Profesor Moriarty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Professor James Moriarty adalah seorang tokoh fiksi pada serial Sherlock Holmes yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Moriarty disebut sebagai"Napoleonnya kriminal". Doyle menulis karakter yang berasal dari Scotland Yard merujuk pada Adam Worth, seseorang pemikir kriminal yang kejam dan menjadi dalang dari beberapa kasus berantai yang keji.

Penampilan pada Cerita[sunting | sunting sumber]

Moriarty hanya ditampilkan pada cerita The Adventure of the Final Problem, Tetapi pada cerita lain Sherlock Holmes menjelaskan bahwa hampir semua kasus pembunuhan keji, didalangi olehnya. Pada cerita ini Holmes berkelahi hidup dan mati di Air Terjun Reichenbach.

Moriarty digambarkan sebagai seseorang yang sangat keji, tertutup dan memiliki banyak agen di London, daerah Britania, bahkan Eropa[1] Dan muncul lagi pada cerita "Lembah Ketakutan"[1]

Holmes menyebutkan Profesor Moriarty pada cerita: Petualangan rumah kosong (cerita sekuel dari Final Problem), The Adventure of the Norwood Builder, The Adventure of the Missing Three-Quarter, The Adventure of the Illustrious Client, and Salam Terakhir.

Doctor Watson, membuat cerita petualangan hidup dan mati Holmes dengan Moriarty pada catatannya, dan menulis kisah sedih terakhir dari holmes, Ia menamainya dengan "Kasus Terakhir".Watson membeberkan semua final dari kejinya moriarty dan menyebutnya "Ilmuan terkenal seorang kriminal".

Pada cerita Petualangan Rumah Kosong, yaitu kelanjutan cerita dari Kasus Terakhir, Sherlock dan Watson menangkap seorang snipper yang mengejar ngejar Sherlock, karena tahu ia masih hidup. Yaitu Kolonel Moran, seorang tangan kanan Moriarty[2]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Moriarty adalah seseorang yang sangat cerdas, cermat, kalkulatif, dan manipulatif. Ia juga orang yang disegani dikalangan akademis, ia berkata"Jika (Holmes) cukup pintar untuk menjatuhkan kejahatanku (Moriarty), dengan senang hati aku akan melakukan hal yang lebih kepadanya". Moriarty adalah seorang kriminal yang sangat cerdik dalam mendalangi rencananya, sampai memperhatikan kemungkinan sedetil-detilnya. Moriarty juga seseorang yang sangat penyendiri dan sangat rumit untuk memikirkan sesuatu.

Moriarty adalah seseorang karakter akademisi yang arogan, dan sangat percaya diri, presisi dalam penyusunan detail rencana.

Simon Newcomb dan tokoh nyata lainnya[sunting | sunting sumber]

Simon Newcomb
Gauss' portrait published in Astronomische Nachrichten 1828
George Boole
A gallows ticket to view the hanging of Jonathan Wild.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b John Mortimer (24 August 1997).
  2. ^ Epilogue, The Valley of Fear.