Lost in Translation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lost in Translation
Lost in Translation poster.jpg
Poster film Lost in Translation
Sutradara Sofia Coppola
Produser Sofia Coppola
Ross Katz
Skenario Sofia Coppola
Pemeran Bill Murray
Scarlett Johansson
Musik Kevin Shields
Sinematografi Lance Acord
Penyunting Sarah Flack
Perusahaan
produksi
American Zoetrope
Elemental Films
Distributor Focus Features
Tanggal rilis
  • 29 Agustus 2003 (2003-8-29) (Festival Film Telluride)
  • 12 September 2003 (2003-9-12) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 3 Oktober 2003 (2003-10-3) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
102 menit[1]
Negara Amerika Serikat[2]
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Jepang
Anggaran $4 juta[3]
Pendapatan kotor $119,723,856[3]

Lost in Translation adalah film drama Amerika Serikat tahun 2003 yang disutradarai oleh Sofia Coppola dan diproduseri oleh Sofia Coppola dan Ross Katz. Naskah film ini ditulis oleh Sofia Coppola. Film ini dibintangi oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson.

Film Lost in Translation ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 29 Agustus 2003 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 September 2003 secara terbatas dan 3 Oktober 2003 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Bob Harris (Bill Murray), seorang bintang film Amerika yang tua, tiba di Tokyo untuk membuat iklan wiski Suntory. Charlotte (Scarlett Johansson), lulusan perguruan tinggi yang muda, ditinggalkan di kamar hotelnya oleh suaminya, John (Giovanni Ribisi), seorang fotografer selebriti yang ditugaskan di Tokyo. Charlotte tidak yakin dengan masa depannya dengan John, merasa lepas dari gaya hidup John dan kecewa tentang hubungan mereka. Pernikahan Bob selama 25 tahun menegang saat ia melewati krisis paruh baya.

Setiap hari, Bob dan Charlotte bertemu satu sama lain di hotel dan akhirnya mereka bertemu di bar hotel suatu malam ketika mereka tidak bisa tidur. Akhirnya, Charlotte mengajak Bob untuk bertemu dengan beberapa teman lokalnya. Mereka berdua melalui malam yang menyenangkan di Tokyo, disambut tanpa curiga oleh teman-teman Charlotte dan mengalami kehidupan malam dan budaya Jepang. Pada hari-hari berikutnya, hubungan persaudaraan Bob dan Charlotte tumbuh ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Suatu malam, Bob dan Charlotte masing-masing tidak dapat tidur, lalu mereka melakukan percakapan yang intim tentang masalah pribadi Charlotte dan kehidupan pernikahan Bob.

Pada malam kedua terakhir dari masa tinggalnya, Bob tidur dengan penyanyi jazz wanita dari bar hotel. Keesokan paginya, Charlotte tiba di kamar Bob untuk mengundangnya makan siang dan tidak sengaja mendengar seorang wanita di kamar Bob, menyebabkan perseteruan terjadi saat makan siang. Malam itu, saat alarm kebakaran berbunyi di hotel, Bob dan Charlotte berdamai dan mengungkapkan bagaimana mereka akan kehilangan satu sama lain saat mereka melakukan kunjungan terakhir ke bar hotel.

Keesokan paginya, Bob akan kembali ke Amerika Serikat. Ia mengucapkan selamat tinggal kepada Charlotte di lobi hotel dan merasa sedih melihat Charlotte berjalan kembali ke elevator. Di dalam taksi ke bandara, Bob melihat Charlotte di jalan yang padat dan keluar dan pergi bertemu dengan Charlotte. Ia memeluk Charlotte yang menangis dan membisikkan sesuatu di telinganya. Mereka akhirnya mengucapkan selamat tinggal dan Bob berangkat ke bandara.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Lost in Translation mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 227 ulasan, dengan rating rata-rata 8.4/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 89 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Lost in Translation mendapatkan $44,585,453 di Amerika Utara dan $75,138,403 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $119,723,856, melebihi anggaran produksi film $4 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $925,087, menempati posisi ke-15 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $4,163,333, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film School of Rock, Out of Time, The Rundown, Under the Tuscan Sun, Secondhand Lions dan Underworld.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lost in Translation (15)". British Board of Film Classification. November 6, 2003. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ "Lost in Translation". Allmovie. Diakses tanggal March 14, 2015. 
  3. ^ a b c d "Lost in Translation (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  4. ^ "Lost in Translation (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Lost in Translation reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]