Stargate (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stargate
Theatrical release poster
SutradaraRoland Emmerich
ProduserDean Devlin
Ditulis olehRoland Emmerich
Dean Devlin
PemeranKurt Russell
James Spader
Penata musikDavid Arnold
SinematograferKarl Walter Lindenlaub
PenyuntingDerek Brechin
Michael J. Duthie
Perusahaan
produksi
DistributorMetro-Goldwyn-Mayer
Tanggal rilis
28 Oktober 1994
Durasi121 menit (theatrical)
129 menit (director's cut)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$55.000.000[1]
Pendapatan
kotor
$196.565.669[1]

Stargate adalah film petualangan fiksi ilmiah tahun 1994 yang disutradarai dan ditulis bersama oleh Roland Emmerich. Film ini adalah entri pertama dalam franchise media Stargate dan dibintangi oleh Kurt Russell, James Spader, Jaye Davidson, Alexis Cruz, Mili Avital, dan Viveca Lindfors. Plotnya berpusat pada premis "Stargate", sebuah perangkat kuno berbentuk cincin yang menciptakan lubang cacing, memungkinkan perjalanan ke perangkat serupa di tempat lain di alam semesta. Plot utama film ini mengeksplorasi teori makhluk luar angkasa yang mempunyai pengaruh terhadap peradaban manusia.

Awalnya dirilis secara teatrikal di tanggal 28 Oktober 1994, oleh Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), film ini mendapat tinjauan yang beragam, dengan suasana, cerita, karakter, dan konten grafis yang dipuji dan dikritik. Film ini meraup $196,6 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sebesar $55 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1928 di Giza, Mesir, arkeolog Profesor Paul Langford, ditemani putrinya Catherine, menemukan batu penutup ( juga disebut piramida atau batu penjuru ) yang diukir dengan hieroglif Mesir dan tanda lainnya. Dibawahnya dia menemukan cincin logam besar yang tujuannya tidak diketahui.

Di tahun 1994, Catherine mengundang Egyptologist dan ahli bahasa Daniel Jackson, Ph.D. untuk menerjemahkan hieroglif. Batu-batu tersebut sekarang menjadi bagian dari proyek rahasia Angkatan Udara AS yang diawasi oleh Kolonel Operasi Khusus Jack O'Neil. Jackson menentukan bahwa hieroglif mengacu pada "gerbang bintang" yang menggunakan konstelasi sebagai koordinat spasial. Dia kemudian diperlihatkan Stargate, perangkat cincin dari Giza. Mereka menggunakan koordinatnya untuk menyelaraskan jalur dalam Stargate yang berputar dengan tanda ( atau "chevron" ) di sepanjang bagian luarnya. Ketika ketujuh chevron terkunci, lubang cacing terbuka, menghubungkan Stargate dengan planet yang jauh. Jackson bergabung dengan O'Neil dan timnya ( Reilly, Porro, Freeman, Brown, Ferretti, dan Kawalsky ) saat mereka melewati lubang cacing.

Mereka muncul didalam piramida di planet gurun gersang Abydos. Jackson mencoba menemukan simbol yang diperlukan untuk perjalanan kembali melalui Stargate tetapi gagal. O'Neil memerintahkan Kawalsky untuk mendirikan kemah. Jackson melihat seekor binatang besar dengan tali kekang, yang menyeretnya pergi ketika dia mendekatinya untuk menyelidikinya. O'Neil, Kawalsky dan Brown mengikuti dan mereka menemukan suku manusia yang bekerja untuk menambang mineral aneh. O'Neil mengirim radio kepada yang lain untuk mengamankan basecamp. Mengikuti mereka kembali ke kota mereka, Jackson menyadari bahwa orang-orang tersebut berbicara dalam varian bahasa Mesir Kuno dan mampu berkomunikasi dengan mereka. Dia mengetahui bahwa suku tersebut melihat dia dan rekan-rekannya sebagai utusan dewa Ra mereka karena jimat yang diberikan kepadanya oleh Catherine. Kepala suku Kasuf menghadiahkan Jackson putrinya Sha'uri sebagai hadiah, dan meskipun Jackson awalnya menolaknya, dia kemudian menjadi dekat secara romantis dengannya. O'Neil berteman dengan putra remaja Kasuf, Skaara, dan teman-temannya. Malam itu, kapal Ra mendarat diatas struktur piramida, dan tentaranya menangkap Ferretti dan Freeman sambil membunuh Porro dan Reilly.

