Lompat ke isi

TARDIS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


TARDIS
Prop untuk TARDIS The Dokter yang digunakan antara tahun 2010 dan 2017
Plot element from the Doctor Who seri televisi
PublisherBBC
Penampilan pertamaAn Unearthly Child (1963)
Diciptakan oleh
GenreFiksi Ilmiah
Informasi cerita
JenisMesin waktu/Wahana Antariksa
FungsiPerjalanan melalui ruang dan waktu
Perlakuan khusus dan kemampuanDapat mengubah dimensi luar dan tata letak bagian dalamnya, tidak dapat ditembus, telepati
Afiliasi

The TARDIS (/ˈtɑːrdɪs/; acronym singkatan dari "Time And Relative Dimension In Space") adalah hibrida fiksi dari mesin waktu dan peswat luar angkasa yang muncul dalam serial televisi fiksi ilmiah Inggris Doctor Who dan berbagai spin-off nya. Meskipun TARDIS mampu menyamar, tampilan luar TARDIS the Doctor's biasanya meniru kotak polisi, sejenis kios telepon usang yang biasa terlihat di jalanan Inggris pada tahun 1950-an. Paradoksnya, bagian dalamnya ditampilkan jauh lebih besar daripada bagian luarnya, yang umumnya digambarkan sebagai "lebih besar di bagian dalam".

Karena pentingnya Doctor Who dalam budaya populer Inggris, bentuk kotak telepon kini lebih dikaitkan dengan TARDIS daripada inspirasi dunia nyata. Nama dan desain TARDIS adalah merek dagang terdaftar dari British Broadcasting Corporation (BBC), meskipun desain awalnya dibuat oleh Kepolisian Metropolitan.

Nama[sunting | sunting sumber]

TARDIS merupakan akronim dari "Time And Relative Dimension in Space". Kata "Dimension" juga diterjemahkan dalam bentuk jamak. Cerita pertama, An Unearthly Child (1963), menggunakan bentuk tunggal "Dimension". Novelisasi tahun 1964 Doctor Who dalam Petualangan yang Menyenangkan dengan Daleks menggunakan "Dimensions" untuk pertama kalinya dan serial tahun 1965 The Time Meddler memperkenalkan bentuk jamak dalam serial televisi - meskipun naskahnya berbentuk tunggal, aktor Maureen O'Brien mengubahnya ke "Dimensions". Keduanya terus digunakan selama seri klasik; dalam " Rose " (2005), Dokter Kesembilan menggunakan bentuk tunggal (meskipun ini adalah keputusan aktor Christopher Eccleston — baris tersebut ditulis dalam bentuk jamak).Akronim tersebut dijelaskan dalam episode pertama acara tersebut, An Unearthly Child (1963), di mana cucu sang Dokter, Susan, mengaku mengarangnya sendiri.Meskipun demikian, istilah ini umumnya digunakan oleh Time lords lain untuk merujuk pada ruang waktu the Doctor's dan ruang waktu mereka sendiri.

Umumnya, "TARDIS" ditulis dengan huruf besar semua, tetapi bisa juga ditulis dengan huruf judul sebagai "Tardis". Kata "Tardis" pertama kali muncul di media cetak pada Radio Times edisi Natal 1963, yang mengacu pada "peawat ruang-waktu Tardis".

Keterangan[sunting | sunting sumber]

TARDIS The Doctor's seperti yang terlihat antara tahun 2005 dan 2010, dipajang di Pusat Televisi BBC

Dalam dunia fiksi acara televisi Doctor Who, TARDIS adalah kendaraan penjelajah ruang dan waktu milik Time Lords, makhluk dari planet Gallifrey. Meskipun banyak TARDIS yang ada dan terkadang terlihat di layar, acara televisi tersebut terutama menampilkan satu TARDIS yang digunakan oleh protagonis acara tersebut, seorang Penguasa Waktu yang bernama Dokter.

