The Doctor (Doctor Who)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Doctor
Tokoh Doctor Who

Kesalahan: Gambar tidak sah atau tidak ditemukan.

The Doctor yang diperankan dalam serial tersebut diurutkan menurut rangkaian kronologi, kiri ke kanan dari baris atas.
Penampilan
perdana
An Unearthly Child
PenciptaSydney Newman
Pemeran
Pemeran utama serial
Lain-lain
  • Richard Hurndall (1983)
  • John Hurt (2013)
  • David Bradley (2017)
  • Jo Martin (2020)


Biografi karakter
SpesiesTime Lord
Planet asalGallifrey
Inkarnasi

The Doctor adalah karakter utama dalam program televisi fiksi ilmiah BBC jangka panjang Doctor Who. Sejak pembentukan acara tersebut pada 1963, karakter tersebut diperankan oleh dua belas pemeran utama. Jodie Whittaker menjadi pemeran utama ketiga belas yang memainkan bagian tersebut dalam serial kesebelas pada 2018. The Doctor adalah Time Lord yang menjelajah ruang dan waktu dalam TARDIS, biasanya bersama dengan pendampingnya. Perpindahan ke aktor selanjutnya dijelaskan dalam cerita sebagai 'regenerasi', kemampuan Time Lord untung mengubah tubuh dan penampilannya setelah kejadian fatal.

The Doctor diterima dengan baik oleh pemirsa, sehingga The Daily Telegraph menyebutnya sebagai alien favorit Inggris.[1] The Doctor muncul dalam film dan berbagai media lain seperti novel, audio drama, dan komik.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dalam cerita, The Doctor adalah Time Lord yang menjelajah ruang dan waktu dalam TARDIS, mesin waktu yang dicuri olehnya. TARDIS merupakan singkatan Time And Relative Dimension(s) In Space, yang memiliki ruang lebih besar daripada keliahatan dari luar. Umumnya TARDIS muncul sebagai 'police box' tahun 1963. Umumnya Doctor ditemani oleh pendamping selama perjalanan. Pendamping juga bertindak sebagai 'audience surrogate', karakter yang sering bertanya kepada Doctor, agar pemirsa dapat memahami jalan cerita.

Kata Doctor adalah panggilan yang dipilih sendiri. Seri pada era Steven Moffat memiliki narasi tentang nama asli Doctor. Media sempalan memberikan penjelasan alternatif bahwa nama asli Doctor tidak dapat diucapkan oleh manusia. Doctor ke-11 berkata kepada pendampingnya, Clara Oswald bahwa namanya adalah sebuah janji yang ia buar. Janji tersebut terungkap pada The Day of the Doctor: "Never cruel nor cowardly. Never give up. Never give in.".

Fisiologi[sunting | sunting sumber]

Meskipun Doctor menyerupai manusia, fisiologi mereka berbeda. Seperti Time Lord pada umumnya, Doctor memiliki dua jantung, sistem pernapasan yang membautnya mampu bertahan tanpa udara, suhu tubuh 15-16°C., serta menunjukkan stamina tinggi dan kemampuan untuk menyerap, mempertahandkan dan mengeluarkan radiasi dalam jumlah besar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dr Who profile: Britain's favourite alien" (dalam bahasa Inggris). 2008-07-03. ISSN 0307-1235. Diakses tanggal 2020-08-18.