Green Book

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Green Book (film))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Green Book
GreenBookPoster2018.jpg
Poster film Green Book
SutradaraPeter Farrelly
ProduserJim Burke
Charles B. Wessler
Brian Hayes Currie
Peter Farrelly
Nick Vallelonga
SkenarioNick Vallelonga
Brian Hayes Currie
Peter Farrelly
PemeranViggo Mortensen
Mahershala Ali
Linda Cardellini
MusikKris Bowers
SinematografiSean Porter
PenyuntingPatrick J. Don Vito
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
Amblin Partners[1]
Participant Media[1]
Conundrum Entertainment[1]
Cinetic Media[1]
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 11 September 2018 (2018-9-11) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 16 November 2018 (2018-11-16) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 21 November 2018 (2018-11-21) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
130 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$23 juta[3]
Pendapatan kotor$26,649,843[3]

Green Book adalah film biografi drama komedi Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Peter Farrelly dan diproduseri oleh Jim Burke, Charles B. Wessler, Brian Hayes Currie, Peter Farrelly dan Nick Vallelonga. Naskah film ini ditulis oleh Nick Vallelonga, Brian Hayes Currie dan Peter Farrelly. Film ini dibintangi oleh Viggo Mortensen, Mahershala Ali dan Linda Cardellini.

Film Green Book ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 11 September 2018[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 November 2018 secara terbatas dan 21 November 2018 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Frank "Tony Lip" Vallelonga (Viggo Mortensen) sedang mencari pekerjaan baru setelah klub malamnya ditutup untuk renovasi dan ia diwawancarai sebagai supir pribadi Don Shirley (Mahershala Ali), seorang pianis terkenal. Pertemuan pertama mereka tidak berjalan baik karena tingkah laku Tony yang sembrono dan kasar, bertolak belakang dengan sikap Don yang halus dan tenang. Namun, Don akhirnya menyewa Tony atas saran beberapa orang karena ia membutuhkan seseorang yang dapat membantunya menghindari masalah ketika tur konsernya selama delapan minggu melalui Deep South. Mereka merencanakan untuk pulang pada malam Natal. Tony diberikan salinan The Negro Motorist Green Book oleh studio rekaman Don sebagai panduan bagi wisatawan kulit hitam untuk menemukan tempat berlindung yang aman di seluruh wilayah Deep South.

Mereka memulai tur di wilayah Midwest sebelum akhirnya mereka menuju lebih jauh ke selatan. Tony dan Don menentang perbedaan mereka karena Tony merasa tidak nyaman diminta untuk bertindak baik, sementara Don tidak menyukai kebiasaan buruk Tony. Terlepas dari itu, Tony terkesan dengan bakat Don sebagai pianis dan Tony semakin tidak menyukai perlakuan diskriminatif yang diterima oleh Don ketika ia tidak berada di atas panggung. Setelah insiden bar terjadi ketika sekelompok pria kulit putih mengancam hidup Don, Tony menyelamatkannya dengan mengancam akan menembak mereka. Tony meminta Don untuk tetap di dekatnya selama sisa tur konsernya.

Sepanjang perjalanan, Tony menulis surat kepada istri dan anak-anaknya. Don melatih Tony untuk menulis prosa lebih indah yang membuat istri Tony (Linda Cardellini) terkesan. Tony meminta Don untuk menghubungi dengan saudaranya sendiri, tetapi Don ragu-ragu karena terakhir kalinya, Don mengatakan bahwa ia telah menjadi terisolasi oleh kehidupan dan pencapaian profesionalnya.

Setelah Don ditemukan dalam pertemuan gay dengan seorang pria kulit putih di kolam renang YMCA, Tony menyuap para petugas untuk mencegah penangkapan para musisi. Don kesal karena Tony "memberikan imbalan" kepada para petugas atas perlakuan mereka. Kemudian, keduanya ditangkap setelah seorang perwira polisi menarik mereka larut malam di sebuah kota di bawah matahari terbenam. Ketika polisi menghina Tony, Tony memukulnya, lalu mereka dibawa. Ketika mereka dipenjara, Don meminta untuk memanggil "pengacaranya" dan menggunakan kesempatan untuk menghubungi Jaksa Agung Robert F. Kennedy, yang memerintahkan gubernur untuk membebaskan mereka.

Hal-hal terjadi ketika Don ditolak masuk ke ruang makan yang didominasi oleh orang-orang berkulit putih di hotel pada malam pertunjukan terakhir turnya di Birmingham, Alabama. Tony mengancam pemilik hotel tersebut dan Don menolak untuk tampil di hotel karena para staf hotel menolak melayani mereka. Don dan Tony kemudian pergi ke klub blues yang didominasi oleh orang-orang berkulit hitam di mana Don membangunkan mereka dengan musiknya.

Tony dan Don kembali ke utara pada larut malam ketika badai salju terjadi dan mereka mencoba pulang ke rumah pada malam Natal. Mereka dibawa oleh petugas kepolisian di wilayah utara, yang memberitahu bahwa ban mobil mereka kempes. Don mengambil alih kemudi ketika Tony terlalu lelah, lalu mereka tiba tepat waktu pada acara makan malam keluarga Tony di mana ia mengundang Don. Don kembali ke tempat tinggalnya sendiri, tetapi akhirnya ia pergi ke rumah keluarga Tony di mana ia disambut oleh semua orang setelah diam sejenak. Film ini berakhir dengan foto-foto Tony dan Don yang ditampilkan beserta persahabatan panjang mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Viggo Mortensen sebagai Frank "Tony Lip" Vallelonga
  • Mahershala Ali sebagai Don Shirley
  • Linda Cardellini sebagai Dolores Vallelonga
  • Dimeter Marinov sebagai Oleg
  • Mike Hatton sebagai George
  • Iqbal Theba sebagai Amit
  • Sebastian Maniscalco sebagai Johnny Venere
  • P. J. Byrne sebagai produser eksekutif rekaman
  • Montrel Miller sebagai pelayan Hotel Birmingham
  • Tom Virtue sebagai Morgan Anderson
  • Dennis W. Hall sebagai Wise Guy Mags
  • Randal Gonzalez sebagai Gorman
  • Maggie Nixon sebagai gadis pemeriksa jaket
  • Brian Distance sebagai polisi

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Green Book mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 82%, berdasarkan 200 ulasan, dengan rating rata-rata 7.6/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 70 dari 100, berdasarkan 46 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Green Book mendapatkan $26,488,971 di Amerika Utara dan $160,872 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $26,649,843, melebihi anggaran produksi film $23 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $320,429, menempati posisi ke-22 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $5,501,520, menempati posisi ke-9 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Film releases". Variety Insight. Diakses tanggal August 18, 2018. 
  2. ^ "Green Book (12A)". British Board of Film Classification. November 23, 2018. Diakses tanggal December 10, 2018. 
  3. ^ a b c d "Green Book (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 9, 2018. 
  4. ^ Kay, Jeremy (August 14, 2018). "Toronto unveils Contemporary World Cinema, more Galas and Special Presentations". Screen International. Diakses tanggal August 14, 2018. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (October 31, 2018). "'Green Book' Going Earlier In Limited Release Off Awards Season Heat". Deadline Hollywood. Penske Business Media. Diakses tanggal October 31, 2018. 
  6. ^ "Green Book (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  7. ^ "Green Book reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 23, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]