Minority Report (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Minority Report
Poster film Minority Report
SutradaraSteven Spielberg
ProduserGerald R. Molen
Bonnie Curtis
Walter F. Parkes
Jan de Bont
Ditulis olehScott Frank
Jon Cohen
Berdasarkan
The Minority Report
oleh Philip K. Dick
PemeranTom Cruise
Samantha Morton
Colin Farrell
Max von Sydow
Penata musikJohn Williams
SinematograferJanusz Kamiński
PenyuntingMichael Kahn
Perusahaan
produksi
Amblin Entertainment
Cruise/Wagner Productions
Blue Tulip Productions
Distributor20th Century Fox
(Amerika Serikat)
DreamWorks Pictures
(international)
Tanggal rilis
  • 19 Juni 2002 (2002-06-19) (Ziegfeld Theatre)
  • 21 Juni 2002 (2002-06-21) (Amerika Serikat)
Durasi145 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$102 juta[2]
Pendapatan
kotor
$358.372.926[2]

Minority Report adalah film fiksi ilmiah kriminal misteri petualangan Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Gerald R. Molen, Bonnie Curtis, Walter F. Parkes dan Jan de Bont. Naskah film ini ditulis oleh Scott Frank dan Jon Cohen berdasarkan cerita pendek The Minority Report karya Philip K. Dick. Film ini dibintangi oleh Tom Cruise, Samantha Morton, Colin Farrell dan Max von Sydow.

Film Minority Report ditayangkan secara perdana di Ziegfeld Theatre pada tanggal 19 Juni 2002 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 Juni 2002. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2054, kepolisian PreCrime Washington, D.C. menghentikan beberapa pembunuh sebelum pembunuh tersebut bertindak, mengurangi tingkat pembunuhan menjadi nol. Pembunuhan diramalkan menggunakan tiga manusia bermutasi, yang dikenal dengan "Precog", yang berperan dalam melakukan previsualisasi kejahatan dengan menerima penglihatan masa depan. Para calon pembunuh dipenjara dalam realitas virtual mereka yang bahagia. Pemerintahan federal sedang dalam proses persetujuan penggunaan program kontroversial.

Sejak kehilangan putranya, Sean (Tyler Patrick Jones), Kapten PreCrime John Anderton (Tom Cruise) telah berpisah dari istrinya, Lara (Kathryn Morris), dan menjadi pecandu narkotika. Ketika agen Departemen Kehakiman Amerika Serikat Danny Witwer (Colin Farrell) sedang mengaudit program tersebut, para Precog mendapatkan ramalan baru dan menunjukkan bahwa John akan membunuh seorang pria bernama Leo Crow dalam waktu 36 jam. John tidak mengetahui Leo, tetapi ia melarikan diri ketika Danny memulai perburuan. John mencari saran dari Dr. Iris Hineman (Lois Smith), pencipta teknologi PreCrime. Ia memberitahu bahwa kadang-kadang salah satu Precog, biasanya Agatha (Samantha Morton), memiliki penglihatan yang berbeda dari dua Precog lainnya, "laporan minoritas" tentang kemungkinan masa depan alternatif. Hal ini telah dirahasiakan karena akan merusak kredibilitas sistem. John memutuskan untuk memulihkan laporan minoritas tersebut untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah.

John pergi ke dokter ilegal untuk transplantasi mata yang berisiko agar ia menghindari sistem pengenalan optik di seluruh kota. John kembali ke PreCrime, lalu ia menculik Agatha dan mematikan sistem karena Precog beroperasi sebagai pikiran kelompok. John membawa Agatha ke peretas untuk menyaring laporan minoritas Leo Crow, tetapi tidak ada. Sebaliknya, Agatha menunjukkan kepada John video pembunuhan Ann Lively (Jessica Harper), seorang wanita yang ditenggelamkan oleh sosok berkerudung pada 2049.

John dan Agatha pergi ke kamar hotel Leo menjelang waktu 36 jam berakhir, menemukan banyak foto anak-anak, termasuk Sean. Leo tiba dan John bersiap untuk membunuhnya, menuduhnya sebagai pembunuh berantai anak-anak. Agatha berbicara kepada John dengan memberitahu bahwa John memiliki kemampuan untuk memilih masa depannya sekarang karena ia menyadarinya, tetapi Leo memohon untuk dibunuh, di mana Leo telah dipekerjakan untuk menaruh foto-foto itu dan dibunuh dengan imbalan kesejahteraan keuangan keluarganya. Leo mengambil pistol John dan menembak dirinya sendiri. John dan Agatha melarikan diri ke rumah Lara di luar kota untuk berlindung. Di sana, mereka mengetahui bahwa Ann Lively adalah ibu Agatha yang kecanduan narkoba dan menjual Agatha kepada PreCrime. Ann telah menyadarinya dan berusaha untuk merebut kembali Agatha, tetapi ia dibunuh. John menyadari bahwa ia menjadi sasaran karena mengetahui keberadaan Ann dan hubungannya dengan Agatha.

