Hieroglif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hieroglif khas mesir di masa Graeco-Romawi, yang terpahat dalam Relief. Glif: ular, burung hantu , 'roti bun', kain terlipat

Hieroglif (diserap dari bahasa Yunani Kuno: Ιερογλυφικά, yang berarti "tulisan suci") adalah kumpulan karakter, simbol, atau logo berupa gambar yang pernah umum dipakai di peradaban-peradaban purba lainnya, yang terkenal yaitu Hieroglif Mesir. Umumnya Hieroglif Mesir disingkat hanya sebagai Hieroglif saja, karena merupakan jenis hieroglif yang paling lengkap dan terkenal.[1] Dalam Neoplatonisme, terutama selama Renaisans, "hieroglif" adalah representasi artistik dari sebuah gagasan esoterik, yang oleh para ahli Neoplatonis meyakini hieroglif Mesir sebenarnya. Kata hieroglif mengacu pada skrip hieroglif. Hanya mereka yang memiliki hak istimewa dengan pendidikan yang luas (yaitu Firaun, bangsawan dan para imam) dapat membaca dan menulis hieroglif; yang lain menggunakan versi 'gabungan' sederhana: skrip demotik dan hierarki.

Daftar hieroglif[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Egypt, Ancient: Hieroglyphics and Origins of Alphabet". Encyclopedia of African History Title information  – via Credo Reference (perlu berlangganan). Diakses tanggal 12 September 2012. 

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]