Almost Famous

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Almost Famous
Almost famous poster1.jpg
Poster film Almost Famous
Sutradara Cameron Crowe
Produser Cameron Crowe
Ian Bryce
Skenario Cameron Crowe
Pemeran Billy Crudup
Frances McDormand
Kate Hudson
Jason Lee
Patrick Fugit
Anna Paquin
Fairuza Balk
Noah Taylor
Philip Seymour Hoffman
Musik Nancy Wilson
Sinematografi John Toll
Penyunting Joe Hutshing
Saar Klein
Perusahaan
produksi
Vinyl Films
Distributor DreamWorks Pictures
(Amerika Serikat)
Columbia Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 8 September 2000 (2000-9-8) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 15 September 2000 (2000-9-15) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 22 September 2000 (2000-9-22) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
123 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $60 juta[2]
Pendapatan kotor $47,383,689[2]

Almost Famous adalah film drama komedi petualangan Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Cameron Crowe dan diproduseri oleh Cameron Crowe dan Ian Bryce. Naskah film ini ditulis oleh Cameron Crowe. Film ini dibintangi oleh Billy Crudup, Frances McDormand, Kate Hudson, Jason Lee, Patrick Fugit, Anna Paquin, Fairuza Balk, Noah Taylor dan Philip Seymour Hoffman.

Film Almost Famous ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 8 September 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 15 September 2000 secara terbatas dan 22 September 2000 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1969, seorang anak berbakat bernama William Miller (Michael Angarano) berusaha untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat. Ibu tunggalnya, Elaine (Frances McDormand), telah membuatnya percaya bahwa ia berusia 13 tahun, hingga kakak William, Anita (Zooey Deschanel), memberitahu ibu mereka untuk mengatakan yang sebenarnya. William sebenarnya berusia 11 tahun dan Elaine menyuruh William mulai bersekolah pada usia 5 tahun, lalu William membolos pada kelas lima. Elaine mengontrol ketat dan melindungi William dan Anita, melarang musik rock dan pengaruh yang tidak diinginkan lainnya, memaksa Anita untuk meninggalkan rumah dan menjadi seorang pramugari.

Pada tahun 1973, William (Patrick Fugit) yang berusia 15 tahun, dipengaruhi oleh album musik rock yang ditinggalkan oleh kakaknya, bercita-cita menjadi seorang jurnalis musik rock, menulis artikel makalah di San Diego. Jurnalis musik rock Lester Bangs (Philip Seymour Hoffman) terkesan dengan tulisannya dan memberikan William $35 untuk bertugas melihat konser Black Sabbath. William tidak bisa mendapatkan akses ke belakang panggung, namun band pembuka Stillwater tiba dan setelah William menyanjung mereka dengan kritik positifnya, band Stillwater membawa William. Gitaris utama Russell Hammond (Billy Crudup) menyukai William karena persahabatan baru William dengan groupie veteran Penny Lane (Kate Hudson) meskipun Penny lebih suka istilah Band-Aid. Berpura-pura pensiun dari kejayaannya, Penny membawa William.

William dihubungi oleh Ben Fong-Torres (Terry Chen), editor majalah Rolling Stone, yang percaya bahwa William lebih tua dan mempekerjakannya untuk menulis sebuah cerita. William meyakinkan Ben untuk membiarkannya menulis tentang band Stillwater dan ia diperintahkan untuk pergi bersama mereka. Perseteruan antara Russell dan vokalis Jeff Bebe (Jason Lee) terbukti. William mulai mewawancarai anggota band Stillwater, namun Russell berulang kali tidak menghiraukannya. Penny memperhatikan hal itu dan bersimpati dengan William, yang disebut "musuh" oleh band Stillwater sambil bercanda, karena William seorang jurnalis, namun William cepat menjadi bagian dari lingkaran hidup mereka ketika William kehilangan objektivitasnya.

Band Stillwater mengalami masalah dengan promotor dan lokasi tur dan mempekerjakan Dennis Hope (Jimmy Fallon), seorang manajer profesional. Penny diberitahu bahwa ia harus meninggalkan mereka sebelum berangkat ke New York, di mana mantan istri Russell, Leslie (Liz Stauber), akan bergabung dengan mereka. Stillwater "kehilangan" Penny dan tiga groupies ke band lain dalam permainan poker. Penny berpura-pura tidak peduli, namun ia sedih. Juga, Dennis telah menyewa pesawat kecil untuk memungkinkan mereka melakukan pertunjukan daripada bis tur mereka dan tidak ada ruang di sana untuk Penny, yang tertinggal.

Namun, Penny pergi ke New York sendiri dan muncul di restoran ketika band Stillwater mengetahui bahwa mereka akan tampil di sampul Rolling Stone. Leslie melihat usaha Penny untuk mendapatkan perhatian Russell, lalu Penny diminta untuk meninggalkan band Stillwater. William mengejar Penny ketika Penny kembali ke hotelnya di mana William menyelamatkan Penny dari overdosis methaqualone.

Keesokan harinya, band Stillwater terbang ke pertunjukan lain dan pesawat itu menghadapi cuaca buruk. Percaya bahwa mereka akan mati, para anggota band tersebut mengakui rahasia mereka satu sama lain, membawa konflik antara Jeff dan Russell ke tempat terbuka. Jeff menghina Penny, namun William membela Penny dan mengaku bahwa ia mencintai Penny. Pesawat mendarat dengan selamat di Tupelo, meninggalkan semua orang untuk merenungkan suasana yang berubah.

William meninggalkan mereka untuk menyelesaikan artikelnya di kantor majalah Rolling Stone di San Francisco, menulis seluruh kebenaran tentang apa yang diamatinya. Takut ceritanya akan merusak citra band Stillwater, Russell memberitahu pemeriksa fakta majalah bahwa cerita William itu tidak benar, menghapus artikel itu dan menghancurkan William. Kakak William kebetulan bertemu dengannya duduk di bandara dan menawarkan untuk membawa William ke mana pun di dunia, namun William memilih untuk pulang ke San Diego di mana Elaine menyambut mereka kembali.

Salah satu groupies menghina Russell atas apa yang dilakukannya terhadap William. Russell memanggil Penny dan meminta untuk bertemu dengan Penny, namun Penny menipu Russell dan memberikan alamat rumah William kepada Russell sebagai gantinya. Ketika pintu rumah keluarga William dibuka, meskipun Penny muncul, Russell berhadapan dengan Elaine. Setelah mengetahui siapa Russell sebenarnya, Elaine menghina Russell karena perilakunya. Russell dipaksa bertemu dengan William dan meminta maaf. William akhirnya mendapatkan wawancaranya dan Russell membalikkan dirinya sendiri dan mengonfirmasi artikel William kepada Rolling Stone, yang menjadikannya sebagai halaman utama. Sementara itu, Penny membeli tiket ke Maroko dan memenuhi impiannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Almost Famous mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 89%, berdasarkan 166 ulasan, dengan rating rata-rata 7.9/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 90 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Almost Famous mendapatkan $32,534,850 di Amerika Utara dan $14,848,839 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $47,383,689, lebih kecil dari anggaran produksi film $60 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $2,314,646, menempati posisi ke-8 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $6,926,467, menempati posisi ke-3 di box office di belakang film Urban Legends: Final Cut dan The Exorcist Director's Cut.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Almost Famous (15)". British Board of Film Classification. November 16, 2000. Diakses tanggal May 2, 2018. 
  2. ^ a b c d "Almost Famous (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 10, 2009. 
  3. ^ "Almost Famous (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Almost Famous reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]