Children of Men

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Children of Men
Children of Men Poster 2006.jpg
Poster film Children of Men
SutradaraAlfonso Cuarón
ProduserMarc Abraham
Eric Newman
Hilary Shor
Iain Smith
Tony Smith
SkenarioAlfonso Cuarón
Timothy J. Sexton
David Arata
Mark Fergus
Hawk Ostby
BerdasarkanThe Children of Men
oleh P. D. James
PemeranClive Owen
Julianne Moore
Michael Caine
Clare-Hope Ashitey
Chiwetel Ejiofor
Charlie Hunnam
MusikJohn Tavener
SinematografiEmmanuel Lubezki
PenyuntingÁlex Rodríguez
Alfonso Cuarón
Perusahaan
produksi
Strike Entertainment
Hit and Run Productions
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 3 September 2006 (2006-9-3) (Festival Film Venesia)
  • 22 September 2006 (2006-9-22) (Britania Raya)
  • 25 Desember 2006 (2006-12-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 5 Januari 2007 (2007-1-5) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
109 menit[1]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat[2]
BahasaInggris
Anggaran$76 juta[3]
Pendapatan kotor$69.959.751[3]

Children of Men adalah film drama fiksi ilmiah thriller tahun 2006 yang disutradarai oleh Alfonso Cuarón dan diproduseri oleh Marc Abraham, Eric Newman, Hilary Shor, Iain Smith dan Tony Smith. Naskah film ini ditulis oleh Alfonso Cuarón, Timothy J. Sexton, David Arata, Mark Fergus dan Hawk Ostby berdasarkan buku The Children of Men karya P. D. James. Film ini dibintangi oleh Clive Owen, Julianne Moore, Michael Caine, Clare-Hope Ashitey, Chiwetel Ejiofor dan Charlie Hunnam.

Film Children of Men ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 3 September 2006[4] dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 22 September 2006.[5] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2006 secara terbatas dan 5 Januari 2007 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2027, setelah 18 tahun infertilitas (ketidaksuburan) manusia di seluruh dunia, peradaban berada di ambang kehancuran saat manusia menghadapi kepunahan. Britania Raya, salah satu dari sedikit negara yang stabil dengan pemerintahan yang berfungsi, didatangi oleh para imigran yang melarikan diri dari kekacauan dan perang yang telah terjadi di seluruh dunia. Mengetahui hal itu, Britania Raya telah menjadi negara polisi ketika Angkatan Darat Britania Raya mengumpulkan dan menahan imigran. Theo Faron (Clive Owen), mantan aktivis yang berubah menjadi birokrat sinis, diculik oleh Fishes, sekelompok militan yang memperjuangkan hak imigran. Mereka dipimpin oleh istri Theo yang terpisah, Julian Taylor (Julianne Moore), di mana mereka berpisah setelah kematian putra mereka, Dylan, selama pandemi flu 2008.

Julian menawarkan uang kepada Theo untuk memperoleh surat-surat transit bagi seorang imigran muda bernama Kee (Clare-Hope Ashitey), yang diperoleh Theo dari sepupunya, Nigel (Danny Huston), seorang menteri pemerintah yang menjalankan koleksi seni tersisa yang disponsori negara dari seluruh dunia. Surat-surat transit tersebut mengharuskan pembawa harus diawasi sehingga Theo setuju untuk mengawal Kee dengan imbalan sejumlah besar. Luke (Chiwetel Ejiofor), seorang anggota Fishes, membawa mereka dan mantan bidan Miriam (Pam Ferris) menuju pantai ke perahu. Mereka disergap oleh kelompok bersenjata dan Julian terbunuh. Luke membunuh dua polisi yang menghentikan mobil mereka dan mereka mengubur Julian di hutan saat Theo menangis karena kematiannya. Kelompok itu menabrak mobil mereka untuk yang lain untuk melarikan diri ke sebuah rumah perlindungan Fishes.

Kee memberitahu Theo bahwa ia hamil, seperti yang dikatakan Julian kepadanya agar Kee hanya mempercayai Theo. Julian bermaksud menyerahkan Kee ke "Proyek Manusia", sebuah kelompok ilmiah yang seharusnya ada di Azores yang didedikasikan untuk menyembuhkan ketidaksuburan. Namun, Luke membujuk Kee untuk tetap tinggal dan ia kemudian terpilih sebagai pemimpin baru Fishes. Malam itu, Theo mendengar pertemuan Luke dan anggota Fishes lainnya. Ia mengetahui bahwa kematian Julian diatur oleh para anggota Fishes sehingga Luke dapat mengambil alih posisi Julian sebagai pemimpin, bahwa mereka berniat membunuh Theo di pagi hari dan bahwa mereka berniat menggunakan bayi sebagai alat politik untuk mendukung revolusi yang akan datang. Theo membangunkan Kee dan Miriam, lalu mereka mencuri sebuah mobil dan melarikan diri ke tempat persembunyian terpencil milik teman lama Theo yang menua Jasper Palmer, seorang mantan kartunis politik yang beralih ke agen pot rumah tangga.