Danny, mempelajari kematian Leo, menduga bahwa John sedang dijebak. Ia memeriksa rekaman pembunuhan Ann dan menemukan ada dua upaya dalam hidupnya, yang pertama telah dihentikan oleh PreCrime namun yang kedua, terjadi beberapa menit kemudian, setelah berhasil. Danny melaporkan kasus ini kepada direktur dan pendiri PreCrime, Lamar Burgess (Max von Sydow), tetapi Lamar merespon dengan membunuh Danny menggunakan pistol John. Dengan Precog yang masih tidak aktif, pembunuhan itu tidak terdeteksi.

Lara memanggil Lamar untuk mengungkapkan bahwa John bersamanya. John kemudian ditangkap, dituduh melakukan pembunuhan dan dilengkapi dengan perangkat otak yang membuatnya secara permanen tertidur dan masuk ke dalam mimpi. Ketika tubuhnya dibawa ke penjara, petugas sipir memberitahu John bahwa "semua impian menjadi kenyataan".

Agatha terhubung kembali ke sistem PreCrime. Ketika mencoba untuk menenangkan Lara, Lamar tidak sengaja mengungkapkan dirinya sebagai pembunuh Ann. Lara membebaskan John, lalu John menyebarluaskan pengakuan Lamar di pesta perayaan PreCrime dengan membuka video penglihatan Agatha tentang Lamar membunuh Ann. Laporan baru dibuat di PreCrime bahwa Lamar akan membunuh John. Lamar memojokkan John dan menjelaskan bahwa ketika Lamar tidak boleh membiarkan Ann mengambil kembali Agatha tanpa mempengaruhi PreCrime, ia mengatur rencana untuk membunuh Ann diikuti upaya yang sebenarnya atas hidup Ann sehingga pembunuhan itu hanya akan muncul sebagai gema kepada teknisi dalam PreCrime dan diabaikan. John memberikan pilihan kepada Lamar: Jika Lamar membunuh John, ia akan dipenjara seumur hidup, tetapi PreCrime akan disahkan, atau jika ia tidak membunuh John, PreCrime akan diragukan dan dimatikan. John memberitahu kelemahan utama sistem bahwa begitu orang-orang menyadari masa depannya, mereka dapat mengubahnya. Lamar akhirnya menembak dirinya sendiri.

Setelah kematian Lamar, sistem PreCrime dimatikan. Semua tahanan diampuni dan dibebaskan tanpa syarat meskipun mereka selalu diawasi. John dan Lara telah memiliki anak baru bersama, sementara para Precog dibawa ke lokasi yang dirahasiakan untuk melanjutkan hidup mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Tom Cruise sebagai Kapten John Anderton
  • Max von Sydow sebagai Lamar Burgess
  • Samantha Morton sebagai Agatha Lively
  • Colin Farrell sebagai Danny Witwer
  • Michael Dickman sebagai Arthur Arkadin
  • Matthew Dickman sebagai Dashiell "Dash" Arkadin
  • Neal McDonough sebagai Gordon "Fletch" Fletcher
  • Steve Harris sebagai Jad
  • Patrick Kilpatrick sebagai Knott
  • Jessica Capshaw sebagai Evanna
  • Lois Smith sebagai Dr. Iris Hineman
  • Kathryn Morris sebagai Lara Anderton
  • Tyler Patrick Jones sebagai Sean Anderton
  • Peter Stormare sebagai Dr. Solomon P. Eddie
  • Jason Antoon sebagai Rufus T. Riley
  • Mike Binder sebagai Leo Crow
  • Jessica Harper sebagai Ann Lively
  • Tim Blake Nelson sebagai Gideon
  • Daniel London sebagai Norbert "Wally" Wallace

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Minority Report mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 246 ulasan, dengan rating rata-rata 8,1/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Minority Report mendapatkan $132.072.926 di Amerika Utara dan $226.300.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $358.372.926, melebihi anggaran produksi film $102 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $35.677.125, menempati posisi teratas di box office.[2]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Minority Report (12)". British Board of Film Classification. June 13, 2002. Diakses tanggal April 24, 2018. 
  2. ^ a b c d "Minority Report (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 24, 2018. 
  3. ^ "Minority Report (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Minority Report reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]