Pusaran air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pusaran air Teluk Corryvreckan di Skotlandia adalah pusaran air terbesar ketiga di dunia.

Pusaran air atau olakan air adalah putaran air yang tercipta dari pertemuan dua atau lebih arus bawah laut yang disebabkan oleh gelombang pasang surut atau morfologi dasar laut.[1] Pusaran air kecil dapat tercipta ketika meguras bak mandi atau westafel menggunakan lubang pengurasan di dasar bak. Pusaran air yang lebih kuat dapat ditemui di lautan.

Di selat samudera yang sempit dengan air yang mengalir deras, pusaran air kebanyakan disebabkan oleh arus pasang surut. Banyak kisah yang menceritakan tentang kapal yang tersedot ke pusaran air, meskipun sesungguhnya hanya kapal kecil yang benar-benar berada dalam keadaan bahaya.[2] Pusaran air yang lebih kecil bisa muncul di riam sungai atau di hilir bangunan buatan manusia seperti bendungan dan dam. Air terjun besar, seperti Air Terjun Niagara, menghasilkan pusaran air yang kuat.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Misteri Pusaran Air Laut di Perairan Banten yang Menewaskan Bos Wuling Hingga Wisatawan Bagedur". SatuBanten.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-04. 
  2. ^ 10 Magnificent Maelstroms. WebEcoist. Retrieved 26 October 2011.