TARDIS dibangun dengan "sirkuit bunglon", sejenis teknologi kamuflase yang mengubah bentuk eksterior pesawat agar menyatu dengan lingkungan di mana pun waktu atau tempat ia mendarat. TARDIS The Doctor's selalu menyerupai kotak polisi London tahun 1960-an, sebuah objek hal itu sangat umum di Inggris pada saat acara tersebut ditayangkan pertama kali. karena kerusakan pada sirkuit bunglon setelah peristiwa episode pertama acara tersebut, An Unearthly Child, TARDIS the Doctor's terjebak dalam penyamaran yang sama untuk waktu yang lama. The Doctor telah berusaha memperbaiki sirkuit bunglon, namun tidak berhasil di Logopolis (1981) dan hanya berhasil sementara di Attack of the Cybermen (1985). Dalam cerita televisi tahun 2005 "Boom Town", Dokter mengungkapkan bahwa dia telah berhenti mencoba memperbaiki sirkuit karena dia menyukai penampilannya. TARDIS lain yang muncul dalam seri ini memiliki sirkuit bunglon yang berfungsi penuh.

Meskipun ukuran eksteriornya terbatas, TARDIS terkenal "lebih besar di bagian dalam". Di balik pintu kotak polisi terdapat ruang kendali besar, di tengahnya terdapat konsol heksagonal untuk mengoperasikan TARDIS. Di tengah konsol terdapat perangkat berbentuk tabung bergerak yang disebut rotor waktu. Kehadiran ruang fisik yang lebih besar yang terdapat di dalam kotak polisi dijelaskan sebagai "transendental secara dimensional", dengan interiornya merupakan dimensi terpisah yang berisi ruangan, koridor, dan ruang penyimpanan dalam jumlah tak terbatas, yang kesemuanya dapat mengubah tampilan dan konfigurasinya.TARDIS juga memungkinkan the Doctor dan orang lain untuk berkomunikasi dengan orang yang berbicara dalam bahasa selain bahasa mereka sendiri, serta mengubah semua bahasa tertulis ke bahasa Inggris. "Sirkuit terjemahan" (kadang-kadang disebut "matriks terjemahan") pertama kali dieksplorasi dalam The Masque of Mandragora (1976), seperti yang dijelaskan Dokter kepada rekannya, Sarah Jane, "Baiklah, Aku telah membawamu ke beberapa tempat aneh sebelumnya dan kau tidak pernah bertanya bagaimana kamu memahami bahasa lokal. Ini adalah anugerah Time Lord's yang aku izinkan untuk kau bagikan. Namun malam ini ketika kamu bertanya kepadaku bagaimana kamu memahami bahasa Italia, aku menyadari pikiranmu telah diambil alih. "Sirkuit penerjemahan juga telah dieksplorasi dibandingkan dengan penerjemahan mesin di dunia nyata, dengan peneliti Mark Halley dan Lynne Bowker menyimpulkan bahwa "dalam ilmu teknologi penerjemahan, Doctor Who lebih sering melakukan kesalahan daripada benar. Namun, mungkin kita dapat memaafkan lisensi artistik jika kita menyadari bahwa, seperti dalam karya fiksi ilmiah lainnya, penyajian beberapa jenis alat terjemahan yang ada di mana-mana diperlukan untuk menjelaskan kepada penonton bagaimana orang-orang dari negara lain, periode waktu, dan bahkan dunia lain, dapat memahami satu sama lain dan tampaknya berbicara (kebanyakan) bahasa Inggris tanpa cela."

TARDIS juga memiliki kemampuan khusus lainnya: dapat menghasilkan gelembung udara besar yang tidak terlihat di sekitar bagian luarnya yang memungkinkan penghuninya bertahan hidup di area yang kekurangan oksigen selama mereka berada di dekatnya dan dalam satu episode, dapat membuat terowongan jembatan yang dapat digunakan penumpang untuk menyeberang ke area yang sulit dijangkau seperti pesawat lain. TARDIS juga terbukti cukup kuat untuk menarik pesawat dan planet lain dan bahkan dapat menahan lubang hitam. Ia juga mampu menghasilkan "filter persepsi" yang menyebabkan orang mengabaikannya dan menganggapnya normal. Di episode lain, ia juga memiliki fungsi yang disebut Hostile Action Displacement System (HADS), yang membuatnya berteleportasi jika merasakan bahaya dan tidak akan kembali sampai bahaya teratasi. Dalam acara spesial peringatan 60 tahun The Giggle, Dokter Kelimabelas menggunakan sisa energi terakhir Pembuat Mainan untuk membuat TARDIS khusus miliknya, terpisah dari Dokter Keempatbelas, termasuk jalan lipat di pintu luar, membuat kursi roda TARDIS-dapat diakses. Russell T. Davies mengatakan bahwa TARDIS Dokter Kelimabelas sebenarnya adalah TARDIS asli.

