American Hustle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
American Hustle
American Hustle 2013 poster.jpg
Poster film American Hustle
Sutradara David O. Russell
Produser Jonathan Gordon
Megan Ellison
Charles Roven
Richard Suckle
Skenario David O. Russell
Eric Warren Singer
Pemeran Christian Bale
Bradley Cooper
Amy Adams
Jeremy Renner
Jennifer Lawrence
Musik Danny Elfman
Sinematografi Linus Sandgren
Penyunting Jay Cassidy
Crispin Struthers
Alan Baumgarten
Perusahaan
produksi
Atlas Entertainment
Annapurna Pictures
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
  • 8 Desember 2013 (2013-12-8) (Ziegfeld Theatre)
  • 13 Desember 2013 (2013-12-13) (Amerika Serikat)
Durasi
138 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $40 juta[2]
Pendapatan kotor $251,171,807[3]

American Hustle adalah film drama komedi kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh David O. Russell dan diproduseri oleh Jonathan Gordon, Megan Ellison, Charles Roven dan Richard Suckle. Naskah film ini ditulis oleh Eric Warren Singer dan David O. Russell. Film ini dibintangi oleh Christian Bale, Amy Adams, Bradley Cooper, Jeremy Renner dan Jennifer Lawrence.

Film American Hustle merupakan film kolaborasi kedua Bradley Cooper, Jennifer Lawrence dan Robert De Niro setelah film Silver Linings Playbook. Film ini merupakan film kolaborasi kedua Christian Bale dan Amy Adams setelah film The Fighter. Film ini ditayangkan secara perdana di Ziegfeld Theatre pada tanggal 8 Desember 2013 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 13 Desember 2013.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1978, pasangan penipu Irving Rosenfeld (Christian Bale) dan Sydney Prosser (Amy Adams) telah menjalin hubungan dan bekerja sama. Sydney melakukan improvisasi skema penipuan Irving, berpura-pura sebagai konglomerat Inggris "Lady Edith Greensly". Irving mencintai Sydney, namun ia ragu untuk meninggalkan istrinya yang tidak stabil, Rosalyn (Jennifer Lawrence), karena Irving khawatir ia akan kehilangan kontak dengan putra angkatnya, Danny. Rosalyn juga mengancam akan melaporkan Irving ke polisi jika Irving meninggalkan Rosalyn. Agen FBI Richie DiMaso (Bradley Cooper) menangkap Irving dan Sydney ketika mereka melakukan penipuan pinjaman, namun Richie menawarkan untuk membebaskan mereka jika Irving berhasil melakukan empat tambahan penangkapan berturut-turut. Richie yakin Sydney adalah orang Inggris, namun ia memiliki bukti bahwa klaim konglomeratnya palsu. Sydney memberitahu Irving bahwa ia akan memanfaatkan Richie dan menjauhkan diri dari Irving.

Irving memiliki seorang teman yang menyamar sebagai seorang syekh Arab kaya yang mencari investasi potensial di Amerika Serikat. Seorang rekan Irving menyarankan agar para syekh berbisnis dengan Walikota Carmine Polito (Jeremy Renner) dari Camden, New Jersey, yang berkampanye untuk merevitalisasi perjudian di Atlantic City, namun ia kesulitan menggalang dana. Carmine tampaknya memiliki keinginan tulus untuk membantu ekonomi daerah dan rakyatnya. Richie berencana untuk menjadikan Carmine sebagai target operasi sengatan, meskipum Irving dan atasan Richie, Stoddard Thorsen (Louis C.K.), keberatan. Sydney membantu Richie memanfaatkan sekretaris FBI untuk membuat transfer kilat yang tidak sah sebesar $2,000,000. Ketika atasan Stoddard, Anthony Amado (Alessandro Nivola), mendengar operasi tersebut, ia memuji inisiatif Richie dan memaksa Stoddard untuk melanjutkan operasi tersebut.

Carmine meninggalkan pertemuan mereka ketika Richie memaksanya untuk menerima uang suap. Irving meyakinkan Carmine bahwa syekh itu sah, mengekspresikan ketidaksukaannya terhadap Richie, dan keduanya menjadi teman. Richie mengatur agar Carmine bertemu dengan syekh, dan tanpa berunding dengan yang lain, ada agen FBI keturunan Meksiko Paco Hernandez (Michael Peña) yang berperan sebagai syekh sehingga membuat Irving tidak senang. Carmine membawa syekh ke kasino, menjelaskan bahwa ada mafia di tempat itu dan pertemuan ini adalah bagian penting dalam berbisnis. Irving terkejut mendengar bahwa bos mafia Victor Tellegio (Robert De Niro), tangan kanan ke Meyer Lansky, hadir dan ia ingin bertemu dengan syekh. Victor menjelaskan bahwa syekh itu butuh persyaratan menjadi warga negara Amerika Serikat dan bahwa Carmine perlu memperlancar prosesnya. Victor juga membutuhkan transfer kilat sebesar $10,000,000 untuk membuktikan keabsahan syekh tersebut.

