akhirnya memutuskan untuk melepaskan Jean. Mariko menjadi CEO dari Yashida Industries dan menawarkan perpisahan untuk Logan saat ia bersiap untuk meninggalkan Jepang. Yukio bersumpah untuk selalu di sisi Logan sisi sebagai pengawalnya, dan mereka berangkat ke tempat-tempat yang tidak diketahui.

Dalam sebuah adegan di pertengahan kredit, Logan kembali ke Amerika Serikat dua tahun kemudian dan didekati oleh Erik Lehnsherr di bandara, yang memperingatkan dia dari ancaman kuburan baru bagi ras mutan, dan Charles Xavier, yang sebelumnya dianggap Logan sudah mati.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Hugh Jackman sebagai Logan / Wolverine: Seorang mutan, yang memiliki kemampuan penyembuhan dan kombinasi rangka adamantium yang ditanam secara menakjubkan untuk membuatnya nyaris hidup abadi. Jackman juga memerankan karakter dalam film-film X-Men sebelumnya. Dalam hal karakter Jackman memandang Wolverine sebagai "orang luar yang utama" dan bahwa "pertempuran besar, saya selalu berpikir dengan Wolverine, adalah pertempuran dalam dirinya".[9] Mengenai perjuangan Logan dengan umur panjang yang ekstrim, Jackman mengatakan, "Dia menyadari semua orang yang dicintainya mati, dan seluruh hidupnya penuh dengan rasa sakit. Jadi, lebih baik bahwa ia melarikan diri. Dia tidak bisa benar-benar mati. Dia hanya ingin pergi dari segala sesuatu." Jackman menyatakan bahwa ia makan enam kali sehari dalam persiapan untuk peran terseb. Jackman menghubungi Dwayne Johnson untuk beberapa tips tentang menaikkan berat badan untuk film ini. Johnson menyarankan bahwa selama enam bulan, ia menaikkan berat satu pon seminggu, dengan mengonsumsi 6.000 kalori per hari yang terdiri dari "banyak sekali ayam, steak dan beras merah"..
  • Hiroyuki Sanada sebagai Shingen Yashida: anak laki-laki Ichirō's[10] serta ayah Mariko dan saingan perusahaan, yang mahir dalam kendo.[11]
  • Tao Okamoto sebagai Mariko Yashida: cucu perempuan Ichirō's, yang hidupnya terancam akibat surat wasiat kakeknya. Tentang karakternya, Okamoto mengatakan bahwa Mariko tidak mudah dipengaruhi dan mahir dalam karate dan lempar pisau.
  • Rila Fukushima sebagai Yukio: Seorang mutan yang memiliki kemampuan prekognisi dan salah satu pembunuh mematikan dalam klan Ichirō’s.[12][13] Fukushima mengatakan, "Karakter saya sangat mengutamakan fisik. Yukio dan Wolverine memiliki banyak kesamaan. Dia benar-benar mengurus Wolverine dan Wolverine juga peduli tentang dia." Mangold menjelaskan Yukio sebagai pejuang mematikan yang "seksi dan hampir sering bermunculan dari dunia anime"
  • Famke Janssen sebagai Jean Grey: Seorang anggota mutan dan mantan X-Men, yang Logan bunuh pada akhir X-Men: The Last Stand. Jackman mengatakan, "Tidak ada keraguan bahwa hubungan yang paling penting dalam hidupnya adalah - kita telah melihat melalui film - adalah hubungannya dengan Jean Grey. Ya, kita melihat dia meninggal pada akhir 'X-Men: The Last Stand , 'tapi di film ini, dia telah hadir, yang saya pikir sangat penting untuk film ini, terutama untuk Wolverine saat menghadapi hal yang paling sulit dalam dirinya."
  • Will Yun Lee sebagai Kenuichio Harada: Seorang mantan kekasih Mariko dan kepala Black Ninja Clan, bersumpah untuk melindungi keluarga Yashida. Lee mengatakan bahwa ia menjalani pelatihan pedang yang ketat untuk film ini.
  • Svetlana Khodchenkova sebagai Dr. Green / Viper: Seorang mutan, yang memiliki kekebalan terhadap racun. Tentang karakternya, Khodchenkova berkata "Viper tidak benar-benar memiliki banyak orang yang dia pedulikan, sebagian besar dari mereka hanya dia gunakan untuk tujuan sendiri." Mangold mengatakan, "seperti namanya yang berarti, dia jenis ular," dan pandangan Viper ke Logan "seperti pemburu besar yang mungkin melihat singa berburu dalam buruannya."
  • Haruhiko Yamanouchi sebagai Ichirō Yashida: ayah Shingen, kakek Mariko dan pemimpin Yashida Industries, sebuah teknologi zaibatsu yang kuat. Ken Yamamura memerankan Ichirō muda.
  • Brian Tee sebagai Noburo Mori: Seorang Menteri Kehakiman yang korup, yang bertunangan dengan Mariko.