Melalui penandaan tersembunyi dan diskusi dengan suku tersebut, Jackson mengetahui bahwa Ra adalah makhluk asing yang datang ke Bumi selama periode Mesir Kuno untuk merasuki tubuh manusia guna memperpanjang hidupnya. Ra memperbudak manusia ini dan menggunakan Stargate untuk membawa sebagian dari mereka ke Abydos untuk menambang mineral yang digunakan dalam teknologi alien. Manusia di Bumi memberontak, menggulingkan pengawas Ra, dan mengubur Stargate untuk mencegah penggunaannya. Selama penyelidikan ini, Jackson menemukan sebuah cartouche yang berisi 6 dari 7 simbol Stargate, namun simbol ketujuh telah putus dan sudah aus.

Saat Jackson, O'Neil, Brown, dan Kawalsky kembali ke piramida, terjadi baku tembak melawan tentara Ra. Brown terbunuh dan Kawalsky terluka. Jackson dan O'Neil ditangkap dan dibawa ke hadapan Ra dan pengawalnya, yang diturunkan menjadi humanoids ketika mereka menarik kembali pelindung kepala lapis baja mereka. Baku tembak terjadi dan Jackson terbunuh; O'Neil tidak berdaya dan dipenjara bersama yang lain. Ra menempatkan tubuh Jackson di perangkat mirip sarkofagus yang meregenerasi dirinya. Ra memberitahu Jackson bahwa dia telah menemukan bom nuklir yang dibawa O'Neil secara diam-diam dan telah menggunakan teknologinya sendiri untuk meningkatkan daya ledaknya 100 kali lipat, mengancam akan mengirimkannya kembali melalui Stargate ke Bumi. Ra memerintahkan suku manusia untuk menonton saat dia bersiap memaksa Jackson untuk mengeksekusi yang lain untuk menunjukkan kekuatannya, namun Skaara dan teman-temannya membuat pengalihan yang memungkinkan Jackson, O'Neil, Kawalsky, dan Ferretti melarikan diri, sementara Freeman terbunuh. Mereka melarikan diri ke gua terdekat untuk bersembunyi dari Ra. Skaara dan teman-temannya merayakannya, dan Skaara menggambar tanda kemenangan di dinding, yang dikenali Jackson sebagai simbol terakhir.