Sejarah Konseptual[sunting | sunting sumber]

Desain eksterior[sunting | sunting sumber]

Kotak polisi
Photograph of a street with trolleybuses and a police box on the pavement
Sebuah kotak polisi terlihat di foto sebuah jalan di Ilford di London tahun 1955.
A blue police box on a street
Sebuah kotak polisi masih berdiri di luar stasiun kereta bawah tanah Earl's Court di London.
Kotak polisi pernah menjadi pemandangan umum di jalanan Inggris.

Ketika Doctor Who dikembangkan pada tahun 1963, staf produksi mendiskusikan seperti apa bentuk mesin waktu the Doctor's. Untuk menjaga desain tetap sesuai anggaran diputuskan untuk membuat bagian luarnya menyerupai kotak telepon polisi, perabot jalan umum yang awalnya dirancang pada tahun 1920-an oleh arsitek Skotlandia Gilbert Mackenzie Trench. Ide penyamaran kotak polisi datang dari staf penulis BBC, Anthony Coburn, yang menulis ulang episode pertama program tersebut dari draf C. E. Webber. Meskipun tidak ada preseden yang diketahui untuk gagasan ini, episode acara komedi radio populer Beyond Our Ken pada bulan November 1960 menyertakan sketsa yang menampilkan mesin waktu yang digambarkan sebagai "kotak telepon tinggi".

Konsep mekanisme penyelubungan (kemudian disebut sebagai "sirkuit bunglon") dirancang untuk menjelaskan hal ini. Dalam episode pertama, An Unearthly Child (1963), TARDIS pertama kali terlihat tersembunyi di tempat pembuangan sampah London pada tahun 1963, dan setelah melakukan perjalanan kembali ke masa lalu ("The Cave of Skulls") ke era Paleolitik, bagian luar kotak polisi tetap ada. Dalam cerita berikutnya, The Time Meddler (1965), Dokter Pertama menjelaskan bahwa TARDIS harus secara otomatis mengadopsi penyamaran, seperti howdah (pembawa di punggung gajah India dalam Pemberontakan India) atau batu di pantai.

Ada perbedaan pendapat mengenai asal usul properti kotak polisi. Meskipun BBC menyatakan bahwa kotak itu dibuat khusus untuk Doctor Who, ada klaim bahwa kotak tersebut adalah properti yang digunakan kembali dari drama polisi televisi BBC Z-Cars atau Dixon of Dock Green (klaim yang kemudian diulangi oleh produser Doctor Who Steven Moffat).

Dimensi dan warna alat properti kotak polisi TARDIS yang digunakan dalam seri ini telah berubah berkali-kali, akibat kerusakan dan persyaratan pertunjukan, dan tidak ada alat properti BBC yang merupakan replika model MacKenzie Trench yang asli. Banyak detail telah diubah seiring berjalannya waktu, termasuk bentuk atap, papan tanda, warna cat biru, keberadaan lambang St John Ambulance, dan tinggi keseluruhan kotak. Alat peraga asli tetap digunakan selama sekitar 13 tahun hingga roboh – dilaporkan menimpa kepala Elisabeth Sladen. Properti baru diperkenalkan untuk The Masque of Mandragora pada tahun 1976, dan setidaknya ada enam versi secara total. Evolusi desain alat peraga direferensikan di layar dalam episode "Blink" (2007), ketika karakter Detektif Inspektur Shipton mengatakan TARDIS "bukanlah [kotak polisi] yang sebenarnya. Teleponnya itu hanya tiruan, dan ukuran jendelanya salah."