Selain itu, Patrick Stewart and Ian McKellen kembali berperan sebagai Charles Xavier / Professor X dan Erik Lehnsherr / Magneto dalam cameo selama adegan di pertengahan kredit.

Musik[sunting | sunting sumber]

The Wolverine
Skor film karya Marco Beltrami
Dirilis23 Juli 2013 (2013-7-23)
DirekamNewman Scoring Stage, 2012-2013
GenreFilm score
Durasi58:30
LabelSony Classical, catalog #B00CSW07Z6
ProduserJames Mangold (Executive Producer)
Kronologi Marco Beltrami
'World War Z: Music from the Motion Picture
(2013)
The Wolverine 'Carrie
(2013)

'X-Men: First Class
(2011)

'''''The Wolverine
(2013)

'X-Men: Days of Future Past
(2014)
Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
AllMusic 4/5 stars
AVForums (highly recommended)
Filmtracks 2/5 stars
SoundtrackGeek (82.7/100)
Daftar lagu

Seluruh musik diciptakan oleh Marco Beltrami.

No. Judul Durasi
1. "A Walk in the Woods"   1:02
2. "Threnody for Nagasaki"   1:15
3. "Euthanasia"   1:36
4. "Logan's Run"   3:56
5. "The Offer"   3:15
6. "Arriving at the Temple"   2:10
7. "Funeral Fight"   4:22
8. "Two Handed"   4:04
9. "Bullet Train"   1:31
10. "The Snare"   1:32
11. "Abduction"   2:11
12. "Trusting"   1:54
13. "Ninja Quiet"   3:40
14. "Kantana Surgery"   3:50
15. "The Wolverine"   2:21
16. "The Hidden Fortress"   5:02
17. "Silver Samurai"   3:27
18. "Sword of Vengeance"   4:32
19. "Dreams"   1:21
20. "Goodbye Mariko"   1:01
21. "Where To?"   2:25
22. "Whole Step Haiku"   2:08
iTunes trek bonus
No. Judul Durasi
23. "Yukio"   1:49