O'Neil dan anak buahnya yang tersisa membantu Skaara dalam menggulingkan pengawas yang tersisa dan kemudian melancarkan serangan terhadap Ra, yang mengirimkan kapal tempur melawan manusia sementara dia memerintahkan kapalnya untuk berangkat. Manusia diluar kehabisan amunisi dan terpaksa menyerah kepada pilot kapal tempur, namun anggota suku lainnya, melihat bahwa dewa palsu mereka benar-benar humanoid, memberontak kepada penjaga dan menggulingkan mereka. Sha'uri terbunuh, tapi Jackson mengambil tubuhnya dan menyelinap ke kapal Ra menggunakan sistem teleportasi, meninggalkan O'Neil untuk melawan kapten penjaga Ra, Anubis. Jackson menempatkan Sha'uri di perangkat regenerasi, dan dia pulih, namun Ra menemukannya dan mencoba membunuh Jackson. O'Neil mengaktifkan sistem teleportasi, membunuh Anubis dan membiarkan Jackson dan Sha'uri melarikan diri dari kapal. O'Neil dan Jackson memindahkan bom tersebut ke kapal Ra, menghancurkan kapal dan membunuh Ra. Setelah manusia dibebaskan, tim yang tersisa—O'Neil, Kawalsky, dan Ferretti—kembali ke Bumi sementara Jackson memilih untuk tetap tinggal bersama Sha'uri dan yang lainnya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Film dalam potongan aslinya dan potongan sutradara diputar dalam urutan kronologis. Ketika Devlin dan Emmerich mengedit film tersebut dalam potongan sutradara untuk memperketat narasinya, mereka memutuskan untuk menambahkan adegan di awal film untuk menunjukkan siapa manusia tuan rumah Ra sebelum alien membawanya. Hanya tubuh bagian atas Davidson yang difilmkan. Adegan pertama adalah kombinasi pengambilan gambar model dan lokasi syuting di Yuma, Arizona tempat Rambo III difilmkan. Adegan penggalian Stargate juga difilmkan dalam 3 hari di Arizona. Tampilan emas dicapai dengan pengambilan gambar menjelang matahari terbenam. Untuk menjaga anggaran, para produser menempatkan figur tongkat dengan kain di padang pasir yang jauh agar terlihat seperti manusia. Stargate asli dicat hitam, tetapi tampak seperti ban raksasa sehingga dicat ulang dengan warna perak di saat-saat terakhir.

Ceramah Daniel Jackson tentang teorinya difilmkan di sebuah hotel di Los Angeles. Adegan awalnya lebih panjang dan menggali lebih dalam teori bahwa alien telah membangun piramida Mesir, namun dipangkas karena kekhawatiran waktu untuk rilis. Adegan dengan O'Neil di rumahnya adalah yang pertama difilmkan bersama Kurt Russell; rambutnya dipotong pendek setelahnya. Russell meminta warna rambutnya sedikit cerah untuk film tersebut. Fasilitas fiksi yang menampung Stargate adalah lokasi syuting terbesar untuk film tersebut, bekas Spruce Goose Dome yang terletak di Long Beach, California. Ahli Mesir Kuno Stuart Tyson Smith bergabung dalam produksi untuk membuat semua hieroglif Mesir Kuno dan bahasa lisan seakurat mungkin.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Topeng firaun di pembukaan kredit dibuat dari fiberglass dan dimodelkan di bengkel. Urutannya menggunakan kamera yang dikontrol gerakan untuk memberikan kedalaman bidang yang lebih baik. Skor Stargate adalah karya pertama komposer David Arnold pada film fitur Amerika. Ketika Devlin dan Emmerich pertama kali terbang ke London untuk bertemu dengan Arnold, mereka belum mendengar musiknya; mendengarnya, mereka merasa "dia telah mengangkat film tersebut ke tingkat yang lebih tinggi". Arnold kemudian mewawancarai para aktor selama fotografi utama, menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan skornya.

Efek visual[sunting | sunting sumber]

Tim efek visual Jeff Kleiser dan Kleiser-Walczak Construction Co. yang terdiri dari 40 orang menciptakan tampilan Stargate. Mereka menggunakan perangkat lunak pembuatan gambar dan pengomposisian yang ditulis sendiri, serta paket digital komersial untuk membuat Stargate, helm morphing yang digunakan oleh penjaga Ra dan Horus, dan pemandangan kota Nagada. Helm morphing bukanlah 3D sebenarnya, melainkan elemen 2D, seperti yang dijelaskan Kleiser: "Anda memotret karakter tanpa hiasan kepala, Anda memotret karakter dengan hiasan kepala. Dan kemudian Anda harus masuk dan, dan membuat semua bagian kecil yang Anda inginkan lalu bersihkan untuk memperlihatkannya—dan itu harus cocok, kedua hal itu harus cocok.

