Doctor Who

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Doctor Who
Doctor Who - Current Titlecard.png
GenreDrama fiksi ilmiah
Pembuat
SutradaraBervariasi
PemeranDoctor (bervariasi)
(sekarang Jodie Whittaker)
Pendamping (bervariasi)
(sekarang Bradley Walsh, Tosin Cole, Mandip GIil)
Penggubah lagu tema
Lagu pembukaMusik tema Doctor Who
KomposerBervariasi
(sekarang Murray Gold)
Negara asalBritania Raya
Jmlh. musim26 (1963–89) plus satu film TV (1996)
Jmlh. episode790 (106 hilang)
(Daftar episode)
Produksi
KameraSingel/Multi-kamera hibrid
Durasi
  • 25 menit (1963–84, 1986–89)
  • 45 menit (1985, 2005–sekarang)
Rilis
Jaringan penyiarBBC
BBC One
BBC One HD (2010–present)
BBC HD (2009–10)
BBC America (2010-sekarang)
Format gambar
Format audioMonaural (1963–87)
Stereo (1988–89; 1996; 2005–2008)
5.1 Surround Sound (2009–sekarang)
Tanggal tayang asliSerial klasik:
23 November 1963 (1963-11-23) –

6 Desember 1989
Film televisi:
12 Mei 1996
Serial baru:
26 Maret 2005 – sekarang
Kronologi
Acara terkait
Pranala luar
Doctor Who di BBC

Doctor Who adalah sebuah program televisi fiksi ilmiah Inggris yang diproduksi oleh BBC. Program ini menceritakan petualangan seorang Time Lord—sesosok alien humanoid penjelajah waktu yang dikenal sebagai Doctor. Ia mengeksplorasi alam semesta dengan 'TARDIS', sebuah pesawat luar angkasa penjelajah waktu yang berkesadaran. Bagian luarnya tampak sebagai sebuah police box berwarna biru, pemandangan yang lazim di Inggris pada tahun 1963, saat serial ini ditayangkan pertama kali. Bersama dengan pendamping yang silih berganti, Doctor menghadapi berbagai macam musuh sambil bekerja untuk melindungi peradaban, membantu masyarakat biasa, dan membasmi kejahatan.

Tiga belas aktor telah membintangi serial ini sebagai Doctor. Transisi dari satu aktor ke aktor yang lain dituliskan dalam plot acara ini sebagai regenerasi, salah satu proses kehidupan para Time Lord di mana karakter Doctor menempati sebuah tubuh baru dan, sampai taraf tertentu, kepribadian baru. Meskipun tiap aktor memiliki pembawaan yang berbeda-beda, dan bahkan ada kesempatan di mana inkarnasi-inkarnasi berbeda bertemu satu sama lain, mereka semua dimaksudkan sebagai aspek-aspek dari karakter yang sama. Saat ini Doctor diperankan oleh Jodie Whittaker, yang mengambil peran ini setelah penampilan terakhir Peter Capaldi dalam sebuah episode yang ditayangkan 25 Desember 2017.[1]

Episode[sunting | sunting sumber]

Doctor Who awalnya tayang selama 26 musim di BBC One, dari 23 November 1963 hingga 6 Desember 1989. Pada saat itu tiap episode merupakan bagian dari sebuah cerita. Awalnya tiap cerita memliki empat hingga enam episode, menjadi tiga hingga enam episode pada tahun-tahun terakhir. Beberapa pengecualian adalah The Daleks' Master Plan (12 episode), Mission to the Unknown (7 episode), The War Games (10 episode), dan The Trial of a Time Lord (14 episode, dibagi menjadi 4 segmen). Beberapa musim memiliki cerita yang berlanjut, seperti musim 8 yang bercerita tentang The Master, seorang Time Lord yang jahat.

Acara ini ditujukan untuk edukasi dan tontonan keluarga dengan jam tayang Sabtu sore. Memiliki cerita tentang masa lalu, yang mengajarkan penonton tentang sejarah, serta masa depan atau luar angkasa, yang mengajarkan tentang ilmu sains. Hal ini tercermin dari pendamping pertama, yang merupakan guru sejarah dan guru sains.