Kelompok tersebut membuat rencana untuk menaiki kapal Proyek Manusia, Tomorrow, yang akan tiba di pantai lepas dari sebuah kamp imigran di Bexhill-on-Sea. Jasper mengusulkan untuk mendapatkan Syd (Peter Mullan), penjaga kamp di mana Jasper sering menjual obat terlarang kepadanya untuk menyelundupkan mereka ke Bexhill-on-Sea yang menyamar sebagai imigran. Fishes menemukan rumah Jasper dan kelompok itu melarikan diri sementara Jasper tetap di tempat untuk menghentikan Fishes. Luke menembak dan membunuh Jasper saat Theo melihatnya dari hutan.

Kelompok itu menunggu Syd di sekolah yang ditinggalkan, di mana Miriam mengaku kepada Theo berapa banyak kehamilan yang mengalami keguguran pada awal krisis ketidaksuburan dan kesedihannya pada bagaimana "ketika suara taman bermain menghilang dan keputusasaan muncul. Sangat aneh, apa yang terjadi di dunia tanpa suara anak-anak." Kelompok tersebut kemudian bertemu dengan Syd dan dikirim ke Bexhill-on-Sea, di mana mereka melihat para imigran dipukuli, disiksa, dirampok dan dieksekusi oleh penjaga kamp dan polisi. Ketika Kee mengalami kontraksi di bus, Miriam mengalihkan perhatian penjaga yang mencurigakan itu dengan berpura-pura gila. Miriam kemudian dibawa pergi dan dimasukkan ke dalam kamp.

Di kamp, ​​Theo dan Kee bertemu dengan seorang wanita Rumania, Marichka (Oana Pellea), yang menyediakan sebuah ruangan di mana Kee melahirkan seorang bayi perempuan. Keesokan harinya, Syd menemukan Theo dan Kee di kamar dan memberitahu bahwa perang telah terjadi antara Angkatan Darat Britania Raya dan para imigran, termasuk Fishes. Setelah mengetahui bahwa mereka memiliki rahmat di kepala mereka, Syd berusaha menangkap mereka, tetapi Marichka dan Theo melawannya dan melarikan diri. Di tengah pertempuran, Fishes menangkap Kee dan bayinya. Theo melacak mereka ke sebuah apartemen di bawah api di mana ia berhadapan dengan Luke, yang kemudian dibunuh oleh sebuah tempurung tank, lali membawa Kee dan bayinya keluar. Terkejut dengan bayinya, para militan untuk sementara berhenti berkelahi. Menatap bayi yang berteriak itu, mereka membiarkan kelompok tersebut pergi. Marichka membawa Theo, Kee dan bayinya ke sebuah kapal di selokan, lalu mereka mendayung pergi, sementara Marichka tetap tinggal.

Ketika mereka melihat pengeboman Bexhill-on-Sea oleh Angkatan Udara Kerajaan Britania Raya dari kejauhan, Theo memberitahu bahwa ia telah ditembak oleh Luke. Ia memberitahu Kee bagaimana caranya meniupkan bayinya untuk menenangkan tangisnya, lalu Kee memberitahu Theo bahwa ia akan menamai bayi itu Dylan seperti nama putranya dan Julian yang meninggal. Theo tak sadarkan diri karena luka tembaknya ketika kapal Tomorrow mendekat melalui kabut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Children of Men mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 242 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 84 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Children of Men mendapatkan $35.552.383 di Amerika Utara dan $34.407.368 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $69.959.751, lebih kecil dari anggaran produksi film $76 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $501.003, menempati posisi ke-22 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $10.197.775, menempati posisi ke-3 di box office di belakang film Night at the Museum dan The Pursuit of Happyness.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Children of Men (15)". British Board of Film Classification. September 15, 2006. Diakses tanggal May 30, 2014. 
  2. ^ "Children of Men (BFI)". British Film Institute. Diakses tanggal April 9, 2014. 
  3. ^ a b c d "Children of Men (2006)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 14, 2018. 
  4. ^ "Programme for pass holders and the public" (PDF). Festival Film Venesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 7 March 2007. Diakses tanggal 8 February 2007. 
  5. ^ Bresnan, Conor (September 25, 2006). "Around the World Roundup: "Perfume" Wafts Past "Pirates"". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 8, 2007. 
  6. ^ Mohr, Ian (January 4, 2007). "Men takes a bigger bow". Variety. Diakses tanggal February 8, 2007. 
  7. ^ "Children of Men (2006)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  8. ^ "Children of Men reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  9. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]