Jejak kaki di pasir sering kali dihilangkan secara digital. Pembuatan wormhole yang sepenuhnya digital menjadi salah satu tantangan terbesar dalam pembuatan film tersebut. Riak-riak tersebut harus dikomposisikan secara digital agar tampak akurat dan realistis. Laser pemindai dijajarkan sejajar dengan gerbang untuk menggambarkan jumlah benda yang melewati permukaan pesawat Stargate. Setelah itu, bagian tubuh yang telah atau belum melewati gerbang ( tergantung pada sisi pembuatan film ) dilenyapkan dengan digital matte, sebuah proses yang menghilangkan komponen yang tidak diinginkan dari satu bingkai atau rangkaian bingkai. Corong air yang mendahului pembukaan Stargate difilmkan dengan mengeluarkan meriam udara ke dalam tangki air, seperti yang dijelaskan Jeff Kleiser : "Kami tidak tahu berapa banyak tekanan udara untuk menyalakan meriam tetapi tekanannya berkisar dari 1 hingga 500 lb. jadi kami berkata, 'Mari coba 100—mulai kamera berputar dan tekan benda itu.' Itu mengevakuasi semua air keluar dari tangki dan ke kamera dan semua orang. Ternyata 1 pon adalah jumlah yang tepat."

Penggunaan komputer yang menghasilkan storyboard 3D besar memungkinkan Emmerich mencoba sudut pengambilan gambar yang berbeda sebelum memilih satu sudut.

Musik[sunting | sunting sumber]

Artikel utama : Stargate ( soundtrack )

Skor film ini disusun oleh David Arnold, diperankan oleh Sinfonia London dan dipimpin oleh Nicholas Dodd. Itu adalah musik film kedua yang dibuat Arnold dan film besar pertamanya. Di saat produksi, Arnold baru-baru ini mulai bekerja di toko video lokal di London. Setelah dipekerjakan, ia menghabiskan beberapa bulan di kamar hotel mengerjakan soundtrack, menghabiskan lebih banyak waktu untuk menulis ulang musik dan memperbaikinya, selama penundaan karena perusahaan film berusaha mendapatkan hak distribusi. Menurut Arnold, "ketika saya pertama kali membaca naskah Stargate, saya tahu pendekatan apa yang harus diambil, yaitu menjadi sebesar dan seberani mungkin," mengatakan: "Setiap kali ada pemandangan yang menakjubkan, karakter akan mundur dan berkata, 'Ya Tuhan!' Tapi James hanya akan tersenyum dan berjalan ke arah itu. Itu adalah dasar dari skor Stargate, bergerak maju dengan rasa keagungan alih-alih merasa takut dengan apa yang ada didekatnya."

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Stargate dirilis di Amerika Serikat dan Kanada di tanggal 28 Oktober 1994.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1995, film ini dirilis dalam format VHS dan sebagai cakram laser berkode Dolby Digital yang mencakup 2 cakram ( 3 sisi ). Rilisan DVD pertama adalah di tanggal 18 Juni 1997. Format DVD dirilis ulang di bulan Oktober 1999 dengan judul Stargate Special Edition, dan sekali lagi di tahun 2003 dalam VHS dan satu set DVD 2 cakram dengan edisi teatrikal remaster dan edisi diperpanjang. Film ini dirilis dalam format Blu-ray di tanggal 29 Agustus 2006.

Gugatan[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1996, Omar Zuhdi, seorang guru sekolah menengah, mengajukan gugatan terhadap pembuat dan pencetus film aslinya, mengklaim bahwa mereka mencuri plot dan cerita dari naskah film Egyptscape tahun 1984 miliknya, sebagai dasar dari film Stargate ( dan dengan demikian Waralaba Stargate ).

Potongan sutradara[sunting | sunting sumber]

Potongan sutradara memiliki beberapa adegan yang dipotong dari rilis teatrikal. Versi ini diawali dengan adegan pendek yang menunjukkan penculikan manusia yang dirasuki Ra. Adegan tambahan kedua terjadi segera setelah penggalian Stargate di tahun 1928 dan menunjukkan penjaga Anubis yang membatu dibawah batu penutup yang rusak. Dengan adegan ini, produser telah mencoba untuk memperkenalkan gagasan bahwa makhluk telah berusaha untuk datang melalui Stargate setelah penguburannya namun adegan tersebut akhirnya dipotong karena masalah waktu.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat sambutan hangat dari publik, meraup $71.567.262 di box office Amerika Serikat dan $125 juta secara internasional dengan total $196.567.262 di seluruh dunia. Di saat itu, film tersebut mencetak rekor pendapatan tertinggi di pembukaan akhir pekan untuk sebuah film yang dirilis di bulan Oktober. Rekor ini dipegang selama 4 tahun hingga tahun 1998 ketika Antz mengambilnya.

