X-Men (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
X-Men
XMen1poster.jpg
Sutradara Bryan Singer
Produser
Skenario David Hayter
Cerita
Berdasarkan X-Men 
oleh Jack Kirby
Stan Lee
Pemeran
Musik Michael Kamen
Sinematografi Newton Thomas Sigel
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 13 Juli 2000 (2000-07-13) (Indonesia)
  • 14 Juli 2000 (2000-07-14) (Amerika Serikat)
Durasi
104 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $75 juta
Pendapatan kotor $296,3 juta[1][2]

X-Men adalah film pahlawan super Amerika Serikat tahun 2000 yang diadaptasi dari cerita tim pahlawan super Marvel Comics yang juga memiliki nama yang sama. Film ini didistribusikan oleh 20th Century Fox. Film ini adalah film pertama dalam serial film X-Men. Film ini disutradarai oleh Bryan Singer dan ditulis oleh David Hayter, serta dibintangi oleh Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, Halle Berry, Famke Janssen, James Marsden, Bruce Davison, Rebecca Romijn, Ray Park dan Anna Paquin. Film ini menggambarkan sebuah dunia di mana sebagian kecil orangnya adalah mutan, yang memiliki kekuatan super dan membuat mereka tidak dipercaya dan dibenci oleh manusia normal. Film ini berfokus pada mutan Wolverine dan Rogue karena mereka dibawa ke dalam konflik antara dua kelompok yang memiliki pendekatan yang sangat berbeda tentang penerimaan jenis mutan, yakni: Professor X dengan X-Men-nya, dan Brotherhood of Mutants, yang dipimpin oleh Magneto.

Pengembangan untuk X-Men dimulai sejak 1984 dengan Orion Pictures. Pada satu titik James Cameron dan Kathryn Bigelow sedang dalam diskusi. Hak film pergi ke 20th Century Fox pada tahun 1994 dan berbagai skrip dan perawatan film ditugaskan dari Andrew Kevin Walker, John Logan, Joss Whedon, dan Michael Chabon. Singer menandatangani untuk mengarahkan pada tahun 1996, dengan penulisan ulang lebih lanjut oleh Ed Solomon, Singer, Tom DeSanto, Christopher McQuarrie dan Hayter di mana Beast dan Nightcrawler dihapus karena masalah anggaran dari Fox. X-Men menandai debut aktor Hollywood Hugh Jackman, yang merupakan pilihan terakhir bagi Wolverine, melakukan pemotretan selama tiga minggu. Pembuatan film berlangsung dari tanggal 22 September 1999 sampai 3 Maret 2000, terutama di Toronto. X-Men dirilis untuk ulasan positif dan sukses finansial, memulai franchise film X-Men dan memijah munculnya kembali film-film superhero.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Mutan pendiri X-Men dan Xavier School for Gifted Youngsters, yang berharap bisa hidup berdampingan secara damai antara mutan dan manusia dan dianggap sebagai otoritas mutasi genetik. Meskipun dibatasi pada kursi roda, kekuatan mutannya mencakup telepati yang luas, yang diperkuat oleh supercomputer Cerebro yang dia temukan dengan bantuan Magneto.
Mutan Kanada yang mencari nafkah dalam pertarungan kandang dan telah hidup selama lima belas tahun tanpa mengingat siapa dirinya, terlepas dari tandanya yang bertanda "Wolverine" dan kerangka yang dilapisi adamantium (dan juga cakar adamantium). Kekuatan mutannya termasuk peningkatan, rasa seperti binatang (memungkinkan dia merasakan orang lain) dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat dari banyak luka, termasuk operasi yang mengikat logam ke kerangkanya, yang membuat usianya tidak mungkin ditentukan.
Seorang korban selamat Holocaust mutan yang pernah berteman dengan Xavier (dengan siapa dia membantu membangun Cerebro), sampai keyakinannya bahwa manusia dan mutan tidak dapat hidup berdampingan menyebabkan perpisahan mereka. Kekuatan mutannya termasuk medan magnet yang kuat, manipulasi logam, dan pengetahuan yang canggih dalam hal manipulasi genetik, yang dia gunakan untuk merencanakan mutasi para pemimpin dunia untuk memungkinkan kemakmuran mutan.
  • Brett Morris sebagai Erik Lehnsherr muda
Mutan berambut putih yang mengajar di sekolah Xavier. Meski tenang dan peduli, Storm telah mengalami kehidupan pahit dengan kebencian orang lain terhadap mutan, dan sambil menghibur Senator Kelly yang sekarat, mengungkapkan bahwa dia terkadang membenci manusia karena dia takut pada mereka. Kekuatan mutannya memungkinkan dia mengendalikan cuacanya dengan pikirannya.
Dokter mutan X-Mansion yang merupakan tunangan Cyclops. Kekuasaannya meliputi telekinesis dan telepati.
Seorang mutan yang merupakan Xavier's second-in-command dan pemimpin lapangan X-Men, serta instruktur di Institut. Dia bertunangan dengan Jean Grey. Kekuatannya termasuk sinar kuat yang dipotret dari matanya, yang hanya dipegang oleh kacamata hitam atau pelindung khusus ruby-kuarsa, yang juga memungkinkannya mengendalikan kekuatan balok api saat dalam pertempuran.
Politisi anti-mutan yang ingin melarang anak-anak mutan dari sekolah menggunakan Undang-Undang Pendaftaran Mutan. Dia diculik oleh Magneto dalam tes mutasi mesinnya, yang menyebabkan tubuhnya berubah menjadi cairan seperti zat. Dia meninggal sebelum Jean bisa menyelamatkannya.
Mutan kedua maling Magneto yang loyal, yang tampaknya benar-benar lancar sehubungan dengan teknologi modern. Kekuasaannya meliputi mengubah bentuk, suara dan menirukan manusia mana pun, yang hampir menjadi bagian sekunder dari perannya sebagai "prajurit yang sempurna".
Mutan yang sangat gesit dan antek Magneto. Kekuasaannya meliputi lidah yang bersifat prehensile, zat berlendir yang meludah ke orang lain, dan ketangkasan yang meningkat.
Seorang tentara bayaran mutan brutal dan sadis asal Kanada dan antek Magneto. Kekuasaannya termasuk sifat aneh seperti kucing, indra seperti binatang, taring dan kemampuan penyembuhan yang serupa dengan Wolverine, dan cakar memanjang melewati setiap jari.
Seorang gadis mutan berusia tujuh belas tahun terpaksa meninggalkan rumahnya di Mississippi saat dia membuat pacarnya koma dengan menciumnya. Kekuatannya meliputi menyerap ingatan, kekuatan hidup, dan mutan - kekuatan melalui sentuhan fisik.