Desain Interior[sunting | sunting sumber]

Ruang konsol TARDIS dirancang untuk episode pertama oleh desainer set Peter Brachacki dan berukuran luar biasa besar untuk produksi BBC kali ini. Ia terkenal karena penampilan "futuristik" putihnya yang inovatif dan berkilau.

Seperti properti kotak polisi, desain set interior TARDIS telah berkembang selama bertahun-tahun. Dari awal pertunjukan pada tahun 1963 hingga akhir "seri klasik" pada tahun 1989, desain ruang konsol TARDIS sebagian besar tetap tidak berubah dari set asli Brachacki, sebuah ruangan putih terang benderang, dilapisi dengan pola bundar di bagian atas dinding dan dengan konsol heksagonal pusat yang berisi "rotor waktu" berbentuk silinder yang bergerak saat TARDIS sedang transit. Banyak perubahan dilakukan pada konsol tengah dan tata letak, namun konsep keseluruhan tetap konstan. Pada Musim 14 (1976–77), "Ruang Kontrol Nomor 2" berpanel kayu gelap digunakan sebentar untuk beberapa episode, tetapi set ruang konsol putih diaktifkan kembali di Musim 15, karena kerusakan pada set tersebut. Setelah acara televisi dibatalkan, set TARDIS yang didesain ulang secara radikal digunakan dalam film TV tahun 1996, menandai peralihan ke desain set yang lebih terinspirasi steampunk, yang kemudian memengaruhi desain set dalam serial yang dihidupkan kembali mulai tahun 2005 dan seterusnya.

Penggambaran perjalanan waktu[sunting | sunting sumber]

Tim produksi memahami perjalanan TARDIS dengan melakukan dematerialisasi di satu titik dan melakukan rematerialisasi di tempat lain, meskipun terkadang dalam serial tersebut TARDIS juga terlihat mampu melakukan perjalanan luar angkasa konvensional. Dalam acara spesial Natal tahun 2006, "The Runaway Bride", the Doctor menyatakan bahwa untuk pesawat luar angkasa, TARDIS hanya mampu terbang sedikit. Kemampuan untuk melakukan perjalanan hanya dengan menghilang ke dalam dan keluar dari lokasi yang berbeda menjadi salah satu ciri khas pertunjukan tersebut, memungkinkan banyak keserbagunaan dalam pengaturan dan penceritaan tanpa mengeluarkan biaya besar dalam efek khusus. Efek suara khas yang menyertainya – bunyi mengi dan erangan siklik – pada awalnya diciptakan di Lokakarya Radiofonik BBC oleh teknisi suara Brian Hodgson dengan merekam pada kaset suara kunci rumah ibunya yang menggores senar piano tua ke atas dan ke bawah. Hodgson kemudian merekam ulang suara tersebut dengan mengubah kecepatan kaset ke atas dan ke bawah dan menggabungkan suara yang diubah tersebut.Saat digunakan dalam seri, suara biasanya disinkronkan dengan lampu berkedip di atas kotak polisi, atau efek fade-in dan fade-out dari TARDIS. Penulis Patrick Ness menggambarkan suara dematerialisasi khas kapal sebagai "semacam suara gerinda yang berhantu", sedangkan komik strip Majalah Doctor Who secara tradisional menggunakan frasa onomatope "vworp vworp vworp".

Penampilan lainnya[sunting | sunting sumber]

Spin-off televisi[sunting | sunting sumber]

Suara TARDIS Dokter ditampilkan di adegan terakhir episode Torchwood "End of Days" (2007). Karena pusat Torchwood Three terletak di celah energi temporal, Dokter sering muncul di Roald Dahl Plass tepat di atasnya untuk mengisi ulang TARDIS. Dalam episode tersebut, Jack Harkness mendengar suara mesin, tersenyum dan setelah itu tidak dapat ditemukan; Adegan ini muncul di episode terbuka Doctor Who "Utopia" (2007) di mana Jack berlari ke dan memegang TARDIS sebelum menghilang.