Di penayangan pertamanya, Stargate menghasilkan lebih banyak uang daripada perkiraan orang dalam industri film, mengingat ulasannya yang biasa-biasa saja. Beberapa menganggapnya sebagai film terobosan Emmerich. Stargate meraup lebih dari $16.651.000 di Amerika Serikat selama minggu pembukaannya di bulan Oktober 1994. Itu adalah film terlaris ke-35 yang dibuka di AS di bulan Oktober. Dari tanggal 4-6 November, film ini meraup sekitar $12.368.700, turun 25%. Itu menduduki puncak box office selama 2 minggu sampai dicopot oleh Interview with Vampire. Film ini melanjutkan penurunan ini hingga akhir November, ketika film tersebut mengumpulkan $4.777.198, atau kenaikan 8,2%. Seminggu sebelumnya, film tersebut mengumpulkan sekitar $4.413.420, penurunan sebesar 45,6%. Dalam minggu terakhir pemutarannya di bioskop, film ini mengumpulkan sekitar $1.170.500 di AS.

Tanggapan kritis

Artikel utama : Fandom Stargate

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 54% berdasarkan 50 ulasan, dan rating rata-rata 5,4/10. Konsensus kritikus situs tersebut menyatakan: "Stargate memiliki visual yang heboh dan James Spader merekomendasikannya, tetapi karakterisasi yang klise dan skrip yang kikuk menjadikan ini portal untuk ho-hum." Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 42 dari 100, berdasarkan 17 kritik, menunjukkan "ulasan yang beragam atau rata-rata". Di Movie Review Query Engine ( MRQE ), yang memberikan rating normal untuk kritikus arus utama, film ini mendapat skor 64 dari 100 berdasarkan 95 ulasan. Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "B+" pada skala A+ hingga F.

Sebagian besar hal negatif terfokus pada apa yang dikritik sebagai penggunaan efek khusus yang berlebihan, plot yang tipis, dan penggunaan klise yang berlebihan. Roger Ebert bahkan mengatakan, "Film Ed Wood, tentang sutradara terburuk sepanjang masa, dibuat untuk mempersiapkan kita menghadapi Stargate". Ebert memberikan film tersebut 1 dari 4 bintang dan, bahkan lebih dari 10 tahun kemudian, Stargate tetap masuk dalam daftar film yang paling dibencinya. Mike DiBella dari Allmovie berkata, "Tontonan di Stargate tidak cukup untuk menutupi banyak kekurangannya." Film ini menduduki nomor 1 di tangga lagu Billboard Top Video Rentals di tanggal 29 April 1995.

Ulasan positif menyatakan bahwa itu adalah "perkemahan instan klasik" dan memuji film tersebut karena efek khusus dan nilai hiburannya, dengan Chris Hicks dari Deseret News menyebutnya "Star Wars bertemu Ben Hur". Scott McKenzie dari DVDactive berkata, "Sayang sekali karena dunia yang diciptakan di sekitar Stargate sangat menarik dan detail. Hampir cukup membuat saya ingin menonton serial TV, tapi belum sepenuhnya."

Di bulan Januari 1995, Emmerich dan Devlin digugat oleh seorang mahasiswa Egyptology yang menyatakan bahwa dialah yang menulis cerita tersebut dan memberi mereka ide. Gugatan tersebut kemudian diselesaikan diluar pengadilan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1995, Stargate dipertimbangkan untuk berbagai penghargaan film di seluruh dunia. Ia memenangkan 6 dari 10 penghargaan yang dinominasikan.

