Johnny Cash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Johnny Cash pada tahun 1969

Johnny Cash (nama lahir J. R. Cash, 26 Februari 193212 September 2003) adalah penyanyi-penulis lagu, gitaris, aktor, dan penulis asal Amerika.[1] Ia merupakan salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, khususnya pada abad ke-20 yang telah menjual lebih dari 90 juta rekaman di seluruh dunia.[2] Penyani terpopuler sejak awal tahun 1950an sampai akhir 1980an ini dikenal dengan gaya musik country, namun juga dikenal dalam bermain genre Rock and roll, Blues, Rockabilly, Musik tradisional Amerika (Folk music), dan Gospel.

Ia adalah suami dari penyanyi country June Carter Cash yang menikah pada tahun 1968, bersama June Carter Cash, Johnny Cash dikenal sebagai ikon pasangan yang memiliki hubungan romantis yang sangat kuat dalam industri musik Amerika selama mereka berkarir, ini sampai dikenang oleh penyanyi pop modern Katy Perry dalam lagunya "The one that got away" dengan bunyi lirik "I was June and you were my Johnny Cash" dalam lagunya. Cash terkenal dengan julukan "man in black" sebab selalu mengenakan pakaian hitam pada saat tampil, ia meninggal akibat penyakit diabetes pada tahun 2002 dan dimakamkan disebelah makam istrinya, June Carter Cash.[3]

Bersama trionya "The Tennessee Three", mereka awalnya membawakan lagu-lagu gospel (Rohani Amerika), namun atas saran dari produser label Sun Records mereka pun menulis beberapa lagu beraliran country dan blues. Lagu-lagu yang terkenal di antaranya adalah "I Walk the Line", "Folsom Prison Blues", "Ring of Fire", "The Man in Black", "Orange Blossom Special", "So Doggone Lonesome" dan masih banyak lagi. Cash dikenal karena suaranya yang dalam, suara bass-baritonya yang tenang, suara khas dari band trio pendukungnya "The Tennessee Three" yang dikenal dengan ritme gitar listriknya yang meniru beat Kereta api (Train beat), gaya rebel "outlaw"nya, ditambah dengan sikap rendah hatinya, dan pakaian panggung serba hitam, yang membuatnya mendapat julukan "The Man in Black".

Pesaing Elvis sang "raja" rock n' roll, Johnny Cash sering disebut "pangeran rockabilly". Musik Johnny Cash terkenal sederhana dan mudah dimengerti banyak orang. Salah satu lagunya yang menjadi klasik adalah "Folsom Prison Blues". Kehidupan Johnny Cash telah diabadikan dalam film Walk the line pada tahun 2005.

Kehidupan dan karir awal[sunting | sunting sumber]

Foto promosi Johnny Cash, 1955

Johnny Cash lahir di Kingsland, Arkansas dari pasangan Ray Cash dan Carrie Cloveree. Ia adalah anak keempat dari tujuh anak, yang berada dalam urutan kelahiran: Roy, Margaret Louise, Jack, J. R. (Johnny Cash), Reba, Joanne, dan Tommy (yang juga menjadi seniman country yang sukses). Pada masa kecilnya, Cash hidup dalam kemiskinan dan hidup yang keras dan bekerja sebagai Pemetik kapas sejak kecil di kampung halamanya, Dyess, negara bagian Arkansas. Lulus SMA, Johnny Cash memilih untuk masuk ke Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force) pada Juli 1950 dan ditugaskan ke Jerman sebagai operator kode morse.[4] Setelah diberhentikan secara terhormat dari Angkatan Udara pada 1954, Johnny Cash menikah dengan istri pertamanya Vivian Liberto pada tahun 1954. Pada tahun yang sama Johnny Cash dikenalkan dengan Marshall Grant dan Luther Perkins yang pada saat itu adalah karyawan bengkel namun Grant memiliki kemampuan untuk bermain Bass dan Luther Perkins berkemampuan untuk bermain gitar listrik, mereka bertiga lalu mengawali karirnya dengan melakukan audisi untuk Sam Phillips di Sun Records.