Mantan rekan Sarah Jane Smith memiliki diagram TARDIS di lotengnya, seperti yang ditunjukkan dalam The Sarah Jane Adventures episode "Invasion of the Bane" (2007). Dalam serial dua bagian The Temptation of Sarah Jane Smith (2008), Sarah Jane terjebak pada tahun 1951 dan sempat salah mengira kotak panggilan umum polisi sebagai TARDIS the Doctor's (momen ini bahkan digembar - gemborkan oleh isyarat musik Dokter, yang sering digunakan dalam seri yang dihidupkan kembali). Itu muncul secara penuh di Pernikahan Sarah Jane Smith (2009), di mana the Doctor secara singkat menyambut tiga teman remaja Sarah Jane ke ruang kendali. Ini kemudian menjadi latar belakang adegan perpisahan antara Sarah Jane dan Dokter Kesepuluh, yang hampir mengulangi percakapan terakhirnya dengan Dokter Keempat di atas kapal TARDIS pada tahun 1976. Ini muncul kembali di Death of the Doctor (2010), dimana itu dicuri oleh Shansheeth yang mencoba menggunakannya sebagai mesin keabadian, dan mengangkut Sarah Jane, Jo Grant dan teman remaja mereka (Rani Chandra, Clyde Langer dan Santiago Jones).

Film teater[sunting | sunting sumber]

TARDIS muncul dalam dua produksi film, Dr. Who and the Daleks (1965) dan Daleks' Invasion Earth 2150 AD (1966). Dalam kedua film tersebut, Doctor yang diperankan oleh Peter Cushing adalah seorang ilmuwan eksentrik yang menemukan TARDIS sendiri.

Dampak budaya[sunting | sunting sumber]

Barang Dagangan[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu gambar paling dikenal yang terkait dengan Doctor Who , TARDIS telah muncul di banyak barang dagangan yang terkait dengan program tersebut. Model skala TARDIS dengan berbagai ukuran telah diproduksi untuk menemani boneka dan figur aksi Doctor Who lainnya, beberapa dengan efek suara disertakan. Model kotak polisi ukuran penuh yang dibuat dengan kipas juga umum. Ada video game berbentuk TARDIS, tenda bermain anak, kotak mainan, toples kue, ujung buku, gantungan kunci, bahkan botol berbentuk kotak polisi untuk mandi busa TARDIS. Rilisan VHS tahun 1993 dari The Trial of a Time Lord dikemas dalam kaleng edisi khusus berbentuk seperti TARDIS.

Dengan kebangkitan seri 2005, berbagai merchandise berbentuk TARDIS telah diproduksi, antara lain kotak koin TARDIS, set mainan figur TARDIS, TARDIS yang mendeteksi sinyal dering dari ponsel dan berkedip ketika ada panggilan masuk terdeteksi, TARDIS - berbentuk lemari dan kabinet DVD, serta hub USB berbentuk TARDIS. Set kotak DVD musim 2005 lengkap, dirilis pada November 2005, diterbitkan dalam kemasan yang menyerupai TARDIS.

Salah satu TARDIS model asli yang digunakan dalam produksi serial televisi pada tahun 1970-an dijual di lelang pada bulan Desember 2005 seharga £ 10.800.

Merek dagang BBC[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996 BBC mengajukan permohonan ke Kantor Kekayaan Intelektual Inggris untuk mendaftarkan TARDIS sebagai merek dagang . Hal ini ditentang oleh Polisi Metropolitan, yang merasa bahwa mereka memiliki hak atas gambar kotak polisi. Namun, Kantor Paten menemukan bahwa tidak ada bukti bahwa Kepolisian Metropolitan – atau kepolisian lainnya – pernah mendaftarkan gambar tersebut sebagai merek dagang. Selain itu, BBC telah menjual barang dagangan berdasarkan gambar tersebut selama lebih dari tiga dekade tanpa keluhan dari polisi. Kantor Paten mengeluarkan keputusan yang mendukung BBC pada tahun 2002.

Kata TARDIS tercantum dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford.