Media lain[sunting | sunting sumber]

Sekuel film dibatalkan[sunting | sunting sumber]

Devlin dan Emmerich selalu membayangkan Stargate sebagai bagian pertama dari trilogi film, namun Bagian 2 dan 3 tidak pernah dikembangkan. Di Comic-Con 2006, 12 tahun setelah film aslinya dirilis, Devlin menyatakan bahwa dia sedang dalam diskusi awal dengan pemegang hak cipta MGM tentang akhirnya membawa 2 bagian terakhir ke layar.

Menurut Devlin, film kedua dimaksudkan untuk berlatar sekitar 12 tahun setelah film aslinya, dengan Jackson membuat penemuan yang membawanya kembali ke Bumi dan mengungkap Stargate baru. Entri kedua diduga akan menggunakan mitologi yang berbeda dari mitologi Mesir yang menjadi latar belakang film aslinya, dengan bagian ketiga yang mengikat semuanya untuk mengungkapkan bahwa "semua mitologi sebenarnya terikat bersama dengan sebuah benang merah yang belum pernah kita kenali sebelumnya. ." Devlin menyatakan bahwa dia berharap untuk meminta bintang asli Kurt Russell ( Kolonel Jack O'Neil ) dan James Spader ( Dr. Daniel Jackson ) untuk sekuelnya. Para aktor dilaporkan menyatakan minatnya untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut.

Trilogi film tidak akan terkait langsung dengan serial tersebut Stargate SG-1. Menurut Devlin, hubungan antara film dan serialnya adalah "kami hanya akan melanjutkan mitologi film tersebut dan menyelesaikannya. Saya pikir serial ini masih bisa bertahan di akhir sekuel ketiga. Jadi kami akan melanjutkan ke cobalah untuk tidak membaca cerita mereka." Rencana untuk membuat sekuel dari film aslinya tidak ada hubungannya dengan pengembangan film langsung ke DVD yang dibuat sebagai sekuel dari Stargate SG-1. Menurut Devlin, dia dan Emmerich selalu berencana membuat 3 film dengan potensi lebih banyak, namun MGM lebih memilih untuk memutar serial televisinya terlebih dahulu.

Seri baru[sunting | sunting sumber]

Menggunakan beberapa catatan Emmerich, Bill McCay menulis serangkaian 5 novel, melanjutkan cerita yang telah dibayangkan oleh pencipta aslinya, yang melibatkan manusia Bumi, penduduk setempat, dan penerus Ra.

Spin-off televisi[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Stargate

Program CD-ROM Secrets of Stargate, dirilis setelah film tersebut, menunjukkan bagaimana efek khusus dibuat, dan mencakup dibalik layar film dan pertunjukan wawancara dengan para pemain dan anggota produksi. Dean Devlin akhirnya memberi Metro-Goldwyn-Mayer ( MGM ) hak atas film tersebut, dan penulis Bill McCay menulis serangkaian 5 novel berdasarkan catatan Emmerich, melanjutkan cerita yang telah dibayangkan oleh pencipta aslinya. Di tahun 1996, MGM mempekerjakan Brad Wright dan Jonathan Glassner untuk membuat serial televisi spin-off. Stargate SG-1 ditayangkan perdana di saluran langganan Amerika Showtime di tanggal 27 Juli 1997 dan mengakhiri penayangan sepuluh musimnya di tahun 2007. Stargate SG-1 sendiri menelurkan serial televisi animasi non-kanon Stargate Infinity ( 200203 ), dan siaran langsungnya. -serial televisi aksi Stargate Atlantis ( 200409 ) dan Stargate Universe ( 200911 ).

