Sun Records

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sun Records
Berkas:Sunrecords.jpg
Perusahaan indukSun Entertainment Corp.
Didirikan1952 (1952)
PendiriSam Phillips
GenreRock, country, blues
Asal negaraAS
Lokasi(dulu) Memphis, Tennessee
(sekarang) Nashville, Tennessee
Situs websunrecords.com

Sun Records adalah sebuah label rekaman independen Amerika yang didirikan oleh Sam Phillips di Memphis, Tennessee pada 1952.[1] Sun adalah perusahaan pertama yang merekam Elvis Presley, Roy Orbison, dan Johnny Cash.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sun Records menemukan dan pertama kali mereka musisi-musisi berpengaruh seperti Elvis Presley, Carl Perkins, Roy Orbison, Jerry Lee Lewis dan Johnny Cash. Kontrak rekaman Presley kemudian dijual kepada RCA Victor Records dengan harga $35,000 pada tahun 1955 untuk memulihkan kesulitan keuangan Sun. Sebelum rekaman, Sun telah banyak berkonsentrasi pada musisi-musisi Afrika-Amerika karena Phillips suka rhythm and blues dan ingin mengirimkannya kepada audien kulit putih. Produser dan teknisi rekaman Sun Jack Clement menemukan dan merekam Jerry Lee Lewis saat Phillips berkunjung ke Florida. Logo asli Sun Records dirancang oleh John Gale Parker, Jr., seorang pemukim Memphis dan tempat sekelas perguruan tinggi Phillips.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Unterberger, Richie. "The Sun Records Collection [Rhino] - Various Artists : Songs, Reviews, Credits, Awards". AllMusic. Diakses tanggal 2013-07-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]