Marshall Grant dan Luther Perkins dinamakan "The Tennesee Two" ("Sang dua Tennesee") oleh Johnny Cash untuk mendapatkan nama panggung "Johnny Cash and the Tennessee Two", nama "Tennessee" dipilih sebab mereka dibentuk dan bertemu di kota tersebut. Johnny Cash merekam lagu-lagu legendarisnya di Sun Records dan bertemu dengan penyanyi-penyanyi legendaris lainya di tempat rekaman tersebut seperti Elvis Presley, Carl Perkins, Jerry Lee Lewis, dan Roy Orbison dan mereka bekerja sama selama karir awalnya dan berteman sejak itu.

Johnny Cash and The Tennessee Three, 1963. Marshall Grant (kiri, bassist), W.S. Holland (tengah belakang, drummer), dan Luther Perkins (kanan, gitaris)

Lagu Johnny Cash, "Folsom Prison Blues", jadi lagu hit lima besar country pada masa itu. Lagunya "I Walk the Line" menjadi nomor satu di urutan lagu country dan masuk ke urutan lagu pop teratas 20 besar, diikuti lagunya "Home of the Blues" direkam pada Juli 1957. Pada tahun yang sama, Cash menjadi artis Sun pertama yang merilis album panjang. Meskipun ia adalah artis yang paling banyak menjual dan paling produktif pada waktu itu, Cash merasa terkendala oleh kontraknya dengan label kecil. Phillips tidak ingin Cash merekam lagu-lagu rohani (Gospel), dan membayarnya royalti 3% daripada tingkat standar 5%. Di masa itu, Elvis telah meninggalkan Sun, dan Phillips memusatkan sebagian besar perhatian dan promosinya pada Jerry Lee Lewis bersama dengan Johnny Cash.

Setelah kurang lebih lima tahun tanpa drummer, Johnny Cash akhirnya mempunyai drummer pada tahun 1960 dengan bergabungnya W. S. Holland ke "The Tennessee Two" dan berubah namanya menjadi "The Tennessee Three" sejak itu.[5] W. S. Holland merupakan mantan drummer untuk penyanyi Rock and Roll legendaris, Carl Perkins. Pada awal 1960-an, Cash melakukan turnya dengan Keluarga Carter ("The Carter Family", grup penyanyi musik country wanita yang berjalan secara turun-temurun sejak awal tahun 1900an di Amerika) dan sering bernyanyi "backing vokal" untuk Cash selama turnya. Pada tahun 1964, The Statler Brothers mulai gabung dengan Cash dan menjadi backing vokal pria selama turnya selama 8-setengah tahun sampai 1972. Setelah cerai dengan Vivian Liberto, Johnny Cash menikahi June Carter Cash pada tahun 1968 setelah bertemu di Grand Ole Opry. Di tahun yang sama pada bulan Agustus, gitaris Johnny Cash, Luther Perkins meninggal akibat kebakaran rumah. Setelah itu digantikan oleh Bob Wooton sejak itu sampai akhir karir Johnny Cash dalam bisnis musik.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album-album studio[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

  • Five Minutes to Live, 1961
  • The Road to Nashville, 1967
  • A Gunfight, 1971
  • Gospel Road: A Story of Jesus, 1973
  • Kairei, 1983 (film Jepang)
  • Gene Autry, Melody of the West, 1994 (sebagai Narator)
  • The Hunted, 2003 (sebagai Narator)
  • The Winding Stream, 2014 (subyek wawancara, cuplikan arsip)

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnny Cash & June Carter, Last.fm, 2010, diakses tanggal January 20, 2010 
  2. ^ Holden, Stephen (September 13, 2003), "Johnny Cash, Country Music Bedrock, Dies at 71", The New York Times, diakses tanggal February 25, 2013 
  3. ^ "Johnny Cash Dead at Age 71". Folsomlocalnews.com. September 12, 2003. Diakses tanggal December 31, 2011. 
  4. ^ Johnny Cash: The Biography (pg. 42)
  5. ^ W.S. HOLLAND, http://www.rockabillyhall.com/WSHolland1.html