Walk the Line

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Walk the Line
Walk the line poster.jpg
Poster film Walk the Line
Sutradara James Mangold
Produser James Keach
Cathy Konrad
Skenario Gill Dennis
James Mangold
Berdasarkan Man in Black: His Own Story in His Own Words dan Cash: The Autobiography 
oleh Johnny Cash
Pemeran Joaquin Phoenix
Reese Witherspoon
Musik T Bone Burnett
Sinematografi Phedon Papamichael
Penyunting Michael McCusker
Perusahaan
produksi
Fox 2000 Pictures
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
Durasi
136 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $28 juta[2]
Pendapatan kotor $186,438,883[2]

Walk the Line adalah film biografi drama musikal Amerika Serikat tahun 2005 yang disutradarai oleh James Mangold dan diproduseri oleh James Keach dan Cathy Konrad. Naskah film ini ditulis oleh Gill Dennis dan James Mangold berdasarkan buku Man in Black: His Own Story in His Own Words dan Cash: The Autobiography karya Johnny Cash. Film ini dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Reese Witherspoon.

Film Walk the Line ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 4 September 2005 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 18 November 2005. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1968, sebagai penonton narapidana di Penjara Folsom bersorak untuk band Johnny Cash, Johnny menunggu di belakang panggung di dekat meja gergaji, mengingatkannya pada kehidupan awalnya.

Pada tahun 1944, Johnny Cash (Joaquin Phoenix), yang kemudian dikenal sebagai J.R., dibesarkan di sebuah peternakan kapas di Dyess, Arkansas, bersama saudaranya Jack (Lucas Till), ayahnya Ray (Robert Patrick) dan ibunya Carrie (Shelby Lynne). J.R. dikenal karena nyanyian hymne-nya, sementara saudaranya Jack melatih dirinya untuk menjadi pastur. Ketika Jack menggergaji kayu untuk seorang tetangga dengan meja gergaji, J.R. pergi memancing sampai ia ketahuan dan ditegur oleh ayahnya karena pergi keluar. Baik J.R. dan Ray pulang ke rumah untuk menemui Jack sekarat setelah terluka parah oleh gergaji dalam sebuah kecelakaan. Pada tahun 1950, J.R. mendaftar di Angkatan Udara sebagai Johnny Cash dan ditempatkan di Jerman Barat. Ia membeli gitar dan pada tahun 1952, menemukan inspirasi dalam menulis lagu, salah satunya menulis lagu "Folsom Prison Blues".

Setelah keluar, Johnny kembali ke Amerika Serikat dan menikahi kekasihnya, Vivian Liberto (Ginnifer Goodwin). Mereka pindah ke Memphis, Tennessee, tempat Johnny bekerja sebagai salesman dari satu rumah ke rumah lain untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia berjalan melewati sebuah studio rekaman, yang mmebuatnya terinspirasi untuk membuat sebuah band musik gospel. Band Johnny mengikuti audisi untuk Sam Phillips (Dallas Roberts), pemilik Sun Records. Setelah mereka menyanyikan lagu "Folsom Prison Blues", band ini mendapatkan kontrak dan dirilis ke panggung di awal era rock and roll.

Band ini memulai tur mereka sebagai Johnny Cash and the Tennessee Two. Dalam tur, Johnny bertemu dengan June Carter (Reese Witherspoon), membuatnya jatuh cinta. Johnny mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan June, yang menceraikan suami pertamanya, Carl Smith. Setelah usahanya merayu June gagal, Johnny mulai menyalahgunakan obat-obatan dan alkohol. Setelah perilakunya melampaui batas ketika Johnny tampil bersama June, mereka berpisah.

Kemudian, meskipun Vivian keberatan, Johnny membujuk June untuk keluar dari masa pensiunnya dan memulai tur bersamanya. Tur ini sukses, namun di belakang panggung, Vivian mengkritik pengaruh June terhadap Johnny. Setelah penampilan di Las Vegas, Johnny dan June tidur bersama. Keesokan paginya, June memperhatikan Johnny minum pil dan meragukan pilihannya. Pada konser malam itu, Johnny, yang kecewa karena penolakan June, berperilaku tidak menentu dan akhirnya keluar dari atas panggung. Juni membuang obat Johnny dan mulai menulis "Ring of Fire", menjelaskan perasaannya untuk Johnny dan rasa sakit June saat melihat Johnny menjadi pecandu.