Meski demikian, cerita fiksi ilmiah mendominasi, dan episode tentang sejarah, yang tidak populer di tim produksi, dihilangkan setelah seri The Highlander (1967). Meski Doctor Who masih menggunakan setting sejarah, umumnya digunakan sebagai dasar cerita fiksi ilmiah.

Tiap cerita bersambung, dengan narasi yang berlanjut ke cerita selanjutnya dan tiap episode memiliki judul masing-masing. Setelah The Gunfighters (1966), tiap cerita memiliki judul, dan masing-masing episode diberikan nomor episode.

Doctor Who memiliki banyak penulis naskah, Robert Holmes menjadi yang penulis paling banyak, sedangkan Douglas Adams menjadi yang paling populer berkat karyanya, The Hitchhiker's Guide to the Galaxy.

Doctor Who mengubah format saat dibuat kembali pada tahun 2005. Tiap musim biasanya terdiri dari 13 episode berdurasi 45 menit, dan tiap episode memiliki cerita masing-masing. Episode kemudian diperpendek menjadi 12 episode mulai musim 8, dan 10 mulai musim 11. Doctor Who memiliki beberapa episode spesial, yang biasanya tayang pada libur natal atau tahun baru.

Tiap musim memiliki narasi yang diselesaikan pada episode terakhir. Masing-masing episode dapat memiliki cerita sendiri, atau menjadi bagian dari cerita multi-episode. Seperti pada seri Doctor Who sebelumnya, tiap episode memiliki judul. Beberapa episode memiliki durasi panjang, lebih dari 45 menit. Di antaranya adalah Journey's End (2008) dan The Eleventh Hour (2010) yang memiliki durasi lebih dari 1 jam.

Untuk memperingati 50 tahun Doctor, pada tahun 2013 episode spesial The Day of the Doctor diproduksi secara 3D. Pada Maret 2013, diumumkan bahwa David Tennant dan Billie Piper menjadi pemain, serta episode ini rilis di bioskop secara terbatas.

Episode hilang[sunting | sunting sumber]

Antara tahun 1967 hingga 1978, sejumlah besar data video dan film dalam pustaka BBC dirusak, hilang, atau mengalami kesalahan penyimpanan yang mengakibatkan penurunan kualitas. Hal ini termasuk beberapa episode lama Doctor Who, terutama dari dua doktor pertama, William Hartnell dan Patrick Troughton. 97 dari 253 episode yang diproduksi pada enam tahun pertama tidak disimpan dalam arsip BBC( musim 3, 4, dan 5 memiliki 79 episode yang hilang). Pada tahuh 1972, hampir semua episode ada di BBC, dan pada tahun 1978 praktek penggunaan ulang kaset mulai dihentikan.

Beberapa episode dapat kembali berkat arsip dari negara lain yang ikut menyiarkan, atau oleh individu yang menyimpannya. Versi audio dari semua episode yang hilang ada dari pemirsa yang membuat rekaman. Video klip dari setiap cerita, kecuali Marco Polo (1964), Mission to the Unknown (1965) dan The Massacre of St. Bartholomew's Eve (1966) juga tersedia.

Terdapat beberapa foto oleh fotografer John Cura, yang mendokumentasikan produksi pada tahun 1950an dan 1960an. Hal ini digunakan dalam rekonstruksi ulang oleh penggemar. Rekonstruksi ini diperbolehkan oleh BBC, dengan syarat tidak dijual untuk laba dan didistribusikan dalam kualitas rendah.

Karakter[sunting | sunting sumber]

The Doctor[sunting | sunting sumber]

The Doctor awalnya memiliki banyak misteri. Pada tahun-tahun pertama, karakter ini adalah alien penjelajah eksentrik dengan kecerdasan tinggi yang memerangi ketidak adilan sambil menjelajah waktu dan tempat dalam sebuah mesin waktu, bernama TARDIS (Time and Relative Dimension in Space). Mesin ini lebih luas di dalam daripada kelihatannya.