Selain itu, Shawn Ashmore muncul dalam peran kecil sebagai Bobby Drake / Iceman, seorang siswa mutan di Xavier's School for Gifted Youngsters yang menyukai Rogue. Kekuatannya meliputi menghasilkan es. David Hayter, Stan Lee, dan Tom DeSanto tampil sebagai cameo. George Buza, suara Beast in X-Men: The Animated Series, muncul sebagai supir truk yang menjatuhkan Rogue di bar saat Wolverine bertarung.[3] Penampilan cameo lainnya termasuk Sumela Kay sebagai Kitty Pryde, Katrina Florece sebagai Jubilee dan Donald MacKinnon sebagai Colossus muda yang membuat sketsa gambar dalam satu adegan.[4][5] Gambit dianggap salah satu siswa di X-Mansion. Singer ingat, "Kami memikirkan Gambit sebagai anak muda di lapangan basket, tapi perasaannya adalah jika dia memiliki bola basket dan kemudian melepaskannya dan itu meledak, [kemudian] orang akan seperti 'Apa yang salah dengan bola basket itu?' "[4] Kevin Feige memiliki cameo sebagai teknologi Weapon X, namun pemandangannya tidak membuat potongan film terakhir.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "X-Men". Box Office Mojo. 
  2. ^ "2000 Worldwide Grosses". Box Office Mojo. 
  3. ^ Hughes, David (2003). Comic Book Movies. Virgin Books. hlm. 177–188. ISBN 0-7535-0767-6. 
  4. ^ a b "X-Men Archive". Comics2Film. Diakses tanggal 9 Agustus 2008. 
  5. ^ "The SuperHeroHype Forums - View Single Post - The Official Colossus/Daniel Cudmore thread". Diakses tanggal 30 September 2014. 
  6. ^ Feige in Maltin on Movies podcast (Nerdist.com) via Chichizola, Corey (2 April 2017). "Kevin Feige Almost Had His Own Marvel Cameo". CinemaBlend.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2017. Diakses tanggal 4 April 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]