Hiroyuki Sanada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hiroyuki Sanada
Hiroyuki Sanada 2013 (cropped).jpg
Sanada pada Oktober 2013
Nama asal 真田 広之
Lahir Hiroyuki Shimosawa
12 Oktober 1960 (umur 57)
Tokyo, Jepang
Pekerjaan Aktor
Tahun aktif 1968–sekarang
Pasangan Satomi Tezuka (1990–1997; 2 anak)

Hiroyuki Sanada, MBE (真田 広之 Sanada Hiroyuki?, nama lahir Hiroyuki Shimosawa (下澤 廣之 Shimosawa Hiroyuki?) pada 12 Oktober 1960) adalah seorang aktor Jepang.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Sanada lahir di Tokyo. Aslinya berencana menjadi bintang aksi, ia belajar Shorinji Kempo dan kemudian mengambil Kyokushin kaikan.[1] Sanada mulai berlatih pada usia 11 tahun dengan aktor dan bintang seni bela diri Sonny Chiba dari Japan Action Club. Film seni bela diri Sanada mengenalkannya pada Michelle Yeoh, dengannya ia kemudian membintangi Sunshine karya Danny Boyle. Ia bersahabat dalam waktu yang lama dengan Jackie Chan, meskipun ia tidak membintangi sebuah film dengannya sebelum Rush Hour 3 pada 2007. Sanada sering disebut pada masa mudanya dengan sebutan Henry, Harry, atau Duke Sanada.

Beberapa film Sanada paling terkenal adalah Tasogare Seibei (The Twilight Samurai), Ring, Kaitō Ruby, dan The Last Samurai. Sanada memainkan peran Matsuda, imperialis Jepang yang berteman dengan karakter Ralph Fiennes dalam film 2005 The White Countess, yang disutradarai oleh James Ivory. Ia membintangi film Tiongkok The Promise yang disutradarai oleh Chen Kaige sebagai Jenderal Guangming. Sanada terlihat dalam Rush Hour 3 bersama dengan Jackie Chan dan Chris Tucker dan membintangi The City of Your Final Destination pada 2007, film James Ivory lainnya, di mana ia memainkan peran kekasih muda dari karakter Anthony Hopkins.

Sanada bergabung menjadi pemeran pada serial TV ABC Lost pada 2010 pada musim keenam dan terakhirnya. Ia memerankan Dogen, seorang anggota berpangkat tinggi dari "The Others".[2] Pada Maret 2011, ia bergabung menjadi pemeran pada 47 Ronin karya Keanu Reeves, adaptasi berbahasa Inggris pertama dari legenda Chushingura, kisah samurai paling terkenal di Jepang.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kungfu Magazine: E-Zine Feature Article. Ezine.kungfumagazine.com. Retrieved on 2011-11-21.
  2. ^ "Hiroyuki Sanada to appear in final season of 'Lost'". Japan Today. 19 Oktober 2009. 
  3. ^ "Keanu's "47 Ronin" has A-List Japanese Cast". japan-zone.com. 2 Maret 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]