La Cosa Nostra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

La Cosa Nostra adalah nama yang digunakan anggota Mafia di Amerika Serikat untuk merujuk kepada organisasi tersebut.

Asal Usul Mafia di Amerika Serikat pertama kali muncul di lingkungan imigran Italia di daerah East Harlem, Lower East Side, dan Brooklyn, New York. Mafia ini juga muncul di daerah lain Pantai Timur Amerika Serikat dan beberapa daerah metropolitan utama lainnya (seperti New Orleans ). Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Jumlah mereka mulai bertambah saat munculnya gelombang imigrasi Italia terutama dari Sisilia dan daerah lain Italia Selatan. Awalnya mereka merupakan organisasi Italia yang terpisah seperti Neapolitan, Calabria, dan kelompok kriminal lain di Amerika Serikat. Namun akhirnya mereka bergabung dengan Sisilia Mafiosi (Mafia Sisilia) untuk menciptakan era modern Mafia Italia di Amerika Utara. Saat ini, Mafia Amerika bekerja sama dalam berbagai kegiatan kriminal dengan kelompok kejahatan terorganisir Italia, seperti Mafia Sisilia, Camorra di Naples, dan 'Ndrangheta di Calabria. Unit yang paling penting di Mafia Amerika adalah "Keluarga" (Family;Famiglia).

Keberadaan Mafia paling banyak di Timur Laut Amerika Serikat, khususnya di New York City, Philadelphia, New Jersey, dan New England (terutama di Boston dan Providence) sementara juga aktif di Chicago dan Florida. Saat puncaknya, setidaknya ada 26 kota di seluruh Amerika Serikat yang merupakan bagian dari keluarga Cosa Nostra. Di New York itu sendiri terdapat Lima Keluarga besar Mafia yaitu Gambino, Lucchese, Genovese, Bonanno, dan Colombo. Sebagian besar dari keluarga-keluarga mafia tersebut mendominasi kejahatan terorganisir di Amerika Serikat dan setiap keluarga mafia memiliki wilayah sendiri-sendiri (kecuali untuk Lima Keluarga) dan beroperasi secara independen, sementara koordinasi nasional diawasi oleh Komisi, yang terdiri dari para bos dari masing-masing keluarga terkuat .

Istilah La Cosa Nostra pertama kali digunakan oleh Salvatore Maranzano pada tahun 1931 ketika dia menamakan dirinya Capo di tutti capi, atau "bos segala bos" dari kejahatan terorganisir yang dilakukan orang Italia-Amerika, setelah kemenangannya ats kelompok geng yang tunduk kepada Joe Masseria dalam Perang Castellammarese.

Terjemahan tepat kata tersebut masih belum dapat dipastikan, namun kira-kira berarti Hal Kami atau Urusan Kami.

Singkatan taho kini digunakan pihak FBI untuk menggantikan kata "Mafia" dalam dokumen-dokumen resmi setelah diprotes kelompok Hak Sipil Italia-Amerika.