Doctor yang awalnya muram dan menakutkan dengan cepat menjadi figur yang lebih lembut dan penyayang. Doctor kemudian diketaui sebagai seorang Time Lord yang berasal dari Gallifrey, dan ia lari dengan mencuri TARDIS.

Perubahan penampilan[sunting | sunting sumber]

Produser memperkenalkan konsep regenerasi agar pemain utama dapat diganti. Hal ini disebabkan kesehatan pemeran awal, William Hartnell yang kurang baik. Istilah regenrasi baru dimunculkan pada regenerasi dokter ketiga, pada doktor pertama disebut mengalami 'pembaruan' dan doktor kedua mengalami 'perubahan penampilan'. Konsep ini memungkinkan untuk mengganti pemeran berkali-kali, serta penggambaran doctor dari masa lalu atau masa depan.

Seri The Deadly Assasin (1976) dan Mawdryn Undead (1983) menegaskan bahwa Time Lord hanya dapat regenerasi 12 kali, dengan total 13 doktor. Meski tidak sering dibahas, penggemar masih mengingatnya. Hal ini menjadi hambatan ketika harus regenerasi ke-13. Dalam episode The Time of The Doctor (2013), Doctor dinyatakan mendapatkan siklus baru, mulai dari Doctor ke-12.

Meskipun gagasan Doctor diperankan oleh seorang wanita muncul beberapa kali, termasuk oleh Newman pada tahun 1986 dan Davies pada tahun 2008, hingga 2017 semua Doctor dimainkan oleh pria. Jodie Whittaker menjadi wanita pertama yang memerankan Doctor, sebagai Doctor ke-13. Perubahan gender Time Lord sebelumnya diperkenalkan oleh The Master, dengan Michelle Gomez sebagai pemeran wanita.

Pemain Pemeran Tahun
William Hartnell Doctor Pertama 1963-1966
Patrick Troughton Doctor Kedua 1966-1969
Jon Pertwee Doctor Ketiga 1970-1974
Tom Baker Doctorr keempat 1974-1981
Pater Davison Doctor kelima 1982-1984
Colin Baker Doctor Keenam 1984-1986
Sylvester McCoy Doctor Ketujuh 1987-1989
Paul McGann Doctor Kedelapan 2005
David Tennant Doctor Kesepuluh 2005-2010
Matt Smith Doctor Kesebelas 2010-2013
Peter Capaldi Doctor Keduabelas 2014-2017
Jodie Whittaker Doctor Ketigabelas 2018-sekarang

Selain sebagai pemeran utama, beberapa Doctor dapat menjadi bintang tamu. Yang paling terkenal adalah John Hurt, sebagai 'War Doctor' pada tahun 2013. Ia dimasukkan dalam kronologi utama di antara Doctor ke-delapan dan Doctor ke-sembilan, meski demikian ia tidak menggangu penomoran Doctor yang sudah ada. Contoh lain dari serial The Trial of a Time Lord, menunjukkan Valeyard, yang digambarkan sebagai penggabungan sisi gelap Doctor, antara inkarnasi ke 12 dan terakhirnya.

Pada beberapa kesempatan beberapa aktor mengambil alih peran. Dalam The Five Foctors, Richard Hurndall bermain sebagai Doctor pertama karena kematian William Hartnell pada tahun 1975; 34 tahun kemudian David Bradley menggantikan Hartnell pada episode Twice Upon a Time.