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Daftar penghargaan dan nominasi
Tahun Penghargaan / Festival Film Kategori Penerima dan nominasi Hasil Ref.
2013 Hollywood Film Awards Hollywood Movie Award James Mangold Nominasi [14]
2014 People's Choice Awards Favorite Action Movie The Wolverine Nominasi [15]
Favorite Movie Actor Hugh Jackman (juga untuk Prisoners) Nominasi
Screen Actors Guild Awards Outstanding Performance by a Stunt Ensemble in a Motion Picture The Wolverine Nominasi [16]
Kids' Choice Awards Favorite Male Buttkicker Hugh Jackman Nominasi [17]
Saturn Awards Best Comic-To-Film Motion Picture The Wolverine Nominasi [18]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober tahun 2013, 20th Century Fox telah memulai negosiasi dengan Jackman dan Mangold untuk kembali untuk angsuran sebelumnya diberi judul. Mangold itu dijadwalkan untuk menulis pengerjaan, dengan Lauren Shuler Donner kembali untuk menghasilkan.[19] Pada tanggal 20 Maret 2014, Fox mengumumkan bahwa sekuel akan dirilis 3 Maret 2017.[20] David James Kelly disewa untuk menulis naskah, dan Jackman ditetapkan untuk mengulangi perannya sebagai Wolverine.[21] Dengan bulan berikutnya, penulis skenario Michael Green melekat pada film.[22] Mangold tweeted bahwa syuting akan dimulai pada awal 2016.[23] Patrick Stewart mengatakan dalam Agustus 2015 bahwa ia akan mengulangi perannya sebagai Charles Xavier.[24] Liev Schreiber, yang digambarkan Sabretooth di X-Men Origins: Wolverine mengatakan dalam Februari 2016 bahwa ia sedang dalam pembicaraan untuk memerankan perannya dalam sekuel.[25] Pada April 2016, Boyd Holbrook telah dilemparkan sebagai kepala keamanan untuk sebuah perusahaan global yang ditetapkan terhadap Wolverine, dan Richard E. Grant sebagai "gila tipe ilmuwan".[26][27] Simon Kinberg bulan itu yang mengatakan film ini akan ditetapkan di masa depan.[28] Menjelang akhir bulan, Stephen Merchant berperan sebagai Caliban.[29][30] Pada bulan Mei 2016, Eriq La Salle dan Elise Neal yang dilemparkan dalam peran yang tidak ditentukan.[31][32] Pada bulan Mei, Kinberg mengatakan syuting telah dimulai dan bahwa ia berencana untuk menjadikan film dengan rating R.[33]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sumber berbeda mengenai negara atau negara asal The Wolverine. Beberapa menunjukkan bahwa Amerika Serikat adalah satu-satunya negara asal,[2][3][4] sementara yang lain daftar sebagai co-production Amerika Serikat dan Britania Raya.[5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Wolverine (12A)". British Board of Film Classification. July 10, 2013. Diakses tanggal July 10, 2013. 
  2. ^ Newman, Kim (July 18, 2013). "The Wolverine". Screen Daily. Diakses tanggal December 31, 2013. 
  3. ^ "The Wolverine". AFI. Diakses tanggal August 12, 2014. 
  4. ^ "The Wolverine (2013)". AllMovie. Diakses tanggal August 12, 2014. 
  5. ^ "The Wolverine (2013)". BFI. Diakses tanggal August 12, 2014. 
  6. ^ "The Wolverine". LUMIERE: Data base on admissions of films released in Europe. Diakses tanggal August 12, 2014. 
  7. ^ "Hugh Jackman's 'The Wolverine' to Stop the Bleeding at the Box Office". July 25, 2013. Diakses tanggal July 26, 2013. 
  8. ^ a b "The Wolverine (2013)". Box Office Mojo (Amazon.com). Diakses tanggal December 7, 2013. 
  9. ^ Jackman, Hugh. "The Wolverine Featurette - "Logan"". Youtube. 
  10. ^ Hall, Sandra. "The Wolverine 3D review: Much pain, little gain for superhero". Movies. The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 24 July 2013. 
  11. ^ Hoare, James. "THE WOLVERINE'S HIROYUKI SANADA ON SHINGEN AND SAMURAI". Movies. SciFiNow UK. Diakses tanggal 12 July 2013. 
  12. ^ "Rila Fukushima on Yukio in THE WOLVERINE". Movies. Comics Blend. Diakses tanggal 18 June 2013. 
  13. ^ Hoare, James. "The Wolverine's Rila Fukushima on the "Bad-Ass" Yukio". Movies. SciFiNow UK. Diakses tanggal 28 August 2013. 
  14. ^ Feinberg, Scott (2013-10-11). "12 Blockbusters to Compete for Fan Vote at Hollywood Film Awards (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2013-12-10. 
  15. ^ Toomey, Alyssa (2013-11-05). "Glee, Katy Perry Lead People's Choice Award Nominations, 2 Broke Girls' Kat Dennings and Beth Behrs to Host". E!. Diakses tanggal 2013-12-10. 
  16. ^ "'12 Years a Slave' Leads SAG Awards with 4 Nominations". Variety.com. 11 December 2013. Diakses tanggal 13 December 2013. 
  17. ^ Ng, Philiana (February 24, 2014). "Nickelodeon's Kids' Choice Awards Nominations Revealed". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 25 February 2014. 
  18. ^ Johns, Nikara (February 25, 2014). "'Gravity,' 'The Hobbit: The Desolation of Smaug' Lead Saturn Awards Noms". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 28, 2014. Diakses tanggal February 28, 2014. 
  19. ^ "James Mangold, Hugh Jackman Sinking Claws Into Another 'The Wolverine' Film". Deadline.com. Diakses tanggal November 5, 2013. 
  20. ^ "Fox Dates The Fantastic Four 2, a Wolverine sequel and a Mystery Marvel Project!". ComingSoon.net. Diakses tanggal March 21, 2014. 
  21. ^ Fleming, Mike, Jr. (March 21, 2014). "Fox Sets David James Kelly To Script Next 'Wolverine'". Diakses tanggal March 21, 2014. 
  22. ^ Sneider, Jeff (April 24, 2015). "Hugh Jackman's 'Wolverine' Lands 'Blade Runner 2' Writer Michael Green (Exclusive)". TheWrap.com. 
  23. ^ "Mangold on Twitter". Twitter. 
  24. ^ Nemiroff, Perri (August 13, 2015). "Patrick Stewart Confirms Professor X is in 'Wolverine 3'". Collider.com. 
  25. ^ Bell, Crystal (February 29, 2016). "Will Liev Schreiber Reprise 'Old Man Sabretooth' in Wolverine 3?". MTV. 
  26. ^ Patten, Dominic (April 8, 2016). "'Wolverine 3' Sets 'Narcos' Boyd Holbrook As Chief Villain". Deadline.com. 
  27. ^ Kit, Borys (April 26, 2016). "'Wolverine 3' Finds Its Mad Scientist (Exclusive)". The Hollywood Reporter. 
  28. ^ Eisenberg, Eric (April 12, 2016). "When Will Wolverine 3 Be Set? Here's What We Know". Cinemablend.com. 
  29. ^ Hipes, Patrick (April 28, 2016). "Stephen Merchant To Star With Hugh Jackman In 'Wolverine 3'". Deadline.com. Diakses tanggal April 28, 2016. 
  30. ^ http://www.avclub.com/article/our-first-look-stephen-merchants-caliban-logan-all-244347
  31. ^ Kroll, Justin (May 4, 2016). "Eriq Lasalle Joins Cast of 'Wolverine 3'". Variety. Diakses tanggal May 4, 2016. 
  32. ^ Kroll, Justin (May 5, 2016). "Elise Neal Joins 'Wolverine 3'". Variety. Diakses tanggal May 5, 2016. 
  33. ^ Chitwood, Adam (May 9, 2016). "Wolverine 3 Has Started Filming; Simon Kinberg Confirms R-Rating, Says It's a Violent, "Different Wolverine"". Collider.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:X-Men media