Perbedaan dari film ke franchise televisi[sunting | sunting sumber]

Pencipta dan produser eksekutif SG-1 Brad Wright dan Jonathan Glassner mengubah kanon dengan memperkenalkan beberapa konsep baru selama produksi seri SG-1 dan Atlantis. Dalam serial televisi, karakter diperankan oleh aktor berbeda, dan nama dieja berbeda. Daniel Jackson diperankan oleh James Spader dalam film tersebut dan oleh Michael Shanks dalam serial tersebut. Karakter Kurt Russell, Jonathan "Jack" O'Neil, seorang Kolonel yang tidak punya humor, diperankan oleh Richard Dean Anderson sebagai Jonathan "Jack" O'Neill (dengan 2 huruf 'l' ) di SG-1. Karakter French Stewart adalah Letnan Louis Ferretti tetapi di SG-1, diperankan oleh Brent Stait, dia adalah seorang Mayor. Ejaan istri Daniel Jackson berubah dari "Sha'uri" menjadi "Sha're", istri O'Neill dari Sarah menjadi Sara. ( Demikian pula, nama putra O'Neil berubah dari "Tyler" di film menjadi "Charlie".)

Pengaturan Stargate Command dipindahkan dari fasilitas militer fiksi yang terletak di Creek Mountain, ke kompleks militer Cheyenne Mountain. Planet yang tidak disebutkan namanya dari film tersebut diberi nama Abydos dalam serial tersebut dan jarak dari Bumi berubah dari jutaan tahun cahaya ( di galaksi yang sama sekali berbeda, "galaksi Kalium") menjadi planet terdekat ke Bumi dengan Stargate, tersisa di galaksi yang sama dengan Bumi. Juga di SG-1, perjalanan Stargate terbatas pada jaringan Stargate di galaksi Bima Sakti ( kecuali sejumlah besar daya digunakan untuk memperpanjang subruang wormhole dari Stargate ke Stargate galaksi lain). Ra adalah ras terakhir yang tidak disebutkan namanya dalam film tersebut, menjadi spesies humanoid dengan mata hitam besar dan fitur wajah yang kurang. Dalam SG-1, Ra adalah salah satu dari banyak "Penguasa Sistem Goa'uld", ras makhluk parasit mirip belut.

Ada juga perubahan pada Stargate. Kumpulan unik 39 simbol Stargate dalam film tersebut diganti dengan konsep 38 simbol yang sama untuk setiap Stargate ( simbol Bumi berdasarkan konstelasi Bumi), ditambah 1 simbol titik asal yang unik untuk masing-masing gerbang tersebut. Meskipun efek kawoosh dalam film dibuat dengan memfilmkan pusaran air sebenarnya didalam tabung kaca, dan tampak seperti pusaran dibelakang Gerbang, di serial televisi efek ini sepenuhnya dibuat dalam grafik komputer oleh perusahaan efek visual Kanada, Rainmaker.

Di awal SG-1 musim 9, urutan penjelajahan lubang cacing asli yang digunakan dalam film, dan dalam seri hingga saat itu, diganti dengan urutan baru yang mirip dengan yang sudah digunakan di Stargate Atlantis, tetapi berwarna biru. ada di film dan SG-1. Di Atlantis, warnanya hijau, dan di Alam Semesta, warnanya putih.

Reboot[sunting | sunting sumber]

Di tanggal 5 September 2013, saat wawancara dengan Digital Spy, Emmerich mengatakan bahwa dia dan MGM sedang merencanakan Stargate baru sebagai reboot dengan trilogi. Di tanggal 29 Mei 2014, diumumkan bahwa MGM dan Warner Bros. bermitra bersama untuk pembuatan ulang trilogi dengan sutradara Emmerich, produser Devlin, dan tulisan Nicolas Wright dan James A. Woods. Di 17 November 2016, Devlin mengatakan kepada Empire Online bahwa rencana untuk melakukan reboot dan kemungkinan seri baru terhenti. Di tanggal 14 April 2023, diumumkan bahwa MGM me-reboot franchise film mereka untuk film dan televisi, termasuk Stargate.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Stargate (1994)". The-numbers.com. Diakses tanggal 2009-04-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Jurassic Park
Saturn Award for Best Science Fiction Film
1994
Diteruskan oleh:
12 Monkeys