Dreamgirls (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dreamgirls
Dreamgirls.jpg
Poster film Dreamgirls
Sutradara Bill Condon
Produser Laurence Mark
Skenario Bill Condon
Berdasarkan Dreamgirls 
oleh Henry Krieger dan Tom Eyen
Pemeran Jamie Foxx
Beyoncé Knowles
Eddie Murphy
Jennifer Hudson
Danny Glover
Anika Noni Rose
Keith Robinson
Musik Stephen Trask
Sinematografi Tobias A. Schliessler
Penyunting Virginia Katz
Perusahaan
produksi
Distributor DreamWorks Pictures[1]
Paramount Pictures[1]
Tanggal rilis
  • 9 Desember 2006 (2006-12-9) (Austin)
  • 15 Desember 2006 (2006-12-15) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 25 Desember 2006 (2006-12-25) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
130 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $80 juta[3]
Pendapatan kotor $154,937,680[4]

Dreamgirls adalah film drama musikal Amerika Serikat tahun 2006 yang disutradarai oleh Bill Condon dan diproduseri oleh Laurence Mark. Naskah film ini ditulis oleh Bill Condon. Film ini dibintangi oleh Jamie Foxx, Beyoncé Knowles, Eddie Murphy, Jennifer Hudson, Danny Glover, Anika Noni Rose dan Keith Robinson.

Film Dreamgirls ditayangkan secara perdana di Austin pada tanggal 9 Desember 2006 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 15 Desember 2006 secara terbatas dan 25 Desember 2006 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1962 di Detroit, Michigan, seorang penjual mobil bernama Curtis Taylor Jr. (Jamie Foxx) bertemu dengan grup vokal wanita berkulit hitam yang dikenal sebagai "The Dreamettes", yang terdiri dari penyanyi utama Effie White (Jennifer Hudson) dan penyanyi belakang Deena Jones (Beyoncé Knowles) dan Lorrell Robinson (Anika Noni Rose), di acara bakat amatir R&B di Detroit Theater. Curtis memperkenalkan dirinya sebagai manajer baru The Dreamettes dan mengatur agar para gadis menjadi penyanyi cadangan untuk penyanyi utama R&B Jimmy "Thunder" Early (Eddie Murphy).

Curtis segera memulai label rekamannya sendiri, Rainbow Records, di luar hasil penjualan mobilnya di Detroit dan menunjuk saudara Effie, C.C. (Keith Robinson), sebagai penulis lagu utamanya. Ketika lagu pertama mereka gagal setelah grup pop berkulit putih merilis versi daur ulang, Curtis, C.C. serta produser mereka, Wayne (Hinton Battle), beralih melakukan praktik pembayaran ilegal untuk membuat bintang pop utama "Jimmy Early & The Dreamettes". Di belakang panggung, Effie terpesona dengan Curtis, sementara Jimmy yang menikah mulai berselingkuh dengan Lorrell.

Manajer Jimmy, Marty Madison (Danny Glover), bosan dengan rencana Curtis untuk membuat kliennya lebih pop-friendly dan meninggalkannya. Ketika Jimmy gagal tampil di depan penonton klub malam Miami Beach, Curtis mengeluarkan Jimmy keluar sendirian, menetapkan The Dreamettes di belakang menjadi berita utama di tempatnya. Merasa bahwa Effie yang melengkung dan suara yang khas tidak akan menarik penonton berkulit putih, Curtis menunjuk Deena yang lebih ramping dan bersuara lebih tinggi menjadi penyanyi utama dan mengganti nama grup menjadi "The Dreams".

Dengan bantuan lagu baru dan gaya baru, Curtis dan C.C. mengubah The Dreams menjadi grup pop utama terlaris. Pada tahun 1965, bagaimanapun, Effie mulai bermasalah, terutama ketika prioritas Curtis juga beralih ke Deena. Curtis akhirnya mengeluarkan Effie dari grup, mempekerjakan sekretarisnya, Michelle Morris (Sharon Leal), untuk menggantikan posisi Effie, dimulai dengan debut malam tahun baru 1966 di Las Vegas sebagai "Deena Jones & the Dreams". Terlepas dari bantahan Effie dan ketertarikannya pada Curtis, ia, C.C. dan The Dreams meninggalkan Effie dan terus maju menjadi bintang.

Pada tahun 1973, Effie telah menjadi ibu yang miskin dan tinggal di Detroit bersama putrinya, Magic (Mariah I. Wilson). Berusaha untuk memulai kembali kariernya di dunia musik, ia mempekerjakan Marty sebagai manajernya dan mulai tampil di klub lokal. Sementara itu, dengan anggota grup Deena Jones & the Dreams serta Rainbow Records yang telah pindah ke Los Angeles dan menjadi bisnis pop terbesar di negara itu, Curtis berusaha memproduksi film tentang Cleopatra yang dibintangi oleh Deena, yang mulanya tidak mau dan sekarang adalah istri Curtis.

Tahun berikutnya, Jimmy, yang mengalami kecanduan obat-obatan karena Curtis sibuk dengan Deena, mengalami kehancuran dalam acara khusus peringatan ulang tahun ke-10 di Rainbow Records. Curtis segera mengeluarkannya dari label dan Lorrell mengakhiri perselingkuhan mereka. Beberapa waktu kemudian, C.C., yang merasa bahwa Curtis merusak nilai artistik dari lagu-lagunya dengan membuatnya menjadi musik disko, keluar dari label, lalu semua orang kemudian mengetahui bahwa Jimmy telah ditemukan tewas karena overdosis heroin.