Kembali ke California, Johnny melakukan perjalanan ke Meksiko untuk membeli lebih banyak obat terlarang dan ditangkap. Pernikahan Johnny dengan Vivian kandas dan mereka bercerai, lalu Johnny pindah ke Nashville pada tahun 1966. Mencoba untuk berdamai dengan June, Johnny membeli sebuah rumah besar di dekat sebuah danau di Hendersonville. Orang tua dan kerabat keluarga June tiba untuk acara Thanksgiving dan saat itu, Ray menolak prestasi dan tingkah laku Johnny. Setelah makan, ibu June (Sandra Ellis Lafferty) mendorong putrinya untuk membantu Johnny. Johnny merasa tidak sehat dan bangun dengan June, yang memberitahu bahwa mereka telah diberikan kesempatan kedua. Meskipun mereka belum menikah, mereka mulai menghabiskan sebagian besar waktu satu sama lain.

Johnny menemukan bahwa sebagian besar surat penggemarnya berasal dari para tahanan, yang terkesan dengan citra penjahatnya. Johnny mengajukan kepada Columbia Records bahwa ia akan merekam album langsung di Penjara Folsom. Terlepas dari keraguan Columbia Records, Johnny memberitahu bahwa ia akan tampil dan labelnya bisa menggunakan kaset jika mereka mau. Di konser Penjara Folsom, Johnny memberitahu bahwa ia telah bersimpati kepada para tahanan dan menjelaskan bahwa penangkapannya atas kepemilikan obat-obatan membantunya berhubungan dengan mereka. Dengan kesuksesan ini, Johnny memulai tur dengan June dan band-nya. Di dalam bis, ia berhenti untuk berbicara dengan June dan melamarnya, namun ia menolak Johnny. Di konser berikutnya, June memberitahu bahwa ia hanya akan berbicara dengan Johnny di atas panggung. Johnny kemudian menyanyikan lagu "Ring of Fire" di atas panggung. Setelah lagu tersebut, Johnny mengajak June untuk berduet dan berhenti di tengah lagu, dengan mengatakan bahwa ia tidak dapat menyanyikan lagu "Jackson" lagi kecuali jika June setuju untuk menikah dengannya. June menerimanya dan mereka berpelukan di atas panggung.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Joaquin Phoenix sebagai Johnny Cash
    • Ridge Canipe sebagai Johnny Cash muda
  • Reese Witherspoon sebagai June Carter Cash, istri kedua Johnny
  • Ginnifer Goodwin sebagai Vivian Liberto, istri pertama Johnny
  • Robert Patrick sebagai Ray Cash, ayah Johnny
  • Hailey Anne Nelson sebagai Rosanne Cash, putri sulung Johnny
  • Dallas Roberts sebagai Sam Phillips, pendiri, pemilik dan produser Sun Records
  • Dan John Miller sebagai Luther Perkins, gitaris pertama Johnny
  • Johnny Holiday sebagai Carl Perkins
  • Larry Bagby sebagai Marshall Grant, bassis Johnny
  • Shelby Lynne sebagai Carrie Cash, ibu Johnny
  • Sandra Ellis Lafferty sebagai Maybelle Addington Carter, ibu June
  • Tyler Hilton sebagai Elvis Presley
  • Waylon Payne sebagai Jerry Lee Lewis
  • Shooter Jennings sebagai Waylon Jennings, teman satu band Johnny
  • Clay Steakley sebagai Fluke Holland, drummer Johnny
  • Johnathan Rice sebagai Roy Orbison
  • Lucas Till sebagai Jack Cash, saudara Johnny
  • James Keach sebagai Warden dari Penjara Folsom

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Walk the Line mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83%, berdasarkan 207 ulasan, dengan rating rata-rata 7.2/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Walk the Line mendapatkan $119,519,402 di Amerika Utara dan $66,919,481 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $186,438,883, melebihi anggaran produksi film $28 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $22,347,341, menempati posisi kedua di box office di belakang film Harry Potter and the Goblet of Fire.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Walk the Line (12A)". British Board of Film Classification. September 12, 2005. Diakses tanggal March 13, 2018. 
  2. ^ a b c d "Walk the Line (2005)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 13, 2018. 
  3. ^ "Walk the Line (2005)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Walk the Line reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]