Pemilihan Doctor baru kadang menjadi spekulasi dan perdebatan. Beberapa topik umum termasuk gender (sebelum Jodie, semua Doctor adalah pria), ras (sebelum Jo Martin, semua Doctor memiliki ras kulit putih), dan usia (yang termuda adalah Matt Smith pada usida 26, dan yang tertua Peter dan William, pada usia 55)

Pertemuan Doctor yang berbeda[sunting | sunting sumber]

Doctor dapat bermain bersamaan dengan doctor lain. Pada The Three Doctors tahun 1973, William Hartnell dan Patrick Throughton bermain bersama Jon Pertwee. Pada tahun 1983, The Five Doctors menggabungkan Patrick dan Jon untuk bermain bersama Peter Davison. Gambar Tom Baker diambil dari serial Shada yang tidak ditayangkan. Pada episode ini, RIchard Hurndall menggantikan WIlliam Hartnell. Patrich Troughton kembali lagi pada tahun 1985 dalam The Two Doctors bersama Colin Baker. Pada tahun 2007, Peter Davison kembali dalam cerita pendek "Time Crash", bersama dengan David Tennant.

Pendamping[sunting | sunting sumber]

Pendamping - umumnya manusia selalu hadir sejak penayangan Doctor Who pada tahun 1963. Salah satu tujuan pendamping adalah sebagai 'kompas moral' the Doctor. Pendamping pertama adalah cucu the Docter, Susan Foreman, besama dengan gurunya, Barbara Wright dan Ian Chesterton. Karakter ini bertujuan sebagai 'audience surrogates', dimana pemirsa akan mengetahui informasi tentang Doctor Who yang bermain sebagai figur ayah misterius. Satu-satunya cerita dari seri original hanya dengan Doctor, tanpa pendamping adalah The Deadly Assasin (1976).

Sejak dibuat kembali pada tahun 2005, the Doctor umumnya menjelajah besama pendamping utama wanita, yang memiliki fungsi naratif. Stefen Moffat menjelaskan pendamping sebagai karekter utama, karena cerita dimulai dengan pendamping baru, serta pengembangan karakter pendamping yang lebih banyak daripada the Doctor. Pendamping utama untuk Doctor ke 9 dan 10 adalah Rose Tyler (Billie Piper), Martha Jones (Freema Agyeman), dan Donna Noble (Catherine Tate). Selain itu, terdapat pendamping sekunder Mickey Smith (Noel Clarke) dan Jack Harkness (John Barrowman). Doctor ke-11 menjadi yang pertama memiliki pendamping sepasang suami istri, Amy Pond (Karen Gillan) dan Rory Williams (Arthur Darvill).

Beberapa pendamping muncul kembali, baik dalam seri utama maupun sempalan. Sarah Jane Smith menjadi karakter utama dalam The Sarah Jane Adventures (2007-2011) setelah kembali pada sebuah episode di seri utama pada tahun 2006. Bintang tamu pada seri tersebut antara lain pendamping Jo Grant, K9, dan Brigadier Lethbridge Steward. Karakter Jack Harkness juga menjadi bagian dari sempalan Torchwood (2006-2011).

Musuh[sunting | sunting sumber]

Saat Sydney Newman membuat seri ini, dia dengan spesifik tidak menginginkan klise moster yang ada pada fiksi ilmiah. Meski demikian, monster populer di kalangan pemirsa dan menjadi hal penting sejak awal.

Saat acara dibuat lagi pada tahun 2005, produser eksekutif Russel T Davies mengutarakan keinginannya untuk menyajikan ikon klasik doctor who. Auton beserta Nestene Consciousness dan Dalek muncul pada seri 1, Cybermen pada seri 2, Macra dan the Master pada seri 3, Sontaran dan Davros pada seri 4, dan Time Lords(termasuk Rassilon) pada episode spesial antara 2009-2010. Penerus Davis, Steven Moffat melanjutkan kebiasaaan ini dengan memumculkan Silurian pada seri 5, Cybermats pada seri 6, Great Intelligence dan Ice Warriors pada seri 7, dan Zygon pada episode spesial 50 tahun Doctor Who. Sejak tahun 2005, Doctor Who juga memiliki alien baru seperti Slitheen(Raxacoricofallapatorians), Ood, Judoon, Weeping Angels, dan the Silence. Dari seluruh musuh Doctor Who, yang paling terkenal adalah Daleks, Cybermen, dan the Master.