Kotak polisi warisan[sunting | sunting sumber]

"Somerton TARDIS", kotak polisi di Newport, Wales

Sejumlah kotak polisi peninggalan masih berdiri di jalanan seluruh Inggris. Meskipun kini tidak lagi digunakan sesuai fungsi aslinya, banyak yang telah diubah fungsinya menjadi kios kopi, dan sering disebut sebagai TARDIS. Sebuah kotak polisi di daerah Somerton di Newport di Wales Selatan dikenal sebagai Somerton TARDIS.

Dalam sains dan komputasi[sunting | sunting sumber]

Sebuah asteroid yang ditemukan pada tahun 1984 oleh astronom Brian A. Skiff diberi nama 3325 TARDIS karena bentuknya yang berbentuk kubus. Sejumlah fitur geologi di Charon, bulan terbesar di planet kerdil Pluto, diberi nama berdasarkan kapal mitologi atau fiksi, dan salah satunya diberi nama Tardis Chasma.

Produsen penyimpanan data bernama tarDISK memasarkan drive flash memory untuk Apple MacBook yang diklaim "lebih besar di bagian dalam". Mereka juga mengklaim integrasi asli dengan perangkat lunak cadangan Time Machine Apple.

Badan Antariksa Eropa telah mengirim 3.000 tardigrada (“beruang air”) ke orbit di luar roket; 32% selamat. Eksperimen tersebut diberi nama Tardigrades in Space, atau Tardis.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Referensi budaya terhadap TARDIS mencakup perusahaan persewaan toilet portabel di Inggris.

Referensi budaya terhadap TARDIS banyak dan beragam.

Di bidang musik, The KLF (tampil sebagai "The Timelords") merilis single pop baru pada tahun 1988 berjudul "Doctorin' the Tardis". Rekor ini mencapai nomor satu di UK Singles Chart dan sukses di tangga lagu di seluruh dunia. Itu adalah pengerjaan ulang beberapa lagu (terutama "Rock and Roll Part 2" milik Gary Glitter, "Block Buster!" milik The Sweet, dan musik tema Doctor Who) dengan lirik yang merujuk pada Doctor Who, khususnya TARDIS. Pada tahun 2007, band rock Inggris Radiohead memasukkan lagu "Up on the Ladder" di album mereka In Rainbows yang dimulai dengan baris "I'm stuck in the TARDIS".

Pada tahun 2001, seniman pemenang-Turner Prize Mark Wallinger menciptakan sebuah karya atau karya seni berjudul Waktu dan Dimensi Relatif dalam Ruang yang secara struktural berbentuk kotak polisi yang berhadapan dengan cermin. Situs web BBC menggambarkannya sebagai "bukti terbaru dari warisan abadi [TARDIS]".

Pada bulan Juli 2014, grup komedi Monty Python membuka acara reuni mereka, Monty Python Live (Mostly), dengan animasi khas yang menampilkan Tardis – dijuluki "retardis" – terbang melintasi angkasa sebelum Python naik ke panggung.

Dalam film, TARDIS tampil sebagai kameo di sejumlah produksi, termasuk Iron Sky (2012) dan The Lego Movie 2: The Second Part (2019). TARDIS juga ditampilkan dalam gameplay sejumlah video game populer, termasuk Lego Dimensions dan Fortnite: Battle Royale.

Untuk mempromosikan film Barbie yang dirilis pada Juli 2023, TARDIS merah muda diluncurkan di sebelah Tower Bridge di London pada 11 Juli, karena Ncuti Gatwa akan muncul di Barbie sebagai Ken dan di Doctor Who sebagai Dokter Kelima Belas.

Referensi lain untuk TARDIS termasuk koin peringatan perak $2 yang menggambarkan TARDIS, yang diterbitkan di Pulau Niue di Samudra Pasifik Selatan oleh Perth Mint untuk menandai peringatan 50 tahun acara televisi Doctor Who; dan Tardis Environmental, sebuah perusahaan limbah Inggris, mengacu pada kemiripan toilet portabel mereka dengan kotak polisi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Footnotes[sunting | sunting sumber]

Catatan
Kutipan

Referensi[sunting | sunting sumber]

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]

Templat:Doctor Who