Richie mengaku tertarik pada Sydney namun ia menjadi bingung dan agresif ketika Sydney mengganti aksen bahasa Inggrisnya dan mengaku berasal dari Albuquerque. Rosalyn mulai berselingkuh dengan mafia Pete Musane (Jack Huston), yang bertemu dengannya di pesta tersebut. Rosalyn menyatakan keyakinannya bahwa Irving bekerja sama dengan IRS, menyebabkan Pete mengancam Irving, yang berjanji untuk membuktikan bahwa investasi syekh itu nyata. Irving kemudian berseteru dengan Rosalyn, yang mengakui bahwa ia memberitahu Pete dan berjanji untuk tetap diam, namun ia menginginkan perceraian. Dengan bantuan Carmine, Richie dan Irving merekam video para anggota Kongres yang menerima suap. Richie menyerang Stoddard demi uang tersebut dan kemudian meyakinkan Anthony bahwa ia membutuhkan $10,000,000 untuk mendapatkan Victor, namun ia menerima hanya $2,000,000. Sebuah pertemuan diadakan di kantor pengacara Victor, Alfonse Simone (Paul Herman), namun Victor tidak hadir. Alfonse menjelaskan bahwa Richie harus mentransfer uangnya ke rekening bank Victor dan meminta nomor rekeningnya. Mulanya Richie ragu, namun kemudian Alfonse menjelaskan secara rinci tentang kegiatan kriminalnya yang dicatat oleh mikrofon Richie yang tersembunyi. Richie sangat gembira dengan hal ini sehingga ia menghubungi Anthony dan memintanya untuk mentransfer uang $2,000,000 tersebut ke rekening bank Victor, yang segera dilakukan oleh Anthony.

Irving mengunjungi Carmine dan mengakui tipuan tersebut, namun Irving memberitahu bahwa ia punya rencana untuk membantu Carmine. Carmine mengusir Irving keluar dan persahabatan mereka yang pecah membuat Irving terluka. FBI memberitahu Irving bahwa uang mereka sebesar $2,000,000 hilang dan mereka telah menerima tawaran anonim untuk mengembalikan uang tersebut sebagai imbalan atas kekebalan Irving dan Sydney dan hukuman yang dikurangi untuk Carmine. Hal ini terungkap bahwa Alfonse Simone, penerima transfer kilat yang disusun oleh Richie, sebenarnya adalah seorang penipu yang bekerja dengan Irving dan Sydney. Anthony menerima kesepakatan tersebut dan Stoddard mengeluarkan Richie dari kasus ini, yang mengakhiri kariernya. Para anggota Kongres diadili dan begitu juga dengan Carmine, yang dijatuhi hukuman 18 bulan penjara. Irving dan Sydney bersama-sama pindah dan membuka galeri seni yang sah, sementara Rosalyn tinggal bersama Pete dan membagikan hak asuh Danny dengan Irving.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film American Hustle mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 266 ulasan, dengan rating rata-rata 8.2/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 90 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film American Hustle mendapatkan $150,117,807 di Amerika Utara dan $101,054,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $251,171,807, melebihi anggaran produksi film $40 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $740,455, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $19,106,933, menempati posisi ke-4 di box office di belakang film The Hobbit: The Desolation of Smaug, Anchorman 2: The Legend Continues dan Frozen.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "American Hustle (2013)". British Board of Film Classification. December 10, 2013. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  2. ^ Chagollan, Steve (November 19, 2013). "'Hustle' Ups Ante for Charles Roven, David O. Russell". Variety. Diakses tanggal December 13, 2013. When pressed with a $40 million-$50 million figure, Roven responds: “I’d say that’s a good zone.” 
  3. ^ a b c "American Hustle (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  4. ^ "First Look: David O. Russell's 'American Hustle'". USA Today. July 29, 2013. Diakses tanggal August 13, 2013. 
  5. ^ "American Hustle (2013)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  6. ^ "American Hustle reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]