Daleks[sunting | sunting sumber]

Ras Dalek, yang pertama kali muncul di seri kedua pada tahun 1963, adalah musuh tertua Doctor WHo. Daleks adalah Kaleds dari planet Skaro, yang bermutasi oleh ilmuan Davros dan berada dalam cangkang mekanik. Makhluk yang berada didalamnya mirip seperti gurita dengan bagian otak yang menonjol. Cangkangnya memiliki satu tangkai mata, satu tangkai dengan 'penghisap', dan satu tangkai untuk senjata. Kelemahan utamanya adalah tangkai mata, sebuah serangan dapat membutakan Dalek, membuatnya tidak berdaya. Tujuan utama mereka adalah untuk exterminate (membasmi) semua makhluk selain Dalek. Mereka bahkan menyerang Time Lord saat Time War pada episode spesial 50 tahun Doctor Who. Davros menjadi figur yang sering muncul sejak debutnya pada Genesis of the Daleks, meski diperankan oleh aktor yang berbeda-beda.

Daleks adalah kreasi penulis Terry Nation (yang menggambarkan mereka sebagai alegori Nazi), dan desainer BBC, Raymond Cusick. Pertama kali muncul pada seri kedua, The Daleks (196301964) membuat Doctor Who dan Dalek menjadi sangat popular. Dalek muncul dalam stempel yang merayakan budaya populer Inggris pada tahun 1999, diforo oleh Lord Snowdon. Dalam Victory of the Daleks, beberapa Dalek dimunculkan dengan berbagai warna, tiap dan tiap warna menunjukkan fungsi Dalek.

Cybermen[sunting | sunting sumber]

Cybermen awalnya merupakan spesies humanoid yang berasal dari planet kembar Bumi, Mondas yang mulai menanamkan berbagai alat buatan pada tubuh mereka. Hal ini membuat mereka menjadi siborg yang dingin, logis, serta penuh perhitungan. Emosi hanya muncul ketika dibuthkan. Dengan runtuhnya Mondas, mereka menjadikan Telos sebagai planet mereka. Cyberman menjadi musuh yang sering muncul dalam waralaba Doctor Who.

Doctor Who tahun 2006 menunjukkan variasi baru Cybermen bernama Cybus Cybermen, Mereka dibuat dalam semesta pararel oleh John Lumic. Dia mencoba untuk melestarkan manusia dengan menanamkan orak mereka dalam tubuh besi, memberika mereka perintah menggunakan jaringan selular dan menghambat perasaan mereka dengan cip elektronik.

The Master[sunting | sunting sumber]

The Master adalah musuh utama the Doctor, seorang Time Lord khianat yang ingin menguasai dunia. Ia dibentuk layaknya Profesor Moriarty untuk Sherlock Holmes. Karakter ini muncul pertama kali pada tahun 1971. Seperti the Doctor, the Master diperankan oleh berbagai aktor, karena sebagai Time Lord mereka dapat beregenerasi. Pemertan pertama adalah Roger Delgado, hingga kematiannya pada tahun 1973. Peter Pratt dan Geoffrey Beevers sempat mengambil alih sebentar, sebelum digantikan oleh Anthony Ainley hingga Doctor Who hiatus pada tahun 1989. The Master kembali pada film televisi Doctor Who, yang diperankan oleh Eric Roberts.

Saat dibuat kembali pada tahun 2005, Derek Jabobi menjadi the Master pada episode Utopia (2017). Dalam episode tersebut, peran diambil alih oleh John Simm yang muncul beberapa kali bersama dengan Docter ke sepuluh. Pada tahun 2014, diketahui the Master telah menajadi Time Lady, dengan nama Missy (kependekan Mistress, kata feminim untuk Master). Missy diperankan oleh Michelle Gomez.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "And next, Steven Moffat, the Doctor Who in Doc Martens". The Times. 1 January 2009. Diakses tanggal 3 January 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]