Kecewa dengan kematian Jimmy dan reaksi dingin Curtis terhadap berita tersebut, C.C. melakukan perjalanan ke Detroit dan berdamai dengan Effie, lalu C.C. menulis dan membuat lagu comeback untuk Effie. Ketika rekaman yang mulai mendapatkan slot lagu di stasiun radio lokal, Curtis menggunakan praktik pembayaran ilegal untuk memaksa stasiun radio memainkan versi disko dari lagu The Dreams. Rencananya berantakan, namun ketika Deena marah atas cara Curtis mengendalikan kariernya, menemukan bukti rencana Curtis dan menghubungi Effie, yang tiba di Los Angeles bersama C.C., Marty dan seorang pengacara.

Deena dan Effie berdamai, lalu Effie memberitahu Deena bahwa Curtis adalah ayah Magic dan Curtis setuju untuk memberikan distribusi nasional catatan Effie untuk menghindari laporan ke FBI. Terinspirasi oleh kejayaan Effie dan menyadari karakter sejati Curtis, Deena meninggalkan Curtis.

Pada tahun 1975, The Dreams memberikan penampilan perpisahan terakhir di Detroit Theater dan mengundang Effie di atas panggung untuk lagu terakhir. Ketika konser berakhir, Curtis melihat Magic di barisan depan dan menyadari bahwa ia adalah putrinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jamie Foxx sebagai Curtis Taylor Jr.; berdasarkan riwayat Berry Gordy Jr.[6]
  • Beyoncé Knowles sebagai Deena Jones; berdasarkan riwayat Diana Ross[7]
  • Eddie Murphy sebagai Jimmy "Thunder" Early; terinspirasi oleh penyanyi seperti James Brown, Jackie Wilson dan Marvin Gaye[6]
  • Jennifer Hudson sebagai Effie White; berdasarkan riwayat Florence Ballard[7]
  • Danny Glover sebagai Marty Madison, manajer Jimmy
  • Anika Noni Rose sebagai Lorrell Robinson; berdasarkan riwayat Mary Wilson[8]
  • Keith Robinson sebagai C.C. White; terinspirasi oleh pencipta lagu Smokey Robinson[9]
  • Sharon Leal sebagai Michelle Morris; berdasarkan riwayat Cindy Birdsong[10]
  • Hinton Battle sebagai Wayne
  • Loretta Devine sebagai penyanyi jazz
  • Dawnn Lewis sebagai Melba Early, istri James
  • John Lithgow sebagai Jerry Harris, produser film
  • John Krasinski sebagai Sam Walsh, sutradara dan penulis naskah Jerry Harris
  • Jaleel White sebagai agen di acara bakat Detroit Theatre
  • Yvette Nicole Brown sebagai sekretaris Curtis
  • Mariah I. Wilson sebagai Magic, putri Effie

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Dreamgirls mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 78%, berdasarkan 203 ulasan, dengan rating rata-rata 7.2/10.[11] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[12] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[13]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Dreamgirls mendapatkan $103,365,956 di Amerika Utara dan $51,571,724 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $154,937,680, melebihi anggaran produksi film $88 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $378,950, menempati posisi ke-19 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $14,100,050, menempati posisi ke-3 di box office di belakang film Night at the Museum dan The Pursuit of Happyness.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Dreamgirls". Lembaga Film Amerika. Diakses tanggal May 11, 2017. 
  2. ^ "Dreamgirls (12A)". British Board of Film Classification. November 28, 2006. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  3. ^ Gottfried, Marvin (2007). "Introduction". Dreamgirls: The Movie Musical. New York: Newmarket Press. Pg. 15.
  4. ^ a b c "Dreamgirls (2006)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  5. ^ McClintock, Pamela (Nov. 6, 2006). "D'Works takes 'Girls' on road." Daily Variety. Retrieved on November 11, 2006.
  6. ^ a b Selvin, Joel (Dec. 25, 2006). "Songs, story don't reflect Motown world". The Journal Gazette. Retrieved on Jan. 23, 2007.[pranala nonaktif]
  7. ^ a b Fotomat, Robert (2005). "American Idol's Jennifer Hudson as the Supremes' Florence Ballard?" Retrieved on November 11, 2006.
  8. ^ Miller, Danny (Dec. 26, 2006). "Dreamgirls: Crossing Over...Again[pranala nonaktif permanen]". Huffington Post,com. Retrieved on January 23, 2007.[pranala nonaktif]
  9. ^ Chideya, Farai (Dec. 21, 2006). "Bill Condon Tells the Story Behind 'Dreamgirls'" [audio interview]. National Public Radio. Retrieved on Jan. 23, 2007.
  10. ^ Wells, Duane (Dec. 13, 2006). "A Viewers Guide to Dreamgirls Archived July 3, 2009, di the Wayback Machine.. GayWired.com Retrieved on Jan. 23, 2007
  11. ^ "Dreamgirls (2006)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  12. ^ "Dreamgirls reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  13. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]